BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu dasar peningkatan pendidikan secara keseluruhan. Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi bagian terpadu dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik aspek kemampuan, kepribadian, maupun tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Mutu pendidikan sangat tergantung kepada kualitas guru dan pembelajarannya, sehingga peningkatan pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara rasional. Pendidikan adalah investasi jangka panjang, karena hasil dari proses pendidikan akan dirasakan baik untuk saat ini maupun untuk waktu yang akan datang. Kondisi yang akan datang dapat dibentuk melalui pendidikan yang sedang kita lakukan sekarang, artinya bahwa pendidikan harus dapat menyiapkan dan menjawab tantangan dan kebutuhan di masa yang akan datang. Di era globalisasi seperti sekarang ini, disadari atau tidak pengaruhnya semakin terasa dengan semakain banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda. Di negara maju, media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktu. Waktu terpanjang yang paling berpengaruh itu adalah waktu yang digunakan di dunia pendidikan khususnya untuk sekolah. (Miarso, 1989).

1

2. Bagaimanakahciri-ciridariMedia Pembelajaran Audio-Visual ? 3. Apakah yang dimaksuddengan Media Pembelajaran Audio-Visual ? 2. ApakeuntungandankekurangandariMedia Pembelajaran Audio-Visual ? C. Agar dapatMengetahuikelebihandankekurangandariMedia Pembelajaran Audio-Visual. Agar dapatMengetahuiContoh-contohdariMedia Pembelajaran Audio-Visual. Agar dapatMengetahuiciri-ciridariMedia Pembelajaran Audio-Visual. BAB II 2 . Agar dapatMengetahuiPengertianMedia Pembelajaran Audio-Visual. B. RUMUSAN MASALAH Adapunrumusanmasalahpadamakalahiniyaitusebagaiberikut : 1.Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar itu. TUJUAN Adapuntujuandaripembuatanmakalahiniyaitusebagaiberikut : 1. 4. ApasajakahContoh-contohdariMedia Pembelajaran Audio-Visual ? 4. 3.

keterampilandansikap- sikaptertentusesuaidenganperkembanganzaman. yaitu proses proses yang belajardan proses mengajar. Salah satupertandabahwaseseorangtelahbelajarsesuatuadalahadanyaperubahantingkahlakut ersebutmenyangkutbaikperubahan yang bersifatpengetahuan (kognitif). 3 . keterampilan (psikomotorik)maupunmenyangkutnilaidansiakp Kalaudilihatdarisejarahperkembanganprofesi tugasmengajarsebenarnyaadalahpelimpahandaritugas karenatidakmampulagimemberikanpengetahuan. sejakdiamasihbayihinggalianglahatnanti. tua.Denganberkembnagnyailmupengetah uan. Apabilamengajarkitapandangsebagaikegiatanatau proses yang terarahdanterencana yang mengusahakan agar terjadi proses yang belajarpadadiriseseorangmakapendapatbahwaseseorangbelajarkarenaada mengajartidaklahbenar. Pengertian Media Pembelajaran Audio-Visual Dalampembelajaranpadahakekatnyaterdapatdua salingketerkaitandantidakdapatdipisahkansatusamallain. orang (afektif).KAJIAN PUSTAKA A. Belajaradalahsuatu proses yang kompleks yang terjadipadasemua orang yang berlangsungseumurhidup. teknologidanberkembangnyamasyarakatsertabudayapadaumumnya. Proses belajarterjadikarenaadanyainteraksiindividudenganlingkungannya. Proses belajardapatterjadikapansajadandimanasajaterlepasdariada yang mengajaratautidak. guru.

guru Perkembangan media pembelajaran mengikuti arus perkembangan teknologi. Ciri-Ciri Media Pembelajarn Audio-Visual Teknologi auduo visual merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual Ciri-ciri teknologi media audio visual : a. Teknologi paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah sistem percetakan yang bekerja atas dasar fisik mekanik. Menyajikan visualisasi yang dinamis c. akantetapigambar dihasilkannyaadalahgambardiamatausedikitmemilikiunsurgerak. Merupakan representasi fisik dari gagasan rill atau gagasan abstrak. Bersifat linear b. 4 . Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang atau pembuatannya. Media audiovisual adalah media yang penyampaianpesannyadapatditerimaolehinderapendengarandaninderapengelihatan. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikro-processor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan interktif. Kemudian lahir teknologi audio visual yang menggabungkan penemuan mekanik dan elektronik untuk tujuan pembelajaran.makaberkembangpulalahtugasdanperanan seiringdenganberkembangnyajumlahanak yang memerlukanpendidikan. d. yang B.

tatacarakehidupan di Negara asing.Sebuah film terdiridariribuangambar. Contoh-contohMediaPembelajaran Audio-Visual 1. Film merupakan media yang amatbesarkemampuannyadalammembantu proses belajarmengajar.C. mengajarkansesuatuketerampilan. karenasuaradanrupaberadaterpisah. 16 mm dan 35 mm. Slide atau filmstrip yang ditambahdengansuarabukanalat audio-visual yang lengkap. sejarahkehidupan orang-orang besardansebagainya. kejadian2 dalamalam.Bentuk yang lama biasanyabisu. Jenispertamabiasanyauntukkeluarga. berbagaiindustridanpertambangan. Ada 3 macamukuran film yaitu 8 mm. peneranganataupenyuluhan. Film yang dimaksuddisniadalah film sebagaialat audio-visual untukpelajaran. tipe 16 mm tepatuntukdipakai di sekolahsedang yang terakhirbiasanyauntukkomersial. OemarHamalik (1985:104) mengemukakanprinsippokok yang 5 . Film suara Film sebagai media audio-visual adalah film yang bersuara.Banyakhal-hal yang dapatdijelaskanmelalui film. antara lain tentang : proses yang terjadidalamtubuhkitaatau yang terjadidalamsuatuindustri. Film yang baikadalah film yang dapatmemenuhikebutuhansiswadalamhubungannyadenganapa yang dipelajari.Suaradisiapkantersendiridalamrekaman yang bisanyaterpisah. olehsebabitu slide atau filmstrip termasuk media audio-visual sajaatau media visual diam plus suara.

Dilihatdarisudutjumlahpenerimapesannya. selain film. televisitergolongkedalam media massa. 2. Selainsebagai media massa. kitamengenaladanya program 6 . televisiadalah media yang menyampaikanpesanpesanpembelajaransecara Audio-Visual dengandisertai unsure gerak. Tapitidakberartibahwa video akanmenggantikankedudukan film. Sebagianbesartugas film dapatdigantikanoleh video. bias bersifat informative. Media video Merupakansalahsatujenis media audio visual. biasadikemasdalambentuk VCD. Film Televisi Selain film. edukatifmaupuninstruksional.Pesan yang disajikan bias bersifatfaktamaupunfiktif. semakin lama semakinpopulerdalammasyarakatkita.berpegangkepada 4-R yaitu : “ The right film in the right place at the right time used in the right way”. Kelebihan video : • Dapatmenarikperhatianuntukperiode-periode yang singkat • Denganalatperekam pita video sejumlahbesarpenontonmemperolehinformasidariahli-ahli/spesialis • Menghematwaktu • Bisamengamatilebihdekatobjek yang sedangbergerak 3. Video / VCD Video sebagai media Audio-Visual yang menampilkangerak.Yang banyakdikembangkanuntukkeperluanpembelajaran.

yaknidapatdidengardandilihat. Makatelevisisebenarnyasamadengan film. alatpengirimdanalatpenerimasecarafisikdihubungkandengankabel. Definisitersebutmenjelaskanbahwatelevisisesungguhnyaadalahperlengkapane lektronik yang padadasarnyasamadengangambarhidup yang meliputigambardansuara. both picture and sound reach the eye and ear simultaneously from a remote broadcast”. sehinggapenontonserentakdapatmengikuti program yang disiarkan.TelevisiSiaranTerbatas (TVST) atau Closed Circuit Television. Media iniberperansebagaigambarhidupdanjugasebagai radio yang dapatdilihatdandidengarsecarabersamaan. OemarHamalik (1985 : 134) mengemukakan : “Television is an electronic motion picture with con joinded or attendant sound. bisa pula beberapakelasdihubungkandengansatusumberruang yang sama. Hubunganitubisaantarasebuahkameradanalatpenerima di dalamruang yang sama. 7 . Pada TVST sebagaisuatu system distribusi TV.

gambar. Gerak yang terlalulambatatauterlalucepatdapatdibantudengan tame lapse atau high speed photografi d. Obyek yang terlalukompleks (mesin-mesin) dapatdisajikandengan model. fotomaupunsecara verbal e. Konsep yang terlaluluas (gunungberapi. Objek yang terlalubesardigantikandenganrealitas. tertulisataulisanbelaka) • Mengatasiperbatasanruang. film atau model b. Kelebihan BeberapaKelebihanataukegunaan media Audio-Visual pembelajaransamadenganpengajaran Audio & visual yaitu: • Memperjelaspenyajianpesan agar tidakterlalubersifatverbalistis (dalambentuk kata-kata. film bingkai. dll f. iklimdll) dapat di 8 . gempabumi.D. filmbingkai. diagram. Kejadianatauperistiwa yang terjadimasalalubisaditampilkanlagilewatrekamanfilm. Obyek yang kecildibantudenganproyektor micro. film ataugambar c. KelebihandanKekuranganMediaPembelajaran Audio-Visual 1. seperti: a. film bingkai.video. waktudandayaindera.

• Media audio visual bisaberperandalampembelajaran tutorial. • Terlalumenekankanpadapenguasaanmateridaripada proses pengembangannyadantetapmemandangmateri audio visual sebagaialat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Kekurangan Pengajaran audio-visual jugamempunyaibeberapakelemahan yang samadenganpengajaran visual. yaitu : • Terlalumenekankanpentingnyamateriketimbang proses pengembangannyadantetapmemandangmateri audio-visual sebagaialat Bantu guru dalammengajar. gambar. karna media audio-visual cenderungtetap di tempat. Media yang beoriantsipada guru sebernarnya • Media audio visual cenderungmenggunakan model komunikasisatuarah. • Media audio-visual tidakdapatdigunakandimanasajadankapansaja.dll.visualkandalambentukfilm.filmbingkai. 9 . 2.

Kesimpulan Dari pembahasandiatasdapatdisimpulkanbahwa Media Audio-Visual adalah media yang mempunyaiunsursuaradanunsurgambar. • Audio-visual tidakmurniyaituunsursuaradangambarnyaberasaldarisumber yang berbeda.BAB III PENUTUP A. Setiap media pembelajaranmempunyaikelebihandankekurangan yang antaralain.memperjelaspenyajianpesan agar tidakterlalubersifatverbalistisdankelemahanpada media audio visual adalahterlalumenekankanpadapenguasaanmateridaripada proses pengembangannya.Jenis Media inimempunyaikemampuan yang lebihbaik. Dilihatdarisegikeadaannya. karenameliputikeduajenis media yaituMedia AudiodanMedia Visual. 10 . media audio-visual dibagimenjadi : • Audio-visual Murniyaituunsursuaramaupununsurgambarberasaldarisuatusumber.

Dr. 2002. Jakarta Timur . Sc. Media Pembelajaran. 2006. StrategiBelajarMengajar. Prof. 2009. AzharArsyad. 2007. Belajardanpembelajaran “UpayaKreatifdalamMewujudkanPembelajaran yang Berhasil”.Bandung. DAFTAR PUSTAKA Drs. MA. Jakarta . SyaifulBahriDjamarah. Raja GrofindoPersada. 2003. Nana Sudjanadkk. Prospect. Delia Citra Utama. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada. M.Uhamka Press.Media sebenarnyaakansangatmembantudalammewujudkantujuanpendidikanmeskipunb anyakkekuranganyanngadadidalamnya. Arief S. Dr. Media Pendidikan.TeknologiPengajaran. dkk. M. Dr. H. Dalamhalini yang harusdiperhatikanadalahmateri yang akandisampaikan. M. Jakarta. Jakarta . Dr. TeoriBelajardanPembelajaran. SinarBaruAlgensindo.2007 . B. 2006.Agdkk. Prof. SobrySutikno. PT RinekaCipta. Bandung. Saran DiharapkankekreatifitasanGuruatauDosendalammemilih media mana yang lebihcocokuntukditerapkandalamkelas. situasikelasdansaranaprasarana. Dr. BasyirudinUsman-Asnawir. Media pembelajaran. AminuddinRasyad. Sadiman. 11 . M.

12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful