EKONOMI REKAYASA Buku Referensi Pembelajaran : E. Paul Degarmo Klillian G Sullivan Elin M.

Klicks “Ekonomi Teknik ( Engineering Economy )” Adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi didalam teknik dan evaluasi sistematis biaya-biaya dan manfaat usulan proyek-proyek teknik. Penjelasan : - Karena ilmu teknik didalam perencanaan pembuatan suatu gedung sangat erat kaitannya dengan imu ekonomi , manfaat mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui apakah gedung yang sedang dijalankan dalam keadaan untung atau rugi. - Kalau RAB hanya untuk mengetahui Rencana Anggarannya saja. “Prinsip-prinsip ekonomi teknik” 1. Kembangkan arternatif-arternatif 2. Berfokus pada perbedaan-perbedaan 3. Gunakan sudut pandangan yang konsisten 4. Gunakan satuan ukuran yang umum 5. Pertimbangkan semua criteria yang relevan 6. Bentuk kepastian menjadi espesifit 7. Tinjaulah kembali keputusan-keputusan anda Hubungan-hubungan umum antara prosedur analitis ekonomi dengan proses perencanaan teknik. NO 1 2 3 4 5 6 7 Proses analitis ekonomi teknik Mengenal, merumuskan dan mengevaluasi masalah Pengembangan arternatif yang layak Pengembangan aliran kas untuk masingmasing arternatif Pemilihan suatu suatu criteria atau lebih Analitis dan perbandingan dari arternatif Pemilihan arternatif yang disukai Pemantaun kinerja dan pasca evaluasi NO 1 2 3 4 5 6 Proses perancangan teknik Masalah / definisi keperluan Masalah / formulasi dan evaluasi keperluan Sistensis-sistensis dari solusi-solusi yang mungkin Analitis, optimis dan evaluasi Spesifikasi dari arternatif yang disukai komunikasi

Contoh arternatif pada suatu proyek : - Pada proyek jalan ,tempat pengambilan bahan /AMP diusahakan yang terdekat dengan lokasi proyek - Jarak barak (tempat tidur) jangan terlalu jauh dengan lokasi kerja harus diperhatikan, untuk menimalisilkan terjadinya transportasi yang dianggap tidak perlu. - Satuan ukuran harus menggunakan satuan yang umum atau yang sering digunakan. Pada pengunaan angka decimal dibelakang koma sangat diperhatikan - Suatu hasil yang telah dibuat,harus dicek ulang .

000. Biaya Inkremental (Incremental cost) Baiya atau pendapatan tambahan yang diakibatkan dari peningkatan keruaran dari satu sistem dengan satu unit atau lebih Contoh : biaya transportasi (bensin) Sehubungan Dengan Pekerjaan Jalan Raya Suatu kontraktor mempunyai pilihan atas dua lokasi pendirian pencampur aspal. Pemasangan pembongkaran 3. arternatifnya adalah sebagai berikut : Faktor Biaya Jarak muatan rata-rata Biaya sewa lokasi setiap bulan Biaya pemasangan dan pemindahan AMP Ongkos angkut Biaya tambahan (petugas pemberi isyarat) Lokasi A 6 Km Rp.000. Factor yang berhubungan dengan kedua lokasi./m3 /Km. 15.000.000. tenaga tukang 3..KONSEP-KONSEP BIAYA 1.000.3 Km Rp. material pencampul aspal dari perkiraan pekerjaan ini membutuhkan waktu 17 minggu (1 minggu = 5 hari kerja) 1. kontrakto ini memperkirakan akan membutuhkan biaya sebesal Rp.000. Sewa lokasi 2.000.000 Rp.250.000 Rp. 25.000 Lokasi B Rp.250. Biaya variable (variable cost) Biaya-biaya yang dihubungkan terhadap pengoperasian secara total berubah-ubah sesuai dengan banyaknya output / ukuran-ukuran tingkat kegiatan yang sama Contoh : material.000. 1. 1.000. 25. 1.000 Rp. 4.000.000 Rp. 960. Biaya tambahan Biaya tetap    Biaya variable  total = Rp.000.150.0000 Rp. . 15.000 Rp 247. Biaya tetap (Flxed cots) Biaya-biaya yang tidak terpengaruhi oleh tingkat kegiatan.000 Rp. 20.000 Lokasi B 4.000 m3. Angkutan 4. Lokasi A Rp.150. untuk mengangkut material pelapis aspal dari lokasi AMP ke lokasi kerja. 5.000 Rp 345.000 Rp.150.000 Pekerjaan ini memerlukan 50.000 Rp 4.000. jangkauan pengoperasian yang layak untuk kapasitas kemampuan yang tersedia 2.000 = Rp. 1.

Mengilustrasikan beberapa metode dasar dalam membuat analisis ekonomi teknik.Aplikasi nilai uang terhada waktu Ada dua tujuan utama dalam judul tersebut adalah : 1. yang dapat mempertimbangkan nilai uang terhadap waktu 2. Dapat menjelaskan secara singkat asumsi-asumsi pokok dan hubungan diantara metodemetode tersebut. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful