Pengertian Kompensasi & Jenis/Macam Kompensasi SDM - Upah, Gaji, Insentif, Tunjangan, Dsb Mon, 21/04/2008 - 12:06am — godam64

Kompensasi adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikannya kepada organisasi / perusahaan tempat ia bekerja.

Perusahaan dalam memberikan kompensasi kepada para pekerja terlebih dahulu melakukan penghitungan kinerja dengan membuat sistem penilaian kinerja yang adil. Sistem tersebut umumnya berisi kriteria penilaian setiap pegawai yang ada misalnya mulai dari jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan, kecepatan kerja, komunikasi dengan pekerja lain, perilaku, pengetahuan atas pekerjaan, dan lain sebainya.

Para karyawan mungkin akan menghitung-hitung kinerja dan pengorbanan dirinya dengan kompensasi yang diterima. Apabila karyawan merasa tidak puas dengan kompensasi yang didapat, maka dia dapat mencoba mencari pekerjaan lain yang memberi kompensasi lebih baik. Hal itu cukup berbahaya bagi perusahaan apabila pesaing merekrut / membajak karyawan yang merasa tidak puas tersebut karena dapat membocorkan rahasia perusahaan / organisasi.

Kompensasi yang baik akan memberi beberapa efek positif pada organisasi / perusahaan sebagai berikut di bawah ini : a. Mendapatkan karyawan berkualitas baik b. Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi gemilang c. Memikat pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada d. Mudah dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek hukumnya e. Memiliki keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor

Macam-Macam / Jenis-Jenis Kompensasi Yang Diberikan Pada Karyawan :

upah . Imbalan ektrinsik yang bentuknya sebagai benefit / tunjangan pelengkap contohnya seperti : .gaji . Imbalan Ektrinsik a.uang transportasi / antar jemput .uang pensiun .uang cuti .uang makan . Imbalan ektrinsik yang berbentuk uang antara lain misalnya : .1.jamsostek / jaminan sosial tenaga kerja . dsb 2.beasiswa melanjutkan kuliah.honor .rekreasi . dll b.insentif .bonus .asuransi .komisi . Imbalan Intrinsik .upah.

kondisi lingkungan kerja. kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai kompensasi yang termasuk didalam MSDM. .Imbalan dalam bentuk intrinsik yang tidak berbentuk fisik dan hanya dapat dirasakan berupa kelangsungan pekerjaan. pengembangan karyawan. bukan mesin dan bukan semata menjadi sumber daya manusia. Ini yang mendasari bahwasanya setiap karyawan itu adalah manusia. kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. 2011 in Uncategorized 0 Rate This Manajemen Sumber Daya Manusia. pekerjaan yang menarik. dan lain-lain. karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. jenjang karir yang jelas. Masalah kompensasi ini tidaklah pernah lepas dari dunia bisnis. Nah. Apa itu kompensasi & jenis atau macam dari kompensasi tersebut. atau yang biasa disingkat MSDM. Kompensasi itu dapat berupa fisik dan non fisik yang harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikan kepada suatu organisasi atau perusahaan tempatnya bekerja. Kompensasi Kompensasi adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan. penyusunan karyawan. pengelolaan karier. adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan.org/pengertian-kompensasi-jenis-macam-kompensasi-sdm-upah-gaji-insentiftunjangan-dsb Kompensasi dan Jenis Kompensasi SDM Posted: Juni 7. http://organisasi. evaluasi kinerja.

atau organisasi. mereka juga melakukan perhitungan atas kinerja dan pengorbanan dirinya sendiri dengan kompensasi yang diterima. Dengan adanya kompensasi yang baik dapat memberikan dampak positif pada organisasi / perusahaan sebagai berikut di bawah ini :      Mendapatkan karyawan berkualitas baik Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi gemilang Memikat pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada Mudah dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek hukumnya Memiliki keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor Macam-Macam / Jenis-Jenis Kompensasi Yang Diberikan Pada Karyawan :  Imbalan Ektrinsik. komunikasi dengan pekerja lain. maka ia dapat mencari pekerjaan lain yang dapat memberikan kompensasi yang lebih baik. v Imbalan ektrinsik itu yang berbentuk uang. pengetahuan atas pekerjaan. perilaku. misalnya :    Gaji Upah Honor . Demikian juga dengan karyawan. kecepatan kerja. Apabila karyawan atau pekerja merasa tidak puas dengan kompensasi yang diterima. misal: mulai dari jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan. dan lain sebagainya. Hal ini dapat berbahaya bagi perusahaan apabila yang merekrut adalah pesaing dari perusahaan dimana ia dahulu bekerja karena dapat membocorkan rahasia perusahaan. Sistem tersebut umumnya berisi kriteria penilaian setiap pegawai yang ada.Dalam memberikan kompensasi kepada pekerja atau karyawan perusahaan terlebih dahulu melakukan perhitungan kinerja dengan membuat sistem penilaian kinerja yang adil.

jenjang karir yang jelas.wordpress. kondisi lingkunga http://laluarindra.   Bonus Komisi insentif.com/2011/06/07/kompensasi-dan-jenis-kompensasi-sdm/ Kompensasi (finansial) Dari Wikipedia bahasa Indonesia. dll v Imbalan ektrinsik yang bentuknya sebagai benefit / tunjangan pelengkap contohnya seperti :          uang cuti uang makan uang transportasi / antar jemput asuransi jamsostek / jaminan sosial tenaga kerja uang pensiun rekreasi beasiswa melanjutkan kuliah. dsb Imbalan Intrinsik Imbalan dalam bentuk intrinsik yang tidak berbentuk fisik dan hanya dapat dirasakan berupa kelangsungan pekerjaan. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa .

. Jadi. dan dapat dipertanggungjawabkan serta menyangkut faktor emosional dari aspek tenaga kerja.Seorang karyawan sedang menghitung gajinya di depan kas pembayaran Kompensasi merupakan segala sesuatu yang diterima dapat berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada seseorang yang umumnya merupakan obyek yang dikecualikan dari pajak pendapatan. Dalam upaya menarik calon karywan masuk. [sunting]Tujuan [2] [1] [1] administrasi kompensasi Tujuan organisasi memberikan kompensasi pada karyawannya: 1. Tetapi jika para karyawan memandang kompensasi mereka tidak memadai. Kompensasi diberikan dengan tujuan memberikan rangsangan dan motivasi kepada tenaga kerja untuk meningkatkan prestasi kerja. [1] Kompensasi merupakan hal yang kompleks dan sulit. . motivasi dan kepuasan kerja mereka bisa turun secara drastis karena memang kompensasi itu penting bagi karyawan sebagai individu karena besarnya kompensasi mencerminkan ukuran nilai karya mereka di antara para karyawan itu sendiri. karena didalamya melibatkan dasar kelayakan. prestasi kerja. Mendapatkan karyawan yang berkualitas Untuk memenuhi standar yang diminta organisasi. rasional. Oleh karena itu. Departemen Personalia biasanya merancang dan mengadministrasikan kompensasi karyawan. bila kompensasi diberikan secara benar. organisasi harus merangsang calon-calon pelamar dengan tingkat kompensasi yang cukupkompetitif dengan tingkat kompensasi organisasi lain. serta efisiensi dan efektivitas produksi. [1] . . logika. para karyawan akan lebih terpuaskan dan termotivasi untuk mencapai sasaransasaran organisasi.

Imbalan Ekstrinsik adalah imbalan yang berbentuk uang atau ada juga yang berbentuk tunjangan pelengkap Uang [3] . sebagai balas jasa organisasi atas apa yang sudah diabdikan karyawan pada organisasi. Prestasi kerja yang baik. Dengan upah yang kompetitif. tanggung jawab baru dan perilaku-perilaku lain dapat dihargai melalui rencana kompensasi yang efektif. Tanpa struktur pengupahan dan penggajian sistematik organisasi dapat membayar kurang (underpay) atau lebih (overpay) kepada para karyawannya.2. . 4. organisasi dapat memperoleh keseimbangan dari etos kerja karyawan yang meningkat. 5. Mempertahankan karyawan yang sudah ada Dengan adanya kompensasi yang kompetitif. organisasi dapat mempertahankan karyawan yang potensial dan berkualitas untuk tetap bekerja. . . pengalaman. Administrasi legalitas Dalam administrasi kompensasi juga terdapat batasan legalitas karena diatur oleh pemerintah dalam sebuah undang-undang. 3. antara lain misalnya : Tunjangan Pelengkap Gaji Uang Cuti . maka keadilan dalam pemberian kompensasi mutlak dipertimbangkan. Menjamin keadilan Adanya administrasi kompensasi menjamin terpenuhinya rasa keadilan pada hubungan antara manajemen dan karyawan. Perubahan sikap dan perilaku Adanya kompensasi yang layak dan adil bagi karyawan hendaknya dapat memperbaiki sikap dan perilaku yang tidak menguntungkan serta memengaruhi produktivitas kerja. 6. . Efisiensi biaya Program kompensasi yang rasional membantu organisasi untuk mendapatkan dan mempertahankan sumber daya manusia pada tingkat biaya yang layak. [sunting]Jenis-Jenis [1] [1] [1] [1] [1] Kompensasi Yang Diberikan Pada Karyawan 1. kesetiaan. Tujuannya agar organisasi tidak sewenang-wenang memperlakukan karyawan sebagai aset perusahaan. Hal ini untuk mencegah tingkat perputaran kerja karyawan yang tinggi dan kasus pembajakan karyawan oleh organisasi lain. Dengan pengikat pekerjaan. .

org/wiki/Kompensasi_(finansial) .Honor Uang Makan Bonus Uang transportasi / antar jemput Komisi Asuransi Insentif Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) 2. pekerjaan yang menarik. kondisi lingkungan kerja. Imbalan Intrinsik adalah imbalan yang tidak berbentuk fisik dan hanya dapat dirasakan berupa kelangsungan pekerjaan. dan lain-lain .wikipedia. [3] http://id. jenjang karier yang jelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful