BAB 1 PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Kebutuhan akan rasa aman merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, tidak terkecuali dengan lansia. Namun, dalam usianya lansia akan mengalami penurunan fungsi fisiologis terutama pada sistem muskuloskeletal, sehingga lansia rentan terhadap gangguan keamanan seperti resiko jatuh. Sebagai pemberi asuhan keperawatan, seorang perawat harus memiliki pengetahuan dan kemampuan mengenai konsep keamanan, gangguan kemanan yang umumnya terjadi pada lansia, dan kemampuan dalam memodifikasi lingkungan untuk mencegah jatuh pada lansia. Perubahan fungsi fisiologis dan anatomis akibat usia, kondisi patologis dan kerusakan fungsional, efek pengobatan serta faktor lingkungan merupakan faktor resiko yang menyebabkan timbulnya gangguan keamanan pada lansia (Miller, 2009) dalam hal ini adalah jatuh. Akibat jatuh, lansia akan mengalami perubahan dalam hal fisik dan psikologis. Selain mengalami cedera, lansia tentunya akan merasa malu dan takut karena pernah terjatuh. Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya masalah ini maka perawat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memodifikasi lingkungan yang dapat mendukung lansia melakukan aktivitas dengan aman, serta mengajarkan lansia untuk latihan keseimbangan. Selain itu perawat juga harus dapat melakukan pengkajian yang holistic dan komprehensif sesuai dengan masalah lansia termasuk melakukan pengkajian jatuh (fall morse scale) dan berg balance test sehingga intervensi yang dilakukan tepat dan memenuhi kebutuhan rasa aman pada lansia. B. Rumusan Masalah Masalah yang terdapat pada makalah ini antara lain sebagai berikut:
1. Bagaimana konsep mengenai keamanan dan kenyamanan pada lansia? 2. Apa saja jenis gangguan keamanan dan kenyamanan yang umumnya terjadi pada

lansia?
3. Bagaimana cara memodifikasi lingkungan dan mengajarkan lansia melakukan

balance exercise untuk mencegah munculnya gangguan kemanan, seperti jatuh.
4. Bagaimana asuhan keperawatan pada lansia yang mengalami gangguan keamanan

dan kenyamanan : pengkajian (termasuk pengkajian jatuh, seperti Fall Morse Scale dan Berg Balance Test, diagnosa dan rencana intervensi?

penyusun menganalisis dan mengaitkannya dengan kasus pemicu. penyusun menentukan asuhan keperawatan yang sesuai dengan masalah pada kasus pemicu. Menjelaskan cara memodifikasi lingkungan dan balance exercise pada lansia untuk mencegah munculnya gangguan keamanan. rumusan masalah. tujuan. Menyusun asuhan keperawatan keluarga yang tepat untuk lansia yang mengalami gangguan keamanan dan kenyamanan D. Bab 1 merupakan bab pendahuluan. baik buku maupun penulusuran internet. bab 3 merupakan analisis data yang berisi asuhan keperawatan dari pengkajian sampai rencana asuhan keperawatan. Metode Penulisan Makalah ini disusun menggunakan metode tinjauan pustaka studi pustaka dengan menggunakan tinjauan literatur dari berbagai sumber. yang terdiri atas kesimpulan dan saran. seperti jatuh 4. Menjelaskan konsep keamanan dan kenyamanan pada lansia 2. Setelah itu.C. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk: 1. dan sistematika penulisan. E. Kemudian. . yang terdiri atas latar belakang. dan bab 4 merupakan penutup. Sistematika Penulisan Makalah ini terdiri atas empat bab. Bab 2 merupakan bab tinjauan teori. metode penulisan. Memaparkan gangguan keamanan dan kenyamanan yang umumnya terjadi pada lansia 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful