Alat Kontrasepsi adalah Usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan Sementara atau Permanen.

Ada beberapa macam alat kontrasepsi seperti dalam rahim (IUD), pil, MOP maupun suntik. Alat Kontrasepsi PIL pil kontrasepsi bekerja dengan ‘menganggu’ proses hormonal yang normal pada tubuh seorang wanita. Gangguan ini akan menyebabkan pematangan dan pelepasan sel telur dari indung telur akan ikut ikutan terganggu. Sel sperma tentu tidak akan berhasil membuahi sel telur bila memang tidak ada sel telur yang keluar dari indung telur. Berupa kombinasi dosis rendah estrogen dan progesteron. Merupakan metode KB paling efektif karena bekerja dengan beberapa cara sekaligus sbb:

eher rahim sehingga menghalangi masuknya sperma

Bila pasien disiplin minum OC-nya, bisa dipastikan perlindungan kontrasepsi hampir 100%. Selain itu, OC merupakan metode yang paling reversibel, artinya bila pengguna ingin hamil bisa langsung berhenti minum pil dan biasanya bisa langsung hamil dalam 3 bulan.

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim/AKDR (IUD) Selain dengan memakai pil (baik dedicated pills atau pil KB biasa), metode kontrasepsi darurat lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan pemasangan AKDR jenis copper-T dalam waktu lima hari setelah terjadinya hubungan seksual tanpa perlindungan. Mekanisme Kerja Sebagai metode biasa (yang dipasang sebelum hubungan seksual terjadi), AKDR mengubah transporatsi tubal dan rahim dan mempengaruhi sel telur dan sperma sehingga pembuahan tidak terjadi. Sebagai kontrasepsi darurat (dipasang setelah hubungan seksual tertjadi) dalam beberapa kasus mungkin memiliki mekanisme kerja yang sama dengan mekanisme kerja AKDR sebagai alat kontrasepsi biasa di atas, namun pada kontrasepsi darurat ini, mekanisme yang lebih mungkin adalah dengan mencegah terjadinya implantasi (penyarangan sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim). Kemanjuran Lebih dari 8400 AKDR jenis copper-T telah dipasangkan setelah terjadinya hubungan seksual sejak 1976, dengan hanya 8 kehamilan terjadi: berarti angka kehamilan di bawah satu dalam 1000, sehingga pemasangan AKDR sebagai kontrasepsi darurat menurunkan risiko kehamilan sampai lebih dari 99%. Efek Samping Efek samping pemasangan AKDR termasuk diantaranya: rasa tidak enak di perut, perdarahan per vaginam atau spotting, dan infeksi. Sedangkan efek samping dari penggunaan AKDR termasuk: perdarahan yang banyak, kram, infeksi, kemandulan dan kebocoran rahim. Pemasangan AKDR dan Infeksi Menular Seksual termasuk HIV Untuk mereka yang berisiko tinggi untuk tertular IMS, pemakaian pil lebih aman daripada pemasangan AKDR, sebab pada saat pemasangan, bakteri dapat ikut masuk ke dalam rongga rahim yang steril. Jika tidak diobati dapat menyebabkan infeksi yang kemudian bisa berakibat terjadinya Penyakit Radang Panggul (PRP). Infeksi HIV juga dapat meningkatkan risiko PRP sehubungan dengan pemasangan AKDR.

2008). pemakaiannya yang praktis. Depogeston (Harnawati.Alat KONTRASEPSI SUNTIKAN (INJEKSI) -DEPO PROVERAKontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. begitu pula bagi orang yang tidak boleh memakai suntikan KB. “MOP ini tidak perlu dikhawatirkan menimbulkan impotensi. Sementara kebiri membuat laki-laki tidak bisa memproduksi sperma lagi. contoh : Depo provera. Suntikan / bulan . semua fungsi kejantanan lakilaki masih normal dengan metode MOP Alat Kontrasepsi Alami untuk Pria JIKA alat kontrasepsi bagi pria yang paling dikenal adalah kondom dan vasektomi. kemudian saluran keluarnya diikat sehingga ketika keluar tidak mengandung sperma lagi. Alat Kontrasepsei MOP Banyak masyarakat yang salah paham antara kebiri dengan MOP.Sebelum disuntik. Hal ini berdasarkan penemuan di China bahwa minyak dari biji kapas yang digunakan untuk memasak akan menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas) pada pria. Zat aktif tersebut adalah gosipol. Umumnya pemakai suntikan KB mempunyai persyaratan sama dengan pemakai pil. Suntikan diberikan saat ibu dalam keadaan tidak hamil. Beberapa . contoh : cyclofem b. sementara MOP dilakukan dengan membuat satu atau dua sayatan kecil pada kulit scrotum (kantung buah zakar). ternyata beberapa tumbuhan pun ada yang memiliki potensi sebagai alat kontrasepsi. termasuk penggunaan cara KB hormonal selama maksimal 5 tahun. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif. Selain dapat dijadikan alat kontrasepsi bagi pria karena mampu menyebabkan penurunan jumlah sperma. biji kapas yang memiliki rasa pedas dan bersifat panas ini memiliki manfaat lain. kesehatan ibu harus diperiksa dulu untuk memastikan kecocokannya. produksi hormon testoteron pria tetap berjalan seperti biasa. Minyak biji kapas menyebabkan degenerasi sel yang memproduksi sperma. Biji kapas (mian hua zi) Berdasarkan hasil penelitian. Apa saja? Dr Abdul Mun'im MSi Apt. ahli herbal dari Departemen Farmasi FMIPA UI membeberkan beberapa tanaman yang dijadikan herbal yang berguna sebagai alat kontrasepsi alami. Dengan MOP.kebiri adalah pengangkatan testis.Suntikan/3 bulan . sejak 1970 minyak dari biji kapas merupakan kontrasepsi pada pria. harganya relatif murah dan aman. JENIS KB SUNTIK Jenis-jenis alat KB suntik yang sering digunakan di Indonesia antara lain: a. Berikut tiga herbal yang dinilai paling mudah didapatkan masyarakat yang dapat dijadikan alat kontrasepsi alami untuk pria.

Metode kontrasepsi tanpa alat bantu disebut juga KB sistem kalender atau abstinesia. . Masa subur berkaitan dengan terjadinya siklus menstruasi atau datang bulan. Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi dapat dilakukan dengan alat bantu maupun tanpa alat bantu. menguatkan tulang punggung dan lutut. menghentikan perdarahan. Biji pepaya Ekstrak biji pepaya pernah disuntikkan kepada tikus dan membuktikan dapat menurunkan spermatogenesis (sel sperma yang matang dalam spesies jantan/proses pembentukan mani). Enzim inilah yang berfungsi melunakkan dinding sel telur sehingga sperma dapat menembus sel telur wanita untuk proses pembuahan. Gandarusa Gandarusa diyakini mampu memengaruhi produksi enzim hialuronidase dalam sperma laki-laki. Efek gandarusa terhadap penurunan aktivitas hialuronidase sebelumnya telah diteliti pada spermatozoa mencit. antiradang dan pelembut kulit. pereda demam. Negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar mendukung program kontraspesi untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan untuk meningkatkan kesejahteraaan keluarga. Definisi Kontrasepsi Kontrasepsi merupakan suatu cara atau metode yang bertujuan untuk mencegah pembuahan sehingga tidak terjadi kehamilan. Dalam hal ini pemerintah Indonesia menyelenggarakan program Keluarga Berencana atau KB melalui pengaturan kelahiran. Selain itu mempunyai efek antibakteri dan antivirus. Masa subur wanita adalah kurang lebih satu minggu sebelum menstruasi dan satu minggu sesudah menstruasi. Penurunan aktivitas hialuronidase yang timbul akibat pemberian ekstrak gandarusa membuat sperma tidak mampu menembus sel telur.diantaranya adalah sebagai tonik untuk hati dan ginjal. Cara KB dengan sistem kalender adalah mengatur kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seksual pada saat wanita dalam masa subur.

. Kondom berupa sarung karet yang terbuat dari bahan lateks. IUD (Intra Uterine Device) IUD adalah alat kecil terdiri dari bahan plastik yang lentur yang dimasukkan ke dalam rongga rahim. terutama golongan agamawan. Kelebihan penggunaan IUD adalah sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Pemakaian alat kontrasepsi masih menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Kelebihan penggunaan kondom adalah mudah digunakan dan tidak membutuhkan bantuan medis untuk memakai. Sehingga beberapa ulama berpendapat bahwa penggunaan IUD haram. Dengan alat bantu kontrasepsi memungkinkan sperma dan sel telur tidak dapat bertemu walaupun terjadi ejakulasi di dalam vagina saat melakukan hubungan seksual. Namun saat ini masyarakat telah banyak memanfaatkan alat kontrasepsi untuk membantu mengatur kelahiran anak. Namun beberapa dokter muslim menjelaskan bahwa sifat kerja IUD adalah mencegah bersemainya sel telur yang telah dibuahi di dalam Rahim (telah berbentuk zygot). sehingga dapat diartikan membunuh bayi diusia dini. Sedangkan kekurangan penggunaan IUD adalah dapat menyebabkan pendarahan di luar siklus menstruasi yang dialami wanita. Cara kerja IUD. Kekurangan penggunaan kondom adalah terjadinya kebocoran cairan mani dan alergi pada pemakaian bahan-bahan kondom tertentu. Kondom digunakan pada penis pria untuk mencegah sperma bertemu sel telur ketika terjadi ejakulasi. banyak yang berpendapat bahwa cara kerja dari IUD ini adalah dengan menyulitkan bertemunya sperma dan sel telur. 2.Jenis kontrasepsi yang kedua adalah kontrasepsi dengan alat bantu. dan harus diganti apabila sudah dipakai dalam masa tertentu. Macam-macam Alat Kontrasepsi Berikut ini contoh alat kontrasepsi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini beserta kelebihan dan kekurangan yang ditimbulkan dalam pemakaiannya. 1. Kondom.

suntikan KB pada uji coba hewan bisa meningkatkan terjadi resiko kanker. KB Suntik dilakukan setiap 3 bulan sekali pada seorang wanita untuk mencegah terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Sedangkan kelemahan penggunaan pil KB adalah harus diminum oleh wanita secara rutin. Kekurangan penggunaan implant adalah bisa menyebabkan fase menstruasi tidak teratur. KB Suntik. Selain itu. KB Suntik juga termasuk metode kontrasepsi yang terhitung murah untuk masyarakat Indonesia. Kelebihan menggunakan KB Suntik adalah efektif mencegah kehamilan tanpa perlu banyak tahap yang sulit. Implant Metode kontrasepsi implant (susuk) ditempatkan di bawah kulit lengan wanita dan mengeluarkan hormon yang mencegah pelepasan ovum. . Keunggulan menggunakan Pil KB adalah bisa mengatur kehamilan sekaligus efektif mencegah kanker ovarium dan endometrium. Pil KB disebut juga kontrasepsi oral. Metode kontrasepsi ini terbilang efektif dan tidak memerlukan kedisiplinan tinggi seperti penggunaan Pil KB. 4. sejumlah kasus melaporkan implant yang tertanam tidak berdiam di lengan namun bergerak ke bagian tubuh terdekat lainnya. Pil KB berisi hormon yang menghambat pengeluaran sel telur. Bila tidak diminum secara rutin dan disiplin maka kemungkinan hamil tetap terjadi. 5. Pil KB. Meski demikian.3.

org/wiki/Kondom . Selain cara ini. Jeli saat ini jarang dipakai dalam metode kontrasepsi karena tidak efektif mencegah kehamilan dan menimbulkan alergi pada sebagian besar wanita yang memakai.6. Difragma Diafragma atau cervical cap berguna untuk menutupi uterus sehingga mencegah sperma membuahi sel telur. Referensi : http://id. pemasangannya harus dengan tenaga medis dengan biaya yang mahal. Jeli.wikipedia. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda untuk mengatur kelahiran anak.org/wiki/Keluarga_Berencana. Metode ini tidak biasa di Indonesia karena selain mahal. Ditambah lagi angka kegagalan tinggi. metode dan alat kontrasepsi yang umum dipakai oleh manusia. ketidaknyamanan 7. peningkatan risiko infeksi. busa atau spons Jeli termasuk alat kontrasepsi yang dipakai oleh wanita yang mengandung spermisida (zat yang membunuh sel sperma) sehingga sperma gagal memasuki uterus. Demikian informasi seksologi seputar jenis. Penjelasan lengkap mengenai dua cara itu akan kita bahas pada artikel selanjutnya. pencegahan kehamilan juga bisa dilakukan dengan metode operasi vasektomi dan tubektomi. http://id. membutuhkan evaluasi dari tenaga kesehatan.wikipedia.

3. serangan jantung atau penggumpalan darah dalam pembuluh. wanita yang memiliki darah tinggi atau berusia 35 tahun ke atas dan merokok. terutama jika lupa atau terlambat minum pil. Mengatur siklus haid. Bisa digunakan wanita yang sudah punya anak ataupun baru menikah. Berikut ini kelebihan dan kekurangan enam metode alat kontrasepsi. kanker indung telur dan pembengkakan pinggul. Kekurangan: Awal pemakaian bisa terjadi bercak darah. 6 Metode Alat Kontrasepsi 1. Kesuburan segera kembali setelah dihentikan. Berat badan bisa naik. Bisa merasakan sakit kepala ringan. Memperkecil kemungkinan kurang darah dan nyeri haid. Ketidaktahuan membuat para wanita itu bingung saat harus memilih metode kontrasepsi mana yang tepat saat ingin menunda kehamilan. IUD Kelebihan:    Pencegahan kehamilan yang ampuh untuk paling tidak 10 tahun. Bisa digunakan wanita segala usia. 2. Tidak mengganggu hubungan intim dengan pasangan. Bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tidak mengganggu hubungan intim dengan pasangan. Tidak mengganggu hubungan seks dengan pasangan. Pendarahan atau bercak darah. Walau sangat jarang. Jika digunakan ibu menyusui enam minggu setelah melahirkan. Biasanya haid akan terhenti. berisiko terserang stroke. Untuk kunjungan ulang tidak perlu terlalu tepat waktu. tidak mempengaruhi ASI. Hanya sekali suntik setiap tiga bulan dan bisa kembali subur saat ingin dihentikan.Metode Alat Kontrasepsi Alat kontrasepsi untuk beberapa wanita jadi sesuatu yang asing. Setelah setahun menggunakan dan berhenti haid belum teratur. Tidak terpengaruh obat-obatan. Kekurangan: Pada tiga bulan pertama bisa merasakan mual. . Kesuburan lambat kembali. Pil Kelebihan:            Sangat ampuh sebagai alat kontrasepsi apabila digunakan dengan benar dan tidak terputus. Memberi perlindungan terhadap kanker rahim. Kelebihan dan kekurangan ini diberikan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana. Suntikan KB Kelebihan:            Mudah digunakan. membutuhkan waktu empat bulan atau lebih.

Bisa keluar dari rahim tanpa diketahui. Kelebihan:       Sangat efektif dan permanen. Dapat digunakan sampai manopouse Kekurangan: Terjadi perubahan siklus haid. harus dilakukan tenaga kesehatan terlatih. Dapat mencegah kehamilan di luar kandungan. Kekurangan: Akan timbul perasaan mual. Bisa merasakan pembengkakan di pinggul. Membutuhkan tindak pembedahan kecil untuk insersi dan pencabutan. Kekurangan: . Saat memasang dan mengeluarkan IUD. Kontrasepsi Mantap **. darah yang keluar cukup banyak sehingga bisa menyebabkan kurang darah. Tidak ada efek samping. Konseling mutlak diperlukan. sehingga wanita yang memakai IUD harus rutin periksa ke tenaga kesehatan. Tidak memerluka pemeriksaan dalam. Tidak mempengaruhi proses menyusui. Tidak mengganggu hubungan seks dan perubahan dalam fungsi seksual. Tubektomi (MOW) Tubektomi adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seorang perempuan secara permanen. Tidak mengganggu hubungan seks. Bisa terjadi peningkatan atau penurunan berat badan. 5. Bisa merasakan nyeri setelah 3-5 hari pertama pemasangan. Implan Kelebihan:              Perlindungan jangka panjang (sampai 5 tahun). Perubahan perasaan atau kegelisahan. Tidak mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI. Saat haid. Bebas dari pengaruh estrogen. Haid lebih lama dan banyak. Pengembalian tingkat kesuburan yang cepat setelah dilepas. Pemasangannya membutuhkan prosedur medis. 4. Tidak menggaggu ASI Hanya perlu pemeriksa ke tenaga kesehatan jika ada keluhan Dapat dilepas sesuai kebutuhan. Bisa menimbulkan sakit kepala.            Bisa subur kembali setelah IUD dikeluarkan. Tindakan pembedahan yang aman dan sederhana.

Vasektomi adalah prosedur klinik Vasektomi untuk menghentikan kapasitas reproduksi (MOP) pria dengan jalan melakukan okusi vasa deferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi (penyatuan dengan ovum) tidak terjadi. Penggunaan sangat mempengaruhi keberhasilan kontrasepsi. bahkan pada waktu yang sama setiap harinya. Agak mengganggu hubungan seksual. 6. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengkonsumsi pil tersebut setiap hari. Konseling dan persetujuan mutlak diperlukan. akibat reaksi anafilaksi yang disebabkan oleh penggunaan lidokain atau manipulasi berlebihan terhadapa anyaman pembuluh darah di sekitar vasa deferensia.    Harus dipertimbangkan dengan baik karena bersifat permanen (tidak dapat dipulihkan kembali) kecuali dengan operasi rekanalisasi. Tidak perlu pemeriksaan khusus. Harus dilakukan dokter terlatih atau dokter spesialis. Saking banyaknya ragam pilihan. Kelebihan:     Sangat efektif dan permanen. Dapat menyesal di kemudian hari saat ingin memiliki anak lagi. Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada efek samping jangka panjang. Maka dari itu. Read more: http://dikma. Kekurangan: Efektifitas tidak terlalu tinggi.info/kelebihan-kekurangan-dari-6-metode-alat-kontrasepsi/#ixzz1wk67G7ki RAGAM ALAT KONTRASEPSI Ada beragam alat pengontrol kehamilan atau alat kontrasepsi yang beredar di pasaran. ada baiknya kita mengenal ragam pilihan alat pengontrol kehamilan seperti berikut:  Pil kontrasepsi Pil ini mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. terkadang orang pun bingung memilih alat kontrasepsi mana yang akan dipakai. **. Rasa sakit atau tidak nyaman dalam jangka pendek setelah tindakan. Harus selalu tersedia. . Kondom Kelebihan:        Efektif bila digunakan dengan benar. Murah dan dapat dibeli secara umum. Kekurangan: Komplikasi dapat terjadi saat prosedur berlangsung atau beberapa saat tindakan.

bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan alat kontrasepsi (alkon) yang aman bagi ibu menyusui.  Tubektomi Tubektomi adalah kontrasepsi bedah untuk perempuan yang mana saluran tubanya diblokir atau dihambat sehingga sel telur yang dikeluarkan tidak bisa masuk ke dalam rahim. Diafragma membuat sperma yang akan masuk ke rahim terhalang di leher rahim. Namun. Selain paling efektif. kondom mengurangi kenyamanan laki-laki. Kelemahan: Memiliki risiko infeksi jika terjadi kesalahan dalam pemasangan.  Diafragma Terbuat dari bahan karet yang fleksibel seperti mangkuk yang dipasang di atas leher rahim. metode ini sifatnya tidak permanen sehingga bisa dilepas jika ingin punya anak lagi.  Vasektomi Vasektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur.  Spiral atau intrauterine device (IUD) Pemakaiannya dengan memasukkan alat berbentuk “T” ke dalam rahim yang dilakukan oleh ginekolog. BKKBN menyediakan pil KB yang tidak mengganggu produksi ASI (air susu ibu) ibu menyusui. Penggunaan diafragma terbilang repot. mudah didapat. rasa tidak nyaman dan biasanya menyebabkan kenaikan berat badan. seperti keinginan seksual yang berubah.Keuntungan: Perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi. Saat ini. . kontrasepsi ini hanya sekali pemasangannya. mual dan muntah. Keuntungan: Efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan untuk jangka waktu 5-10 tahun. Kekurangan dari kontrasepsi ini adalah bisa menyebabkan iritasi ruam kulit.  Kondom Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling murah. Kelemahan: Menimbulkan efek samping. Operasi vasektomi menghambat saluran spermatozoa yang membawa sperma keluar.  Suntik Hormon Suntik hormon dilakukan dengan cara melepaskan hormon ke dalam darah untuk mencegah ovulasi yang bisa mengakibatkan kehamilan. Tersedia. Perempuan yang ingin menggunakan diafragma harus dicocokkan dulu ukurannya oleh dokter kandungan. Alat Kontrasepsi Aman Ibu Menyusui Ibu menyusui tak perlu khawatir alat kontrasepsi mengganggu produksi ASI. Beberapa pengguna IUD juga mengalami perdarahan dan keram dalam beberapa bulan pertamanya.

.530 orang.” kata Kepala BKKBN pusat.377 orang dari 157. kata dia.” jelas Dwi. Ibu dua anak itu menjelaskan. Sugiri Syarief usai menghadiri Rapat Konsultasi Widyaiswara BKKBN se-Indonesia. Disusul Kabupaten Kubu Raya sebanyak 4. sebenarnya saat ini sudah ada pil KB yang tidak mengandung hormone estrogen sehingga aman digunakan bagi ibu-ibu menyusui. “Tetapi jika sudah mengandung hormone estrogen itu yang mengganggu.” kata Sugiri. Sugiri menjelaskan.” kata Dwi. Akseptor baru terbesar di Kabupaten Ketapang mencapai 5. Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar.510 orang target 2012.” katanya. membenarkan tingginya angka pengguna alkon hormonal seperti pil dan suntik di Kalbar bagi akseptor baru.” papar Dwi. Sementara akseptor baru terkecil di Kabupaten Sekadau sebanyak 1.049 orang.“Ini merupakan bentuk dukungan sepenuhnya pemberian ASI eksklusif selama enam bulan. Tentunya tidak akan memengaruhi ASI ibu. alkon seperti pil yang hanya mengandung hormon progesterone umumnya tidak akan mengganggu produksi ASI. “Keikutsertaan ber-KB sebanyak hampir 70 persennya didominasi oleh pengguna pil dan suntikan yang tingkat drop out-nya cukup tinggi. menanggapi tingginya penggunaan alkon hormonal bagi ibu menyusui yang dapat memengaruhi produksi ASI. Sementara. Jumlah akseptor KB baru di Kalbar kini mencapai 39. karena memang dari tenaga kesehatannya yang tidak proaktif menyarankan untuk menggunakan alkon yang tidak hormonal. Dwi Listiyawardhani. Senin (14/5). “Semacam itu susah juga. Namun. pada intinya pil dan KB sedikit kemungkinan bisa mengganggu ASI karena saat ini sudah sangat ditekan kandungan hormonal di dalamnya. “Kami lebih menyarankan IUD karena itu non hormonal. “Saat ini sudah ada pil exclusion yang aman bagi ibu menyusui. Sebenarnya. di Kapuas Palace Pontianak. dari BKKBN sendiri lebih menyarankan kepada penggunaan IUD sebagai alat kontrasepsi.781 orang. dan keuntungan lagi ibu tidak perlu lagi merasa khawatir lupa seperti jika memakai pil atau suntik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful