Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat

digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya.[1] Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.[1][2] Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.[2] Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah.[3][4][5][6] Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi[5]. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.[7]

Indonesia, salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati dan nonhayati terbesar di dunia. Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA

terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

Wilayah perairan yang terbentang luas

Lahan pertanian yang subur

Pemanfaatan sumber daya alam Sumber daya alam memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia.[1] Untuk memudahkan pengkajiannya, pemanfaatan SDA dibagi berdasarkan sifatnya, yaitu SDA hayati dan nonhayati.[17] Sumber daya alam hayati Tumbuhan

ubi. kina.[19] Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor. seperti kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan pangan. dan perikanan Sumber dayaa alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan.[2] Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia. terutama untuk satwa langka.[2] Organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati melalui proses fotosintesis. seperti unggas dan sapi. cabai.[2] Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan hal ini akan berdampak pada rusaknya rantai makanan.[2] Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya. jagung.[19] Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa negara ini memiliki lahan seluas lebih dari 31 juta ha yang telah siap tanam. dan singkong. kedelai. kayu mahoni Bahan bakar (biosolar): kelapa sawit Obat: jahe. kapas (bahan baku tekstil). dimana sebagian besarnya dapat ditemukan di Pulau Jawa. peternakan. mahkota dewa Pupuk kompos. kopi (bahan minuman). antara lain karet (bahan baku ban). jagung. dan tebu (bahan baku gula pasir). sayur-sayuran. Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya.[18] Data statistik pada tahun 2001 menunjukkan bahwa 45% penduduk Indonesia bekerja di bidang agrikultur.[19] Di samping itu. pelestarian secara in situ dan ex situ terkadang harus . kelapa sawit (bahan baku minyak goreng).[2] Oleh karena itu. tembakau (bahan baku obat dan rokok).[17] Untuk menjaga keberlanjutannya.[2] Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya:[17]      Bahan makanan: padi.Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah.[17] Pertanian dan perkebunan Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar rantai makanan. antara lain padi.gandum. daun binahong.tebu Bahan bangungan: kayu jati.[17][19] Hewan.

air. untuk lebih memberdayakan sumber daya hewan.[2] Pelestarian in situ adalah pelestarian yang dilakukan di habitat asalnya. manusia membangun sistem peternakan.[2] Air Sumber daya alam. sinar matahari. angin. . sedangkan pelestarian ex situ adalah pelestarian dengan memindahkan hewan tersebut dari habitatnya ke tempat lain. contohnya: air. dan hasil tambang. dan juga perikanan.dilaksanakan.[2] Untuk memaksimalkan potensinya.[2] Sumber daya alam nonhayati Ialah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus.

energi yang dihasilkan dari air cenderung tidak berpolusi dan hal ini akan mengurangi efek rumah kaca. angin. tanah. batu bara. baik itu untuk keperluan domestik dan energi. air.[20] Air juga digunakan untuk pengairan. penggunaan minyak bumi.[1] Tanah Tanah termasuk salah satu sumber daya alam nonhayati yang penting untuk menunjang pertumbuhan penduduk dan sebagai sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup.[1] Beberapa negara yang telah mengaplikasikan turbin angin sebagai sumber energi alternatif adalah Belanda dan Inggris.) dan hanya 3% yang merupakan air tawar (wilayah sungai. kebutuhan akan air.[21] Seiring dengan pertumbuhan populasi manusia.[22] Pengelolaan sumber daya nonhayati ini menjadi sangat penting mengingat pesatnya pertambahan penduduk dunia dan kondisi cemaran lingkungan yang ada sekarang ini. dll.Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan.).[20] Angin Pada era ini.[22] Tanah tersusun atas beberapa komponen.[22] Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah. 97% merupakan air asin (wilayah laut. .[1] Angin mampu menghasilkan energi dengan menggunakan turbin yang pada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih dari 30 meter di daerah dataran tinggi.[1] Selain sumbernya yang terbaharukan dan selalu ada. dan berbagai jenis bahan bakar hasil tambang mulai digantikan dengan penggunaan energi yang dihasilkan oleh angin. terus meningkat. mineral. dan aset rekreasi. samudra. energi yang dihasilkan angin jauh lebih bersih dari residu yang dihasilkan oleh bahan bakar lain pada umumnya. penambangan. danau.[20] Dari total wilayah perairan yang ada. dll. Sumber daya alam. seperti udara. teknologi penggunaan air sebagai sumber listrik sebagai pengganti dari minyak bumi telah dan akan terus berkembang karena selain terbaharukan. bahan dasar industri minuman.[22] Sumber daya alam. dan senyawa organik.[20] Di bidang energi.

Solar untuk bahan bakar kendaraan diesel. maupun sebagai perhiasan. Biji Besi Untuk peralatan rumah tangga.[23] Jumlahnya sangat terbatas. kendaraan bermotor. memiliki pendapatan yang sangat besar dari sektor ini. seperti bahan dasar infrastruktur. Oli ialah bahan untuk pelumas mesin.[23] Beberapa negara. Bauksit Sebagai bahan dasar pembuatan alumunium. Bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor.[1] Beberapa contoh bahan tambang dan pemanfaatannya: Minyak Bumi          Avtur untuk bahan bakar pesawat terbang. Emas dan Perak untuk perhiasan . pertanian dan lain-lain Tembaga merupakan jenis logam yang berwarna kekuning-kuningan. sumber energi. Minyak Tanah untuk bahan baku lampu minyak. dan Aspal untuk bahan pembuat jalan (dihasilkan di Pulau Buton)[24] Batu Bara dimanfaatkan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga.Hasil tambang Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia. Vaselin ialah salep untuk bahan obat. LNG (Liquid Natural Gas) untuk bahan bakar kompor gas. Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut. lunak dan mudah ditempa. seperti Indonesia dan Arab. Parafin untuk bahan pembuat lilin. oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara efisein.

air. mikro organisme. batuan. contoh : bahan tambang.sumber daya alam hayati / biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. udara. contoh : tumbuhan. dan lain-lain . hewan. dan lain-lain . Sumber daya alam berdasarkan jenis : . Gas Alam Untuk bahan bakar kompor gas Mangaan Untuk pembuatan pembuatan besi baja Grafit Bermanfaat untuk membuat pensil .Marmer Untuk bahan bangunan rumah atau gedung Belerang Untuk bahan obat penyakit kulit dan korek api Yodium Untuk obat dan peramu garam dapur beryodium Nikel Untuk bahan pelapis besi agar tidak mudah berkarat.sumber daya alam non hayati / abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati.

tumbuh-tumbuhan.B. contoh : minyak bumi. Sumber daya alam berdasarkan sifat pembaharuan : . dan lain sebagainya.sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui / non renewable ialah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. misalnya : ombak. dan lain-lain . hasil pertanian.sumber daya alam penghasil bahan baku adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi. panas bumi. timah. contoh : air.sumber daya alam penghasil energi adalah sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi. C.sumber daya alam yang dapat diperbaharui / renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. . arus air laut. . batubara. Sumber daya alam berdasarkan kegunaan atau penggunaannya . sinar matahari. barang tambang. udara. hasil hutan. dan lain lain. arus air sungai. gas bumi. dan lain-lain . minyak bumi. gas alam.Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya / unlimited contoh : sinar matahari. contoh : hasil hutan. hewan.

Oleh karena itu..... beserta penjelasan manfaat dari setiap jenis SDA tersebut.. Ada yang mengatakan dibagi menjadi 2 jenis SDA.. apa itu SDA (sumber daya alam)?.<="" div="" width="100%">      Kidsgen. manfaat sumber daya alam.. 2010 Jenis-jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya Kategori: IPA . Juni 13. ada 2 (dua) jenis atau 3 (tiga) jenis SDA...Makhluk hidup dan lingkungannya Pengertian sumber daya alam.. sumber daya alam adalah. ada sebuah pertanyaan tentang jenis sumber daya alam (SDA). Sumber Daya Alam adalah segala yang ada di alam yang dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.blogspot Unduh Buku Unduh Software Unduh Media Pembelajaran Unduh Game Minggu. kegunaan sumber daya alam.Bumi dan Alam Semesta.. Ada 3 kata kunci di sana. IPA .. ada pula yang membaginya menjadi 3 jenis. macam sumber daya alam. jenis SDA.. Pada saat saya memandu siswa mengerjakan latihan soal siswa dari sebuah buku.. yakni: . saya ingin memberikan sedikit catatan kecil buat kalian (siswa-siswi) tentang apa itu SDA dan apa saja jenis SDA itu...

SDA hayati = SDA yang berasal dari makhluk hidup. tumbuhan. contoh: barang tambang. a. peternakan. udara. contoh: perikanan. tanah. SDA yang dapat diperbaharui = SDA yang dapat digunakan secara terus menerus dan tidak habis. air. untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia Jenis sumber daya alam. dipergunakan manusia 3. dan hewan. pertanian. a. 2. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA hayati (biotik/hidup) dan SDA non hayati (abiotik/tak hidup). misal: air. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. . SDA non-hayati = SDA yang berasal dari makhluk tak hidup. pembagiannya bisa bermacam-macam. perkebunan. tanah. bahan galian.1. segala yang ada di alam 2. antara lain: 1. b.

bahan obat: jahe. emas. bahan bakar (bio solar): buah kelapa. gandum. bahan dekorasi: pohon pisang. daun kelapa muda (janur). kayu mahoni c. hasil pertanian dan perkebunan: padi. timah. yodium. ikan Contoh-contoh Manfaat SDA 1. contoh: emas. perak. mahkota dewa. kopi c. misal: padi. misal: barang tambang dan bahan galian. jagung. batu bara. jagung. Bahan galian. unggas. kina. sedap malam e. kerbau. melati. dan lain sebagainya. yakni: a. Air Manfaat air bersih: untuk mandi. 3. tebu b. bahan bangunan. minum. kelapa sawit . besi. Ada yang membagi SDA menjadi 3 jenis. Tidak ada air bersih. perak. d. daun binahong. misal: kayu jati. batu bara. SDA yang tidak dapat diperbaharui = SDA yang jika digunakan terus-menerus akan bisa habis. dan lain-lain. Barang tambang. tembakau. pupuk kompos f. marmer b. gimana tuh rasanya??? pasti pusing (pengalaman pribadi saya sendiri saat pipa air PDAM rumah bermasalah) 2. bahan makanan. kapas. mencuci. karena jumlahnya yang terbatas di bumi. contoh: minyak bumi. hasil peternakan dan perikanan: sapi. hasil tambang: minyak bumi. mawar. tembaga.b. kambing. Manfaat Tumbuhan a. gas alam. karet.

bahan bakar pengganti bensin: buah belimbing (setelah melalui proses penyulingan) 3. angsa e. kambing d. Emas. dimanfaatkan susunya: sapi perah. bebek. Manfaat Hewan a. kambing c. unta b. anjing. SDA Dapat Diperbaharui. dimanfaatkan dagingnya: sapi. bensin. gajah. hamster 4. Aluminium sebagai bahan pembuatan badan pesawat. . anjing. kerbau. Sumber Daya Manusia Adalah . burung puyuh. dimanfaatkan telurnya: ayam. ayam. perak. oli. SDA Tidak Dapat Diperbaharui. solar. lilin. Manfaat batubara: untuk bahan bakar industri dan rumah tangga 6. bahan bakar kompor gas. plastik. vaselin (bahan obat). Manfaat Minyak bumi: untuk membuat aspal.g. dimanfaatkan hiburan/piaraan: kucing. permata untuk barang perhiasan 7. atau untuk peralatan rumah tangga. kuda. minyak tanah. Sumber Daya Air. keledai. sapi. dimanfaatkan tenaganya: kuda. 5. kelinci.

Contoh : air.hutan adalah tempat hidup bagi fauna dan flora kita..Sumber daya alam yang dapat diperbaharui Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah.dsb. Maksudnya.maka banjir bandang terjadi dimana-mana ! Padahal. Maka tidak heran apabila saat ini banyak sekali fauna yang statusnya terancam punah. .hutan adalah paru-paru dunia (lung of world). Saya tidak habis pikir betapa teganya manusia dengan tidak berdosanya merusak alam!! Mungkin kita sekarang hanya berharap ada usaha yang tegas dari pemerintah kita untuk melindungi hutan kita. air.hutan. Hutan pula yang memberikan keanekaragaman hayati.saat ini hutan-hutan selalu ditebangi untuk kepentingan sepihak. Namun untuk hutan. Hutan juga menjadi tempat menyimpan air hujan. . Hutan-hutan itu ditebangi. Karena hanya pemerintahlah yang punya kuasa dan wewenang.air hujan adalah barokah yang luar biasa dari Tuhan. Padahal.biarpun termasuk yang dapat diperbaharui...laut. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui Yaitu sumber daya alam yang tak ada habisnya.udara.

Karena jika minyak bumi telah habis. Dengan meningkatnya jumlah kebutuhan dan berkurangnya sumber daya ini menyebabkan kelangkaan tak bisa dihindari lagi. Penggunaan bensin pada kendaraan bermotor itu kurang baik juga untuk lingkungan kita. Tuhan memberi semua ini untuk kesejahteraan ciptaan-Nya. Kemudian. air bermanfaat juga:1 .kebutuhan manusia dalam hal ini semakin banyak. Contohnya seperti bensin dan sejenisnya. Sedangkan cekungan di daratan yang digenangi air terjadi karena buatan manusia disebut waduk.saat ini sumber daya yang tak dapat diperbaharui hampir selalu digunakan untuk manusia alias dieksplorasi besar-besaran. Hal ini tentu dapat menyebabkan kelangkaan minyak bumi atau barang tambang. Bagi manusia selain untuk minum.sebagai sarana irigasi/pengairan4.mengapa banyak ilmuwan dan professor di dunia ini tidak bisa menemukan solusi dari hal ini ?? Maksudnya. mandi dan mencuci. misalnya waduk Sermo di Kulon Progodan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri (Jateng). misalnyaDanau Toba di Sumatera Utara. Padahal. Udara . Sumber daya alam yang dapat diperbarui Air Air merupakan kebutuhan utama seluruh makhluk hidup.maka kendaraan bermotor dianggap sebagai 'sampah'.para ilmuwan diharapkan mampu mencari alternatif bahan bakar selain bensin yang merupakan hasil dari olahan minyak bumi.dsb. s e b a g a i s a r a n a t r a n s p o r t a s i 2 .Sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui Yaitu sumber daya alam yang bisa habis. Nah. Contoh : Barang tambang.karena polusi udara yang dihasilkan dari asap kendaraan itu berasal dari penggunaan bensin sebagai bahan bakar. s e b a g a i sarana wisata/rekreasi3.sebagai PLTA ( P e m b a n g k i t L i s t r i k T e n a g a A i r ) Cekungan di daratan yang digenangi air terjadi secara alami disebut danau.mencari alternatif lain dari hasil penelitiaan dan percobaan mereka.minyak bumi. Akan tetapi. Tuhan maha baik.

Palawija terdiri dari ubi-ubian dan kacang-kacangan. Hewan ternak ialah hewan yangdikembangbiakkan untuk kemudian dimanfaatkan atau diperjualbelikan. misalnya dari jenis burung. Lapisan Ozon berfungsi untuk melindungi bumidari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. misalnya burung perkutut.Hutan Homogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh satu jenis pohon/tanaman.Dilihat dari jenis pohonnya. marmut. dan holtikultura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Tanah Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. misal: hutan jati.Hutan Heterogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon/tanaman.Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Tumbuhan • HutanHutan merupakan sebuah areal luas yang ditumbuhi beraneka ragam pepohonan. . jagung dan sagu.2. Hewan Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua. seperti padi. ikan dan serangga. hutan pinus. Hewan liar ialah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makansendiri. Lapisan udara yangmenyelimuti bumi disebut atmosfer. kucing dan kakaktua. yaitu hewan liar dan hewan piaraan. hutan dapat dibagi menjadi dua. Pertanian meliputi tanaman untuk makanan pokok. hutan cemara dll. Hewan piaraan ialah hewanyang dipelihara untuk sekadar hobi atau kesenangan semata. Tanah banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian. yaitu:1.

cendana). hutan dapat dibagi menjadi lima.2. rotan. bambu dll.Hutan wisata ialah hutan yang ditujukan khusus untuk menarik parawisatawan domestik (dalam negeri) maupun wisatawan mancanegara.Hutan suaka alam ialah hutan yang berfungsi memelihara dan melindungi flora (tumbuhan) dan fauna (hewan). cemara. Erosi ialah pengkisan tanah yang .4. banjir dan tanah longsor.Hutan lindung ialah hutan yang berfungsi melindungi tanah dari erosi. bahan bangunan dan kerajinan tangan.5. pinus. yaitu sebagai berikut:1. seperti kayu lapis.Hutan produksi ialah hutan yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai produk industri dan bahan perlengkapan masyarakat. mebel. damar.3.Dilihat dari arealnya.Hutan Mangrove ialah hutan bakau di tepi pantai yang berfungsi untuk menghindari daratan dari abrasi.Hasil hutan yang dapat dimanfaatkan oleh kita yaitu: kayu (jati.

timah. • PerkebunanJenis tanaman perkebunan yang ada di Indonesia meliputi karet. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui Ialah sumber daya alam yang apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.seperti jeruk. kedelai.Abrasi ialah penyempitan daratan akibat pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut. jagung. Reboisasi ialah penanaman/penghijauan kembali hutan yang telah gundul. apel. sayur-sayuran. • PertanianPertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan. antara lain padi. Indonesia dikenal sebagai negara agrariskarena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. tehtembakau. Korasi ialah pengikisan daratan yang disebabkan oleh angin. nikel danlain-lain). cabai. bawang dan berbagai macam buah-buahan. mangga. besi. perak. kapas. • Batu BaraBatu bara berasal dari tumbuhan purba yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu.disebabkan olehair hujan.Biasanya sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berasal dari barang tambang(minyak bumi dan batu bara) dan bahan galian (emas. cengkih dan tebu. Berbagai jenis di antaratanaman tersebut merupakan tanaman ekspor (kegiatan mengirim barang ke luar negeri ) yang menghasilkan devisa (tabungan bagi negara ). kina. cokelat.Batu bara banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan industri dan rumahtangga. dan durian. • . kelapa sawit.

• Emas dan Perak .Minyak BumiMinyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun.

.

Timah berasal dari bijih. . pasir dan sebagainya.• Besi dan TimahBesi berasal dari bahan yang bercampur dengan tanah. Besimerupakan bahan endapan dan logam yang berwarna putih.bijih timah yang tersimpan di dalam bumi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful