KULIT

Definisi kulit Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia. Kulit merupakan organ yang esensial dan vital serta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit juga sangat kompleks, elastis dan peka (Wasitaatmadja, 2002).

Struktur lapisan kulit Secara garis besar kulit tersusun atas 3 lapisan ( Junqueira, 2007) : a. Lapisan epidermis

stratu lusidum. c. kering sensitive dan kulit gersang (yuswati. yang memungkinkan kulit di bagian atas bergeser. berminyak sensitive (sensitife oily skin). kering. Berdasarkan ketebalan epidermis. lapisan dermis dibagi menjadi dua bagian yaitu pars papilare dan pars retikulare. sehingga tidak menimbulkan . Lapisan dermis Lapisan dermis yaitu suatu lapisan jaringan ikat yang berasal dari mesoderm. yaitu: kulit normal. Lapisan subkutis Lapisan ini terdiri atas jaringan ikat longgar yang mengikat kulit secara longgar pada organ-organ di bawahnya. dapat dibedakan kulit tebal dan kulit tipis.Lapisan epidermis yaitu lapisan epitel yang berasal dari ekstoderm. b. Lapisan epidermis terdiri dari stratum korneum. 1996). Kulit Normal Kulit jenis ini merupakan kulit yang sehat dimana kelenjar lemak memproduksi minyak tidak berlebihan. Lapisan ini mengandung sel-sel lemak. berminyak. Secara garis besar. yaitu: a. Jenis – jenis kulit Kulit digolongkan menjadi tujuh jenis. kuku. stratum basale. stratum granulosum. terletak di bawah lapisan epidermis dan jauh lebih tebal dari epidermis. Lapisan ini terdiri dari lapisan elastik dan fibrosa padat dengan elemenelemen selular dan folikel rambut. Turunan epidermis meliputi rambut. Pada lapisan ini tedapat sel-sel saraf dan pembuluh darah. stratum spinosum. kelenjar sebasea dan kelenjar keringat. kombinasi (campuran).

tetapi tidak terlalu besar Kadang kelihatan berminyak di daerah dahi. Kulit normal biasanya dijumpai pada anak-anak sampai menjelang remaja. dagu dan hidung Kulit Berminyak Kulit berminyak disebabkan oleh sekresi kelenjar sebasea yang berlebihan. tonus (daya kenyal) kulit bagus. pori-pori jelas terlihat. segar. 3. Tanda-tanda kulit normal antara lain : kulit lembut. Ciri-ciri kulit berminyak adalah kulit kelihatan basah dan mengkilat. Tekstur kulit kasar dan berminyak Pori-pori besar Mudah kotor dan berjerawat c. Ciri-ciri yg terlihat pada kulit normal yaitu: 1. Kulit Berminyak Sensitive (sensitive oily skin) Kulit jenis ini tanda-tandanya sama dengan kulit berminyak hanya terdapat pembuluh darah yang melebar dan rusak. sehat. Penyebab kulit berminyak sensitive adalah kelenjar lemak sangat berlebihan dalam memproduksi lemak . Ciri-ciri yg terlihat pada kulit Berminyak yaitu: 1. b. sering terdapat jerawat atau acne. 2. halus. kulit terlihat pudar dan kusam. pori-pori tidak kelihatan. sehingga terlihat garis-garis atau guratan-guratan merah disekitar hidung dan pipi. 2. 3.penyumbatan pada pori-pori kulit. 4. bercahaya. Kulit tampak segar dan cerah Cukup tegang dan bertekstur halus Pori-pori kelihatan. Kulit berminyak umumnya terdapat pada usia remaja dan dewasa.

Tanda-tandanya kulit kelihatan mengkilat pada bagian tengah muka. Kulit kering cepat menjadi tua karena kelenjar lemak tidak berfungsi dengan baik Ciri-ciri yg terlihat pada kulit kering yaitu: 1. 3. dingin dan iritasi. tipis dan rapuh.tidak lembab dan tidak berminyak. halus. Kulit gersang ( Dehydrated Skin) . Kulit Kering Kulit kering sering terdapat pada orang dewasa dan orang-orang yang telah lanjut usianya. bersisik Mulai tampak kerutan . e. Kulit jenis ini umumnya terdapat pada usia dewasa. 2. Kulit Kombinasi (Campuran) Kulit kombinasi merupakan gabungan lebih dari satu jenis kulit seperti kulit kering dan berminyak. d. Penyebabnya adalah akibat ketidakseimbangan sekresi sebum. pipi dan dagu. disekitar pipi dan dahi kering. di sekitar hidung. g. f.kerutan Pori –Pori tidak kelihatan Kulit Kering Sensitive Jenis kulit ini sama dengan kulit kering hanya terdapat pembuluh darah yang melebar disekitar hidung dan pipi sehingga timbul garis-garis atau guratan didaerah tersebut. Ciri-ciri kulit kering antara lain: bagian tengah muka normal.sehingga kadang berkomedo dan bereaksi cepat terhadap panas. Kulit kusam.

Tipe III d.Kulit gersang adalah kulit yang sangat kering. Tipe I b. Hal ini dengan cepat dapat meningkatkan pigmentasi pada lapisan basal (stratum basalis). mudah menjadi coklat : secara genetik coklat ( India atau Mongoloid) : secara genetik hitam (Kongoid dan Negroid) Respon pertama terhadap radiasi UV adalah peningkatan distribusi melanosom. tak pernah menjadi coklat : mudah terbakar. sehingga warna kulit menjadi coklat karena sinar matahari. Penyebabnya zat cair atau pelembab didalam kulit sangat terbatas. jarang menjadi coklat : kadang-kadang terbakar. Tipe IV e. Bila kulit terpapar dengan sinar matahari lebih lama. yaitu: a. 2009). dewasa ataupun usia lanjut. warna coklat cepat menghilang atau mengelupas seiring dengan pergantian normal epidermis. maka kulit terbagi atas tipe-tipe tertentu (james. Tipe V f. mudah menjadi coklat : tidak pernah terbakar. warna coklat dapat dihentikan. Berdasarkan perbedaan genetik yang penting dalam hal kemampuan merespon terhadap radiasi ultraviolet (UV). Bila stimulasi dihentikan. Tipe VI : selalu terbakar. Umumnya terdapat pada usia remaja. Tipe II c. . maka produksi melanin meningkat lagi secara permanent.

sebagian besar kulit kita berminyak pada waktu muda dan lama kelamaan akan mengering dengan bertambahnya usia kita. tapi kalau tidak alami atau . maupun hitam. penggunaan kontrasepsi dan manopause dapat mempengaruhi kulit anda. 2. Penyakit Pada luar Kulit Kulit merupakan bagian tubuh terluar manusia yang ditumbuhi rambut – rambut. 4. coklat. Usia Kandungan kelembaban alami kulit akan berkurang seiring bertambahnya usia.Faktor – faktor yang mempengaruhi kulit 1. 3. didaerah beriklim kering dan panas. Stres dan diet adalah penyebab lain bagi kulit dalammenghasilkan reaksiyang merugikan atau sensitif. orang-orang yang tinggal disana diberkati dengan kulit yang halus dan bening. kuning. Iklim Di daerah beriklim dingin dan lembab. orang-orang yang tinggal disana mempunyai kulit yang berminyak. Penyebab alami Perubahan tubuh seperti ketika menstruasi. Warna kulit biasanya bermacam – macam yakni putih. perubahan hormonal selama kehamilan. Kalau itu alami kita musti mensyukurinya. Di lain pihak. Lingkungan Sistem buatan seperti pendingin udara (ac) dapat mendorong kulit yang berminyak menjadi sensitif.

sekeliling siku. lembab. alat kelamian. Eksim ( eksema ) Ditandai dengan kulit kemerah – merahan. Timbul gelembung kecil yang berisi air atau nanah. Kudis ( Skabies ) bwah ketiak. . vetsin dll. Kudis mudah menular ke orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung ( handuk. dll ) Pencegahan: kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk. alcohol. Penyebabnya karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu maupun kepekaan terhadap makanan tertentu sperti udng. nah ini yang perlu di perhatikan. berair. Kenudian timbul bercak keputihan. pakaian. ikan laut. terutama pada malam hari. 2. aerole ( sekeliling payudara ) . bersisik. bengkak melepuh berwarna merah sangat gatal dan terasa panas. Jenis – jenis penyakit kulit 1. dan permukaan depan pergelangan.dengan kata lain terkena penyakit p. pinggang. pecah – pecah. terasa gatal. 3. dan terasa gatal. Kurap Penyebab : Jamur Gejala : kulit menjai tebal dan imbul lingkaran hita. Jadi memelihara kebersihan tubuh adalah wajib bila inginterhindar dari penyakitkulit ini. bersisik. nah ini yang pada kulit.

4. pelemahan diabetes. Campak ( rubella ) Gejala dari penyakit ini adalah demam. dan pemakaian bahan kimia. pilek. Setelah beberapa hari dari gejala tersebut tgimbul ruam merah yang gatal bertambah besar tersebar keberapa bagian tubuh. selanjutnya dapat menyerng kulit. sakit kepala. . dan kulit kepala. 5. saluran nafas bagian atas. otot. tidak nafsu makan. mukos mulut.Pencegahan : jaga kebersihan kulit terutma di ara tengkuk. kosmetika yang menyumbat pori. kelenjarminyak. badan terasa lesu. bersin. dan radang mata. leher. Tanda pasti kusta adalah:   kulit dengan bercak putih atau kemerahan dengan mati rasa penebalan dalam saraf tepi di sertai kelainan berupa mati ras dan kelemahan pada otot tangkan. kaki dan mata. kelenjar keringat yang kemudian menimbulkan infeksi local. 6. Kusta Kusta adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh mycobacterium lepra yang interseluler obligat yang pertama menyerang saraf tepi. Mata. Bisul ( furunkel ) Bisul di sebabkan karena adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut. system endothelial. Factor yang meningkatkan resiko terkena bisul antara lain kebersihan yangi buruk dan luka yang terinfeksi. tulang dan tetis.

 Pada pemerksaan kulit BTA + 7. bersisik. dan keropeng penderita. tempat tidur. kumannya perlahan – lahan akan memakan kulit dan daging anda. Ketombe ( seboroid ) Penyebab penyakit ini di duga erat kaitannya dngan aktivitas kelenja sebasea di kulit. Jika anda merasa telah terkena penyakit jenis kulit ini segeralah berobat kedokter karena jika di biarkan penyakit kulit ini dapat menjadi momok yang menakutkan. Cacar air ( Frambusia ) Penyebab: penyakit ini di sebabkan oleh sejenis virus bakteri trypanosome penyakit ini sangat menular terutama melelui udara. Panu atau Panau Panu adalah salah satu penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur penyakit. frambus. cacar air. Ket: seboroid yang terjadi pada kulit kepala sering di sebut juga dengan nama ketombe ( merah. 9. 10. Bercak – bercak ini bias berwarna . Ket: dari jauh kulit yang terkena frambusia mirip dengan buah frambus yang berbintil – bintil ranum Gejala: bintil. penyakit ini di tandai dengan bercak yang terdapat pada kulit di sertai rasa gatal pada saat bekeringat. berminyak dan bau ) 8. pakaian. Lepra Gejala: biasanya gejalan awalnya kulit telihat mengkerut bahkan jika penyakit tersebut sudah akut.

jika tidak segera diatasi. . 11. atau merah tergantung warna kulit si penderita. Belum lagi rasa gatal yang sering menyerang menyertai infeksi jamur tersebut. Dan dapat pula diobati dengan kapur sirih yang dicampur dengan kapur sirih dan dioleskan pada kulit yang terserang panu. coklat.putih. Panu paling banyak di jumpai pada remaja usia belasan tahun. ada pula yang ditemukan pada penderita berumur tua. Pencegahan : menjaga kebersihan kulit. dan dapat diobati dengan obat – anti jamur yang di jual dipasaran. jamur ini akan dengan cepat menyebar ke jaringan kulit yang lebih luas. Meskipun begitu. Infeksi jamur kulit Jamur dapat tumbuh di permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan tekstur kulit sehingga telihat buruk.

057 : U 11 FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR ANGKATAN 2011 .TUGAS KOSMETOLOGI KULIT OLEH: NAMA NIM KELAS : MUTMAINNAH : 11. 02.201.

 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful