PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PANGKALPINANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

A. PENDAHULUAN Keberhasilan suatu jenjang pendidikan, yaitu Sekolah Dasar Negeri 37 terletak pada tatana administrasi yang dikelola dengan terencana mulai dari kepala sekolah sampai dengan guru dan pegawa organisasinya. Penyusunan program kepala sekolah ini untuk meningkatan kemapuan kerja yang profesional, karen mengingat keberhasilan suatu jenjang kegiatan tergantung pada perencanaan, organisasinya, kontro menegement yang teratur. Acuan program ini dibuat secara sistematis yang dilaksanakan secara satu tahun (tahun 2005 2006 yang titik beratnya bertumpu pada bidang pengajaran yang telah terprogram. Penjabaran program ini akan disusun menurut bagian – bagian yang terdapat pada matrik program.

B. TUJUAN PROGRAM Tujuan program uini dibagi dua bagian, yaitu : 1. Tujuan Umum 2. Tujuan Khusus 1.1 Tujuan Umum Mengarah ke suatu dinamika propisional dengan mengacu pada peningkatan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan mampu menerpkan suatu system pengajaran dn manajement terarah dan terencana.

1.2 Tujuan Khusus

Pembagian anggaran sekolah tahun 2009 – 2010 . Kegiatan – kegiatan tersebut adalah : Rapat Awal Tahun yang membahas tentang : . Kegiatan Rapat Kegiatan rapat pada sekolah dasar ini dibagi sesuai dengan kebutuhannya. Rapat Semester Rapat semester untuk mengetahui kegiatan selama 1 (satu) semester dengan segala kendalanya dan penjelasan tata cara pengisian rapor bagi siswa. Rapat Akhir Tahun .Rapat Komite Sekolah.Pembagian tugas guru dan pegawai . Rapat Khusus Pengertian rapat khusus yaitu rapat yang dilaksanakan diluar program karena adanya permasalahn yang mesti dibahas dan dituntaskan pada saat tertentu dan tidak terjadwal. C. RUANG LINGKUP Ruang lingkup program disusun berdasarkan skala kegiatan yang berorientasi kepada kepentingan dalam suatu tahun yaitu : 1.Memberi dorongan agar dapat melaksanakan suatu kegiatan di sekolah yang teratur dan terkendali sesuai dengan jenjang waktu dan dapat dievaluasi untuk kegiatan selanjutnya.

.Mencari masukan dari guru dan pegawai.Papan statistik. Pendistibusian perlengkapan KBM. Kegiatan Administrasi Pengendalian administrasi ini bertumpu pada kegiatan harina kepala sekolah.Kunjungan kelas.Pengagendaan. statistik. . 2.Pembuatan grafik.Pembahasan tentang kemajuan sekolah.Pembahasan tentang kelulusan siswa kelas VI. . kurikulum dan buku petunjuk pengajaran untuk guru. .Pendataan.Pembahasan mengenai program yang telah dan belum dilaksanakan. file pegawai dan surat. .Pemeriksaan SP dan program lainnya.Inventarisasi perlengkapan sekolah.Buku Paket. . yang membahas beberapa persoalan yang dihadapi sekolah baik yang telah lalu maupun yang masa yang akan datang.Pelaporan. dll. .Pengerjaan buku stambuk. . . dalam hal ini yang dibahas adalah : .Dan lain – lain yang dianggap perlu. kleper dan mutasi murid.Pembahasan teknis masalah murid baru. . . . . yang meliputi antara lain : . Termasuk didalamnya kegiatan administrasi kepala sekolah. .Rapat akhir tahun ini dilaksanakan pada bulan Juni. .Penjadwalan belajar murid.Buku Paket untuk murid . .

Alat peraga untuk guru dan siswa.Buku penilaian belajar murid .Interaksi anatara guru dan siswa .Penguasaan materi .Atribut kelas .Kelaksanaan 7 K . Keguruan ..Daftar piket kelas dan umum . .Penguasaan Metode .Ketetapan pemakaian buku paket . Supervisi ( Kunjungan Kelas ) Kegiatan supervisi bertujuan untuk memantau sejauh mana penerapan kegiatan belajar di kelas dan pengorganisasian kelas oleh guru.Papan absen . format untuk administrasi.Buku.Inventaris kelas .Jadwal pelajaran . Adapun hal-hal yang disupervisi adalah : .Catatan daya serap .Koleksi alat peraga .Buku evaluasi siswa .Kurikulum . dll 3.Denah Kelas.Program semester .Absensi murid .Analisa Evaluasi .

karena beberapa fenomena yang sering membuat kelabilan jiawa anak yang baru berkembang. baik itu menyangkut persoalan inventaris barang yang dimiliki oleh untuk sekolah. Papan Pengumuman c. maupun menyangkut jumlah dan keadaan sekaligus tentang keberadaan siswa dalam satu tahun. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menitik beratkan pada pelaksanaan kurikulum yang diajarkan dengan perangkat-perangkat pengajaran yang telah ada.Pembinaan administrasi guru dan pegawai bertujuan untuk meningkatankan kemampuan guru dalam mengelola administrasi bidang tugasnya secara teratur sesuai dengan program. 6. Pembinaan propisional.Pembinaan siswa ini dilakukan untuk membentuk siswa ke dalam kelompok moral yang terpuji. Papan Kegiatan : 3 buah : 2 buah b. Pengadaan Bidang ini bertujuan untuk pengrealisasikan data yang diperoleh. seperti : Pengadaan barang berupa : a. . 4. Alat Kebersihan : o Tempat Sampah : 10 buah . Pendataan Bidang ini dilakukan guna untuk mendapatkan data yang akurat.Pendaftaran murid kelas VI hasil UAS ke SLTP yang dituju. . 5. hal ini dilaksanakan bertujuan agar setiap guru dapat mendalami suatu bidang studi yang disenanginya. Kesiswaan Bidang kesiswaan yang dikelola meliputi : .Pendaftaran siswa baru dari masyarakat sekolah sekitar kelurahan dan kelurahan terdekat. sehingga dia menguasai betul – betul bidang studi tersebut.

Penggaris Kayu i. Dan Lain – Lain Pengadaan ATK : a. Taplak Meja : 1 set : 4 lembar Pengadaan Alat Peraga : a. Alat Peraga Pendidikan Agama Islam : 4 set e. Alat Peraga Bahasa Indonesia : 6 set d. Tisu Tangan h. Lampu : 6 buah : 20 buah : 6 buah : 1 set e. Kertas Double Folio c. Perlengkapan UKS f.o Sapu o Serbet d. Alat Peraga Olahraga : 4 set : 5 set c. Alat Tulis Pulpen f. Kertas HVS d. Bel Listrik g. Alat Peraga Matematika b. Penggaris Plastik 7. Amplop : 1 kotak : 1 dust b. Kepegawaian Bidang kepegawaian adalah perwujudan pegawai yang perlu diperhatikan. Pita Mesin TIK g. Map Kertas : 2 rim : 2 lusin : 4 lusin : 2 kotak : 2 kotak : 10 buah : 1 buah e. karena hal ini menyangkut .

Kenaikan pangkat bagi pegawai yang dilaksanakan setiap bulan April dan bulan oktober. Kegiatan ini berupa : a. . Sedangkan penilaian tersebut dengan format yang telah ada. interaksi. Kegiatan Hari Besar Islam : Kegiatan Ramadhan atau Pesantren Kilat Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kegiatan Isro Mikraj Kegiatan Tahun Baru Islam. yang pengusulannya dihitung dengan menggunakan angka kredit bagi guru dan reguler bagi pegawai bukan guru atau penjaga sekolah.Kenaikan berkala disesuaikan dengan masa kerja yang dihitung 2 tahun sekali. Penilaian kepegawaian dilakukan setiap akhir Desember dengan cara mengevaluasi dari semua kegiatan baik yang bersifat administrasi. yang merupakan planning kekuatan sehingga seklah menjadi tumpuan kepercayaan dalam era publikasi sekaligus menempa siswa pada jiwa kebersamaan dan patriotic. .Penilaian DP3.gairah dan motivasi kerja bagi setiap guru. dan kreatifitas serta keharmonisan hubungan guru di segala bidang dan lapisan masyarakat. 8. Penunjang Sekolah Kegiatan penunjang sekolah bertujuan untuk memajukan sekolah di masyarakat. perhitungan tersebut dihitung sejak yang bersangkutan diangkat. Dan Lain – Lain . Bidang kepegawaian ini terbagi atas : .

Keadaan mubiler pada bulan itu.Keadaan murid pada bulan itu. Pelaporan Kegiatan ini menyangkut aktivitas kepala sekolah dan guru yang merupakan kridibilitas sekolah yang harus dilaksanakan secara kontinyuitaas. a.Laporan pembagian raport siswa . terdiri dari : . Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional. Laporan Semester merupakan rekapitulasi kegiatan satu semester. e. d. Laporan Bulanan yang memuat : .b. . b.Keadaan guru pada bulan itu.Keadaan gedung pada bulan itu. Peringatan Hari Kartini. dan lain-lain. .Laporan nilai semester. Kegiatan Seni : Kegiatan Seni daerah dilakukan sesuai jadwal. Kegiatan Olahraga : Kegiatan olahraga ini biasanya dipandu oleh gugus. Kegiatan Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN) berupa : Pawai dan karnaval dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI. c.Keadaan absensi pada bulan itu. . Hal ini merupakan dan menyangkut tindak lanjut yang nantinya bermuara kepenyusunan selanjutnya. 9. Kegiatan Pramuka atau Ekstrakurikuler : Kegiatan pramuka dilakukan sesuai jadwal. . .

E. dan Penjaga Sekolah.Ijazah.Siswa Sekolah Dasar. Guru. . .Laporan Keuangan. Disusun di : Pangkalpinang Pada Tanggal : 27 Juli 2009 Kepala Sekolah Dasar Negeri 37 Pangkalpinang .. D. .Orang tua murid. kenaikan kelas dan pendaftaran murid baru. peringkat NEM.Laporan guru terhadap jalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). SASARAN PROGRAM Program ini mengarah pada sasaran yang telah di tentukan yaitu : . . PENUTUP Program ini dissusun oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 37 Pangkalpinang untuk kepentingan acuan kerja Kepala Sekolah yang terencana yang dilengkapi dengan lampiran – lampiran sebagai pelengkap program. Laporan SPJ .Masyarakat lingkungan sekolah atau kelurahan setempat. c. Yang nantinya sebagai bahan evaluasi untuk menyususn program di tahun yang akan datang.Pegawai.

S.ISNAWATI RAHAYU.Pd NIP. 19610324 198303 2 003 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful