SURAT KETERANGAN DOKTER

DIVISI BIOETIKA DAN MEDIKOLEGAL FK USU

RELEVANSI Skm t Sk gatra .

SURAT KETERANGAN DOKTER Dalam menjalankan tugas profesinya. . Pedomannya antara lain: 1. seorang dokter kadang kalanya harus menerbitkan suratsurat-surat keterangan dokter. Bab I Pasal 7 KODEKI.” Setiap dokter hanya O ”S memberikan keterangan dan pendapat yang telah diperiksa sendiri kebenarannya”. dunia Paragraph 4. pasal 48 UU No. Bab P B b II Pasal 12 KODEKI. 3. 2. “ S ti dokter wajib l KODEKI Setiap d kt jib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang seorang pasien bahkan juga setelah pasien meninggal dunia”.29/2004 tentang praktik Kedokteran.

Jenis Surat Keterangan Dokter 1. 3. 5 6. bepergian dengan pesawat udara Visum et Repertum Laporan Penyakit Menular Kuitansi . 10. Surat Keterangan lahir Surat Keterangan Meninggal Surat Keterangan Sehat Surat Keterangan Sakit Surat Keterangan Cacat Surat Keterangan Pelayanan Medis untuk p gg penggantian biaya dari asuransi kesehatan y Surat Keterangan Cuti Hamil Surat Keterangan Ibu hamil. 5. 9. 4. 8. 11. 2. 7.

BB dan nama orang tua. Hal yang sering menjadi masalah : 1. Diisi sesuai dengan keadaan y g sebenarnya g yang y olehkarena sering adanya permintaan khusus dari pasien.Surat Keterangan Lahir SK kelahiran berisikan tentang waktu (tanggal dan jam) lahirnya bayi. Anak yang lahir dari inseminasi buatan dari semen donor ( Arteficial Insemination by Donor = AID ) 2. Anak yang lahir hasil konsepsi dari saudara kandung suami Ketiga hal diatas bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia . kelamin. Anak yang lahir hasil bayi tabung yang sel telur dan/atau sel maninya berasal dari donor ( In vitro Fertilization by Donor ) 3.

perlu dicantumkan identitas jenazah. tempat. dan waktu meninggalnya.Surat Keterangan Meninggal 1. sebab kematian secara klinik gg saja dilaporkan. Lamanya menderita sakit hingga meninggal dunia juga harus dicantumkan. Jika j jenazah dibawa ke luar daerah atau luar negeri maka adanya kematian karena penyakit menular harus diperhatikan. Surat keterangan untuk keperluan penguburan. . Karena bedah mayat klinik belum dapat dilakukan hingga waktu ini. Surat Keterangan ( Laporan ) kematian Mengenai hal ini perlu diisi sebab kematian sesuai d i dengan pengetahuan d kt K t h dokter. 2.

.Surat Keterangan Sehat A. Sebaliknya jangan menguji kesehatan seorang calon yang masih atau pernah menjadi pasien sendiri untuk menghindari timbulnya k di i k hi d i i b l kesukaran k dalam mempertahankan wajib menyimpan rahasia jabatan Jangan memberitahukan k i J b it h k kesimpulan h il l hasil pemeriksaan medik kepada pasien. jangan dipengaruhi oleh keinginan calon nasabah atau agen g g perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan. perlu diperhatikan agar : • • • Laporan dokter harus objektif. langsung kepada perusahaan asuransi itu sendiri. Untuk Asuransi Jiwa Dalam menulis laporan pengujian kesehatan untuk asuransi jiwa.

bukan orang kepercayaan perusahaan asuransi kesehatan. dokter wajib memberitahukan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang ia ketahui dari orang yang kesehatannya diuji. Dapat terjebak melanggar wajib simpan rahasia jabatan. . Seharusnya dokter keluarga menolak untuk menguji kesehatan pasiennya.Dokter selaku ahli. Pemeriksaan oleh dokter yang dipilih p y g p pasien pada dasarnya untuk kepentingan pihak asuransi olehkarena sebagai dokter penguji kesehatan tersebut.

Yang sering suamimenjadi dilema adalah apakah dokter harus memberitahukan kepada salah satu calon suami-istri suamitersebut apabila menemukan kelainan-kelainan atau kelainanpenyakitpenyakit-penyakit yang diderita salah satu calon pasangannya? . C. Perlu diperhatikan olehkarena pengendara atau faktor manusia merupakan faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Untuk Nikah Selain pemeriksaan medis. dokter juga harus memberikan edukasi reproduksi dan pendidikan seks kepada pasangan calon suami-istri. B Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM).B.

Surat Keterangan Sakit untuk I i h Istirahat Seorang dokter harus waspada terhadap kemungkinan simulasi atau agravasi pada waktu memberikan keterangan mengenai cuti sakit seorang karyawan. Surat keterangan cuti sakit palsu dapat menyebabkan seorang dokter dituntut menurut pasal 263 dan 267 KUHP. Adakalanya cuti sakit disalahgunakan untuk tujuan lain. KUHP .

SURAT KETERANGAN CACAT Sangat erat hubungannya dengan besarnya tunjangan atau pensiun yang akan diterima oleh pekerja. dan mulai kerja kembali setelah masa nifas. Tujuan : agar si ibu cukup istirahat dan mempersiapkan dirinya d l i k di i dalam menghadapi proses h d i persalinan. . yang tergantung kepada keterangan dokter tentang sifat cacatnya. sekitar 1 bulan sebelum dan 2 bulan setelah persalinan. SURAT KETERANGAN CUTI HAMIL Hak cuti hamil seorang ibu adalah 3 bulan yaitu bulan.

Kasus P K Pemerkosaan k Kesulitan jika korban dikirim terlambat karena hasil pemeriksaan tidak menunjukkan keadaan sebenarnya . VeR mempunyai daya bukti dan alat bukti yang sah dalam perkara pidana.VISUM et REPERTUM Visum et repertum (VeR) adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh dokter untuk penyidik dan pengadilan.

Keterangan dibuat dengan istilah yang mudah dipahami. .Bedah mayat kedokteran kehakiman Harus objektif tanpa pengaruh dari mereka yang berkepentingan dalam perkara. berdasarkan apa yang dilihat dan ditemukan. sehingga tidak berulang kali dipanggil ke pengadilan untuk dimintakan keterangan tambahan.

hiperemesis atau emesis gravidarum hamil dengan komplikasi ( perdarahan. Ibu hamil tidak dibenarkan bepergian dengan p p g g pesawat udara.Surat Keterangan Ibu Hamil b i dengan P bepergian d Pesawat Ud Udara Sesuai dengan ketentuan internasional Aviation. preeklamsi dsb ) hamil h il >36 minggu i hamil dengan penyakit-penyakit lain yang penyakitberesiko. 3. j jika mengalami : 1. 2. beresiko . 4.

undangBagaimana hubungannya dengan wajib simpan rahasia jabatan???? . wabah Kepentingan umum yang diutamakan. 6 tahun 1962 tentang wabah.Laporan penyakit menular Diatur dalam UU No. Pasal 50 KUHP : “ Tiada boleh dihukum barang siapa melakukan perbuatan untuk menjalankan aturan undang-undang”.

50Pasien meminta agar biaya pengangkutan pulang pergi dari luar kota ke tempat berobat dimasukkan dalam kuitansi berobat (built in). Ketiga contoh di atas jelas malpraktik etik dan malpraktik kriminil. pasien meminta agar i b l j i i t imbalan jasa d kt di ikk d dokter dinaikkan dengan sisa i imbalan dibagi 50-50% antara dokter dan pasien. pasien minta dibuatkan kuitansi sebesar 2 kali imbalan jasa yang diterima dokter. Berhubungan dengan penggantian biaya b b t d i perusahaan t bi berobat dari h tepat pasien atau t i t pasangannya bekerja. tid k tidak menimbulkan masalah apabila sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.Kuitansi S i diminta b i bukti b Sering di i t sebagai b kti pembayaran. Contoh : perusahaan hanya mengganti 50% biaya pengobatan. . sedangkan dokter tidak menerima bagian dari biaya pengangkutan tersebut.

Jika keterangan diberikan dengan maksud untuk memasukkan seseorang dalam rumah sakit gila atau untuk menahannya disitu. . atau cacat diancam dengan hukuman penjara paling lama empat tahun. dijatuhkan hukumann penjara paling lama delapan ytahun enam bulan bulan. 2. Seorang dokter yang dengan sengaja memberikan surat keterangan palsu tentang ada atau tidaknya penyakit. kelemahan. keterangan selain tidak etis juga merupakan pelanggaran terhadap pasal 267 KUHP sebagai berikut : g 1.SANKSI HUKUM Penyimpangan dalam pembuatan surat keterangan.

dengan ketentuan bahwa mereka mengucapkan sumpah atau janji akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya dan sebenarsebaiksebenarbenarnya menurut pengetahuan dalam bidang keahliannya . Selanjutnya dalam pasal 179 KUHAP S l j t d l l tercantum sebagai berikut : 1. Semua k S ketentuan tersebut di atas untuk saksi b k k i berlaku juga bagi mereka yang memberikan keterangan ahli. Setiap orang y g diminta p p g yang pendapatnya sebagai p y g ahli kedokteran kehakiman atau dokter atau ahli alinnya wajib memberikan keterangan ahli demi keadilan. Diancam dengan pidana yang sama. 2. barang siapa d j b ik t keterangan dengann sengaja memberikan surat k t palsu itu seolah-olahisinya sesuai dengan seolahkebenaran.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful