Harga Sebuah Baptisan

Nats :Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum (Markus 16:16) Bacaan : Kisah Para Rasul 8:1-17 Tanggal 7 Mei 2006, di Athena, seorang pemuda imigran yang telah mengenal Kristus selama tiga tahun, dibaptis. Ia tinggal bersama pamannya yang membenci kekristenan. Setiap malam ia membaca Alkitab diam-diam. Suatu saat, rencana baptisan itu diketahui pamannya. Sang paman marah besar. Saat si pemuda masih tidur, pamannya mendidihkan sepanci air, menyiramkannya ke tubuh pemuda itu, lalu mengusirnya. Namun pagi harinya dengan pinggang dan tangan melepuh, pemuda itu tetap pergi ke gereja. Dengan tubuh penuh luka dan sakit, ia berlutut di depan altar untuk menerima baptisan. "Kini saya milik Yesus!" serunya. Bagi banyak orang yang hidup pada zaman sekarang, baptisan mungkin merupakan perkara biasa. Namun, tidak demikian bagi pemuda tadi atau orang-orang pada zaman para rasul! Baptisan bisa jadi soal hidup mati, sebab baptisan adalah inisiasi. Pada saat baptisan dilakukan, orang menyatakan di depan Tuhan dan jemaat, bahwa ia beriman hanya pada Kristus; bukan pada yang lain. Bagi pemimpin agama Yahudi baptisan dianggap sebagai pemurtadan, sehingga pengikutnya pantas dianiaya (ayat 1-3). Uniknya, walau tahu risikonya berat, banyak orang yang tetap mau dibaptis (ayat 12). Mereka percaya bahwa kuasa Yesus jauh lebih besar daripada kuasa penganiaya. Baptisan itu berharga. Jangan disepelekan! Jika Anda belum dibaptis, usahakan untuk menerimanya! Iman Anda harus dinyatakan dengan berani di depan Allah dan manusia. Jika Anda sudah dibaptis, hadapilah konsekuensinya. Baptisan adalah langkah awal untuk hidup berpusatkan pada Yesus -JTI KITA DISELAMATKAN KARENA IMAN, BUKAN KARENA BAPTISAN NAMUN ORANG BERIMAN MEMBUTUHKAN BAPTISAN

” Tidakkah Anda gembira karena Tuhan masih sudi memperhatikan manusia? Bahkan sesungguhnya. Anda sangat berarti bagi Allah --Vernon Grounds PADA SAAT BERTEMU DENGAN KRISTUS KITA AKAN SADAR BAHWA KITA ADALAH DOMBA YANG HILANG . Menurut Yesus. Bapa surgawi kita memperhatikan masing-masing pribadi. yang membutuhkan Yesus Sang Gembala untuk menyelamatkan Anda? Berserulah kepada-Nya hari ini juga. kawannya itu menolak undangannya. Ia berkata. Allah Yang Mahakuasa tidak seperti kawan saya itu. dan izinkan Dia menyelamatkan Anda. Gembala kita yang agung bahkan memberi hidup-Nya bagi kita. Sungguh luar biasa. sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan (Lukas 15:6) Bacaan : Lukas 15:3-7 Seorang pengarang Amerika bernama Julia Ward Howe dikenang terutama karena puisinya berjudul Battle Hymn of The Republic (Himne Pertempuran Bagi Republik). Dia masih sudi memperhatikan manusia. untuk membantu kita memahami kasih Allah yang dalam kepada setiap manusia. “Buat apa saya menemuinya. Namun. dan dengan penuh pengurbanan pergi mencari seekor domba.Nya yang tersesat (Lukas 15:4-6). Karena itu. senator AS bernama Charles Sumner untuk menemui seorang aktor muda yang sedang naik daun. Ingatlah. Dia meninggalkan kawanan dombanya yang berjumlah 99 ekor di tempat yang aman dan terlindung. Menurut putrinya. Yesus menyatakan bahwa setiap helai rambut di kepala kita pun terhitung oleh-Nya (Matius 10:30).Anda Berarti Bagi Allah Nats : Bersukacitalah bersama-sama dengan aku. Howe pernah mengundang kawannya.” Julia kemudian menulis dalam buku hariannya. “Syukurlah. Tak ada gunanya saya memperhatikan orang lain. Bapa itu seperti gembala yang setia. domba-domba-Nya (Yohanes 10:11). Apakah Anda bagaikan seekor domba yang hilang.

pria itu sangat terkejut ketika orang kristiani yang setia itu bertanya. Seluruh dunia ini terwakili oleh kedua penjahat tersebut dan respons mereka terhadap Tuhan Yesus. pandanglah Dia yang di surga. apabila Engkau datang sebagai Raja” (Lukas 23:42) Bacaan : Lukas 23:32-49 Ada tiga salib yang tertancap di bukit Kalvari. Anda pun akan mendengar kata-kata pengampunan dan pengharapan dari-Nya --Henry Bosch KEADILAN DAN BELAS KASIHAN ALLAH MENYATU DI SALIB .Tiga Salib Nats : Lalu ia berkata. Saya lupa. “Oh. Seorang pria diminta untuk menerima Kristus. Dan pada salib yang di tengah. “Benar. Di salah satu salib tergantung seorang pria yang sekarat di dalam dosa karena ia tidak menerima Yesus. Dengan iman. tergantunglah Seseorang yang sedang sekarat bagi dosa. yang pernah tergantung pada salib yang di tengah. yaitu antara neraka kekal dan surga kekal. Salib yang di tengah menjadi jembatan di antara kedua pria yang tergantung di sisi Yesus. “Penjahat yang mana? Ingat. jangan ganggu saya sekarang. dan Sang Juruselamat. Ingatlah akan penjahat sekarat yang disalib di samping Yesus. ada dua penjahat yang disalib!” Jawab orang itu. Saya melihat ketiga orang yang disalib itu menggambarkan pendosa. Di salib yang lain tergantung seseorang yang sekarat tetapi mau bertobat dari dosanya dengan mempercayai Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan (Lukas 23:40-43). pria itu memutuskan untuk menerima Yesus supaya ia diselamatkan. Maksud saya adalah penjahat yang diselamatkan!” Pada malam itu juga. orang yang disucikan. Dia dapat mati bagi orang lain karena Dia adalah Anak Allah dan Dia tidak berdosa.” Namun. “Yesus. tetapi ia menolak dan berkata. ingatlah akan aku. Nanti saja kalau saat terakhir sudah tiba.

Sepulangnya dari sekolah siang itu. Allah tidak menawari kita cek kosong. Rasul Paulus tidak mengatakan bahwa kita memiliki cukup anugerah untuk melakukan segala sesuatu yang ingin kita lakukan. Apa pun tugasnya.. berangkat ke TK-nya dengan mengantongi sekeping uang 10 sen untuk membeli susu kotak sebagai tambahan makan siangnya. atau untuk mengasihi seorang remaja yang sulit diatur. Tidak. Oleh anugerah-Nya. saya memiliki semua sumber daya yang saya butuhkan untuk pelayanan saya. atau orangtua yang lanjut usia. Allah akan memastikan kita “berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan” (ayat 8) —David Roper PANGGILAN ALLAH UNTUK SUATU TUGAS PASTI DISERTAI KUASA-NYA UNTUK MENYELESAIKAN TUGAS ITU .. anak sulung kami. “Tidak. tetapi saya enggan bertindak karena takut kalau tidak cukup.” Betapa sering saya menanggapi tuntutan yang dilimpahkan kepada saya dengan pemahaman yang kekanak-kanakan. Alkitab meyakinkan saya bahwa Allah telah menyediakan berkat yang melimpah bagi saya. “Susu kotak harganya lima keping sen. Menurut firman Allah.mungkin untuk memberikan uang bagi perkabaran Injil seperti yang dilakukan jemaat Korintus (ayat 7). Paulus memberi jaminan bahwa kita memiliki cukup kasih karunia untuk melakukan apa pun yang diperintahkan Allah kepada kita -. tetapi aku hanya punya satu keping uang sepuluh sen. berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan (2 Korintus 9:8) Bacaan : 2 Korintus 9:6-15 Randy. saya memiliki segala sesuatu yang saya perlukan (2 Korintus 9:8). Padahal.Cukup untuk Apa Saja Nats : Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu. supaya kamu . pasangan yang acuh tak acuh. ibunya bertanya apakah ia telah membeli susu kotak.” jawabnya sambil menangis. Sumber daya itu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan saya.

kita dapat melihat beberapa hal yang berkaitan dengan iman yang hidup: 1. Tuhan Yesus berkata : “Jikalau kamu mengasihi Aku. Artinya. Kita bisa membuktikan bahwa Abraham berinteraksi dengan Tuhan. 12:7. Kejadian 22. Ini merupakan prinsip hidup rohani yang sangat penting yang juga harus menjadi prinsip hidup rohani setiap orang Kristen. Yohanes 14:15. Iman yang hidup membawa kita bergaul dekat serta berjalan erat dengan Allah sehingga ada interaksi hidup yang begitu dekat dengan Allah. Abraham benar-benar mendengarkan suara Tuhan. bergaul erat dengan Tuhan karena dia berjalan menuruti perkataan Firman Tuhan. Bergaul dan berjalan dengan Tuhan berarti melaksanakan Firman Tuhan. Yakobus 2:17. kamu akan menuruti segala perintah-Ku” (Yoh. Darimana kita dapat melihat bahwa Abraham mempunyai iman yang hidup.Iman Yang Hidup Pdt. Isi: Alkitab mengajarkan kepada kita mengenai iman melalui keteladanan Abraham. b.8). meresapi jiwa dan mempengaruhi hati. bergaul erat dengan Tuhan serta mempunyai interaksi hidup yang begitu dekat dengan Tuhan? a. jika iman tidak disertai dengan perbuatan atau tidak dihidupkan di dalam kehidupan sehari-hari pada hakikatnya adalah iman yang mati. di dalam segala situasi apapun. 12:4). iman jangan sampai berhenti sampai sebatas pengetahuan atau sebatas pemikiran dan pengertian saja tetapi harus benar-benar turun sampai ke dalam hati. sebenarnya hati kita sedang bersatu padu dengan hati Tuhan. Mezbah dapat diartikan . pikiran serta diaplikasikan dengan kesungguhan di dalam kehidupan sehari-hari. Di manapun kita berada. Ketika kita melaksanakan Firman Tuhan berarti kita melaksanakan kehendak Tuhan atau berjalan sesuai dengan perintah yang Tuhan sampaikan kepada kita. Ketika kita menjalankan dan menyimpan Firman Tuhan di dalam hati. 14:15). Ibrani 11: 17-19 Pendahuluan: Rasul Yakobus memberitahukan kita. Abraham disebut sebagai bapa orang beriman dan di dalam Kejadian 12:1-9. Abraham selalu mendirikan mezbah bagi Tuhan ketika berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain (Kej. Daniel Fu Nats : Kejadian 12:1-9. Inilah iman yang hidup yang memberikan suatu dampak atau pengaruh yang besar di dalam kehidupan sehari-hari. Iman yang hidup adalah iman yang memiliki interaksi hidup dengan Tuhan. Abraham pergi ke negeri yang lain sesuaikan dengan apa yang difirmankan Tuhan kepadanya (Kej. menaati dan menjalankannya di dalam hidup sehari-hari. kita harus mendirikan mezbah bagi Tuhan di dalam setiap aspek kehidupan kita.

yang berdampak. penyembahan serta ibadah kepada Tuhan. 4. dan menaikkan doa dan permohonan kepada Tuhan. Iman yang hidup adalah iman yang terus mengalami pertumbuhan dan pengenalan yang lebih sempurna akan Tuhan. membuat namanya mashyur serta oleh karena Abraham semua kaum di bumi mendapat berkat (Kej. menjadikan kita semakin kuat dan sanggup menghadapi ujian yang berat di dalam kehidupan kita. persekutuan. Adanya kerinduan dalam hati untuk berdoa Adanya kehausan akan Firman Tuhan Kepekaan terhadap dosa Mempunyai suatu kerinduan bersama umat Tuhan Ada dorongan yang kuat dalam hati untuk melayani dan mengasihi Tuhan Penutup: Apakah kita memiliki iman yang sehat? Apakah iman kita bertumbuh dan benar-benar mempunyai interaksi yang hidup dengan Tuhan? Kalau kita memiliki iman yang hidup maka bukan saja kita bisa mengalami Tuhan tetapi iman kita juga semakin teguh. Abraham semakin mengenal Tuhan dan imannya semakin kuat sehingga imannya tersebut sanggup untuk diuji dengan ujian yang berat dari Tuhan (Kej. 3. Setiap Abraham pergi ke setiap tempat dia selalu mendirikan mezbah artinya dia menjaga relasi. . Abraham sedang berjalan dengan Tuhan. Di dalam kehidupan Abraham. c. 22). Iman Abraham membawanya mengalami banyak anugerah. Iman yang hidup adalah iman yang membawa hidup kita mengalami penyertaan kuasa anugerah Tuhan. Ada 5 tanda yang menunjukkan sehat atau tidak sehatnya kondisi interaksi kita dengan Tuhan : 1. mujizat. Abraham mendengarkan. hadir dan berkarya di dalam hidup kita melalui suatu tali relasi yang disebut iman yang hidup. Tuhan turut campur tangan. dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain. 12:2. Apakah selama ini kita sudah mempunyai interaksi hidup yang erat dengan Tuhan atau sebaliknya kita berjalan jauh dari Tuhan dan tidak mempunyai interaksi hidup yang erat dengan Tuhan? Apakah saat ini iman kita juga sedang menuju suatu keadaan iman yang disebut mati dan tidak berdampak lagi? Mintalah kemurahan hati dan pembaharuan dari Tuhan agar jiwa. 2.3). penyertaan Tuhan dan penggenapan janji-janji Allah untuk menjadikan keturunannya bangsa yang besar. Mezbah juga bisa merupakan suatu tempat di mana umat Tuhan melayani Tuhan. Abraham mempunyai hidup yang dekat dan berinteraksi dengan Tuhan. hati dan iman kita dihidupkan. Dinamika kehidupan rohani yang demikian menunjukkan. Dalam setiap kesempatan ketika Allah berbicara. yang memimpin seluruh rangkaian kehidupan kita. 3. 2. semakin kuat. Kalau kita benar-benar memiliki suatu iman yang hidup di hadapan Tuhan.sebagai kehidupan ibadah atau kehidupan persekutuan dengan Tuhan. 5. Allah seringkali menampakkan diri kepada Abraham dan Allah beberapa kali mengulangi janjiNya kepada Abraham. iman tersebut akan membawa hidup kita dalam penyertaan kuasa anugerah Tuhan. dibangunkan menjadi iman yang hidup. dari waktu ke waktu.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. mohonlah agar Tuhan memperbaharui iman kita di akhir tahun ini. semakin berdampak dan berpengaruh di dalam seluruh kehidupan kita. .semakin tahan uji. Mari kita mengintrospeksi diri agar ketika kita masuk tahun yang baru kita benar-benar mengalami perubahan dan pembaharuan hidup yang sungguh-sungguh. Apabila kita sedang mengalami problem iman yang mungkin sedang suam-suam ataupun menuju kondisi yang mati.

Kata-kata dalam doa ini menggemakan ajaran Kitab Suci. Kami berterima kasih untuk kesehatan kami sambil mengingat orang yang sakit. sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah (Ibrani 13:16) Bacaan : Ibrani 13:1-16 Salah satu kolom surat kabar yang paling populer saat ini adalah “Dear Abby”. Kami berterima kasih untuk kebebasan kami sambil mengingat mereka yang diperbudak. Semoga anugerah-Mu bagi kami bermanfaat juga bagi orang lain. Dalam edisi baru-baru ini. Kita harus bertindak setelah bersyukur. ia memasukkan Doa Ucapan Syukur yang ditulis oleh ibunya bertahun-tahun lalu: Ya Bapa di surga Kami berterima kasih untuk makanan kami sambil mengingat orang yang lapar. “Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan. Syukuri semua berkat Allah. ada yang lebih penting daripada sekadar bersyukur. Kami berterima kasih untuk teman-teman kami sambil mengingat orang yang kesepian. dan saat ini ditulis oleh anaknya Jeanne Phillips. sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah” (ayat 16).” kata penulis kitab Ibrani. senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah. Amin. “marilah kita. Namun. Kolom yang berisi nasihat ini dimulai oleh Abigail Van Buren pada tahun 1956. “Sebab itu. Syukur kita kepada Allah seharusnya disertai ingatan akan orang-orang yang susah. yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya” (Ibrani 13:15). dan ingat juga mereka yang kekurangan —David McCasland MELAYANI SESAMA ADALAH CARA UNTUK BERSYUKUR KEPADA ALLAH .Bersyukur dan Mengingat Nats : Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan. oleh [Yesus]. Semoga ingatan-ingatan ini menggugah kami untuk melayani.

Yesus merupakan satu-satunya jalan menuju surga (Yohanes 14:6). barang siapa masuk melalui Aku. Apabila mereka semua sudah berada di dalam dengan aman.. Saya berdiri di lubang itu. jalan khusus menuju kemuliaan Allah. barang siapa masuk melalui Aku. ia akan selamat (Yohanes 10:9) Bacaan : Yohanes 10:7-10 Seorang ahli Perjanjian Lama bernama Sir George Adam Smith mengatakan bahwa ketika ia mengunjungi Tanah Suci." Kita seperti domba yang memerlukan Gembala (1 Petrus 2:25). "Sayalah jalan masuknya. "Akulah jalan masuk ke rumah Allah. Di situ yang tampak hanyalah sebuah lubang sebesar tubuh manusia. Tidak akan ada pencuri yang dapat masuk dan juga tidak ada domba yang bisa keluar kecuali melewati tubuh saya. tempat kebahagiaan kekal. Kita dapat masuk ke sana hanya jika meletakkan iman kepada-Nya —VCG ADA BANYAK JALAN KE NERAKA TETAPI HANYA ADA SATU JALAN KE SURGA .. ia melihat seorang gembala dan dombanya berdiri di depan benteng. Mereka memahami bahwa Dia benar-benar mengatakan. Yesus memberikan pernyataan yang mengagumkan ini: "Akulah pintu ke domba-domba itu . Tidak ada pintu terlihat di sana. Orang-orang yang mendengar-Nya pada saat itu tidak membayangkan pintu dari kayu yang tergantung pada engsel. karena Dialah Putra Allah. Smith kemudian bertanya kepada gembala tersebut mengapa di sana tidak ada pintu." Dia dapat mengklaim diri-Nya sebagai jalan menuju kebahagiaan kekal.Hanya Satu Pintu Nats : Akulah pintu. dan domba lewat di bawah saya memasuki benteng. Untuk jalan masuk ke surga. Sayalah jalan masuknya. Gembala itu menjelaskan. maka saya akan berbaring melintang pada lubang itu.. ia akan selamat" (Yohanes 10:7-9).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful