DEPARTEMEN KEUANGAN Sekretariat Jenderal Biro Perlengkapan

Nomor Tanggal Revisi

: SOP_19/SJ.6 :

Tanggal Penetapan :

Standar Prosedur Operasi (SOP) Pelelangan Umum Dengan Pascakualifikasi
(Paket Pekerjaan Sampai Dengan Rp50.000.000.000,00) Dasar Hukum : 1. Keppres Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; 2. Keppres Nomor 42 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan APBN.
No
1.

Aktivitas
Pemberi tugas/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mengirimkan surat kepada Ketua Panitia Pengadaan untuk melaksanakan pengadaan barang/jasa. Ketua Panitia Pengadaan mengundang anggota panitia untuk melaksanakan rapat pembuatan Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS) dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS). Panitia Pengadaan menyusun HPS membuat RKS dan

PPK

Ketua Panitia

Panitia

2.

3.

4.

Pejabat Pembuat Komitmen mengesahkan RKS dan HPS yang telah dibuat oleh Panitia Setuju Pengadaan.

Tidak

Setuju
5. Panitia Pengadaan mengumumkan kepada masyarakat perihal pelelangan umum pengadaan barang yang akan dilaksanakan melalui papan pengumuman resmi Sekretariat Jenderal Departemen Keuangan, surat kabar dan website Bappenas dengan alamat : www.pengadaannasionalbappenas.go.id. Panitia Pengadaan dibantu Sekretariat Panitia Pengadaan menerima pendaftaran peserta lelang (pengambilan Dokumen Lelang) ditempat yang telah ditentukan dalam Pengumuman Lelang dan RKS. Panitia Pengadaan melaksanakan rapat penjelasan pekerjaan (aanwijzing) yang diikuti oleh peserta lelang yang telah mendaftar dan bila diperlukan rapat penjelasan pekerjaan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pekerjaan yang dituangkan dalam Berita Acara Penjelasan Pekerjaan (aanwijzing) yang ditandatangani oleh Panitia Pengadaan dan wakil peserta. Panitia Pengadaan bersama-sama dengan peserta lelang yang hadir dan memasukkan Dokumen Penawaran melaksanakan rapat Pembukaan Dokumen Penawaran yang dituangkan dalam Berita Acara Pemasukan dan Pembukaan Dokumen Penawaran yang ditandatangani oleh Panitia Pengadaan dan

6.

7.

8.

Panitia Pengadaan mengundang kepada calon pemenang lelang untuk melaksanakan klarifikasi dan verifikasi kualifikasi. Panitia Pengadaan melaksanakan Rapat Hasil Pelelangan yang hasilnya dituangkan dalam Berita Acara Hasil Pelelangan. 14.pengadaannasional-bappenas. Panitia Pengadaan melaksanakan klarifikasi terhadap kesanggupan calon pemenang untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) dan penjelasannya yang tercantum dalam Berita Acara Penjelasan Pekerjaan dan Verifikasi dilakukan terhadap semua data dan informasi yang ada dalam formulir isian kualifikasi dengan meminta rekaman atau asli dokumen yang sah.id. Panitia Pengadaan mengumumkan hasil pelelangan pada papan pengumuman resmi Sekretariat Jenderal Departemen Keuangan dan website Bappenas dengan alamat : www. Berdasarkan Rapat Hasil Pelelangan Ketua Panitia Pengadaan mengusulkan penetapan calon pemenang pelelangan kepada Pejabat Pembuat Komitmen.go. yang dituangkan dalam Berita Acara Klarifikasi dan Verifikasi yang ditandatangani oleh Panitia Pengadaan dan calon pemenang. 16. Tidak Setuju Setuju 15. Apabila PPK sependapat dengan hasil pelelangan Panitia maka PPK menetapkan pemenang lelang yang diusulkan oleh Panitia Pengadaan. 11. Evaluasi Ulang 10. Panitia Pengadaan memberitahukan kepada penyedia barang tentang hasil pelelangan. Panitia Pengadaan melaksanakan evaluasi terhadap penawaran termasuk evaluasi kualifikasi dan klasifikasi yang dituangkan dalam Berita Acara Evaluasi Dokumen Penawaran. No Aktivitas PPK Ketua Panitia Panitia 9.2 wakil peserta. namun apabila PPK tidak sependapat maka dilakukan evaluasi ulang atau lelang ulang. 12. . 13.

3 No Aktivitas PPK Ketua Panitia Panitia 17. 19. Jangka waktu penyelesaian : 35 hari kerja Ditetapkan : Kepala Biro Perlengkapan R. 22. Atlap Noor Syamsoe NIP 060062012 . 21. Pelaksanaan pengadaan barang/jasa. PPK menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK). PPK mengikat kontrak dengan pemenang lelang yang telah ditetapkan. 20. Panitia Pengadaan melaporkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen bahwa masa sanggah telah habis. PPK menerbitkan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ). Masa sanggah. 18. Moch.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful