TUGAS-TUGAS POKOK SEKSI ACARA

1. SEKSI ACARA  Memandu dan memantau seluruh acara pernikahan agar berlangsung dalam suasana kekeluargaan, meriah dan tertib sampai selesai. 2. SEKSI PENERIMA TAMU    Menyambut kedatangan para tamu undangan dengan ramah dan sopan, serta mempersilahkan untuk memberikan doa restu kepada pengantin serta mengarahkan ke tempat konsumsi Memberikan souvenir dengan rapi dan sopan serta tertib, bertanggung jawab atas ketersediannya dan pengawasan Kotak Uang Menyapa para tamu bahkan kalau dianggap perlu agar berbincang-bincang dengan tamu agar mereka merasa diperhatikan 3. SEKSI KONSUMSI DAN PENGAWAS  Bertanggungjawab atas tersedianya makanan dan peralatannya di buffet tamu jangan sampai kurang dan rusak (basi, bau, kotor) serta tidak terlambat    Memastikan peralatan makanan dan minuman dalam keadaan bersih agar terlihat apik serta siap digunakan serta bertanggung jawab atas kecukupannya Mengatur, menata meja makan, gubuk-gubuk makanan agar selalu bersih dan menarik (kerjasama dengan ……………………………………………………………..) Bertanggungjawab atas peralatan yang sudah dipakai jangan terlihat berantakan, piring-piring, sendok, garpu, gelas dan lain-lain yang terlihat kotor segera diangkut ke belakang untuk dicuci (oleh para pengejeg) agar tempat terlihat selalu besih 4. SEKSI PELENGKAPAN DAN DEKORASI     Bertanggungjawab atas ketersediaan peralatan seperti tenda, kursi, sound system, panggung agar terpasang tepat pada waktunya Mempersiapkan sound system untuk akad nikah dan acara resepsi Menyiapkan area / lahan yang akan dipasang tenda dan lain-lain

5. SEKSI TRANSPORTASI DAN AKOMODASI Mempersiapkan kendaran yang diperlukan oleh panitia dan seksi-seksi untuk kelancaran persiapan acara 6. SEKSI DOKUMENTASI  Bertanggungjawab atas ketersediaan / terselenggaranya fotografi, video shooting (kerja sama dengan …………………………………………)

obat mabok. SEKSI KESEHATAN  Menyediakan obat-obatan untuk P3K (obat merah.7. tensoplast. rheumason. SEKSI KEAMANAN DAN PERIJINAN Mengamankan lingkungan dari gangguan luar maupun dalam Mengatur lalu lintas selama acara berlangsung Menyediakan tempat parkir untuk kendaraan Bekerjasama dengan keamanan lingkungan dan polisi Mengurus ijin keramaian ke pemerintah Desa/camat/polisi dan ijin loss listrik ke PLN . obat pusing. dll)       Bekerjasama dengan seksi transportasi 8.

dimana CPP sudah berpakaian lengkap untuk persiapan prosesi acara akad nikah 2 Keluarga dan CPP beserta rombongan bersama-sama berangkat dari rumah CPP menuju tempat diselenggarakannya acara prosesi akad nikah 3 Sebelum CPP beserta rombongan menuju ruang prosesi akad nikah. rombongan akan diberhentikan dan diatur ke dalam 3-4 barisan berjajar ke belakang untuk mengikuti prosesi acara penerimaan CPP dipandu oleh MC 4 Setelah CPP dan rombongan tiba didepan keluarga CPW. dimana pihak keluarga CPP diwakili oleh Bapak ………………… : SABTU. rombongan akan berhenti sejenak untuk mengadakan acara serah terima CPP kepada pihak keluarga CPW. 12 MEI 2012 : : RM.RANGKAIAN ACARA AKAD NIKAH HARI / TANGGAL JAM TEMPAT NO ESTIMASI WAKTU 1 Rombongan keluarga Calon Mempelai Pria (CPP). BU DJOJO URAIAN KEGIATAN . yaitu :  Pihak keluarga CPP menyerahkan CPP kepada pihak keluarga CPW. berada ditempat yang telah ditentukan.

karena berkat ridho dan ijin-Nya kita semua dapat dipertemukan dalam suasana kegembiraan pada pagi ini.KRISHNA ANAND . Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Rasulullah SAW.sesuai dengan syariat islam dan adat istiadat di sini. Wb. benar adanya seperti yang disampaikan oleh pembawa acara.yang sangat kami hormati. Keluarga calon besan.untuk kiranya dapat segera dinikahkan dengan putri Bapak.ANINDYA PRAMADITHA . Keluarga Bapak………………………………………………………. Wassalamu’alaikum Wr. Adapun barang-barang hantaran yang kami bawa. Wabillahitaufik Wal Hidayah. Demikianlah sepatah dua patah kata yang dapat kami sampaikan dalam penyerahan ini.dan mohon kiranya dapat diterima. Alhamdulillahirrobil ‘alamiin. Maksud kedatangan kami ke tempat bapak pada pagi hari ini tiada lain untuk mengantarkan putra kami tercinta yaitu Ananda . kurang lebihnya kami mohon dimaafkan. lebih penting dari segala urusan kami pada hari ini.KRISHNA ANAND . itu hanyalah sekedar buah tangan dan bukti cinta kasih putra kami kepada putri Bapak.putra dari keluarga Bapak . yaitu Ananda .BUDIANTO . bahwa kedatangan kami sekeluarga pada pagi ini membawa maksud yang sangat penting.yang kami hormati. Wb.yang selanjutnya akan kami serahkan Ananda . yakni Bapak ……………………………………………………….ANINDYA PRAMADITHA . yaitu Ananda . Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT..PENYERAHAN Assalamu’alaikum Wr. .

