lingkungan hidup

A. Kualitas lingkungan hidup
1. BLH Aceh Tamiang Laksanakan Pemantauan Kualitas Lingkungan
Diposkan oleh Sayed Mahdi 02 November 2010

Suara-tamiang | Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Aceh Tamiang kembali melaksanakan pemantauan kualitas lingkungan hidup tahap II tahun 2010. Sasaran pemantauan meliputi 10 pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada dalam wilayah kabupaten Aceh Tamiang. Kepala BLH Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Syuibun Anwar melalui Kabid Standarisasi Penaatan dan Pengendalian Lingkungan Sayed Mahdi, SP mengatakan pemantauan yang dilakukan pihaknya merupakan amanat dari UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dikatakan Sayed, pembinaan dan pengawasan terhadap ketaatan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan terhadap ketentuan perizinan lingkungan dan peraturan perundangundangan adalah merupakan tugas dan wewenang pemerintah kabupaten sebagaimana disebutkan dalam Pasal 63 ayat 3 UU Nomor 32 tahun 2009. Pemantauan lingkungan yang dilakukannya adalah untuk mengetahui tingkat ketaatan pemilik usaha dalam mengelola lingkungannya sebagaimana telah disepakati dan dinyatakan di dalam dokumen lingkungannya baik AMDAL ataupun UKL-UPL perusahaan tersebut. Untuk itulah pihak BLH Aceh Tamiang melakukan pengambilan sampel terhadap air limbah semua PKS yang ada dalam kabupaten Aceh Tamiang untuk selanjutnya akan diteliti dan dianalisis di Laboratorium Lingkungan BLH Provinsi Sumatera Utara sebagai laboratorium yang independen dan telah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sayed Mahdi menambahkan, kewajiban untuk memelihara lingkungan hidup sebenarnya bukanlah tanggung jawab pemerintah semata ataupun badan Lingkungan Hidup, tetapi sebagaimana telah diatur dalam pasal 67 UU Nomor 32 tahun 2009, setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengendalikan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Sementara di peringkat kedua diraih Provinsi Gorontalo dengan indeks 97. sosialisasi — Tinggalkan Komentar 15 Januari 2012 . disusul Sulawesi Tengah dengan indeks 97. Untuk menentukan indeks kualitas lingkungan ditentukan pada tiga hal yaitu kualitas air sungai. Sulawesi Utara meraih indeks kualitas lingkungan hidup 2009. dan luas tutupan hutan.79 menjadi 61.65 dari 29 provinsi yang dinilai. secara nasional nilai indeks kualitas lingkungan hidup naik dua poin dibandingkan 2009. Bali Peringkat Pertama Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Posted on Juni 18. Alasannya kualitas sungai membaik.93. udara. Rabu (8/9).89. Selintas Khabar.21.58.2. Provinsi Bali memperoleh nilai indeks tertinggi yaitu 99. dengan indeks 96.18. dengan nilai 88. 2011 by KMPL FK Unud JAKARTA-MICOM: Provinsi Bali menduduki peringkat pertama terbaik untuk indeks kualitas lingkungan hidup 2010. (Ant/OL-10) 3. Namun kali ini Sulawesi Utara merosot di posisi kedelapan dengan nilai indeks 84. yang diumumkan pada 2010. yang diumumkan tahun ini. Pada tahun sebelumnya. Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat. Sosialisasi Kebijakan Lingkungan Hidup Kabupaten Lotim Filed under: Kegiatan. dan Bengkulu pada posisi keempat. yaitu dari 59. Kementerian Lingkungan Hidup Henry Bastaman dalam keterangannya di Jakarta.07.

pemanfaatan. daya. pemeliharaan. Untuk 7 desa di Kecamatan Suela dilaksanakan di aula kantor camat pada hari Senin.Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan. keadaan. Beberapa materi yang berkaitan dengan lingkungan hidup disampaikan secara bergiliran selama sosialisasi brlangsung. Pemanasan global yang semakin meningkat mengakibatkan perubahan iklim sehingga memperparah penurunan kualitas lingkungan hidup. Dimulai dengan Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup di Wilayah Kabupaten Lombok Timur yang antara lain juga mamaparkan ketentuan-ketentuan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. pengawasan dan penegakan hukum. Demikian antara lain tiga latar belakang dilaksanakannya Sosialisasi Kebijakan Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur di masing-masing kecamatan yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal (BLHPH) Kabupaten Lombok Timur. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda. perlu dilakukan pembaruan terhadap UndangUndang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. yang mempengaruhi alam. dan makhluk hdup. Untuk lebih menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan terhadap hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari perlindungan terhadap keseluruhan ekosistem. . termasuk manusia dan prilakunya. 19 Desember 2011. Oleh karena itu perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik dan berkesinambungan. Sedangkan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan. kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dengan demikian pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan bisa ditingkatkan kualitasnya dengan dukungan penegakan hukum lingkungan yang adil dan tegas serta SDM yang berkualitas. Terkenalnya Bangkalan. 2011 · Filed under Bangkalan adalah sebuah daerah tropis yang kaya akan sumber daya alam. Secara alami. damai dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat dan berpemerintah. bakau. serta bahan tambang golongan A dan C (migas dan bahan material bangunan) . kontribusi yang dapat diandalkan dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi daerah adalah dari sumberdaya alam.tenteram. Banyak faktor yang kemudian menyebabkan Bangkalan tidak kunjung menjadi daerah maju. Penjajahan yang terjadi pun awalnya adalah perebutan akan potensi sumber daya alam ini. rempah-rempah. agar tidak terjadi penurunan daya dukung lingkungan. sebagai daerah makmur dengan kondisi alam yang sangat mendukung ditambah pula dengan potensi sumber daya mineral yang juga melimpah ruah. Dua materi berikutnya adalah Peraturan Bupati (Perbup) Lombok Timur Nomor 56 tahun 2010 tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lombok Timur Nomor 8 tahun 2010 tentang Izin Pemanfaatan Kayu Tanah Milik. Patut kita ketahui bahwa saat ini dan masa depan. Realita Kualitas Lingkungan Hidup di Kabupaten Bangkalan May 9. sehingga berdampak pada kualitas lingkungan hidup dan perekonomian daerah. Hasil kayu. Hubungan timbal balik ini yang akan menentukan laju pembangunan daerah. tertib. ikan. ubi-ubian. dan penurunan kualitas lingkungan hidup. buah-buahan. Melimpah ruahnya Sumber daya alam daerah ini sudah sangat terkenal sejak zaman dulu. dan garam. 4. ternyata masih belum bisa mengantarkan Bangkalan sebagai salah satu daerah maju di Jawa Timur.Materi berikutnya adalah Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum yang merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia yang pada dasarnya menjadi tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat secara keseluruhan sehingga perlu dipelihara secara terus menerus demi tercapainya suasana yang aman. sehingga dalam penerapannya harus benar-benar memperhatikan peraturan. Diharapkan nantinya tujuan pembangunan berkelanjutan betul-betul dapat diimplementasikan di lapangan dan tidak berhenti pada slogan semata. jagung. . kehidupan ini memang merupakan hubungan yang terjadi timbal balik antara sumber daya manusia dan sumber daya alam (baik yang dapat diperbaharui atau pun tidak). Salah satunya adalah pengelolaan potensi yang belum optimal termasuk dalam hal pengelolaan potensi alam.

Mengacu pada UU RI no. Tentu saja masih banyak masalah-masalah lingkungan hidup lainnya yang hampir tidak mungkin untuk diidentifakasi satu per satu. terkait dengan pelaksanaan otonomi daerah. Kecenderungan permasalahan lingkungan hidup semakin bertambah kompleks. Sumberdaya alam seharusnya digunakan untuk pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. kenyataannya banyak diabaikan. . penggunaan bahan-bahan pestisida dan banyak lagi juga menyebabkan degradasi kualitas lingkungan semakin menjadi. Walaupun semua orang mengakui bahwa lingkungan hidup merupakan bidang yang penting dan sangat diperlukan. Walaupun kenyataannya tidak demikian. bahwasannya adalah kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan.eksploitasi bahan tambang. dengan segala dampak yang ditimbulkan.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. diperparah lagi tidak adanya dana dari APBN yang dialokasikan langsung ke daerah untuk pengelolaan lingkungan hidup. yang pada intinya ingin mensejahterakan masyarakat. seperti penebangan pohon hutan secara liar(ilegaloging) dan kegiatan penambangan rakyat yang tidak berwawasan lingkungan. Buang sampah sembarangan. di mana daerah ingin meningkatkan PAD dengan melakukan eksploitasi sumberdaya alam yang kurang memperhatikan aspek Lingkungan hidup dengan semestinya. yang kesemuanya ini timbul akibat “pembangunan” di daerah. Fakta menunjukkan bahwa tidak terjadi keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan hidup. aspek lingkungan hidup yang seharusnya dijaga. Kerap kita dengar di beberapa daerah madura terjadi eksploitasi sumber daya. sumberdaya manusia seringkali masih belum mendukung. Eksploitasi sumberdaya alam juga masih terlalu mengedepankan profit dari sisi ekonomi. namun pada kenyataannya PAD masih terlalu rendah untuk mendukung program dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. logging hanya menguntungkan sebagian masyarakat. Selain dana yang rendah. Personil yang seharusnya bertugas melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup (termasuk aparat pemda) banyak yang belum memahami secara baik tentang arti pentingnya lingkungan hidup.

Indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) merupakan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang dilangsungkan dari tahun 2006-2009. Pengukuran dilakukan dengan mengambil sampel air sungai pada masing-masing provinsi. Sungai menjadi salah satu indikator pengukuran Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Perhitungan indeks untuk indikator kualitas air sungai dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air. . Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Pulau Jawa Terburuk Posted on 18 Juni 2010 Indeks kualitas lingkungan hidup (IKHL) Pulau Jawa menjadi yang terburuk dan Pulau Papua dan Kepulauan Maluku mempunyai peringkat IKHL terbaik di antara pulau-pulau besar lainnya di Indonesia. dan tutupan lahan. udara. Sedangkan untuk indeks kualitas lingkungan hidup tingkat provinsi peringkat terbaik adalah provinsi Sulawesi Utara dan provinsi DKI Jakarta menjadi yang terburuk se Indonesia. Gabungan indikator-indikator dari kualitas air. udara dan tutupan lahan yang dipantau selama tahun 2006 hingga 2009 inilah yang kemudian menjadi indeks kualitas lingkungan hidup.5. Pengambilan sampel dilakukan tiga kali dalam setahun dari lokasi yang berbeda. Kriteria penilaian didasarkan pada pemantauan kualitas air.

memiliki daya dalam mengkreasi dan mengkonsumsi berbagai sumber-sumber daya alam bagi kebutuhan hidupnya. udara. manusia sebagai makhluk yang paling unggul di dalam ekosistemnya. seperti fauna. Pengukuran dilakukan 4 kali dalam setahun dengan mengambil sampel pada 3 lokasi yang mewakili lokasi padat tarnportasi. agama. keadaan dan makhluk hidup. B. sosial ekonomi seperti pendapatan. pemenuhan kebutuhan pangan. termasuk di dalamnya manusia dengan perilakunya. Sesuai dengan kepentingannya maka sumber daya alam dapat dibagi atas. dan wilayah industri.Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non-renewable natural resources). dan (c).Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable natural resources) . Ilmu tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya di sebut ekologi. yang merupakan komponen lingkungan yang sifatnya berbeda-beda. dan sebagainya. (b). . kesehatan.Penghitungan indeks untuk kualitas udara dihitung berdasarkan Keputusan Kepala Bapedal No. 107 Tahun 1997 tentang Pedoman Perhitungan dan Pelaporan serta Informasi Indeks Standar Pencemar Udara. Dalam penilaian kualitas lingkungan hidup ini dibagi dalam dua kategori yaitu indeks kualitas lingkungan hidup berdasarkan pulau besar atau kepulauan dan berdasarkan provinsi di Indonesia. flora. papan dan lain-lain. fisiokimia seperti air. dan lain-lain. habitat. Pencemaran lingkungan hidup dan dampaknya In: ilmu Pencemaran lingkungan hidup – Inti dari permasalahan lingkungan hidup adalah hubungan makhluk hidup. baik dalam hal respirasi. Pengukuran dilakukan di ibukota masing-masing provinsi dengan memperhitungkan tingkat sulfur dioksida (SO2). yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupannya dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. dimana dapat digolongkan atas : . dan sebagainya.Dari definisi diatas tersirat bahwa makhluk hidup khususnya merupakan pihak yang selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya. adat-istiadat. khususnya manusia dengan lingkungan hidupnya. Pencemaran lingkungan hidup 1. wilayah pemukiman. tanah. daya.Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda. Berbagai sumber daya alam yang mempunyai sifat dan perilaku yang beragam tersebut saling berinteraksi dalam bentuk yang berbeda-beda pula. Indeks tutupan hutan (lahan) dihitung berdasarkan jumlah hutan primer dan sekunder dibagi luas kawasan hutan berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan di provinsi tersebut. Di alam terdapat berbagai sumber daya alam. dan nitrogen dioksida (NO2) di udara. biologi. (a). Dan.

seperti cahaya dan kebisingan. 2. plastik memiliki sifat sulit terdegradasi (nonbiodegradable). Kemarin saya telah mengupload postingan tentang Bahaya Kemasan Plastik dan Kresek Post kali ini lebih menyoroti bahaya limbah plastik terhadap lingkungan. plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam. gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup. dan 14 juta pohon ditebang. (3). dan (4). Dampak ini ternyata sangat signifikan. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah. kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Konsumsi berlebih terhadap plastik. laut. Dampak Plastik Terhadap Lingkungan Posted on 23 Juli 2009 Dampak plastik terhadap lingkungan merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. proses adaptasi dan evolusi. (2).Dalam memanipulasi lingkungan hidupnya. Untuk membuatnya. sifat lingkungan hidup dikategorikan atas dasar : (1). Akan memberikan akibat antara lain: . Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Fakta tentang bahan pembuat plastik. (umumnya polimer polivinil) terbuat dari polychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai struktur mirip DDT. air. Berkaitan dengan pernyataan ini. Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. yang didalamnya didapati proses pergerakan energi dan hara (material) dalam suatu sistem yang menandai adanya habitat. Serta kantong plastik yang sulit untuk diurai oleh tanah hingga membutuhkan waktu antara 100 hingga 500 tahun. Minyak. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Sebagaimana yang diketahui. maka manusia harus mampu mengenali sifat lingkungan hidup yang ditentukan oleh macam-macam faktor. hubungan atau interaksi antara unsur dalam lingkungan hidup tersebut.Interaksi dari elemen lingkungan yaitu antara yang tergolong hayati dan non-hayati akan menentukan kelangsungan siklus ekosistem. Karena bukan berasal dari senyawa biologis. Jenis dan jumlah masing-masing jenis unsur lingkungan hidup tersebut. diperlukan 12 juta barel minyak per tahun. bahkan udara. Semakin banyak penggunaan palstik berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut. faktor-faktor non-materil.

Kantong plastik yang sukar diurai.28 Desember 2009] Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kalimantan Timur (Bagian 1) Setiap usaha maupun kegiatan pembangunan akan mempengaruhi dan dipengaruhi lingkungan. dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun. Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir. hak pengusahaan hutan tanaman industri (HPHTI). keselarasan dan keseimbangan dalam pengelolaan lingkungan. PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan. Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba. kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya. manufaktur (industri perkayuan). . Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik. air tanah dan makhluk bawah tanah. perkebunan (kelapa sawit) bahkan pertambangan (batubara). Ketika hewan mati. Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah. Manusia mempunyai peranan dalan aktivitas pembangunan baik secara subjek maupun obyek pembangunan dana kegiatan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap lingkungan baik negatif maupun positif. Upaya pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan hidup khususnya degradasi (penurunan fungsi) sumber daya hutan di Kaltim tentunya sangat diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh sektor terkait dengan memperhatikan prinsip keserasian. Demi terciptanya kondisi dunia usaha yang baik maka pemerintah berupaya melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan. Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah. Pembinaan Lingkungan Hidup dengan Program Peringkat Kinerja Perusahaan [Senin. Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. 3. penyu laut. dan anjing laut menganggap kantongkantong plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya. mempunyai umur panjang. Melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim maka dianggap perlu diambil langkah-langkah pengendalian terhadap dampak lingkungan yang diakibatkan kegiatan perusahaan hak pengusahaan hutan (HPH).          Tercemarnya tanah.

kelestarian produksi. Namun demikian perlu disadari oleh semua pihak. Untuk Proper HPH dan HPHTI indikator penilaiannya berupa aspek perencanaan. tumbuh-tumbuhan dan alam sekitarnya. aspek konservasi dan lingkungan serta aspek sosial. jika pengendalian dampak lingkungan ini tidak terkelola secara baik dan benar."Kegiatan tersebut kita lakukan dengan program peringkat kinerja perusahaan (Proper) yang berpegang pada prinsip penyelenggaraan good governance (sistem pemerintahan yang baik) yakni transparansi. partisipatif dan akuntabilitas. Tujuanya untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang kinerja perusahaan dalam upaya mengendalikan kerusakan atau pencemaran lingkungan hidup. Penilaian Proper sesuai dengan pedoman penilaian yang terdapat pada SK Gubernur Kaltim No 01 tahun 2009 dan Pergub No 27 tahun 2007 dengan sistem pembobotan yang memberikan penghargaan sesuai dengan komitmen yang telah dilakukan setiap kegiatan usaha. Rumah adalah merupakan tempat tinggal dan dapat pula berfungsi sebagai pembinaan dalam rumah tangga." kata Kepala BLH Kaltim H Tuparman. memerlukan dukungan yang besar dari daya dukung lingkungan dan daya tampung lingkungan. Proper dilaksanakan dengan dukungan instansi teknis lain. didampingi Kabid Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup (PKLH) Suyitno. Kepala Bapedalda ketika itu masih dijabat H Awang Faroek Ishak yang sekarang menjadi Gubernur Kalimantan Timur. Makin besar kebutuhan yang diperlukan maka makin besar pula dampak yang akan timbul. Dengan demikian maka segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia . perguruan tinggi dan institusi lingkungan hidup di kabupaten dan kota se Kaltim. maka yang menanggung akibatnya adalah manusia itu sendiri. ketika itu BLH masih bernama Bapedalda. Kegiatan Proper awalnya dilaksanakan sejak 1997. monitoring dan evaluasi. 4. Proper merupakan salah satu bentuk pengawasan yang sekaligus upaya transparansi yang melibatkan masyarakat dalam pengawasan dan pengelolaan lingkungan sebagaimana yang diamanatkan UU No 23 tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup.Cermati Sabun dan Deterjen yang Anda Gunakan Upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan yang hampir tak terbatas. hewan.

tikus dan bau yang merusak. Oleh karena itu munculnya aktivitas industri di suatu kawasan mengundang kritik dan sorotan masyarakat. Masalah lingkungan hidup merupakan kenyataan yang harus dihadapi. masalah lingkungan hidup bukanlah masalah yang hanya dimiliki atau dihadapi oleh negara-negara maju ataupun negara-negara miskin. Dampak pencemaran lingkungan bagi kesehatan Pengetahuan tentang lingkungan serta dampak pencemaran lingkungan bagi kesehatan merupakan suatu hal yang wajib kita ketahui bersama. Industrialisasi merupakan conditio sine quanon keberhasilan pembangunan untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi. khususnya sabun dan deterjen di dalam rumah tangga dapat dikelola dengan baik. kegiatan pembangunan terutama di bidang industri yang banyak menimbulkan dampak negatif merugikan masyarakat. Akibatnya menderita interaksi antara lingkungan dan manusia.dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di rumah tangga dapat diharapkan dapat dikelola dengan baik. udara. Keadaan ini ternyata menyebabkan kita berpikir bahwa pengetahuan tentang hubungan antara jenis lingkungan ini sangat penting agar dapat menanggulangi permasalahan lingkungan secara terpadu dan tuntas. Hal ini membutuhkan daya dukung lingkungan untuk kelangsungan hidupnya. . sehingga setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat kiranya dapat terwujud. Meningkatnya perhatian masyarakat mulai menyadari akibat-akibat yang ditimbulkan dan kerusakan lingkungan hidup. akan tetapi industrialisasi juga mengandung resiko lingkungan. Yang dipermasalahkan adalah dampak negatif limbahnya yang diantisipasikan mengganggu kesehatan lingkungan. Sekarang lingkungan hidup sedang menjadi perhatian utama masyarakat dunia. maka hal ini tidak memecahkan permasalahan melainkan menimbulkan permasalahan seperti pencemaran air tanah. bertambahnya jumlah lalat. Dengan demikian maka dampak limbah B3. Masalah lingkungan hidup sebenarnya sudah ada sejak dahulu. tapi masalah lingkungan hidup adalah sudah merupakan masalah dunia dan masalah kita semua. Sebagai contoh apabila ada penumpukan sampah di kota maka permasalahan ini diselesaikan dengan cara mengangkut dan membuangnya ke lembah yang jauh dari pusat kota. 6. Interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya merupakan suatu proses yang wajar dan terlaksana sejak manusia itu dilahirkan sampai akhir hidupnya. pemandangan yang tidak mengenakan. Masalah lingkungan hidup adalah merupakan masalah yang komplek dan harus diselesaikan dengan berbagai pendekatan multidisipliner.

Prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika. terutama dilakukan oleh para pelaku usaha yang tidak memperdulikan lingkungan hidup dan peraturan pemerintah. Kerusakan lingkungan oleh perusahaan tersebut sangatlah mencoreng etika dalam berbisnis. rusaknya lahan perkebunan dan pertanian milik warga. Contoh kasus kerusakan lingkungan diantaranya adalah semburan lumpur panas PT. tergenangnya desa-desa di Kecamatan/Kelurahan Porong. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Etika Bisnis yang Buruk Kerusakan lingkungan hidup tidak lain merupakan dampak langsung dari kejahatan lingkungan. Akibatnya kejahatan lingkungan ini terus berkembang hingga merusak lingkungan hidup di sekitarnya. Hal ini terjadi dimana-mana dan oleh siapa saja. Tanggulangin dan sekitarnya. Jabon. Hanya 4 juta meter kubik yang didaur ulang dalam tambang tersebut. jalan tol tidak berfungsi selama beberapa waktu. puluhan perkampungan kehilangan akses atas tanah adat mereka yang kemudian terjadilah banjir. yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. hilangnya pekerjaan bagi ribuan orang tenaga kerja serta terhentinya aktifitas pabrikpabrik lain sehingga terpaksa menghentikan aktifitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja. lumpur merubah bentang alam. Implikasinya. Contoh kasus lainnya yaitu pada PT. PT KEM menggunakan lebih dari 6 juta meter kubik air bersih dari Sungai Kelian untuk operasi tambang mereka. Kelian Equotor Mining (KEM) di Kalimantan Timur yang merupakan perusahaan tambang besar dengan kantor pusat di London. Serta masyarakat sekitar pun berhubungan langsung dengan limbah racun yang setiap saat menjadi ancaman pula bagi flora dan fauna di sekitarnya. Selain itu. hal itu adalah contoh etika bisnis yang buruk yang tidaklah pantas dilakukan oleh siapapun. sianida dan lumpur dibuang begitu saja ke dalam Sungai Kelian. Lapindo Brantas yang bermula tahun 2006. lebih dari 8. Hingga saat ini semburan masih kerap keluar di tempat yang berbeda. serta tentu memperhatikan dan menjaga lingkungan hidup di sekitarnya. Dampak yang ditimbulkan berupa perubahan bentangan alam dan ratusan danau buatan. . Limbah air yang mengandung ion logam tingkat tinggi seperti mangan.7.200 jiwa harus dievakuasi. Dampak langsung semburan ini adalah rusaknya Daerah Aliran Sungai Kali Brantas.

dan lain-lainnya. paradigma solusinya harus pula melibatkan semua aspek humanistis. tetapi regional. di mana ada masalah lingkungan maka di situ ada manusia. Pada mulanya masalah lingkungan hidup merupakan masalah alami. dalam rangka sistem pencegahan (preventive) dan penanggulangan (repressive) yang dilakukan untuk itu. antropologi. Manusia dengan berbagai dimensinya. penyusutan cadangan-cadangan hutan. Persoalannya bukan hanya bersifat lokal atau translokal. meluas. Akan tetapi. yakni peristiwaperistiwa yang terjadi sebagai bagian dari proses natural. beralasan jika dikatakan. gaga! panen karena harna. Terhadap masalah-masalah lingkungan seperti pencemaran. tetapi kait mengait sesuai dengan sifat lingkungan yang memiliki multi mata rantai relasi yang saling mempengaruhi secara subsistem. persoalan-persoalan lingkunganm seperti krusakan sumber-daya alam. Ibarat bola salju yang menggelinding. Dampak-dampak yang terjadi terhadap lingkungan tidak hanya berkait pada satu atau dua segi saja. tanah longsor. trans-nasional. kesehatan. jadi. religi. Tetapi karena faktor tadi. hukum. psikologi. dan serius. Proses natural ini terjadi tanpa menimbulkan akibat yang berarti bagi tata lingkungan itu sendiri dan dapat pulih kemudian secara alami (homeostasi).8. dan global. terutama dengan faktor mobilitas pertumbuhannya. punahnya berbagai spesies binatang langka. dan sebagainya sangat strategis dalam pendekatan persoalan lingkungan hidup. Tidak bisa disangkal bahwa masalah-masalah lingkungan yang lahir dan berkembang karena faktor manusia jauh lebih besar dan rumit (complicated) dibandingkan dengan faktor alam itu sendiri. lahan menjadi tandus. Oleh karena itu. peran ilmu-ilrnu humaniora seperti sosiologi. banjir. banjir. gajah dan harimau mengganggu perkampungan penduduk. erosi. maka berbagai aspek lainnya akan mengalami dampak atau akibat pula. diyakini merupakan gejala-gejala negatif yang secara dominan bersumber dari faktor manusia itu sendiri. etologi. semakin lama semakin besar. tidak akan efektif jika hanya ditangani dengan paradigma fisik. kekeringan. Masalah Lingkungan Hidup Bagi Manusia Masalah lingkungan semakin lama semakin besar. sekarang masalah lingkungan tidak lagi dapat dikatakan sebagai masalah yang semata-mata bersifat alami. Apabila satu aspek dari lingkungan terkena masalah. ilmu pengetahuan dan teknologi. musnahnya berbagai spesies hayati. akal pikiran dengan segala perkembangan aspek-aspek kebudayaannya. karena manusia memberikan faktor penyebab yang sangat signifikan secara variabel bagi peristiwa-peristiwa lingkungan. atau ekonomi. merupakan faktor yang lebih tepat dikaitkan kepada masalah-masalah lingkungan hidup. dan begitu juga dengan faktor proses masa atau zaman yang mengubah karakter dan pandangan manusia. Maka dalam hal ini. bahkan jenis-jenis penyakit yang berkembang terakhir ini. nasional. .

"Pemda kurang melakukan pengawasan AMDAL. Dengan adanya sertifikasi kompetensi auditor lingkungan hidup. maka audit yang dilakukan hanya oleh auditor yang bersertifikasi. "Ada delapan perusahaan tambang yang kami temui seperti itu. Tindakan yang dilakukan mulai dari peringatan sampai hukuman. 12 April 2011 | 17:34 WIB 9. . Karena itu diperlukan auditor lingkungan hidup yang tersertifikasi yang diterjunkan untuk mengaudit industri-industri yang menghasilkan limbah sehingga kerusakan lingkungan tidak terus terjadi. dari hasil sidak ke daerah tersebut ditemukan bahwa ada beberapa tambang tidak melakukan pengelolaan air asam tambang sehingga mengalir ke perairan umum. Terhadap delapan perusahaan tersebut. Lebih lanjut Gusti mengatakan. Jika sampai menyebabkan orang meninggal langsung dipidana sesuai ketentuan UU Nomor 32 Tahun 2010 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. jika ditemukan masih melakukan hal yang sama maka akan ditindak." tambahnya. Dalam sidak yang kami lakukan ke daerah masih ditemui industri yang membuang limbahnya tanpa sesuai AMDAL. Jika tidak segera ditindak lingkungan akan semakin rusak. Kementerian LH akan melakukan pemantauan kedua.Selasa. Warta Kota Menteri Lingkungan Hidup (LH) Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa pemerintah daerah kurang mengawasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang sudah ditentukan sehingga masih ada industri yang tidak menjalankan ketentuan mengenai lingkungan itu. Kita sudah menyurati sampai memanggil mereka. Air Tercemar Karena Pemda Kurang Awasi Amdal Palmerah. Selasa (12/4)." kata Gusti di Jakarta.

karbon dioksida dengan kadar 0. zat energi. atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. tetapi bila lebih tinggi dari 0. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Polusi atau Pencemaran lingkungan Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.033% dapat rnemberikan efek merusak. dan atau komponen lain ke dalam lingkungan. 4 Tahun 1982). .033% di udara berfaedah bagi tumbuhan.10. Contohnya.

KLIPING GEOGRAFI D I S U S U N OLEH KELAS : xi ( IPS ) TENTANG : LINGKUNGAN HIDUP MADRASAH ALIYAH NEGERI KAJAI ( MAN ) 2011/2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful