SGD 1 - senin, 4 juni 2012 jam 12.30-14.

10 SANDWICH TECHNIQUE KASUS I

Seorang wanita (29 tahun) yang bekerja sebagai resepsionis hotel X, datang ke esthetic dental clinic dengan keluhan sering ngilu pada gigi atas kanan belakang saat minum es. Pemeriksaan klinis : Gigi 15, 16 dan 17 : terlihat tumpatan amalgam kelas II yang sudah buruk dan terdapat daerah coklat kehitaman; Perkusi (-), palpasi (-), vitalitas (+) Pemeriksaan radiograf : Gigi 15 tampak tumpatan yang overhanging, jarak kavitas dengan pulpa ±1,5mm, tidak ada kelainan pada periapikal Gigi 16 tampak tumpatan mesial dan distal yang overhanging pada dan kedalaman tumpatan hingga ±2mm subgingiva, kavitas belum mencapai pulpa, tidak ada kelainan pada periapikal Gigi 17 tampak tumpatan yang belum mencapai pulpa dan tidak ada kelainan periapikal Pasien menginginkan tumpatan yang sewarna gigi Bagaimana tata pelaksanaan pada kasus I? KASUS II

Seorang mahasiswi (19 tahun) perguruan tinggi swasta terkenal di semarang, datang ke klinik ingin menambalkan gigi depannya. Pemeriksaan klinis tampak kavitas pada gigi 11 yang berwarna coklat kehitaman, dan agak keras saat diekskavasi, sondasi (+), perkusi (-), palpasi (-), vitalitas (+). Bagaimana tata pelaksanaan untuk kasus II?

CONTENT 1. Menjelaskan komplikasi pasca restorasi dengan teknik sandwich  PRESENTASIKAN 2 KASUS DIATAS DENGAN MEMBERIKAN TEORI-TEORI SESUAI REFERENSI YANG DIPAKAI  WAKTU PRESENTASI MINIMAL 30 MENIT. DILANJUTKAN SESI TANYA JAWAB  CANTUMKAN DAFTAR PUSTAKA PADA TIAP SLIDE YANG TERDAPAT TEORI DAN TULISKAN DAFTAR PUSTAKA PADA AKHIR PRESENTASI  LAMPIRKAN REFERENSI YANG DIPAKAI  REFERENSI SEBAIKNYA DIAMBIL DARI REFERENSI (TEXTBOOK ATAU JOURNAL) LUAR NEGERI YANG TERBARU. REFERENSI DALAM NEGERI/TERJEMAHAN BOLEH DIGUNAKAN MAXIMAL 2 REFERENSI . Menjelaskan keuntungan dan kerugian teknik sandwich 8. Menjelaskan macam-macam teknik sandwich 6. indikasi dan kontraindikasi teknik sandwich 2. Menjelaskan prosedur pengerjaan macam-macam teknik sandwich 7. Menjelaskan bahan – bahan yang dapat digunakan untuk teknik sandwich 4. Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari bahan-bahan yang digunakan dalam teknik sandwich 5. Menjelaskan definisi. Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dari teknik sandwich 3.

kemudian dokter Fia berusaha menjelaskan penyebab perubahan warna tersebut.selasa. Pemeriksaan klinis: tampak perubahan warna kehijau-hijauan pada daerah sepertiga servikal gigi. adanya halitosis. kemudia dokter Sila menerangkan penyebab terjadinya perubahan warna tersebut .5 Terangkan bagaimana mekanisme terjadinya perubahan warna pada gigi bayu? KASUS II Bapak Gusti usia 34 tahun datang ke klinik dengan keluhan giginya yang berubah warna coklat kehitaman.10 DISCOLORATION TEETH KASUS I Bayu usia 14 tahun datang ke klinik diantarkan oleh ibunya.30-14.SGD 2. Ibu bayu menanyakan sebab terjadinya perubahan warna pada gigi bayu tersebut. dan skor OHIS 4. Pasien ingin mengetahui bagaimana giginya dapat berubah warna. sebenarnya perubahan warna ini sudah terjadi dari masih anak-anak karena dulu sewaktu kecil pasien sering mengkonsumsi obat golongan antibiotik. 5 juni 2012 jam 12. ibu bayu mengeluhkan gigi bayu yang agak berubah warna menjadi agak kehijau-hijauan.

Menjelaskan etiologi dan macam. Menjelaskan cara pemeriksaan dan penegakkan diagnosis diskolorisasi  PRESENTASIKAN 2 KASUS DIATAS DENGAN MEMBERIKAN TEORI-TEORI SESUAI REFERENSI YANG DIPAKAI  WAKTU PRESENTASI MINIMAL 30 MENIT. Menjelaskan mekanisme diskolorisasi ekstrinsik dan intrinsik menurut penyebabnya 4. DILANJUTKAN SESI TANYA JAWAB  CANTUMKAN DAFTAR PUSTAKA PADA TIAP SLIDE YANG TERDAPAT TEORI DAN TULISKAN DAFTAR PUSTAKA PADA AKHIR PRESENTASI  LAMPIRKAN REFERENSI YANG DIPAKAI  REFERENSI SEBAIKNYA DIAMBIL DARI REFERENSI (TEXTBOOK ATAU JOURNAL) LUAR NEGERI YANG TERBARU. Menjelaskan definisi diskolorisasi gigi 2.Pemeriksaan klinis: terlihat perubahan warna coklat kehitaman pada regio atas dan pada regio bawah lebih didominasi warna hitam dan terlihat seperti terdapat batas antara warna coklat dan hitam Terangkan bagaimana mekanisme terjadinya perubahan warna pada gigi Bapak Gusti? CONTENT 1. REFERENSI DALAM NEGERI/TERJEMAHAN BOLEH DIGUNAKAN MAXIMAL 2 REFERENSI .macam diskolorisasi ekstrinsik dan intrinsik 3.

Apakah teknik bleaching yang digunakan? Bagaimana prosedur kerjanya? KASUS II .10-09. Pemeriksaan klinis terlihat gigi 11 berwarna kecoklatan. sebelumnya gigi tersebut pernah patah karena kecelakaan lalu lintas.50 TEKNIK BLEACHING KASUS I Seorang wanita usia 36 tahun datang dengan keluhan giginya yang berubah berwarna hitam setelah dirawat 6 tahun yang lalu. palpasi (-). perkusi (-).SGD 3 – rabu. Pasien ingin memutihkan gigi tersebut. vitalitas (-). Pemeriksaan radiograf tampak pengisian saluran akar yang hermetis dan tidak ada kelainan periapikal. 6 juni 2012 jam 08. Dokter Agnes kemudian melakukan perawatan pemutihan pada gigi tersebut.

Menjelaskan definisi. Menjelaskan komplikasi pasca bleaching  PRESENTASIKAN 2 KASUS DIATAS DENGAN MEMBERIKAN TEORI-TEORI SESUAI REFERENSI YANG DIPAKAI  WAKTU PRESENTASI MINIMAL 30 MENIT. Pemeriksaan klinis tampak warna kekuningan pada gigi anterior maksila dan mandibula Apakah teknik bleaching yang digunakan? Bagaimana prosedur kerjanya? CONTENT 1. Pasien ingin memutihkan gigi nya.Seorang direktur wanita usia 29 tahun datang ke klinik karena keluhan giginya yang berwana kekuningan. hampir pada semua gigi. Menjelaskan bahan bleaching 3. Menjelaskan macam – macam teknik bleaching gigi vital 4. indikasi dan kontraindikasi bleaching 2. Menjelaskan macam – macam teknik bleaching gigi non vital 5. REFERENSI DALAM NEGERI/TERJEMAHAN BOLEH DIGUNAKAN MAXIMAL 2 REFERENSI . DILANJUTKAN SESI TANYA JAWAB  CANTUMKAN DAFTAR PUSTAKA PADA TIAP SLIDE YANG TERDAPAT TEORI DAN TULISKAN DAFTAR PUSTAKA PADA AKHIR PRESENTASI  LAMPIRKAN REFERENSI YANG DIPAKAI  REFERENSI SEBAIKNYA DIAMBIL DARI REFERENSI (TEXTBOOK ATAU JOURNAL) LUAR NEGERI YANG TERBARU.

SGD 4 .