CONTOH PROPOSAL USAHA/ BISNIS PLAN

USAHA KREBI PETI 1. Latar Belakang Jember merupakan sebuah kabupaten di propinsi Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk lebih dari dua juta jiwa. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak disertai dengan jumlah pendatang yang banyak pula, maka Jember merupakan pasar potensial untuk sebuah produk maupun jasa. Oleh karena itu, banyak terciptalah bisnis kuliner. Mengingat pola penduduk Jember yang perekonomiannya cukup baik dan tingkat konsumsi juga tinggi, maka tidaklah sulit untuk mencari pasar di kota ini. Namun sayangnya karena banyaknya peluang bisnis dalam bidang makanan, malah membuat masyarakat kabupaten Jember kebingungan. Dengan membaca keadaan pasar yang berjalan, maka terciptalah makanan burger bakar yang diberi nama Krebi Peti. Burger bakar Krebi Peti menyajikan sesuatu yang istimewa, yaitu proses pembuatannya yang dibakar dapat mengurangi kadar kolesterol daripada menggunakan burger yang isi dagingnya digoreng. 2. Pemrakarsa dan Kepemilikan Usaha (Pemrakarsa dan Kepemilikan Usaha berisi siapa yang memprakarsai usaha ini dan siapa-siapa saja yang menjalankan dan memiliki usaha ini) 3. Modal Usaha (Berapa modal yang telah dimiliki) 4. Pemasaran *Potensi Pasar Kota Jember dengan jumlah penduduk lebih dari dua juta jiwa merupakan pasar yang sangat potensial. Mengingat daya beli di kota

Y dan Z. memulai usaha kuliner merupakan salah satu alternative usaha yang tepat. kami akan memulai ekspansi ke pasar.Jember bisa dibilang tinggi. Setelah respon dari ketiga daerah tersebut atas produk kami baik. Aspek Teknis dan Operasi Pada aspek ini terdiri dari beberapa hal antara lain. Bisnis makanan merupakan spesifikasi yang sangat tepat untuk menarik perhatian pasar. Ancaman dari pendatang baru 2. Lokasi dan lahan 2. Jadwal Kerja 6. Kapasitas Produksi 3. Kekuatan tawar menawar pembeli 5. diantaranya di daerah X. membuat masyarakatnya menjadi konsumtif. *Peramalan Permintaan (Bagian ini dapat diisi dengan berbagai metode seperti metode pendapat dan metode least square) *Persaingan Kekuatan yang mempengaruhi persaingan dalam industry: 1. Beberapa daerah memiliki daya beli yang sangat tinggi. Teknologi dan peralatan 4. Aspek Sumber Daya Manusia . Persaingan antar anggota industry *Analisa Pesaing (Berisi siapa saja pesaing yang ada) 5. Kekuatan tawar menawar pemasok 4. Ancaman dari produk pengganti 3. Oleh karena itu. Ketiga daerah tersebut memiliki daya beli yang potensial sehingga kami jadikan sebagai tujuan utama dan pertama kami dalam memasarkan produk. yaitu: 1. Proses produksi 5.

Proyeksi laba rugi 7. Terhentinya pasokan bahan baku dari supplier 2. Beberapa hal yang ada dalam aspek ini antara lain: 1. Criteria penilaian investasi Aspek keuangan membutuhkan orang yang ahli dalam bidang keuangan sehingga bisa mengerjakannya dengan benar. gaji serta pelatihan yang akan diberikan oleh perusahaan/ tempat usaha) 7. Permintaan yang turun 3. Aspek Keuangan Aspek keuangan berisi berbagai neraca yang menggambarkan kebutuhan dan proyeksi keuntungan yang diperkirakan. Kebutuhan investasi 3. Proyeksi neraca 8. Lingkungan dan Resiko Aspek ini berisi dampak social dan lingkungan yang terjadi jika usaha makanan krebi peti jadi dijalankan. Apakah dapat menimbulkan gejala social yang negative atau malah positif. 8. Resiko usaha juga harus dijabarkan dalam aspek ini.(berisi berapa jumlah dan posisi karyawan. Analisis biaya produksi 5. Sumber-sumber dana 2. Proyeksi arus kas 9. Sebenarnya bisa juga orang yang tidak ahli. Analisis break event point (BEP) 6. Adanya perusahaan lain yang mencoba meniru produk kita . Estimasi penjualan 4. Aspek Sosial. namun harus belajar dan mempelajari terlebih dahulu satu persatu neraca dan proyeksi yang dibutuhkan. Resiko dapat berisi: 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times