jamuan maupun fasilitas yang kami sediakan jauh dari yang diharapkan oleh pihak besan. . Wassalamu’alaikum Wr. kita dipertemukan dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Hanya itu kiranya yang dapat kami sampaikan dalam penerimaan ini. Wb.ANINDYA PRAMADITHA .yang sangat kami hormati.. semuanya itu tidak lain atas ijin Allah SWT. untuk itu sekali lagi mohon dimaafkan. Alhamdulillah di pagi hari yang membahagiakan ini. Seperti yang kami saksikan dan dengarkan tentang maksud dan tujuan bapak datang ke tempat ini untuk menyerahkan putra Bapak. sahabat dan kepada umat pengikutnya. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Wb. Maka kami pun sebagai wakil dari keluarga Bapak (ALM) ISNAWAN ARYADI . Shalawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya.KRISHNA ANAND untuk segera dinikahkan dengan putri kami. sang Maha Pencipta. Keluarga Bapak .BUDIANTO . Kami pun di sini mohon dibukakan pintu maaf yang sbesar-besarnya apabila dalam penyambutan.PENERIMAAN Assalamu’alaikum Wr. dan insya Allah akad nikahnya akan segera dilaksanakan. tiada sesuatu rencana dan tiada suatu apapun yang dapat terjadi tanpa se ijin-Nya. dan Maha Pemberi Rahmat. yaitu Ananda .sebagai bagian dari keluarga kami sekarang. Wabillahitaufik Wal Hidayah. yaitu Ananda . Maha Penyayang.

Proses akad nikah sepenuhnya saritilawah diserahkan oleh MC kepada petugas/penghulu dari Kantor Urusan Agama 4.  Upacara akad nikah yang dilaksanakan akan dipandu oleh MC dengan susunan sebagai berikut : 1. dilanjutkan kepada sesepuh dan sanak saudara yang lain. Sawer penganten 2. yang dilanjutkan dengan pemberian kalungan bunga melati kepada CPP. untuk menuju ke tempat prosesi AKAD NIKAH. sebagai symbol bahwa keluarga CPW telah menerima penyerahan CPP. Nasihat perkawinan/khutbah nikah yang disampaikan oleh Bapak ……………………………………………… 5. Meuleum harupat 3. penyerahan dan penerimaan. Sdr/i……………………………………………. 3.   CPP kemudian digandeng oleh kedua orang tua CPW diikuti oleh keluarga CPP beserta rombongannya. Pembukaan 2. Injak telur (nincak endog) 4. Pecah kendi . Pembacaan Qalam Illahi. Ayat Suci serta al Quran oleh saudara oleh ………………………………………………….NO ESTIMASI WAKTU URAIAN KEGIATAN 5 Acara Inti :  Setelah sambutan.. Ditutup dengan doa oleh Petugas Kantor Urusan Agama (KUA) 6  Setelah upacara akad nikah selesai.. kecuali perangkat/mahar (mas kawin) langsung ditaruh di dekat petugas/penghulu Kantor Urusan Agama (KUA). Penerima tamu sudah siap untuk menerima macam-macam hantaran/bawaan dari pihak CPP untuk disimpan di tempat yang telah ditentukan. kemudian pihak keluarga CPW akan menerima penyerahan CPP dari pihak keluarga CPP..  Acara sawer penganten yang dipandu oleh MC diantaranya : 1. Dalam menerima calon pengantin akan diwakili oleh Bapak …………………………………………………. dilanjutkan dengan acara Sungkeman (Sujud) kepada kedua orang tua pengantin pria dan wanita.

.5. Tarik bakakak hayam  Pengantin istirahat sejenak untuk berfoto. Huap lingkung 6. berganti pakaian dan dirias.

Ucapan selamat kepada kedua mempelai yang dipandu oleh MC Acara foto besama keluarga. Barisan Ketiga : Ayahanda kedua mempelai 4. . sanak saudara dan kerabat yang hadir Penutup acara oleh MC Acara selesai tepat jam …………………………… pengantin dan keluarga harus sudah selesai meninggalkan gedung resepsi Catatan : Untuk durasi waktu bisa disesuaikan dengan jadwal yang sudah disepakati bersama.RANGKAIAN RESEPSI PERNIKAHAN HARI / TANGGAL JAM TEMPAT NO 1 ESTIMASI WAKTU : SABTU. diutamakan untuk yang memakai seragam dan seterusnya 2   3        Rombongan pengantin memasuki ruang resepsi Kemudian dilanjutkan dengan upacara adat sunda (mapag penganten) Pembukaan oleh MC Ucapan terimakasih mewakili kedua mempelai dan keluarga diwakili Bapak ………………………………………………. Barisan Kedua : Ibunda kedua mempelai 3..00 – SELESAI : RM. Pembacaan doa oleh Bapak ……………………………………………. Barisan Keempat : Selanjutnya diisi oleh keluarga mempelai pria dan wanita. 12 MEI 2012 : 11.  Pengantin dan keluarga sudah mempersiapkan diri di pintu ruang resepsi dengan barisan sebagai berikut : 1. BU DJOJO URAIAN KEGIATAN Acara dimulai apabila tamu yang sudah hadir sudah mencapai 25% di dalam ruang resepsi. Barisan Pertama : Mempelai wanita dan Pria 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful