6. Sebutkan model warna pada dunia komputer grafis ! d.

RGB, CMYK, HSL, Lab Colour

7. Gambar disamping merupakan gambar yang menerangkan mengenai .... a. Backward Ray Tracing

8. efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah merupakan pengertian dari ...... a. Ambient 9. .............. adalah tingkat keterangan relatif atau kegelapan dari warna. Pada umumnya diukur dalam presentase dari 0% (hitam) ke 100% (putih). c. Lightness 10. Warna mempunyai panjang gelombang, warna dengan panjang gelombang berapa yang dapat dilihat oleh mata manusia? a. 400-680 nanometer b. 120-540 nanometer c. 680-970 nanometer d. 380-780 nanometer

. d. . a. Flat Shading 7. . serta Diffuse Reflection yang merupakan pantulan sinar cahaya pada permukaan yang tidak mengkilap 2. a. . . Algoritma pembangkit garis yang menggunakan memperhitungkan parameter dan dipilih berdasarkan actual path terdekat disebut . . . . .1500nm 6. Teknik yang digunakan untuk menambahkan detail pada permukaan halus sehingga menghasilkan pemetaan yang timbul dan dapat terlihat bergelombang pada permukaannya dengan mengubah kecerahan pixel disebut . . . Forward Ray Tracing 9. 200nm . d. . Pemantulan bayangan pada permukaan yang rata dan disetiap permukaannya mempunyai tingkatan pencahayaan yang sama sehingga menghasilkan warna yang sama disebut . . . b. a. a. . Texture Maps 4. a. Specular Reflection yang merupakan pantulan sinar cahaya pada permukaan yang mengkilap dan rata. . . Memperhitungkan semua sinar yang dipancarkan oleh sumber cahaya yang mengenai mata ataupun tidak disebut . Pantulan cahaya terdiri atas 2 tipe. Algoritma Bresenham 3. Fungsi khusus yang ditetapkan sebagai piecewise polynomial (parametric) kurva yang memerlukan interpolasi data atau smoothing disebut. a. Diagonal 1 . . yaitu .700nm 700nm . .1200nm c. Key Light 8. . .1. Warna yang dapat dilihat oleh mata manusia memiliki panjang spektrum sebesar . c. Gambar pixel yang dinaikan nilai pada sumbu X maupun sumbu Y untuk menuju pixel selanjutnya disebut penggambaran garis . .700nm 700nm . B-Spline 5. 400nm . . d. . . Pencahayaan utama dari gambar yang merepresentasikan bagian paling terang sekaligus mendefinisikan bayangan pada gambar disebut .

a.. 1.. Diffuse Specular 2 .. Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah informasi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan.. C. Yang tidak termasuk dalam teknik – teknik realisme adalah … A.10. . A. Interpolasi 9. Ada 3 Jenis Warna yang mempengaruhi pewarnaan dalam proses rendering . Grafik Komputer 2. Geometri dan Modeling 3. Sir Isaac Newton 5. A. A. . selain tiga pencahayaan utama terdapat dua pencahayaan lain yang mendukung sebuah karya menjadi terlihat nyata yang disebut cahaya tambahan. A.. A. Algoritma yang pada setiap iterasinya memerlukan perkalian floating point disebut . Ambient B.. .. baik sensor aktif dan pasif telah digunakan untuk menyediakan pengukuran geometri 3D merupakan definisi dari … A. Cahaya tambahan terdapat 2 macam yaitu . kecuali. Colour-maps 4. Prosedur yang menerapkan model pencahayaan untuk mendapatkan intensitas semua titik pada seluruh permukaan tampak merupakan pengertian dari. model untuk menghitung intensitas cahaya pada satu titik pada suatu permukaan merupakan pengertian dari. Cahaya Aksentuasi dan pantul 6. Model Pencahayaan 7.... Algoritma Incremental salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer merupakan pengertian dari … A. Intensitas tiap titik pada poligon didapat dengan cara . A. Rendering Permukaan 8. Orang yang menemukan bahwa cahaya yang dilewatkan pada sebuah prisma akan terbagi menjadi berbagai macam warna adalah .

. a.. Melakukan interpolasi untuk titik-titik pada permukaan dari sekumpulan intensitas hasil perhitungan dengan model pencahayaan merupakan definisi dari. 3. 7. Ordo Jawab : C 2. Berikut adalah pengelompokan dari Ray Tracing yaitu . Shading 3 . . Kompilasi b.. Animasi yang bergerak secara mandiri.... Koefisien b... Warna Additive dan Warna Subtractive Tidak berwarna. Scan – line Jawab : C 5. . 6. Forward dan backward Ray Tracing adalah teknik …. . Physics dan graphics Terdapat 2 metode Ray Tracing. Sprite Perbedaan antara garis dengan vektor adalah .D. a. 2. Teknik rendering permukaan dengan cara melakukan interpolasi untuk titik-titik pada permukaan dari sekumpulan intensitas hasil perhitungan dengan model pencahayaan adalah .Ray Tracing 1.. Vektor memiliki arah dan garis tidak Nilai dari . Cahaya matahari yang dilewatkan pada prisma menghasilkan . Flat – shading b.. untuk membuat animasi.. ... Kickers Light 10. Penyebaran dan penyerapan cahaya hingga tahapan tak hingga dapat digambarkan menggunakan … Rendering Equation 1. hanya menggunakan intensitas yang diukur dengan tingkat keabuat merupakan pengertian dari... planet yang berotasi. bola memantul.. . . 10.. seperti misalnya: burung terbang. . aplikasi warna di layar komputer dibedakan menjadi dua. Grafik tiga dimensi dengan interaksi sinar yang kompleks a. Gouraud – shading d. 3. Ray – tracing Gambar disamping adalah contoh teknik rendering . . Spektrum Cahaya Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang artinya . yaiiut. 4.Cahaya Akromatik 8.... Phong – shading c.. Berdassarkan fungsinya. Konstanta d.. 9. Celluloid adalah materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. pada bahasa pemrograman tersebut dijadikan sebagai parameter untuk prosedur. yaitu . ataupun logo yang berputar adalah . Variabel c.

kecuali a. 3. Efek pencahayaan yang natural kepada permukaan tampak pada: a. Diffuse 5. Ambient b. 10. Pantulan b. c.. Circle shading Tampilan highlight tidak sempurna merupakan kekurangan dari : Gouraud shading 7. Desain optis d. kecuali… a. Flat shading Wireframe Phong shading Gouraud shading 1. 8. d. Pembiasan Ada 3 jenis warna yang mempengaruhi dalam pewarnaan proses rendering. Tekstur d. Flat shading b. Salah satu jenis warna yang mempengaruhi pewarnaan dalam proses rendering adalah . Transparansi c. 2. b. kecuali a. 9. 6. Samudra akustik c. CMYK c. Phong shading d. Benar semua Prosedur yang menerapkan model pencahayaan untuk mendapatkan intensitas semua titik pada seluruh permukaan tampak merupakan definisi dari : Rendering permukaan Berikut adalah algoritma scan line. Contoh kegunaan dari Ray Tracing physics adalah. Gambar di bawah ini merupakan algoritma : a.4. Sinyal radio b.. Ambient Apa nama lain dari Ray Tracing? Ray casting “Illusion Of Motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan disebut … Animation 4 . Specular d. Gouraud shading c.

. dikenal dengan istilah: Celluloid 2. Kelemahan dari interpolasi adalah . Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.. Format yang paling populer untuk animasi web adalah . Intensitas dari berkas elektron dimodifikasi oleh nilai: … Pixel 7.. Suatu pergerakan/perpindahan suatu titik dari objek pada suatu jalur sehingga menempati posisi baru adalah pengertian dari . Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk. Rendering 2.. Ketika frame – frame digabungkan...... Secara umum resolusinya tinggi 9. Berikut ini merupakan file ekstensi pada raster image. Apa yang dimaksud dengan stage?Sub-window dimana frame dibuat dengan menggambarkan objek 1. Salah satu algoritma area filling adalah dengan cara melakukan penelusuran dari kiri atas sampai kanan bawah layar.. A. Modeling 6. .4..Shockwave flash 10... Diffuse 5 . Suatu proses yang bertujuan secara akurat menampilkan hasil seperti aslinya adalah . Apa yang dimaksud dengan graphical language?Bahasa visual yang mampu memvisualisasikan aksi dari perintah – perintah untuk membangun animasi 9. Elemen-elemen yang menjadi konsentrasi utama pada grafika komputer adalah … .. Bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri.. kecuali: A. Intensitas dari berkas elektron dimodifikasi oleh nilai: Pixel 3.. disebut dengan .Photorealism 4. Scan Line 1.CLUT 7.. Materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Untuk mengubah warna animasi digunakan . 3 Jenis Warna yang mempengaruhi pewarnaan dalam proses rendering.Animasi cel 6. sesuai dengan teori yang disebut dengan . . Rendering 8. Animasi tradisional bisa disebut juga dengan .. disebut dengan .. sampai ditemukan batas suatu area. “Illusion Of Motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. kecuali .Kurang realistis 8. BMP C. disebut dengan. WAV D.. Algoritma ini disebut dengan ………….. Translasi 10..... maka terdapat ilusi perubahan gambar. JPG 3. adalah sebagai berikut. Sprite 5. Persistance of vision 5. dikenal dengan istilah …………… Animasi 4. kemudian dilakukan operasi putpixel sampai ditemukan batas area berikutnya. Dibawah ini yang termasuk kelebihan dari Random Scan CRTs adalah …. GIF B..

B.Realisme grafik 9.... baik sensor aktif dan pasif telah digunakan untuk menyediakan pengukuran gemotri 3D adalah metodologi . kecuali: A. Suatu proses untuk menampilkan subyek dalam suatu karya sebagaimana tampilan dalam kehidupan sehari-hari tanpa embel-embel tertentu.. Di bawah ini yang termasuk teknik realisme adalah sebagai berikut. Shadow maps D. Gray Scale 5. Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah informasi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan... Garis perpotongan 6. Realism maps 10.. kecuali: A.... Bayangan C.. Bumps maps C.. Texture maps B... Specular D. Tekstur D. Pantulan B. Efek pencahayaaan yang natural pada permukaan tampak dapat dilakukan dengan menggunakan teknik sebagai berikut. Geometri dan modeling 8...... Ambient C. Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk merupakan definisi dari: Rendering 7. Sebagai indikator pembeda antara satu obyek dengan obyak yang lain dalam grafik komputer adalah . Warna 6 .. adalah ...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful