DESAIN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERORIENTASI OBYEK (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS AIRLANGGA

)
Aditya Marendra1)

1)

S1/Jurusan Sistem Informasi, STIKOM Surabaya, email: cat_is_meong@yahoo.com

Abstract: Faculty of Humanities (FIB) is one of 12 faculties at the University of Airlangga (UNAIR). As one of faculty that will follow the standardization of state higher education internationally, FIB is currently undertaking the development of information technology to support that direction. Today the academic of FIB already has Academic Information System (SIAKAD) held by UNAIR the name is Sub Academic Information System (SUSIAKAD), but there are problems in the existing SUSIAKAD, SUSIAKAD covers were not made with the overall academic process in the FIB, resulting in the emergence of various kinds of problems and obstacles for the use of the system. Issues raised in the above can be solved by analyzing SIAKAD development, which is expected to overcome the existing problems in SUSIAKAD. Analysis of this development methodology is "Object Oriented" approach to Unified Modeling Language (UML). UML approach can provide a model that is ready to use and support the design phase of system design improvement because they have to explain in a visual notation of the modeling elements. Analysis SIAKAD development using UML approach is able to produce SIAKAD requirment documents that can be used to know the description of any systems that can be generated and built, as well as SIAKAD design that can be used in accordance with business needs in the FIB. Keywords: Academic Infromation System, Object Oriented, UML

Pesatnya informasi dan

perkembangan komunikasi

teknologi

Informasi

Akademik

(SUSIAKAD),

namun

memungkinkan

terdapat permasalahan dalam SUSIAKAD yang ada, SUSIAKAD yang diadakan pihak UNAIR ini tidak dibuat dengan mencangkup keseluruhan proses akademik yang ada di FIB, sehingga menyebabkan munculnya berbagai macam masalah dan kendala, antara lain: adanya proses bisnis yang dijalankan dengan cara manual, kehilangan data, seperti hilangnya nilai ujian mahasiswa, pengurusan kartu rencana studi (KRS) yang memakan waktu lama, kesalahan pengambilan keputusan pada proses registrasi dan lain sebagainya.

pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Di lingkungan perguruan tinggi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Berdasarkan keterangan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya (FIB), bahwa FIB adalah salah satu dari 12 fakultas yang ada di Universitas Airlangga (UNAIR), saat ini tengah melakukan pengembangan teknologi informasi untuk mendukung program dari UNAIR sebagai badan hukum milik negara menjadi fakultas yang mengikuti standarisasi perguruan tinggi negeri secara internasional. Pada saat ini bagian akademik FIB sudah memiliki SIAKAD yang diadakan oleh pihak UNAIR dengan nama Sub Sistem

Permasalahan yang terjadi di atas dapat diselesaikan dengan melakukan analisis pengembangan SIAKAD, yang diharapkan
nantinya mengatasi SUSIAKAD. analisa pengembangan yang ini ada dapat di ini permasalahan Analisa

pengembangan

menggunakan metodologi "Object Oriented"

1

Bentuk kegiatan kampus dapat ditunjukkan pelaksanaan sebagainya. programs. terdapat banyak komponen yakni: hardware. Hubungan kelima komponen sistem informasi tersebut dapat di lihat pada gambar berikut : Gambar 1. Informasi berarti sesuatu yang mudah dipahami oleh si penerima. Pendekatan UML dapat memberikan suatu model yang siap pakai dan mendukung fase desain yaitu perbaikan desain sistem karena memiliki notasi untuk menjelaskan secara visual mengenai elemen-elemen pemodelan. Sistem sendiri berarti gabungan dari beberapa sub sistem yang bertujuan untuk mencapai satu tujuan. Analisis pengembangan SIAKAD dengan menggunakan pendekatan UML adalah cara pendekatan terbaru dan paling universal serta memiliki banyak kelebihan dibandingkan metode pendekatan struktural. data. procedures. memproses. dan lain pelaksanaan ujian semester. dan people. menyimpan. di mana pemain utamanya adalah tetap kita manusia.dengan pendekatan Unified Modelling Language (UML). Diharapkan dokumen dan desain ini dapat mengatasi masalah dan kendala dari SUSIAKAD yang telah berjalan. informasi hasil nilai ujian dan lain 2 . LANDASAN TEORI Sebuah sistem informasi berfungsi mengumpulkan. yang berguna bagi yang menggunakannya (mulai dari individu hingga perusahaan besar). Metode obyek ini dapat (Setyanto. dan juga menyediakan informasi sebagai suatu output. pengurusan KRS. Dalam sebuah sistem informasi. sehingga perguruan mampu menangani proses akademik dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis FIB. Lima Komponen Sistem Informasi mengakomodasikan perubahan-perubahan proses bisnis tanpa harus mengubah platform analisis sistem logikal secara keseluruhan seperti pada metode sebelumnya (Prasetya. kalender dengan wisuda Dari kegiatan mahasiswa perkuliahan. terlihat bahwa teknologi adalah bagian dari sistem informasi itu sendiri. yang salah satunya adalah menyatukan analisis atas proses dan analisis data. 2004). Dari definisi di atas. Sistem Informasi memiliki makna sistem yang bertujuan menampilkan informasi didapatkan perwujudan dengan dimunculkannya akademik. Analisa pengembangan SIAKAD dengan menggunakan pendekatan UML ini bertujuan menghasilkan dokumen kebutuhan SIAKAD serta desain SIAKAD yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan SUSIAKAD. matakuliah. Sistem Informasi Akademik Kegiatan tinggi akademik dan merupakan sesuai kegiatan yang berlangsung di dalam suatu dilaksanakan kebijaksanaan serta aturan yang telah ditentukan sebelumnya. 2009). kegiatan-kegiatan penyusunan tersebut jadwal Sistem Informasi Sistem informasi terdiri dari dua kata yaitu Sistem dan Informasi.

merupakan hasil studi mahasiswa berupa nilai tugas. antara lain: 1. administrasi dan lain sebaginya. 5. data ini adalah data mata kuliah yang menjadi garis besar kurikulum dari kegiatan akademik yang dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa dalam memilih mata kuliah yang akan ditempuh dalam satu semester. melakukan administrasi melakukan proses transaksi belajar-mengajar dengan dosen. Agregasi (Aggregation) Unified Modelling Language (UML) Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa visualisasi. Hal ini digunakan untuk melakukan update untuk data mahasiswa. yaitu: 1. Pembungkusan (Encapsulation) 7. dosen. Kelas (class) 3. dosen. Abstraksi (abstraction) 4. Data nilai. baik itu data mahasiswa dan dosen.sebagainya yang semuanya ditangani oleh sebuah sistem yaitu SIAKAD. Data kegiatan akademis. 3.com). Data-data yang dapat dijadikan bahan inputan. Data mata kuliah. pemodelan konstruksi untuk dan menentukan. Object Oriented Analysis and Design (OOAD) Analisa Berorientasi Obyek (Object Oriented Analysis) adalah metode analisis yang memeriksa requirements (syarat/keperluan yang harus dipenuhi sistem) dari sudut pandang kelaskelas dan obyek-obyek yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan. Obyek (object) 2. 2002). nilai UAS dan nilai-nilai lainnya yang dapat dijadikan dasar penentuan indeks prestasi (IP). Asosiasi (Association) 8. nilai quis. administrasi akademik. mulai dari kalender akademik. dan pihak kampus dalam mengambil keputusan untuk langkah akademik selanjutnya. Output laporan daapt berupa KRS dan KHS mahasiswa. Dari data inputan dan proses di atas akan dihasilkan suatu output laporan yang dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa. Data personal. 2. OOAD memiliki beberapa konsep dasar. Banyak Bentuk (Polymorphism) 6. Data kelas. jadwal kuliah. SIAKAD merupakan sistem yang mengolah data dan melakukan proses kegiatan akademi yang melibatkan antara mahasiswa. jadwal ujian serta kegiatan-kegiatan lain dalam satu semester. Data-data tersebut kemudian dapat di proses oleh SIAKAD proses ketika mahasiswa akademik. 4. Pewarisan (inheritance) 5. nilai UTS. menentukan hak-hak akses di dalam sistem informasi itu sendiri. keuangan dan data atribut lainnya (http://nrspot. berisi data runag kelas dan kapasitasnya. dosen. pada proses ini SIAKAD dapat mendokumentasikan artifact (sepotong informasi 3 . Sedangkan Desain Berorientasi Obyek (Object Ooriented Desain) adalah metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi obyekobyek sistem atau sub sistem (Suhendar dan Gunadi. dan proses pengolahan data keuangan sehingga setiap kali melakukan registrasi.

UML memiliki diagram grafis yang bisa dikombinasikan menjadi diagram. Class Diagram 4. Memberikan bahasa pemodelan yang bebas dari berbagai bahasa pemrograman dan proses rekayasa. Hal ini dikarenakan UML menyediakan bahasa pemodelan visual yang memungkinkan bagi pengembangan sistem untuk membuat cetak biru atas visi mereka dalam bentuk baku. Object Modeling Technique (OMT). sehingga UML lebih exsprektif dan seragam daripada metode lain. Karena ini merupakan sebuah bahasa. UML bisa berfungsi sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek dalam sistem. Deployment Diagram Rational Rose Rational Rose adalah software yang memiliki perangkat-perangkat pemodelan secara visual untuk membangun suatu solusi dalam 4 . bahasa pemodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan dan saling tukar menukar 2. dan Object Oriented Software Enginering (OOSE). UML merupakan salah satu alat bantu yang sangat handal dalam dunia pengembangan sistem yang berorientasi obyek (Munawar. atau software) yang terdapat dalam sistem software (Suhendar dan Gunadi. 2002). UML memiliki diagram grafis sebagai berikut: 1. OMT dan OOSE digabungkan dengan membuang elemen-elemen yang tidak praktis di tambah dengan elemen-elemen dari metode lain yang lebih efektif dan elemenelemen baru yang belum ada pada metode terdahulu. elemen-elemen Untuk membuat suatu model. yaitu Booch. dengan demikian semua anggota tim akan mempunyai gambaran yang sama tentang suatu sistem. model dengan mudah dan dimengerti secara umum. Sequence Diagram 7. 3. Statechart Diagram 5. UML bisa juga berfungsi sebagai cetak biru karena sangat lengkap dan detil. Tujuan UML diantaranya adalah: 1. UML mempunyai sejumlah kombinasi aturan untuk menggabungkan tersebut. dapat berupa model. Menyatukan praktek-praktek terbaik yang terdapat dalam pemodelan. dengan cetak biru ini maka akan bisa diketahui informasi detil tentang coding program (forward engineering) atau bahkan membaca program dan menginterpretasikannya kembali di dalam diagram (reverse engineering). Untuk membuat suatu model. Memberikan model yang siap pakai. mudah dimengerti serta dilengkapi dengan mekanisme yang efektif untuk berbagi dan mengkomunikasikan rancangan mereka dengan yang lain. Dengan UML. UML adalah hasil kerja dari sebuah konsorsium berbagai organisasi yang berhasil dijadikan sebagai standar baku dalam OOAD (Object Oriented Analysis & Design). deskripsi. Use Case Diagram 3. 2005). Component Diagram 9. Activity Diagram 6.yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses rekayasa software. Business Use Case Diagram 2. metode Booch. UML adalah bahasa pemodelan yang paling suskses dari tiga metode Object Oriented yang telah ada sebelumnya. Collaboration Diagram 8.

b. data-data yang ada. artikel dan internet. Rational Rose dikeluarkan oleh perusahaan software bernama Rational Software. 2005) atau segala teknik pemodelan yang digunakan untuk (Suhendar dan Gunadi. c. yang kemudian dapat diterapkan didistribusikan lingkungan perusahaan. Pemodelan Bisnis Pemodelan bisnis adalah studi tentang organisasi/perusahaan (Nugroho. jurnal. menyimpulkan pengetahuan yang diperoleh. Pengumpulan Dokumen Dengan tujuan untuk mengetahui data yang terlibat dalam sistem. Tempat yang digunakan untuk studi lapangan pada tugas akhir ini adalah FIB UNAIR. PERANCANGAN SISTEM Teknik Pengumpulan Data Pengumpulan data merupakan kegiatan untuk mengumpulkan dan mempelajari bahanbahan yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini. kemudian mendokumentasikan hasilnya. ditambah beberapa fitur lain yang membuat Rational Rose menjadi software pemodelan visual yang terkemuka. Ratioanl Rose memiliki dan kemampuan membuat dalam solusi client/server. Beberapa fitur yang terkemuka diantaranya Rational Rose memiliki Ratioanl Unifid Process (RUP). salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemodelan bisnis. Analisis Kebutuhan Analisis kebutuhan digunakan untuk mengetahui dan membandingkan antara pengetahuan yang didapatkan pada saat studi lapangan dengan bahan-bahan literatur yang berkaitan dengan SIAKAD dan menentukan kebutuhan-kebutuhan yang harus ada dalam sistem termasuk didalamnya rekomendasi yang harus dilakukan untuk memperbaiki sistem yang ada. Selain itu. 2002). Studi Pustaka Dengan tujuan untuk mengumpulkan dan mempelajari bahan-bahan literatur yang berhubungan dengan perancangan atau desain sistem. d. Tujuannya agar dapat diketahui proses bisnis dan prosedur yang terlibat. Pada tahap ini dilakukan pengumpulan fakta dan data pada sistem yang sedang berjalan dengan melakukan: a. Observasi 5 . Untuk keperluan tugas akhir ini. Wawancara Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak yang terkait dalam pengolahan data yang berhubungan dengan data asset terkait. Rational Rose memakai UML sebagai bahasa pemodelan. dan informasi-informasi mudah dalam lainnya sehingga lebih tahapan menyelesaikan selanjutnya. Untuk mendapatkan kebutuhan sistem yang diperlukan. perusahaan yang mencetuskan ide pembentukan konsorsium bagi perusahaanperusahaan yang memakai standar UML sebagai bahasa pemodelan di perusahaannya. informasi didapatkan dari buku.rekayasa software dan pemodelan bisnis Dengan mengadakan pengamatan secara langsung untuk mengetahui sistem yang sedang berlangsung di FIB UNAIR.

Sebelum menggambarkan Use Case Diagram.menggambarkan model sebuah bisnis (Suhendar dan Gunadi. Untuk pemodelan bisnis ini dapat dilakukan dengan menggambarkan 2 diagram. Tabel 1. 2002). Business Use Case Diagram dalam SIAKAD ini dapat digambarkan sebagai berikut: S u p e r v is o r P e ru s a h a a n M e m b u a t Tra n s k r ip N ila i S em e n t a r a M e m p r o s e s K e l u lu s a n Gambar 2. Pemetaan Bisnis Use Case ke dalam Sistem Use Case Bisnis Use Case Menyusun Kalender Akademik Sistem Use Case Maintenance Data 6 . dimana diagram ini menggambarkan bagaimana aliran proses di dalam organisasi. Pemetaan tersebut dapat dilihat seperti pada tabel di bawah ini. langkah-langkah di dalam proses. 2002). dan bisnis entitas yang dilibatkan dalam proses. Model analisis merupakan transisi ke dalam model desain. Pemodelan bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam usaha untuk re-engenering proses bisnis. yaitu: Business Use Case Diagram dan Activity Diagram. berikut ini adalah pemetaan Bisnis Use Case kedalam Sistem Use Case yang digunakan untuk menjawab kebutuhan sistem yang diperlukan. Salah satu fasilitas dalam proses pemodelan bisnis adalah diagram aliran kerja. Diagram ini menunjukkan individu-individu yang terlibat di dalam proses. Dalam melakukan pemodelan bisnis dimulai M a h a s is w a M e la k u k a n P ro s e s M a g a n g D o s e n W a li D osen K ade p M e m p e r s ia p k a n U jia n M e m b u a t B e b a n M e n g a ja r D o s e n M e m p r o se s K H S M e m p e r si a p ka n P er k u lia h a n LP P M M e m p r o s e s P e la k s a n a a n K K N S u b a g A k a d e m ik M e n y u s un K a le n d er A ka d e m i k P e n g a j u a n P e m b a t a la n S t u d i Me la k u k a n P r os e s K R S M e la k u k a n P r os e s S K R I P S I dengan mendokumentasikan proses yang sedang berjalan dengan diagram aliran kerja. dan kelas-kelas analisis secara langsung berkembang menjadi elemenelemen model desain. Kemudian meneliti diagram ini untuk mencari ketidak efektifan atau permasalahan-permasalahan lain di dalam aliran kerja. BusinessUse Case Diagram Sistem Informasi Akademik Model Analisis Model analisis digunakan untuk membuat pemetaan mengenai perilaku yang diisyaratkan dalam sistem aplikasi ke dalam elemen-elemen pemodelan (Suhendar dan Gunadi.

Ada 2 ClassDiagram dalam SIAKAD ini. Mengajar Dosen Model Maintenance J. Statechart Diagram. Model desain digunakan untuk menyusun desain sistem perangkat lunak agar kita Maintenance Daftar Absensi Mempersiapkan Ujian mendapatkan bukti bahwa desain perangkat lunak tersebut dibuat sebaik mungkin. Sequence Diagram. Collaboration Diagram.Membuat B. Class Diagram SUSIAKAD M e n c e t a k K H S M a h a s is w a ( fr o m U s e C a s e s ) Gambar 3. Melakukan Login Sistem Untuk model analisis ini dapat dilakukan dengan menggambarkan 2 diagram. serta melakukan Generate Code. yaitu: Use Case Diagram dan Flow of Event Diagram. Use Case Diagram desain Sistem Informasi Akademik Model Desain 7 . Mencetak Transkrip Nilai S. Untuk yaitu: Mencetak KHS Mahasiswa Melakukan KRS Online Melakukan Proses Magang Memproses Pelaksanaan KKN Melakukan Proses SKRIPSI Memproses KHS Melakukan Penilaian model analisis ini dapat dilakukan dengan menggambarkan 6 diagram. 2002). Mata Kuliah desain merupakan bentuk abstraksi dari penerapan (implementasi) suatu Mempersiapkan Perkuliahan sistem perangkat lunak (Suhendar dan Gunadi. Class Diagram. Use Case Diagram dalam SIAKAD ini dapat digambarkan sebagai berikut: A bs ens iD et ail (from E nt it y ) K A k a dem ik F orm K egiatanA k adem ik (f rom B on da ry ) (f rom E nt it y) F or m J ad walM at aK uliah (f rom B on dary ) K ela s (f rom En tit y) F orm K ela s P erk uliahan (from B ond ary) F orm R uangP erk uliaha n (f rom B ondary) BA KA (f rom En tit y) K A C o ntrol A bs ens i (f ro m Co nt ro l) K ela s C o ntrol (fro m C ont rol) R uan gC ontr ol (f ro m Co nt ro l) Ru ang (f ro m E nt ity ) F orm A bs P erk uliaha n (f rom B ond ary) (f rom E nt it y) B A K A C ontr ol (f rom Control) F or m C t k A bs P erk ulia han (f rom B ond ary) F o rm Pa k et S em es t er (f rom B on da ry ) A bse ns iC on tro l F orm C e tak A bs U TS (from B ond ary) (f rom Co nt rol) D bC ont ol (from C on trol) P ak e tS m tC ontr ol (f rom Co nt rol) P a k etS m t (f ro m En t it y) F orm C etak A b s U A S F orm C eta k Trans k rip (from B ond ary) M a in t e n a n c e D a t a ( fr o m U s e C a s e s ) (from B on dary ) B M D os en (f rom En tit y) B M D os enC ont rol (f rom Co nt ro l) M KC on tro l (f ro m Co nt ro l) K R S C ont rol (f rom Cont ro l) F or m C et ak K H S (from B ondary) M a in t e n a n c e K R S M a h a s s i w a ( fr o m U s e C a s e s ) M ata K uliah F orm B eban Men gajarD os en (f rom Bonda ry) (fro m E nt ity ) F orm M ataK uliah (f rom Bo nd ar y) M a in t e n a n c e J a d w a l M a t a K u li a h ( fr om U s e C a s e s ) F orm Login D os en (from E nt ity) KRS (f ro m Ent it y) F orm D ata K R S M hs (f ro m B ondary) Login (from E nt it y) D os e nC o ntr ol (f rom Cont ro l) Lo gin C on tro l (f rom Co n rol) t (f rom Bo nd ar y) F orm P enilaian (from B ond ary) N ilai F orm L iha tD a t aD o sen (f rom B o nda ry) F orm D at aLogin (from B ondary) (f rom En tit y) S u b a g A k a d e m ik ( fr o m A c to r s ) M ai n t e n a n c e D a f t a r A b s e n s i M e l a k u k a n L o g i n S is t e m e l a k u k a n K R S O n l in e M ( fr o m U s e C a s e s ) ( fr o m U s e C a s e s ) ( fr o m U s e C a s e s ) M a h a s is w a ( fr o m A c to r s ) M ahas is waC ont rol (f rom Co nt rol) N ilaiC ont rol (f ro m Con t ro l) M ahas is wa (from E nt it y) M e la k u k a n P e n ila ia a n ( fr o m U s e C a s e s ) F orm Lih atD ata Ma has is w a (f rom B ondary) M e n c e t a k T r a n s k r ip N ila i S e m e n t a r a ( fr o m U s e C a s e s ) Gambar 4. yang dapat digambarkan sebagai berikut: Melakukan Proses KRS Maintenance KRS Mahasiswa Pengajuan Pembatalan Studi Membuat Transkrip Nilai S. Component Diagram. Deployment Diagram. yaitu SUSIAKAD dan KRS Online.

Telah dihasilkan desain Sistem Informasi Akademik yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis di FIB UNAIR. 2005. Hasil Generate Code pada FormMainMenu Munawar. sehingga dapat diketahui gambaran sistem-sistem apa saja yang dapat dihasilkan KRS Online Printer2 dan akan dibangun di FIB UNAIR. Sistem Informasi Akademik. Analisis Implementasi dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAK). Bandung. Bandung Suhendar. Nrspot. Berorientasi Obyek dengan Unified Modeling Language.com. 2. 8 . 2002.com/2008/09/27/sisteminformasi-akademik/. Yogyakarta Nugroho. A. 2005. Informatika. (Online). 2008. Hasil Generate Code pada FormMataKuliah Deploymet Diagram dalam SIAKAD ini dapat digambarkan sebagai berikut: SU SIAKAD Printe r Kesimpulam Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: 1. Telah dihasilkan dokumen kebutuhan Data bas e Server FIB Hub / Switch Sistem Informasi Akademik dari proses bisnis.F o rm K R S O n li ne ( f ro m B o nd a ry ) K R S C o n tro l (f ro m C o n t ro l) N i la iC o n tro l (f ro m C o n t ro l) N ila i (f ro m E n t it y ) D b C o n to l ( f ro m C o n t ro l) KRS (f ro m E n t it y ) P a k e tS m tC o n tro l B AK AC o n tro l (f ro m C o n t ro l ) (f ro m C o n t ro l) Gambar 5. Hariman. Prasetya. 2004. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Pemodelan Visual dengan UML. (Online). Graha Ilmu. Informatika. (http:// nrspot. Machmudin Eka. Deployment Diagram SIAKAD Salah satu hasil Genetrate Code yang dapat dihasilkan dari diagram UML yang telah dibuat adalah sebagai berikut: Gambar 6. Adi. Visual Modeling Menggunakan UML dan Rational Rose. DAFTAR PUSTAKA Gambar 6. dan Gunadi. diakses 24 Februari 2009). Class Diagram KRS Online Gambar 7.

(Online).ui.(http://www.digilib.doc.jsp? id=83663&lokasi=lokal. Setyanto.ac.id/opac/theme s/libri2/abstrakpdf. 2009.id/downloads/ artikel/Sistem%20Informasi %20Berbasis%20Multimedia. diakses 24 Februari 2009). Sistem Informasi Berbais Multimedia. Arief. 9 .amikom. (http://dosen. diakses 25 Februari 2009).ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful