BAHAN KIMIA NO 1 NAMA PVC (Polivinil klorida) Aplikasi Pakaian (baha serupa kulita), Kabel Listrik, Perpipaan Bahaya

 Mengganggu hormone  Resiko penyakit kanker

2

BFR (Bromined Flame Retardants) Beryllium Antimony Phtalate

3 4 5 PVC

Polivinil klorida (IUPAC: Poli(kloroetanadiol)), biasa disingkat PVC, adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer, umumnya ftalat. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan pakaian, perpipaan, atap, dan insulasi kabel listrik. PVC diproduksi dengan cara polimerisasi monomer vinil klorida (CH2=CHCl). Karena 57% massanya adalah klor, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya. Proses produksi yang dipakai pada umumnya adalah polimerisasi suspensi. Pada proses ini, monomer vinil klorida dan air diintroduksi ke reaktor polimerisasi dan inisiator polimerisasi, bersama bahan kimia tambahan untuk menginisiasi reaksi. Kandungan pada wadah reaksi terusmenerus dicampur untuk mempertahankan suspensi dan memastikan keseragaman ukuran partikel resin PVC. Reaksinya adalah eksotermik, dan membutuhkan mekanisme pendinginan untuk mempertahankan reaktor pada temperatur yang dibutuhkan. Karena volume berkontraksi selama reaksi (PVC lebih padat dari pada monomer vinil klorida), air secara kontinu ditambah ke campuran untuk mempertahankan suspensi. Ketika reaksi sudah selesai, hasilnya, cairan PVC, harus dipisahkan dari kelebihan monomer vinil klorida yang akan dipakai lagi untuk reaksi berikutnya. Lalu cairan PVC yang sudah jadi akan disentrifugasi untuk memisahkan kelebihan air. Cairan lalu dikeringkan dengan udara panas dan dihasilkan butiran PVC. Pada operasi normal, kelebihan monomer vinil klorida pada PVC hanya sebesar kurang dari 1 PPM. Proses produksi lainnya, seperti suspensi mikro dan polimerisasi emulsi, menghasilkan PVC dengan butiran yang berukuran lebih kecil, dengan sedikit perbedaan sifat dan juga perbedaan aplikasinya. Produk proses polimerisasi adalah PVC murni. Sebelum PVC menjadi produk akhir, biasanya membutuhkan konversi dengan menambahkan heat stabilizer, UV stabilizer, pelumas,

Ivan Ostromislensky dan Fritz Klatte dari perusahaan kimia Jerman Griesheim-Elektron mencoba menetapkan penggunaan PVC sebagai produk komersial. Kabel listrik PVC yang digunakan sebagai insulasi kabel listrik harus memakai plasticizer agar lebih elastis. Pakaian PVC telah digunakan secara luas pada bahan pakaian. yaitu membuat bahan serupa kulit. menjadikannya cocok untuk berbagai keperluan. Di tahun 1926. Dengan tambahan berbagai bahan anti tekanan dan stabilizer. kulit. dan tas. mantel. bahan penolong proses. Aplikasi Sifat PVC yang menarik membuatnya cocok untuk berbagai macam penggunaan. Namun jika terpapar api. . PVC lebih murah dari karet. dan pigmen pilihan. bahan pengembang. Sifatnya yang ringan. Goodrich mengembangkan metode menjadikan PVC 'benar-benar plastik' dengan menambahkan berbagai bahan tambahan. Perpipaan Secara kasar. atau lateks sehingga digunakan secara luas. PVC tahan secara biologi dan kimia. PVC juga waterproof sehingga dijadikan bahan pembuatan jaket. Sejarah PVC ditemukan secara tidak sengaja oleh Henri Victor Regnault pada tahun 1835 dan Eugen Baumann di tahun 1872. Dengan penambahan plasticizer. Di awal abad ke 20. kabel yang tertutup PVC akan menghasilkan asap HCl dan menjadi bahan yang berbahaya bagi kesehatan. PVC menjadi cukup elastis untuk digunakan sebagai insulator kabel. Aplikasi di mana asap adalah bahaya utama (terutama di terowongan). membuatnya menjadi plastik yang dipilih sebagai bahan pembuat pipa pembuangan dalam rumah tangga dan pipa lainnya di mana korosi menjadi pembatas pipa logam. F. kesulitan pengkakuan bahan menghalangi usaha mereka.menciptakan sambungan permanen yang tahan kebocoran. Tetapi. PVC LSOH (low smoke. bahan penahan api. Waldo Semon dan perusahaan B. kekuatan tinggi. zero halogen) adalah bahan insulasi yang pada umumnya dipilih. setengah produksi resin PVC dunia dijadikan pipa untuk berbagai keperluan perkotaan dan industri. PVC menjadi bahan yang populer sebaga bingkai jendela dan pintu. pengatur termal. pengisi. dan reaktivitas rendah.plasticizer. biosida. Pipa PVC juga bisa dicampur dengan berbagai larutan semen atau disatukan dengan pipa HDPE oleh panas. PVC menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah diproses yang lalu mencapai penggunaan secara luas. ahli kimia Rusia. Hasilnya.

Pada tahun 2004. Proses depolimerisasi termal bisa dengan aman dan efisien mengubah PVC menjadi bahan bakar. BFR (Bromined Flame Retardants) . Beberapa pembuat PVC telah menempatkan program daur ulang PVC. dan Inggris. dilakukan studi terhadap para pekerja di fasilitas polimerisasi PVC di Australia. Jerman. menjadi suatu kekhawatiran bahwa bahan tambahan keluar dari mainan menuju tubuh anak yang mengunyah mainan tersebut. FDA menemukan banyaknya peralatan medis yang menggunakan PVC yang mengandung DEHP. mendaur ulang sampah PVC kembali menjadi produk baru sebagai upaya untuk mengurangi perluasan lahan pembuangan sampah. Bahan PVC yang lembut pada mainan telah dibuat untuk bayi beberapa tahun lamanya. Uni Eropa menyatakan bahwa BBzP tidak berbahaya bagi konsumen termasuk anak-anak. Ftalat adalah bahan yang mengganggu hormon manusia dan juga mengganggu berbagai bentuk kehidupan lainnya seperti ikan dan invertebrata. Sejak saat itu. namun hal ini tidak dilakukan secara luas. DEHP (dietilheksil ftalat). Berbagai perusahaan Amerika Serikat juga telah menghentikan penggunaan DEHP secara sukarela. salah satu bahan pelembut PVC telah dilarang penggunaannya oleh Uni Eropa pada tahun 2006. Plasticizer yang ditambahkan untuk memfleksibelkan PVC telah menjadi suatu kekhawatiran. Dr. Para pekerja di bagian polimerisasi PVC didiagnosa menderita angiosarkoma hati yang merupakan penyakit langka. Monomer vinil klorida Di awal tahun 1970. Pada September 2002.Kesehatan dan keamanan Plasticizer ftalat Banyak produk vinil mengandung bahan kimia tambahan untuk mengubah konsistensi kimia dari produk. Beberapa dari bahan tambahan kimia ini dapat keluar dari PVC ketika digunakan. Daur ulang Daur ulang PVC saat ini tidaklah populer karena biaya untuk menghancurkan dan memproses kembali resin PVC lebih mahal dari pada membuat resin PVC dari bahan bakunya. John Creech dan Dr. dan ditemukan kondisi yang serupa. tim gabungan peneliti Swedia dan Denmark meneliti pengaruh level kandungan udara terhadap DEHP dan BBzP(butil benzil ftalat) yang dipakai di rumah tangga terhadap alergi pada anak-anak. Italia. Lalu di bulan Desember 2006. Maurice Johnson adalah yang pertama kali menyadari bahaya monomer vinil klorida terhadap risiko penyakit kanker.

Berilium juga mudah ditembus sinar-X.Beryllium Berilium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol Be dan nomor atom 4. berilium tak teroksidasi apabila terpapar udara (kemampuannya untuk menggores kaca kemungkinan disebabkan oleh pembentukan lapisan tipis oksidasi). (Be dapat menyerap panas yang banyak). berilium digunakan untuk pembuatan litar bersepadu mikroskopik. [sunting] Kegunaan         Berilium digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium. kukuh. Unsur ini beracun. Alloy tembaga-berilium digunakan dalam industri angkasa-antariksa dan pertahanan sebagai bahan penstrukturan ringan dalam pesawat berkecepatan tinggi. kekuatan tinggi dan kekerasan. dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi. ketegaran dan kestabilan dimensi. pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan. Karena ketegaran. dan juga titik lebur yang tinggi. berbagai alat komputer. Pada suhu dan tekanan ruang. Berilium mempunyai konduktivitas panas yang sangat baik. Dalam bidang litografi sinar X. yang kegunaan utamanya adalah sebagai bahan penguat dalam aloy (khususnya. elektroda pengelasan bintik. (seperti radium dan polonium [lebih kurang 30 neutron-neutron/juta partikel alfa]). Berilium adalah logam alkali tanah. pegas. Karena penyerapan panas neutron yang rendah. ringan tetapi mudah pecah. tak magnetik dan tahan karat asam nitrat. peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik. sifat yang nonmagnetik. Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop. berwarna abu-abu baja. peluru berpandu. seterusnya bertindak sebagai perintang listrik. ringan. Modulus kekenyalan berilium kurang lebih 1/3 lebih besar daripada besi baja. dan neutron dibebaskan apabila ia dihantam oleh partikel alfa. dan juga tahan karat serta tahan fatig (logam). Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai kegunaan yang memerlukan konduktor panas yang baik. Kegunaan-kegunaan ini termasuk pembuatan: mold. tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis. Campuran berilium pernah pada satu ketika dahulu digunakan dalam lampu floresen. kapal terbang dan satelit komunikasi. dan kestabilan dimensi pada jangkauan suhu yang lebar. Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinar-X untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi. Sifat-sifat Berilium mempunyai titik lebur tertinggi di kalangan logam-logam ringan. Aloy tembaga-berilium digunakan dalam berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas. industri tenaga nuklir menggunakan logam ini dalam reaktor nuklir sebagai pemantul neutron dan moderator. bervalensi 2. [sunting] Sejarah . tembaga berilium).

. di mana dia mempunyai waktu paruh yang panjang (1. Karena berilium seringkali wujud dalam bentuk larutan pada tingkat pH yang kurang daripada 5. Beriliosis kronik menyerupai sarkoidisis dalam berbagai hal. Penyakit berilium akut dalam bentuk pneumonitis kimia pertama kali dilaporkan di Eropa pada tahun 1933 dan di Amerika Serikat pada tahun 1943. Beriliosis kronik adalah penyakit granulomatus pulmonari dan sistemik yang disebabkan oleh paparan terhadap berilium. beril. Kasus beriliosis kronik pertama kali diperincikan dalam tahun 1946 di kalangan pekerja dalam kilang penghasilan lampu kalimantang. Berilium keluar dari larutan. diantaranya. [sunting] Kejadian Berilium dijumpai dalam 30 jenis garam galian berbeda. Apabila pemendakan dengan cepatnya menjadi semakin beralkali. beril. Be-10 dan hasil luruhannya digunakan dalam kajian pengikisan tanah. A. maka sehingka memungkinkan untuk adanya kehidupan. dan fenasit. Pengasingan [sunting] Isotop Berilium hanya mempunyai satu isotop stabil. Be-9. manis). Lebih lanjut. dan juga variasi dalam aktivitas matahari dan usia teras es. karena rasa manis garamnya. yang paling penting adalah bertrandit. (Lihat proses tripel-alfa dan nukleosintesis big bang) [sunting] Awasan Berilium dan garamnya adalah bahan beracun dan berpotensi sebagai zat karsinogenik. Logam berilium tidak mudah sebelum tahun 1957. Berilium kosmogenik (Be-10) dihasilkan dalam atmosfer melalui penembakan oksigen dan nitrogen oleh sinar kosmik. Bussy masing-masing berhasil mengasingkan logam pada tahun 1828 dengan memberi tindak balas antara kalium dengan berilium klorida. Berilium pernah dinamakan glucinium (dari Yunani glykys.5 juta tahun) lalu yang membuatnya dapat menetap cukup lama sebelum meluruh menjadi B-10 (boron).Nama berilium berasal dari kata dalam bahasa Yunani beryllos. Jenis batu permata beril berharga akuamarin dan jamrud. berilium akan larut ke dalam larutan dan diangkut ke permukaan Bumi melalui air hujan. Be-10 kosmogenik akan terkumpul di atas permukaan tanah. Unsur ini ditemukan olehLouis Vauquelin dalam tahun 1798 dalam bentuk oksida dalam beril dan dalam zamrud. Kebanyakan penghasilan logam ini diselesaikan dengan mengurangkan (kimia) berilium fluorida dengan logam magnesium. tingkat tenaga nuklir berilium-8 menunjukan bahwa karbon daat dihasilkan dalam bintang-bintang. pembentukan tanah laterit. pembentukan tanah oleh regolitos. dan diagnosis pembedaan adalah sulit. Friedrich Wöhler dan A.5 (dan kebanyakan air hujan mempunyai pH kurang daripada 5). krisoberil. Pengetahuan bahwa Be-7 dan Be-8 yang tak stabil memberikan pendapat kesan kosmologi yang mendalam Karena ini berarti bahwa unsur yang lebih berat dari berilium tidak mungkin dapat dihasilkan daripada peleburan nuklir ketika letupan besar big bang.

penerbangan.Walaupun penggunaan campuran berilium dalam lampu floresesns telah dihentikan pada tahun 1949. Tidak sepatutnya ada percobaan menggunakan berilium sebelum prosedur pengendalian yang tepat diperkenalkan dan dibiasakan. dan juga sasak napas. Jika kandungan berilium di udara sangat tinggi (lebih dari 1000 μg/m³). Menelan berilium tidak pernah dilaporkan menyebabkan efek kepada manusia Karena berilium diserap sangat sedikit oleh perut dan usus. pemurnian logam berilium. Alat penguji canggih tidak lagi memerlukan prosedur beresiko tinggi ini dan percobaan untuk memakan bahan ini tidak patut dilakukan. Ulser dikesan pada anjing yang mempunyai berilium pada makanannya. Jumlah penduduk pada umumnya jarang mendapat penyakit berilium akut atau kronik karena kandungan berilium dalam udara biasanya sangat rendah (0. EPA . dan dapat juga menyebabkan pembesaran bagian kanan jantung dan penyakit jantung dalam kasus-kasus peringkat lanjut. Pemamparan jangka masa panjang kepada berilium dapat meningkatkan risiko menghidap penyakit kanker paru paru. United States Department of Health and Human Services (DHHS) dan International Agency for Research on Cancer (IARC) telah memberi kepastian bahwa berilium adalah karsinogen. Sebagian orang (1-15%) akan menjadi sensitif terhadap berilium. Berilium yang terkena kulit yang mempunyai luka atau terkikis mungkin akan menyebabkan radang. peleburan Alloy berkandungan berilium.00003-0. Keefektivannya tergantung kepada kandungan yang dipaparkan dan jangka waktu pemaparan.0002 μg/m³). Sebagian orang yang sensitif kepada berilium mungkin atau mungkin tidak akan mendapat gejala-gejala ini. Berilium dan campurannya harus dikendalikan dengan rapi dan pengawasan harus dijalankan ketika melakukan kegiatan yang memungkinkan pelepasan debu berilium (kanker paru paru adalah salah satu dari akibat yanhg dapat ditimbulkan oleh pemaparan berpanjangan terhadap habuk berilium). Keadaan ini disebut penyakit berilium kronik (CBD). Pengkaji awal mencicipi berilium dan campuran-campurannya yang lain untuk rasa kemanisan untuk memastikan kehadirannya. keadaan akut dapat terjadi. dan dapat terjadi setelah pemamparan bertahun-tahun terhadap tingkat berilium di atas normal {di atas 0. Penetapan udara komunitas dan tempat kerja efektif dalam menghindari kerusakan paru-paru yang paling akut. Keadaan ini menyerupai pneumonia dan disebut penyakit berilium akut. pembuatan alat elektronik dan pengurusan bahan yang mengandung berilium. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa lemah dan keletihan. Orang-orang ini akan mendapat tindak balas keradangan pada sistem pernapasan. Berilium ini harus dikendalikan dengan hati-hati dan prosedur tertentu harus dipatuhi. kemungkinan pemaparan berilium masih dapat mungkin terjadi di industri nuklir. [sunting] Pengaruh Kesehatan Berilium sangat berbahaya jika terhirup. CBD dapat menyebabkan anoreksia.2 μg/m³). penyusutan berat badan.

antimony bervalensi tiga lebih beracun dibandingkan dengan antimony bervalensi lima.04 μg/m³ berilium dapat menyebabkan satu perseribu kemungkinan untuk mengidap kanker. Dirata-ratakan pada jangka waktu 30 hari. perairan Jepang sebasar 0.menjangkakan bahwa pemamparan seumur hidup kepada 0. Jepang) berkisar 0. Berilium dapat diukur dalam air kencing atau darah. Kuantitasnya di lingkungan adalah sebagai berikut.7 ppm. rambut manusia berkisar 0.07-0. Sifat racun antimony setara dengan arsenik dan bismut. Satu lagi ujian darah. Kandungan berilium dalam darah atau air kencing dapat memberi petunjuk kepada berapa banyak atau berapa lama seseorang telah terpapar. Seperti halnya arsenik. Masih belum diketahui juga apakah pemamparan terhadap berilium dapat menyebabkan kecacatan sejak lahir atau efek-efek lain yang berlanjutan kepada orang ramai. Tidak terdapat kajian tentang efek pemamparan berilium terhadap anak-anak. yaitu beryllium lymphocyte proliferation test (BeLPT).46 ppb. UK) levelnya berkisar 0. tanah sebesar 4.03-0.03-1.31 ppb.id/berita-123-jenis-logam-berat-berbahaya-dalam-perairan.html Phtalate . sebagai endapan rata-rata sebesar 0. Antimony dapat dijumpai secara alamiah di lingkungan dalam jumlah yang kecil. Tingkat kandungan berilium juga dapat diukur dari sampel paru-paru dan kulit.09-0. Sumber: http://apy.8-0. tetapi dengan adanya kegiatan industri elemen ini dapat dijumpai dalam jumlah cukup besar.09-0.9 ppm. ambient partikel (didaerah industri Jepang) berkisar 58-1170 ppm. UK) sebesar 1.63 ppm.ac. endapan lumpur (Thames. Sumber: http://id.29 ppb.18 ppb.3-7. lima air sungai Jepang Sb dijumpai sebesar 0.3-12. Masih belum diketahui perbedaan dalam efek berilium antara orang dewasa dan kanak-kanak. pengaruh kesehatan yang dilihat pada kanak-kanak yang terpapar terhadap berilium sama dengan efeknya terhadap orang dewasa. atau 2 μg/m³ dalam ruang kerja dengan shift kerja 8 jam. pada air sungai (Thames. Kajian terhadap kesan lanjutan terhadap hewan tidak dapat dipastikan.9 ppb. air laut (di perairan China) sebesar 0.wikipedia. mengukur pasti kesensitifan terhadap berilium dan memberikan jangkaan terhadap CBD. Kemungkinan.org/wiki/Berilium Antimony Antimony (Sb). Batas Kandungan berilium yang mungkin dilepaskan ke dalam udara dari kawasan perindustrian adalah 0.86 ppb. air danau (Biwa.01 μg/m³.

Selain itu Phthalate disinyalir dapat menjadi pemicu kanker karena bersifat karsiogenik. sabun cuci piring atau tisue wangi. dan gangguan sistem reproduksi. dan produk pelembab . Seperti dikatakan pada sebuah penelitian di Universitas Washington. Produsen biasanya tidak mencantumkan tulisan 'phthalates' pada kemasannya. Komisi UNI Eropa juga telah memasukan Phthalate termasuk zat-zat yang berbahaya sehingga diklasifikasikan sebagai racun. Alicia Stanton. berfungsi mempertahankan keharuman. Solusi: Jika memungkinkan. jumlah spermanya berkurang. Seattle.wordpress. pria dengan konsentrasi phthalates yang tinggi dalam darahnya. penulis Hormone Harmony mengingatkan. tapi jika Anda melihat kata 'fragrance' atau 'perfume' dalam daftar kandungan zat. terutama untuk bayi yang mempunyai kulit normal. Seperti produk Non parfum juga tidak bebas phthalate. shampo. USA ‘ bayi yang menggunakan ketiga jenis produk diatas terpapar phthalate 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak menggunakanya’. Meskipun zat tersebut umumnya masuk ke tubuh lewat pernapasan. pilihlah produk yang bebas wewangian atau mengandung bahan organik dan . namun beberapa diantaranya digunakan pada produk kecantikan temasuk bedak. Meski penelitian tersebut masih perlu dikaji ulang dengan penelitian-penelitian lanjutan. akan mengalami keterlambatan pubertas. Menurut temuan dari para peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention di Harvard School of Public Health. Penting juga diperhatikan oleh orang tua. seperti pengharum ruangan. Bahkan pada manusia yang terpapar phthalate sehak dini dan dalam waktu jangka lama. karena sebenarnya bayi baru lahir belum sama sekali memerlukan shampo.(m&k) Sumber: http://herrysusant. tapi bisa juga merusak lewat kulit. Dan akhir-akhir ini bahwa banyak produk-produk bayi tersebut ditenggarai mengandung bahan kimia buatan yang dikenal dengan Phthalate. Dan Juga mengungkapkan bahwa bayi yang yang menjadi partisipan penelitian menunjukan setidaknya ditemukan satu metabolit phthalate dalam urinya. MD. jangan menggunakan kosmetik hanya karena ikutikutan saja. bedak dan pelembab. Kenali jenis kulit anak sesuaikan dengan kebutuhanya dan akan lebih baik jika kita berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan bayi dan penggunaan produk bayi kosmetik dalam keseharianya. Phthalates juga bisa memicu migrain dan asthma. Phthalate sendiri merupakan bahan kimia yang ditambahkan kedalam adonan plastik untuk memperhalus tekstur. liver. walaupun bayi tersebut tidak menggunakanya secara langsung ketiga produk-produk tersebut. phthalates yang terpapar lewat kulit bisa terserap dan mengenai organ-organ dalam.Untuk keperluan buah hati anda apalagi yang masih bayi pasti memerlukan banyak produkproduk bayi utamanya seperti bedak. Bahayanya: Zat kimia ini bisa mengganggu kinerja kelenjar endokrin.com/2011/02/01/bahaya-produk-bayi-yang-mengandungphthalate/ Zat berbahaya: Phthalates Phthalates biasanya banyak ditemukan dalam produk-produk rumah tangga yang berbau harum. karena bahan kosmetik apapun akan menggunakan tabi pengharum yang juga menggunakan bahan kimia lain. besar kemungkinan produk tersebut mengandung phthalates. namun alangkah sebaiknya kurangi pemakaian dari ketiga jenis ‘produk perawatan’ tersebut. gangguan sistem saraf.

Ganti dengan minyak aromaterapi esensial atau cukup buka jendela rumah Anda setiap pagi agar udara segar bisa masuk. karena tanaman merupakan penghisap racun alami.com/read/2011/12/08/085829/1785791/858/bahaya-tersembunyi-dibalik-produk-pembersih-rumah?993306woli . Sumber: http://www. Tempatkan juga beberapa tanaman di dalam maupun luar rumah. sebaiknya hindari produk yang mengandung aerosol.wolipop. Untuk pengharum ruangan.alami.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful