1.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan IT governance dan Project Manangement Office IT governance adalah suatu kegiatan IT yang berfokus pada proses yang mengkoordinasikan dan mengendalikan sumber daya organisasi, tindakan, dan keputusan untuk membantu mencegah orang melakukan investasi yang buruk, bertindak tidak etis, atau melakukan sesuatu yang illegal dan mampu untuk memberikan benefit keperusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Project Management office adalah Suatu kumpulan tim khusus yang mendefinisikan,membantu dan memelihara standar proses,yang terkait dengan manejemen proyek sehingga perusahaan dapat meningkatkan tingkat keberhasilan proyek-proyek TI yang dikelolanya baik dari segi waktu, biaya maupun kualitas serta dapat menerapkan manajemen proyek yang sesuai dengan standard/best practices yang ada

2. Gambarkan dan Jelaskan apa yang dimaksud dengan Learning Cycle

Learning Cycle adalah : - Berasal dari pendidik / filsuf John Dewey (1938) - Digunakan untuk menggambarkan bagaimana orang belajar - Dapat diterapkan untuk Project Team Penjelasan gambar :

-

Understand and frame the problem. ini adalah penting bahwa tim proyek tidak menerima isu-isu dan tantangan yang disajikan kepada mereka pada face value Plan. Untuk membantu tim memahami dan membingkai ulang masalah, tim harus menciptakan pemahaman bersama tentang masalah atau peluang.

Setelah tim memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan item dalam action-learning plan. Sebutkan dan Jelaskan manfaat WBS Manfaat WBS : 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Extreme Project Management Extreme Project Management adalah suatu kegiatan yang mengacu pada metode dan perencanaan dari pengelolaan suatu project yang sangat kompleks. 6. Perkiraan bisa dilakukan dengan mempertimbangan beberapa hal. Mengurangi kompleksitas Fasilitas penjadwalan dan pengendalian Estimasi Biaya (Cost Estimation) Penyusunan anggaran (Cost Budgeting) Perencanaan manajemen Risiko (Risk Management Planning) Identifikasi aktivitas(Activity Definition) Jadi WBS WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya. tim harus bertemu untuk berbagi temuannya dan merefleksikan apa yang orang sudah pelajari. akan dapat diperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan serta dengan memanfaatkan daftar pekerjaan pada WBS. 5. Contoh Work Breakdown Schedule . Jelaskan apa yang dimaksud dengan WBS dan Berikan 1 contoh WBS adalah adalah alat yang berguna untuk mengembangkan project plan dan menghubungkan scope dari project dengan jadwal dan anggaran. 2. 4. 4. 7. Reflect and learn. antara lain ketersediaan sumber daya dan kompleksitas. 3. 5. 3. Kunci untuk pembelajaran tim sedang melakukan tindakan yang didefinisikan dalam team's action plan.- Act. jadwal.

dan monitor kemajuan tugas yang diberikan.Pseudo Teams . mereka menyediakan perbedaan antara work group dan beberapa jenis tim yaitu : . dimana pseudo team yang tidak terfokus pada tujuan kinerja bersama. kinerja kelompok kerja sangat tergantung pada pemimpin.Pseudo Team. Dalam menyempurnakan bahasa tim. delegasi untuk bawahan.Potential Team. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Wisdom of Team.6. dan pendekatan bagi mereka yang menahan diri untuk saling akuntabel. Oleh karena itu.  Pseudo Team merupakan group yang paling lemah dari semua kelompok . tidak ada ketertarikan dalam membentuk tujuan dan kebingungan dan perilaku disfungsional.Work Groups .Potential Teams . Jika tim tidak . tujuan kinerja.RealTime.  Real Time adalah sejumlah kecil orang dengan complimentary skills yang berkomitmen untuk tujuan yang sama.High Performance Teams  Work Groups ini didasarkan pada pendekatan tradisional di mana satu pemimpin yang memegang kendali.Real Teams . membuat sebagian besar keputusan.Workgroup.dan High Performance  Wisdom of Team : memberikan wawasan dan pendekatan yang sangat bermanfaat untuk memahami bahasa dan disiplin tim.

Gambarkan dan Jelaskan apa yang dimaksud dengan Struktur Organisasi Fungsional. personalia.Matrix dan Project 1.W. goals. sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut. Program terarah 2.Taylor. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F. Setiap pegawai mempunyai pengawas lebih dari satu orang atasan yang berberda-beda. Kelebihan struktur organisasi fungsional diantaranya : 1.Kinerja potensial yang signifikan . dan sarana tepat dan sesuai . workproducts. Anggaran. dan pendekatan umum 7.dapat membentuk tujuan yang sama akan menyebabkan pencapaian hasil yang biasabiasa saja.  Potential Teams . Struktur Organisasi Fungsional Gambar Penjelasan : Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.  High Performance merupakan tim yang memenuhi semua kondisi dari Real team dan anggotanya sangat berkomitmen.Membutuhkan kejelasan lebih lanjut tentang purpose.

•Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel.Masing-masing bagian secara structural tidak boleh mempunyai proyek. Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat Kelemahan struktur organisasi fungsional diantaranya : 1. Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan Struktur Organisasi Matrix Gambar Penjelasan : Organisasi matriks biasanya diciptakan berdasarkan kebaikan-kebaikan organisasi fungsional dan organisasi proyek. Dalam hal ini dibentuk bagian manajemen proyek secara tersendiri. Kesulitannya disini ialah bahwa organisasi matriks biasanya hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar dan bila sistemnya tak lancar dapat menimbulkan pertentangan dan kesenjangan antara badan fungsional dan bagian manajemen proyek. berbagai proyek masih dapat dilakukan oleh perusahaan akan tetapi ada dibawah pengawasan manajemen proyek. Para ahli/staf dihimpun berdasarkan fungsinya untuk mengerjakan proyek tertentu. •Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil. Pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi 2. . Koordinasi sulit dilaksanakan 3.3. Kelebihan Struktur Organisasi Matriks: •Mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan. Walaupun demikian.

•Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang. Kelebihan . Pemanfaatan personil-personil yang fungsional akan menjadi tidak efektif dan efisien. •Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi. Sebaliknya manajer bagian mungkin akan khawatir bila personilnya ditarik ke proyek-proyek.Otoritas dan tanggung jawab yang Jelas . Struktur Organisasi Project Gambar Penjelasan : Pacta hakekatnya struktur organisasi proyek bennula dari orgamsasl fungsional. Oleh karena itu diciptakanlah apa yang disebut struktur organisasi matriks. Pengelola proyek dari suatu bagian meminta agar orang-orang fungsional yang bekerja pacta proyek benar-benar pindah untuk bekerja sepenuhnya di bawah kekuasaannya.Semakin banyak proyek maka semakin banyak pula duplikasi fungsi.Peningkatan komunikasi .Integritas kerja meningkat Kelemahan . •Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal. Selain itu para karyawan akan ragu di mana dia akan ditempatkan bila pelaksanaan proyek sudah selesai. Kekurangan Struktur Organisasi Matriks: •Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan.

Mereka tidak harus melakukan pekerjaan yang tidak perlu 11. disepakati dan diverifikasi serta mampu untuk mengukut sejauh mana suatu project akan dilaksanakan sehingga project yang dilaksanakan dapat berhasil. yakni DFD merupakan model proses yang digunakan untuk mendefinisikan ruang lingkup manajemen proyek dan mendefinisikan apa yang sistem harus kerjakan. 9.Isolasi proyek . maka keseluruhan cost estimating untuk keseluruhan proyek dapat dibuat. 10. Setelah disetujui.Duplikasi usaha 8. Contoh : 12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan measureable organization value.. perkiraan waktu mereka. Umumnya. perkiraan ini menjadi anggaran proyek. Sebut dan Jelaskan isi template business case . dan mencapai persetujuan pada lingkup produk software antara user dengan developer.Berikan contoh MOV adalah sesuatu yang dapat diukur. dan kebutuhan sumber daya. Sebutkan dan Jelaskan macam-macam teknik untuk melakukan estimasi biaya proyek o Cost estimating Berdasarkan kegiatan. o Cost control Memastikan bahwa proses dan prosedur yang berada di tempat untuk mengontrol perubahan pada anggaran proyek. perkiraan dapat dikembangkan. o Cost budgeting Setelah waktu dan biaya dari setiap kegiatan diestimasi. verifikasi. Jelaskan apa hubungan DFD dan Use Case Diagram dengan Project Management Hubungan DFD (Data Flow Diagram) dengan manajemen proyek. Sedangkan Use case Diagram juga merupakan tools lain manajemen proyek dalam UML yang berguna menjelaskan pengembangan software pada model tingkat tinggi untuk mendefinisikan. Sebutkan dan Jelaskan keuntungan dari scope control  Mempertahankan manajer proyek dalam pengendalian proyek .Perubahan berwenang untuk lingkup proyek yang tercemin dalam perubahan jadwal dan anggaran proyek  Memungkinkan tim proyek untuk tetap fokus pada jalur . memberikan nilai bagi organisasi. menggunakan DFD level konteks.

Ini harus mencakup bagaimana proyek akan menguntungkan bisnis dan menjelaskan apa yang negara akhir proyek seharusnya.4. teknologi. 1. dan / atau perangkat lunak. peralatan. Issue Bagian ini secara singkat harus menjelaskan masalah bisnis bahwa proyek yang diusulkan. Bagian ini juga harus menjelaskan bagaimana hasil yang diinginkan akan dicapai dengan bergerak maju dengan proyek. Recommendation Bagian ini meringkas pendekatan untuk bagaimana proyek akan mengatasi masalah bisnis. PROBLEM DEFINITION 3. 3. Masalahnya mungkin proses. 2. 1. Hal ini juga harus menjelaskan setiap peran baru yang akan dibuat atau bagaimana peran yang ada dapat berubah sebagai hasil dari proyek. perangkat keras. 1.1.2. EXECUTIVE SUMMARY Bagian ini harus memberikan informasi umum tentang isu seputar masalah bisnis dan proyek yang diusulkan atau inisiatif diciptakan. BUSINESS CASE ANALYSIS TEAM Bagian ini menjelaskan peran anggota tim yang mengembangkan business case. 1. 3. atau produk / jasa berorientasi.3. Problem Statement Bagian ini menjelaskan masalah bisnis bahwa proyek ini diciptakan untuk mengatasi. Mana yang berlaku. Justification Bagian ini membenarkan mengapa proyek direkomendasikan harus dilaksanakan dan mengapa hal itu dipilih atas alternatif lain.1. dukungan kuantitatif harus disediakan dan dampak dari tidak menerapkan proyek ini juga harus dinyatakan.1.2. Anticipated Outcomes Bagian ini harus menjelaskan hasil yang diantisipasi jika proyek yang diusulkan atau inisiatif diimplementasikan. Ini sangat penting bahwa peserta dan peran yang jelas untuk business case serta sepanjang kehidupan proyek. . Organizational Impact Bagian ini menjelaskan bagaimana proyek yang diusulkan akan memodifikasi atau mempengaruhi proses organisasi.

asumsi. 4.. .4. PROJECT OVERVIEW Bagian ini menjelaskan informasi tingkat tinggi tentang proyek untuk menyertakan deskripsi. Bagian ini juga harus menjelaskan persyaratan teknis yang luar biasa dan hambatan yang perlu diatasi. daftar asumsi kemungkinan besar yang akan berkembang sebagai rencana proyek dikembangkan. tujuan dan sasaran. STRATEGIC ALIGNMENT Bagian ini memberikan gambaran dari rencana strategis organisasi yang terkait dengan proyek. Major Project Milestones Bagian ini berisi daftar major project milestones dan target tanggal penyelesaian.5. dan tujuannya. proses. kendala. Technology Migration Bagian ini memberikan gambaran tingkat tinggi tentang bagaimana teknologi baru akan dilaksanakan dan bagaimana data dari teknologi warisan akan bermigrasi. Ini termasuk rencana strategis dan bagaimana proyek mendukung rencana strategis. atau jasa. 4. Project Description Bagian ini menjelaskan pendekatan proyek akan digunakan untuk mengatasi masalah bisnis (s).3. gambaran umum dari bagaimana akan dieksekusi. Project Constraints Bagian ini berisi daftar kendala untuk proyek yang diusulkan . 4. kriteria kinerja. Ini mencakup apa proyek ini akan terdiri dari. Goals and Objectives Bagian ini berisi daftar tujuan bisnis dan tujuan yang didukung oleh proyek dan bagaimana proyek akan mengatasinya. 5. Project Performance Bagian ini menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan untuk mengukur kinerja proyek dan hasil yang berkaitan dengan sumber daya utama.6. dan milestones. Karena proyek dipilih dan bergerak ke rincian perencanaan proyek .3. 4.1.3. 4. 4. 4. Project Assumptions Bagian ini berisi daftar asumsi awal untuk proyek yang diusulkan.2.

investasi pada proyek dan analisis nilai organisasi.Merangkum rincian rencana proyek . dan memberikan kewenangan kepada project manager untuk menggunakan resource pada aktivitas-aktivitas project.Jelaskan Project Charter adalah dokumen yang dibuat oleh sponsor atau project initiator yang secara formal mempunyai kewenangan atas suatu project.manfaat dan resiko dari perencanaan proyek serta membandingkan alternative yang ada secara jelas. COST BENEFIT ANALYSIS Menggambarkan biaya proyek dan membandingkannya dengan manfaat dan tabungan untuk menentukan apakah proyek tersebut layak dilaksanakan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan business case.Berfungsi sebagai suatu perjanjian atau kontrak antara sponsor proyek dan tim . APPROVALS Business case merupakan sebuah dokumen dengan persetujuan yang diberikan atau ditolak untuk bergerak maju dengan penciptaan proyek.kelayakan. Output dari project charter : .Apa outputnya jelaskan Business Case adalah Suatu dokumen yang berisikan alasan inisiasi proyek.Mendefinisikan infrastruktur proyek . menyediakan rencana taktis untuk melaksanakan proyek .Mendokumentasikan proyek MOV . Oleh karena itu. 8. Sebut dan Jelaskan isi dari template project charter . Outputnya yaitu Business case terselesaikan dan disepakati dimana terpilihnya manajer proyek dan pihak-pihak yang berkepentingan dapat teridentifikasi. alasan tidak memilih alternatif juga harus disertakan. 14. Selain itu.Bersama dengan project plan awal . Jelaskan apa yang dimaksud dengan project charter?Apa outputnya. ALTERNATIVES ANALYSIS Alternatif dari semua masalah bisnis dengan sejumlah proyek.Mendefinisikan peran & tanggung jawab .Menyediakan kerangka kerja untuk proyek pemerintahan .Menunjukkan komitmen eksplisit untuk proyek . 7.biaya.Mengatur mekanisme pengendalian proyek 15.6. dokumen tersebut harus menerima persetujuan atau ketidaksetujuan 13.

Seringkali organisasi akan menggunakan beberapa jenis singkatan nama proyek.bukan pada teknologinya. singkat. Project scope harus bisa terstruktur karena project scope mendefinisikan fungsi sistem informasi.Penamaan proyek juga dapat memberikan tim proyek dan stakeholder suatu identitas dan kepemilikan. dan e-mail. Project Schedule summary Meskipun rincian dari jadwal proyek akan ada dalam perencanaan proyek namun sangat penting untuk meringkas detail dari rencana sehubungan dengan yang diharapkanseperti mulai dan tanggal selesainya suatu proyek. Hal ini mengurangi kemungkinan kebingungan ketika menentukan siapa yang akan mengambil kepemilikan produk proyek dan siapa yang akan menjadi pemimpin proyek. Project Description Project Description berisi gambaran singkat atau latar belakang dari proyek mengenai masalah atau peluang yang menjadi katalis untuk proyek tersebut dan alasan atau tujuan untuk mengambil proyek dan juga visi dan misi dari proyek.Project Identification Project Identification diperlukan jika suatu organisasi memiliki beberapa proyek yang berlangsung sekaligus. nomor telepon mereka.Rincian fitur sistem yang akan ditentukan nanti dalam siklus hidup \ pengembangan sistem ketika tim proyek melakukan suatu kebutuhan analisis informasi. tim proyek harus dinamai bersama dengan judul atau peran dalam proyek.MOV harus mudah diidentifikasi dalam project charter. Selain itu. diharapkan . Project Scope Project Scope adalah memberikan cakupan terhadap project yang akan dilakukan. disepakati. dan dapat digunakan secara eksplisit untuk semua stakeholder proyek. Oleh karena itu. Measureable Organization value (MOV) MOV harus jelas. Jadi project description penting berfokus pada bisnis. Project Stakeholder Disini yang termasuk dalam Project Stakeholder yaitu sponsor proyek dan manajer proyek.Selain itu.

Resources Required Sumber Daya dalam project charter dapat meliputi orang. seperti anggota tim tertentu yang tersedia untuk proyek. Sebagai contoh. atau kriteria spesifik yang digunakan dalam mengembangkan rencana proyek.dll. tonggak.Meskipun risiko Rencana pengelolaan harus di tempatkan untuk mendukung tim proyek.  Setiap kendala yang dikenal mungkin dikenakan oleh organisasi harus didokumentasikan. atau fasilitas untuk mendukung tim proyek. project charter harus merangkum potensi dampak berikut:  Situasi kunci atau peristiwa yang secara signifikan dapat mempengaruhi ruang lingkup proyek. Project Budget Summary Satu bagian dari project charter yaitu harus menampilkan total biaya proyek. atau anggaran.tanggal untuk penyerahan utama. Total biaya proyek tersebut harus diringkas langsung dari rencana proyek. anggaran.Resiko dianggap sebagai sesuatu yang dapat mempengaruhi keberhasilan proyek.Dengan menguraikan secara eksplisit sumber daya yang dibutuhkan dan siapa yang bertanggung jawab dapat mengurangi kemungkinan untuk kebingungan atau kesalahpahaman. dan fase harus ditampilkan dan diringkas pada tingkat yang sangat tinggi.teknologi. Risiko ini harus dirinci dalam rencana risiko proyek.teknologi. Kendala dikenal mungkin termasuk hal-hal seperti tenggat waktu yang ditetapkan. . bagian yang mengidentifikasi setiap standar kualitas yang diketahui atau dibutuhkan harus dibuat eksplisit dalam project charter. atau alat-alat teknologi yang dibutuhkan atau platform. sistem aplikasi laporan mungkin harus memenuhi persyaratan badan pemerintah. Quality issue Perencanaan manajemen mutu harus di tempatkan untuk mendukung proyek.jadwal. Assumption and Risks Asumsi dapat mencakup hal-hal yang harus benar.

Selain itu. atau kehilangan produktivitas.downtime. Dependensi pada proyek-proyek internal atau eksternal organisasi. Ini mungkin termasuk:  Sebuah rencan komunikasi yang menguraikan bagaimana status proyek atau kemajuan akan dilaporkan ke berbagai pihak. dan kontrol akan didukung sepanjang siklus hidup proyek. Ini mungkin permasalahan yang diidentifikasi oleh sponsor proyek. terutama jika sistem aplikasi atau platform teknologi harus diintegrasikan.  Dampak pada berbagai bidang organisasi. manajer proyek. Rencana ini juga mencakup proses untuk melaporkan dan menyelesaikan masalah yang muncul secara signifikan.   Sebuah rencana lingkup manajemen yang menggambarkan bagaimana perubahan pada proyek serta cakupan yang akan disampaikan. Sebuah rencana mutu manajemen yang menjelaskan cara perencanaan mutu. jaminan. Dibanyak kasus. rencana untuk menguji sistem informasi juga akan disertakan. Administrasi Proyek Administrasi proyek berfokus pada kontrol yang akan mendukung proyek tersebut. atau tim proyek yang harus diatasi dan disepakati di beberapa titik selama proyek.  Setiap isu yang beredar. sebuah proyek TI adalah salah satu dari beberapa yang dilakukan oleh sebuah organisasiSelanjutnya. . Pengembangan dan implementasi solusi TI akan memiliki dampak pada organisasi dan menggambarkan bagaimana proyek akan berdampak pada organisasi dalam hal gangguan. Mereka mungkin termasuk seperti hal-hal sebagai sumber daya yang akan diberikan atau keputusan mengenai fitur atau fungsionalitas dari sistem. ketergantungan antara proyek mungkin ada. Hal ini penting untuk menyoroti isu yang beredar yang perlu resolusi lebih lanjut.

Terminology dan glossary Terminology dan Glossary sangat penting dimasukkan dalam project charter agar dapat mengurangi kompleksitas dan kebingungan karena masih banyak proyek IT yang menggunakan istilah tertentu atau singkatan yang mungkin belum terbiasa didengar oleh banyak orang. atau perkiraan tertentu. 16. Sebuah manajemen perubahan dan rencana implementasi yang akan menentukan bagaimana produk dari suatu proyek akan diintegrasikan ke dalam lingkungan organisasi.Dengan menandatangani dokumen. serta memberikan dasar untuk mendukung proses. Jelaskan yang dimaksud dengan PMBOK. praktek. hasil.  Sebuah sumber daya manusia merencanakan akuisisi staf danpengembangan tim.Gambarkan dan Jelaskan masing-masing komponen dalam PMBOK PMBOK adalah Sekumpulan tindakan dan kegiatan yang saling terkait yang dilakukan untuk mencapai sekumpulan produk. atau jasa yang telah dispsifikasikan sebelumnya . proyek pemangku kepentingan menunjukkan adanya penerimaan formal dalam proyek ini dan. Acceptance and Approval Acceptance dan Approval berfungsi sebagai perjanjian atau kontrak antara sponsor proyek dan tim proyek. karenanya. memberikan manajer proyek dan tim kewenangan untuk melaksanakan rencana proyek. References Referensi sangat penting digunakan untuk menambahkan kredibilitas dari project charter dan rencana proyek .

meninjau kembali apakah proyek telah memuaskan / memenuhi kebutuhan yang telah ditetapkan o Project Human Resources Management.Perkiraan berapa lama proyek akan selesai dikerjakan Mengembangkan jadwal proyek Meyakinkan penyelesaian proyek tepat waktu o Project Cost Management. terdiri dari menghasilkan.o Project Scope Management. memperhatikan keefektifan pemanfaatan sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek o Project Communication Management. meliputi menentukan dan mengelola semua kegiatan yang dikerjakan sampai dengan selesainya proyek o Project Time Management. mengumpulkan. meliputi: . terdiri dari menyiapkan dan mengelola budget untuk proyek o Project Quality Management. menyebarkan dan menyimpan informasi proyek .

klien pasti akan senang dan puas dengan kinerja kita.o Project Risk Management.  Efektivitas ditingkatkan dalam memberikan layanan: Sama dengan strategi manajemen proyek yang memungkinkan kita untuk berhasildalam menyelesaikan satu proyek dan akan melayani kita berkali-kali. Sebutkan dan Jelaskan manfaat Project management  Efisiensi yang lebih baik dalam memberikan layanan: Manajemen proyek menyediakan suatu alat yang mudah diikuti dan memudahkan dalam penyelesaian proyek . .  Peningkatan kepuasan pelanggan: Setiap kali kita mendapatkan proyek dan melakukannya dengan tepat waktu dan sesuai anggaran. terdiri dari identifikasi. terdiri dari memperoleh atau mendapatkan produk dan servis untuk proyek dari pihak luar organisasi o Project Integration Management: Merupakan knowledge area yang ke-9 Merupakan fungsi yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh knowledge area lainnya 17.  Peningkatan keunggulan kompetitif: Ini bukan hanya manfaat yang baik dari manajemen proyek dalam tempat kerja tetapi di luar itu juga.  Peningkatan pertumbuhan dan pengembangan dalam tim : Hasil positif tidak hanya menghormati perintah tetapi juga kita harus dapat menginspirasi tim untuk terus mencari cara untuk melakukan sesuatu yang lebih efisien.Dengan adanya alat tersebut hubungan klien / manajer akan terus berlanjut. analisis dan merespon resiko yang berhubungan dengan proyek o Project Procurement Management.

Sedangkan kalau projectnya kecil hanya dibutuhkan team kecil sebagai koordinatornya. 20. Apakah semua project harus menggunakan project manager?Kapan Perusahaan harus menggunakan Project manager. 19. Kalau project besar dibutuhkan project manager agar perusahaan bisa menggunakan project management untuk mengetahui schedule dan budget proyek. tool dan teknik untuk kegiatan proyek dan memenuhi persyaratan proyek.Jelaskan semua project harus menggunakan project manager tetapi itu tergantung dari perkembangan zaman. 18. keterampilan (skill). pengingat sederhana dapat digunakan mengenai manfaat manajemen proyek. Jelaskan apa yang dimaksud dengan project management Project management adalah penerapan dari pengetahuan. Tentu manajemen proyek juga memungkinkan untuk memetakan strategi. Peningkatan Jumlah: Seringkali hasil dari efisiensi yang lebih baik.  Fleksibilitas yang lebih baik: Mungkin salah satu manfaat terbesar dari manajemen proyek adalah bahwa hal itu memungkinkan untuk fleksibilitas. Perusahaan harus menggunakan project manager dilihat dari sisi project yang dikerjakan apakah project tersebut besar atau kecil.Proyek manajemen menyediakan suatu alat yang tepat sebelum melakukan suatu proyek. Jelaskan apa yang dimaksud dengan project Project adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suatu produk yang unik dan menggunakan suatu pendekatan yang terstruktur dalam pelaksanaanya.  Peningkatan risiko penilaian: Dengan adanya Project Management suatu proyek dapat dinilai dengan lebih cepat kesalahannya.   Peningkatan Kualitas: Peningkatan kualitas secara efektif dan efisien. Peluang untuk memperluas layanan : Sebuah produk sampingan lebih memiliki Performa yang hebat sehingga menyebabkan lebih banyak kesempatan untuk berhasil. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful