SOAL - SOAL PKN

(KEDAULATAN RAKYAT)

KELOMPOK 4 1. Andi M Yusuf R. 2. Annisaa Yumna Aulia 3. Dherila Kresnanda P. 4. Shela Aji Wahyu Dwi M. 5. Slamet Effendi (03) (06) (09) (24) (25)

A.
1.

ISILAH
Menurut sifatnya kedaulatan dibagi menjadi dua yaitu………. dan………..

6. Hak suatu Negara untuk mengadakan kerja sama atau hubungan dengan negara lain disebut………. 15. sebutkan sebab – sebab hilangnya kedaulatan (3)! Kenapa Negara yang merdeka secara otomatis menjadi Negara yang berdaulat? Apa yang dimaksud dengan pemerintah yang berdaulat? Jelaskan! Jelaskan pengertian pemerintah oleh rakyat! Berikan contoh pemerintahan : a. Syarat Deklaratif terbagi menjadi dua yaitu………. 4. Pada abad V sampai XV berkembang teori kedaulatan………. Sekelompok orang yang memiliki perasaan senasib akan keneradaan suatu Negara disebut………. dan………. 4. 6. 8. 3. 8. Indonesia menganut kedaulatan………. 14. George Jellinek dan Jean Bodin pelopor dari teori kedaulatan………. Pemilik kedaulatan dalam negara Indonesia adalah………. 11. 1. Salah satu pelopor teori kedaulatan rakyat yaitu………. Untuk rakyat Sebutkan macam – macam teori kedaulatan! Sebutkan beberapa ahli yang telah mempelajari kontrak sosial! Sebutkan bukti Negara Indonesia menganut kedaulatan hukum! Apa perbedaan antara penduduk dan bukan penduduk? Sebutkan Badan-badan perwakilan rakyat yg ada di Indonesia menurut perundangundangan ! Apa tujuan dari Pemisahan Kekuasaan? 10. 13. Syarat mutlak terbentuknya sebuah Negara disebut………. Pasal 1 ayat 3 UUD 45 membuktikan bahwa Indonesia berkedaulatan… JAWABLAH!! Jelaskan pengertian Kedaulatan! Tuliskan bunyi pasal 1 ayat 2 UUD 1945! Apa yang dimaksud kerja sama Multilateral? Berikan contohnya (3)! Mengapa kedaulatan sangat dibutuhkan bagi suatu Negara? Berikan 4 alasan! Apakah kedaulatan bisa hilang? Jika bisa. 10.dan………. 7. 12. Dari rakyat b. 3. Rakyat perlu memilih wakil – wakilnya yang dipercaya untuk melaksanakan kedaulatan. KUNCI JAWABAN .dan………. Berdasarkan hubungan dengan pemerintah rakyat dibagi menjadi dua yaitu………. Oleh rakyat c. 5. 2. Paul Laband. 11. 9.2. 13. 5. “Rakyat yang bersatu” adalah salah satu unsur – unsur Negara yang dikemukkan oleh………. hal ini sesuai dengan………. 14. B. 12. 9. 7.

Monterquie Negara Oppenheimer Lauterpart Syarat Konstitutif De Facto dan De Yure Bangsa Warga Negara dan bukan warga Negara UUD 1945 Pasal 1 ayat 2 Hukum B. 8. 10. Kedaulatan sangat dibutuhkan : a.A. 6. d. Supaya bisa mensejahterakan rakyatnya d. c. Supaya terbebas dari belenggu penjajahan b. . Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 “ Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD. Suatu wulayah memisahkan diri dar kesatuan Negara dan menyatakan kemerdekaannya. 13. 3. Supaya tidak bergantung pada Negara lain g. Rakyat yang melakukan penolakan akan pemerintah.” 3. Supaya tedak diremehkan oleh bnagsa lain 5. 7. 2. Suatu Negara kalah perang dengan Negara lain. Suatu Negara bergabung dengan Negara lain untuk membentuk suatu Negara baru. Supaya bisa menentukan nasib bangsanya sendiri e. Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi dalam suatu Negara yang berlaku dalam seluruh wilayah dan seluruh rakyat dalam Negara itu. Multilateral adalah kerjasama banyak Negara. 14. JAWABLAH 1. e. b. 9. 4. 12. sebab – sebab hilangnya kedaulatan : a. 5. Contoh : o Indonesia ikut organisasi ASEAN o Indonesia ikut organisasi PBB o Indonesia ikut organisasi NON BLOK o Indonesia ikut organisasi Negara – Negara Islam Dunia o Indonesia mengikuti SEA GAMES 4. Bisa. Adanya intervensi dari pihak lain. John Locke. 11. Supaya tujuan Negara bisa tercapai f. 1. ISILAH Kedaulatan kedalam dan kedaulatan keluar Kedaulatan kedalam Kedaulatan Rakyat dan Hukum Rakyat Tuhan JJ Roseau. 2. Supaya bisa mengatur negaranya sendiri c.

DPR.6. BPD. DPD. Pemerintahan oleh rakyat : Pilkada : Pemilihan Gubernur c. Pemerintahan oleh rakyat yaitu bawa pemerintahan yang ada diselengarakan dan dilakukan oleh rakyat sendiri baik melalui demokrasi langsung maupun demokrasi perwakilan. 13. 8. John Locke. 12. Karena “Merdeka” adalah salah satu syarat Negara untuk berdaulat. 11. 10. Pemerintahan yang berdaulat adalah suatu pemerintahan yang mempunyai kekuasaan sepenuhnya untuk mengatur nedaranya sesuai dengan aspirasi. cita – cita dan kehendak rakyat. dan jean Jaques Rousseau Bukti Negara Indonesia menganut kedaulatan hukum : o Pembukaan UUD 1945 alinea 4 o Pasal 4 ayat 1 UUD 1945 o Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 o Pasal 28D ayat 1 UUD 1945 Penduduk adalah mereka yang menetap dalam suatu wilayah Negara. . Contoh : a. Pemerintahan untuk rakyat : Program pemerintahan Provinsi Macam – macam teori kedaulatan : 1. f. 14. Teori kedaulatan Rakyat Thomas Hobbes. Tujuannya utuk menghindari kekuasaan di satu tangan. Pemerintahan dari rakyat : Pemilu : Pemilihan Anggota DPRD b. Teori kedaulatan Tuhan 2. Teori kedaulatan Hukum 4. Teori kedailatan Negara 3. Jika Negara itu mengalami kudeta rakyat. Bukan Penduduk adalah mereka yang berada dalam suatu wilayah tertentu hanya untuk sementara waktu. 9. 7. MPR. 15. lahir secara turun temurun dalam suatu wilayah Negara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful