DASAR-DASAR OTOMOTIF LAPORAN REM DISC

KELOMPOK 4 SENTOT ALI BASAH 5353103114

AHMAD PURYANTO 5353103115 ARIEF CAHYANTO AFRIA HADI CHAN ISKAK WAHYU RIFAT ROFIQ 5353103115 5353103116 5353103117 53531031

Dosen Mata Kuliah : Drs. Adi Tri Tyasmadi. M.Pd.

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

dan pengetahuan. Penulis mengetahui bahwa laporan ini belumlah sempurna. dipelihara dan digunakan sebagaimana mestinya. penulis berharap agar kiranya ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber penambah ilmu. penulis sangat mengharapkan saran serta dukungan maupun kritik yang sifatnya membangun dari para pembaca sehingga dengan semua itu kesempurnaan makalah ini dapat tercapai Jakarta.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Juni 2012 Penulis . Disamping itu penulis mengharapkan bahwa laporan ini tidak hanya sebagai pelengkap tugas saja melainkan dapat disebut sebagai hasil karya yang setidaknya. karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan dasar-dasar otomotif tentang rem disc. Dengan tersusunnya laporan ini. oleh karena itu demi kesempurnaan laporan yang akan dibuat berikutnya. wawasan. Penulis juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pihak karena telah banyak membantu sehingga laporan ini dapat terselesaikan sebagaimana mestinya. Laporan rem disc ini disusun berdasarkan apa yang penulis praktekkan dan penulis dapatkan dari berbagai referensi yang penulis lihat.

LAPORAN REM DISC Tujuan : . Rem cakram terdiri dari cakram baja.Siapkan alat dan bahan Bongkar rem disc Pisahkan setiap komponen Ambil gambar dari setiap komponen Catat komponen apa saja yang terdapat pada rem disc Pasang kembali komponen rem disc tersebut Analisis dan kesimpulan : Rem cakram atau disc brake adalah suatu sistem untuk memperlambat atau menghentikan putaran roda kendaraan ketika sedang bergerak dalam bentuk piringan rem (disc). yang terpasang pada roda dan terjepit di antara bantalan rem. rem harus dijaga agar tidak terlalu panas. Saat pengendara mengoperasikan salah satu rem.Rem disc Kunci T 12 mm Tang snap ring Tang buaya Kunci ring 14 mm Kunci ring 17 mm Palu plastik Langkah kerja : . tekanan hidrolik bergerak melalui saluran rem. menyebabkan bantalan rem untuk menekan kedua sisi cakram. karena panas berlebih akan mengurangi efektivitas rem. bantalan rem (dipasang pada perangkat yang disebut caliper) harus mencengkeram cakram yang dipicu .Mahasiswa mampu membongkar rem disc Mahasiswa dapat memasang kembali setiap komponen pada rem disc Mahasiswa dapat mengetahui nama-nama dari setiap komponen pada rem disc beserta fungsinya Sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah dasar-dasar otomotif Bahan dan Alat : . Untuk menghentikan roda. Gesekan menyebabkan cakram yang terpasang pada roda untuk melambat atau berhenti. Cakram biasanya dipasang pada roda atau as.

Silinder rem atau caliper Caliper adalah bagian yang berfungsi memuat piston. hidrolik.oleh gaya mekanis.dan memegang/menjadi support bagi bantalan rem. sehingga mendorong bantalan rem untuk menekan Cakram 2. pneumatik atau elektromagnetik. Cakram atau piringan rem . Di dalam terdapat piston yang bergerak oleh tekanan hidrolik. Inilah beberapa komponen yang terdapat pada rem disc : 1.

Baut.Cakram (disc) adalah piringan bulat yang dipasang pada roda yang memperlambat putaran ketika bergesekan dengan bantalan rem. 4. dan ditutupi dengan bahan tahan panas yang menggesek cakram untuk memperlambat putaran. Saluran rem atau brake line . 3. pegas dan Pad rem Bantalan/kampas rem (pad rem) terdiri dari pelat logam yang dipegang oleh caliper.

KESIMPULAN : Rem cakram atau disc brake adalah suatu sistem untuk memperlambat atau menghentikan putaran roda kendaraan ketika sedang bergerak dalam bentuk piringan rem (disc). yang terpasang pada roda dan terjepit di antara bantalan rem. Rem cakram terdiri dari cakram baja. Rem cakram memiliki daya pengereman yang lebih besar daripada rem tromol sehingga efektifitas pengereman lebih baik. yang menjadi bertekanan ketika pedal/ handel rem ditarik/diinjak. ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal.  . Kelebihan rem cakram :    Rem cakram dapat digunakan dalam berbagai suhu Rem cakram tahan terhadap genangan air rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju.Saluran rem (brake line) adalah tabung membawa minyak rem. Prinsip kerja rem cakram : Handel/pedal ditekan -> saluran rem -> menekan piston secara hidrolis -> mendorong bantalan rem -> bantalan rem menggesek cakram -> roda melambat/berhenti.

TOYOTA ASTRA MOTOR (2002).id  http://sadrihidayat.com/  http://learningfromlives.com/2012/03/08/sekilas-tentang-disc-brake-remcakram/  Training Center National Service Division PT.wordpress. .blogspot. Jakarta: PT.google.Daftar Pustaka  www.co. TOYOTA ASTRA MOTOR. BUKU PRAKTEK UNTUK STM OTOMOTIF.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful