BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Membuka internet saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas masyarakat sehari-hari terutama ketika sedang mengisi waktu luang. Itulah sebabnya, dunia maya menjadi cukup populer seperti televisi. Menurut mereka, membaca berita dan informasi lainnya di internet sama saja dengan membaca majalah, koran, dll. Bahkan lebih cepat alias aktual. Sekarang pun, jumlah pengguna internet di negara kita ini tak kalah banyaknya dengan di belahan Eropa. Dari data di Internet World Stats per 30 September 2009, Indonesia menduduki peringkat ke-5 dalam kategori pengguna internet se-Asia. Indonesia sendiri, yang total penduduknya lebih dari 242 juta, menunjukkan adanya 30 juta orang yang mengakses internet. Namun jumlah ini masih jauh dibawah keempat negara Asia lainnya, dimulai dari Cina (338 juta orang), Jepang (94 juta), India (81 juta), dan Korea Selatan (37,5 juta). Banyak hal yang dilakukan oleh pengguna internet saat mereka berselancar di dunia maya, mulai dari sekedar mencari informasi dan berita, berkomunikasi dengan kolega, berbisnis maupun hanya untuk sekedar mencari hiburan. Keberadaan dari situs web semakin hari juga semakin banyak dan memiliki beranekaragam layanan yang terus ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan dari pengguna internet. Tidak salah jika banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet sebagai media promosi dan pemasaran terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan promosi dan pemasaran lewat internet wilayah pemasaran menjadi semakin lebar karena internet bisa diakses diberbagai belahan dunia. Metode beriklan di internet juga beranekaragam seperti halnya di dunia nyata, mulai dari beriklan melalui situs penyedia jasa pengiklanan, beriklan di jejaring sosial maupun memasang iklan di situs jual beli yang sudah terkenal.

radio. koran. Apakah promosi online itu? 2. Bahkan popularitas dari media klasik (majalah. Banyak orang yang mulai berpindah menggunakan media internet karena lebih mudah dan ekonomis dalam mencari informasi daripada menggunakan media klasik. Apa keuntungan dari promosi online? . Rumusan Masalah 1. radio dll) berangsur-angsur mulai tergantikan oleh internet. sebagai pelaku bisnis tidak ada salahnya mencoba mencoba melakukan promosi dan pemasaran terhadap produk/jasa yang ditawarkan melalui internet. Oleh karena itu. koran.Melihat jumlah pengguna internet yang semakin meningkat ini. Apa saja macam promosi online 3. dll. pemasaran melalui online ini memiliki masa depan yang cerah. B. Tidak kalah seperti beriklan di majalah.

Iklan banner menempati urutan pertama dengan total 53% pengeluaran iklan perusahaan. Iklan di internet terdiri dari : a. barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu . Berikut adalah macam-macam bentuk promosi online: 1.com. Banner Banner merupakan bentuk umum dari iklan di website. Iklan di internet dapat diperbaharui kapan saja dengan biaya yang rendah dan tepat pada waktunya.BAB II PEMBAHASAN A. Banner biasanya berada dia bagian atas suatu halaman web dengan berbagai model tampilan dan animasi. Periklanan Periklanan merupakan semua bentuk penyajian dan promosi non personal atas ide. Iklan banner digunakan untuk menciptakan kesadaran atau pengenalan produk. Banner melekat langsung pada halaman web sehingga tidak dapat dihilangkan selama situs terbuka. Periklanan dengan menggunakan media internet bersifat dinamis dan interaktif. . Untuk memperjelas banner biasanya pembuat memberikan efek tertentu agar banner tampak menonjol dibanding isi halaman yang lain. Gambar 1 merupakan contoh penggunaan banner pada situs berita kompas. Iklan banner erat kaitanya dengan informasi yang sedang diakses pengguna internet. yaitu sifatnya yang umum. Kebanyakan upaya periklanan diarahkan untuk mempengaruhi permintaan merek produk tertentu. tersebar luas dan mampu menimbulkan ekspresi yang lebih kuat dari konsumen. Alat dasar untuk menyelesaikan tujuan komunikasi organisasi biasanya merujuk pada bauran promosi. Periklanan memiliki karakteristik khusus. Setiap unsur dari bauran promosi digambarkan sebagai komunikasi pemasaran terintegrasi yang memainkan peran khusus. Komunikasi organisasi dengan pasar yang luas menggunakan program promosi yang terencana ketika komunikasi telah melalui beberapa unsur dari bauran pemasaran. Pengertian Promosi Online Promosi didefinisikan sebagai koordinasi antara inisiatif penjual untuk membuat saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau mempromosikan ide.

Ada beberapa situs yang menawarkan fasilitas model iklan sponsorship. Perusahaan dapat memutuskan untuk berpartisipasi dalam mensponsori forum internet. Google advance merupakan jenis regular sponsorship yang berpasangan dengan google adsense sebagai content sponsorship. Contoh iklan dari google adsense dapat dilihat pada gambar 2. . newsgroups. dimana perusahaan tak hanya membayar dan mendapatkan tempat iklan. Yang kedua adalah content sponsorship. Dengan menggunakan google advance kita dapat mempromosikan produk kita di situs yang memuat informasi sesuai dengan produk kita tawarka. Sponsorship Iklan online yang berada diperingkat dua adalah sponsorship.com b. dimana perusahaan membayar sebagai sponsorship di satu bagian situs. Banner pada situs kompas. pertama regular sponsorship. tetapi juga turut berpartisipasi dalam menyajikan isi website.Gambar 1. Salah satunya google advance. dengan jumlah 30% dari total pengeluaran iklan. dan bulletin boards yang mempunyai daya tarik bagi kelompok minat khusus. salah satu layanan dari perusahaan google yang memberikan fasilitas untuk pemasangan iklan di situs-situs tertentu sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh google. Jadi para pengguna google advance adalah pihak pemasang iklan sedangkan pengguna google adsense adalah pihak yang memiliki tempat untuk beriklan (pemilik situs). Ada dua jenis sponsorship.

com yang akan menampilkan popups saat awal dibuka.com . Popups biasanya lebih besar dari banner tapi lebih kecil dari keseluruhan tampilan monitor. Hampir seluruh penyedia layanan popups memberikan cara tertentu untuk menghilangkan jendela popups. Gambar 3.com. Contohnya situs tinipaste. Berbeda dengan banner dan sponsorship yang menempel langsung pada halaman situs. Gambar 3 merupakan contoh popups pada situs tinipaste. untuk menghilangkan jendela popups pada situs tinipaste. Contoh Google Adsense c.Gambar 2. popups biasanya hanya muncul saat situs baru diakses.com pengakses harus membuka salah satu iklan ditawarkan jendela popups selama 30 detik. Contoh popups pada situs tinipaste. PopUps Popups merupakan jendela yang muncul ketika memasuki suatu situs. dan harus dihilangkan agar tidak menghalangi tampilan dari situs.

Gambar 5 merupakan salah satu contoh web casting pada situs webcastgroup. Teknologi ini mengirimkan halaman web dan berita terbaru pada pelanggan tertentu yang dapat berisi suara dan video. Interstitials Interstitials adalah iklan yang muncul saat user sedang menunggu sebuah situs yang sedang di download. Push Technologies/Web Casting Push Technologies/Web Casting memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan pesan daripada menunggu konsumen untuk mencari informasi yang disediakan perusahaan.Contoh situs pengguna interstitial adalah ziddu. Gambar 4. muncul saat kita akan mendownload file dari situs ziddu. Interstitial pada situs ziddu. Pengguna interstitial merupakan situs-situs yang memiliki layanan penyimpanan online (online storage).com.com.com e. .d.com dimana saat pengguna akan mulai download akan muncul jendela baru yang memuat iklan untuk produk atau jasa tertentu. Gambar 4 merupakan gambar situs clicksor yang merupakan contoh interstitial.

Biasanya link merujuk pada suatu produk terkait yang dibahas oleh situs tetentu. Dengan pemasangan link iklan produk elektronik. Misalnya sebuah situs belajarelektronika. jika situs belajarelektronika. mendesain dan membuat rangkaian elektronik.Gambar 5. perusahaan bermaksud agar konsumen/ pengguna internet dapat tertarik untuk membeli produk mereka setelah memperoleh informasi dari belajarelektronika. Conntoh interstitial pada situs webcastgroup.com f. Gambar 6 merupakan contoh gambar penggunaan link yang menunujuk pada situs training plc yang ada pada situs belajar online wisc-online.com berisi mengenai cara menggunakan. links Links merupakan tulisan atau gambar yang merujuk pada halaman lain pada situs yang sama atau berbeda.com.com sudah populer maka banyak dari para produsen pembuat barang elektronik menawarkan pemasangan iklan berupa link yang merujuk ke perusahaan tersebut.com. .

biasanya terjadi pada pasar Business to Business (B2B). Promosi Penjualan Promosi penjualan adalah semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu singkat. Internet memiliki keuntungan dan kerugian bagi penjualan pribadi.Gambar 6. Kegiatan ini mencakup pengertian bagaimana sebuah situs dapat membuat pengunjung kembali. Perusahaan menggunakan alat alat promosi penjualan untuk menciptakan tanggapan yang lebih kuat dan cepat. 3. kontes. Contoh penggunaan link pada situs wisc-online. harga premi dan lainnya. perusahaan menyadari pentingnya untuk membuat kesan web yang kuat. Bagi sebagian perusahaan. . Manfaatnya adalah web digunakan secara efektif untuk mendukung penjualan dan menjadi sumber informasi bagi konsumen B2B. Promosi penjualan dapat digunakan untuk menarik perhatian dan biasanya memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen agar melakukan transaksi pembelian. internet merupakan ancaman yang dapat mengambil peluang kerja. Alat promosi penjualan terdiri dari kupon.com 2. Penjualan Tatap Muka Penjualan tatap muka adalah alat yang paling efektif biaya pada tahap proses pembelian lebih lanjut. Oleh karena itu. terutama dalam membangun preferensi. keyakinan dan tindakan pembeli. Banyaknya kunjungan ulang yang dilakukan konsumen pada sebuah situs adalah salah satu ukuran untuk melihat seberapa baik situs perusahaan untuk dijadikan media iklan.

Sifat web yang interaktif dapat membantu perusahaan memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung situs. Kemampuan untuk menyebarkan informasi dengan cepat dan luas. internet adalah media ampuh untuk mendukung aktivitas hubungan masyarakat. Seperti media lainnya. b. direct mail sudah memiliki target tersendiri. dalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal bersifat komersial. 5. antara lain : a. Pemasaran Langsung Pemasaran langsung adalah situasi dimana perusahaan melakukan komunikasi langsung dengan konsumen yang menjadi targetnya untuk menghasilkan respon dan transaksi. Banyak situs yang menyediakan bagian di situsnya untuk aktivitas humas seperti penyediaan informasi perusahaan. Perusahaan semacam ini menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak tiap tahunnya untuk mengembangkan dan mengatur database yang berisi alamat dan nomor telepon konsumen. Facebook merupakan salah satu contoh situs pengguna direct mail. Publisitas tidak dibiayai oleh perusahaan yang mendapatkan manfaatnya. Hal ini berbeda dengan promosi. Publisitas dan Hubungan Masyarakat Publisitas menggambarkan komunikasi massa. Contoh penggunaan derect mail . Macam macam penjualan langsung di internet. Seperti surat bisnis lainnya. dimana seorang pengguna facebook akan memperoleh pesan dari produsen atau penyedia jasa sesuai dengan produk yang diminati dan disukai. Ada beberapa peluang web bagi para pelaku hubungan masyarakat adalah : a. biasanya dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial mengenai produk atau jasa dari perusahaan. hanya menggunakan platform elektronik. Publisitas merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen agar mengenali dan menyukai produk yang dipasarkannya.4. Pengembangan website sebagai media komunikasi antara konsumen dan perusahaan. laporan tahunan dan lainnya. aktivitas sosial. c. berdasarkan pada daftar dan mencoba untuk memperoleh konsumen dengan kebutuhan khusus melalui pesan yang pesan yang menjadi sasaran. Direct Mail Direct mail di internet sama seperti surat biasa.

pada sebuah akun facebook. Contohnya Electronic Data Gathering and Retrieval (EDGAR) yang berisi semua dokumen perusahaan yang dibutuhkan untuk menyimpan file dalam bentuk elektronik. produk dan peluang kerjanya. film action dan gadget. d. Infomercials Infomercials berupa iklan dengan durasi 3-60 menit. Situs bisnis memberikan informasi pada pengunjung tentang perusahaan. Database Marketing Database ini merupakan sejumlah penyedia jasa yang ada di internet. . Panggunaan direct mail pada situs jejaring sosial facebook b. yang mana pengguna facebook menyukai sepakbola. Ecommerce Ecommerce menggambarkan penggunaan sarana dan platform elektronik untuk melakukan bisnis perusahaan. menawarkan transaksi atau mempermudah penjualan barang dan jasa online. sejarah. Gambar 7. c. Informecial biasanya muncul jika seseorang baru membuka suatu situs. Selain itu. kebijakan.

Advertiser tidak harus membuang banyak waktu dan biaya untuk pasar yang bukan menjadi target. jelas sekali perbedaan dan kelasnya. Sebagai contoh iklan property di salah satu koran lokal mematok harga Rp 450. koran. teknis yang diinginkan. Efektifitas promosi dan pemasaran online telah teruji. Yaitu pada orang yang memiliki minat tertentu saja. agen) online yang tumbuh bak jamur di musim hujan. jauh lebih murah dibanding dengan biaya promosi melalui koran atau majalah. faktor ketidakberhasilan pemasaran offline lebih banyak disebabkan pemasarannya tidak pada target yang semestinya dan pada pemilihan media iklannya. Jika menggunakan media online.B. Dan dengan semakin banyaknya provider. pemasaran offline hanya memungkinkan pemasaran hanya pada lingkup yang terbatas dan cenderung hanya menjangkau pasar lokal atau nasional. Pada promosi online. media cetak vs media online. pemain atau makelar iklan (biro. Bandingkan saja.per bulannya. Dari sebuah penelitian. Itu pun diperlukan biaya yang tidak sedikit. Sementara. modal dan resikonya lebih kecil dibandingkan dengan modal dan resiko bisnis offline biasa. jasa. Promosi online ini lebih efektif karena bisa membidik target market yang tepat.000. Harga promosi online. ataupun radio. Belanja iklan sehari di media massa nasional terbesar. Sementara itu. banyak teknologi pemasaran yang bisa diterapkan untuk menekan biaya iklan. Keuntungan Promosi Melalui Media Online Keuntungan beriklan secara online atau pada sebuah situs kurang lebih sama dengan di media cetak.. . visitor setidaknya dua kali mengunjungi website setelah mereka membaca alamat situs tersebut pada iklan di majalah. dalam masalah biaya iklan. Berpromosi di internet memungkinkan untuk menjangkau target market yang tak terbatas secara nasional bahkan seluruh dunia. maupun target pasarnya. secara sederhana kita ambil contoh media massa (koran) nasional terbesar di Indonesia mengenakan tarif puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali tayang dalam sekali terbit. Koran versus Internet. Beriklan di Internet jauh lebih menguntungkan dan mempunyai banyak kelebihan. bisa digunakan untuk belanja iklan online 1-5 tahun. pemasang iklan online bisa memiliki banyak alternatif untuk membuat keputusan berpromosi online sesuai budget. online advertising.

Hemat waktu 3. Publisitas dan hubungan masyarakat 5. majalah.BAB III KESIMPULAN Promosi online merupakan salah satu cara untuk berpromosi. Penjualan tatap muka 4. Lebih murah 2. diantaranya adalah: 1. ada banyak jenis promosi online. Pemasaran langsung Promosi online memiliki banyak kelebihan dibandingkan promosi melalui media lainnya seperti TV. yaitu: 1. Resiko kecil 4. koran dll. Promosi penjualan 3. Periklanan 2. Adapun kelebihan dari bisnis online. Lebih tepat sasaran .

Daftar Pustaka .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful