Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh…….!

Yang terhormat tim juri, Para dewan guru pendamping, Dan teman-teman sekalian yang berbahagia. Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat ilahi robbi yang telah melimpahkan nikmatnya kepada kita semua sehingga kita bisa bertatap muka di tempat yang mulia ini. Halawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membebaskan kita dari zaman jahiliyyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu.Dan berkat jasa beliau pula kita bisa membedakan mana yang Hak dan mana yang Bathil. Para hadirin yang InsyAllah dirahmati Allah. Pada kesempatan ini saya akan ceramah dengan judul “ MENUNTUT ILMU “ Kenapa Rasulullah SAW mewajibkan umatnya menuntut ilmu?karena ilmu sangat penting bagi kehidupan umat manusia di dunia ini. Dengan ilmu kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Oleh karena itu barang siapa yang menginginkan kehidupan yang bahagia di dunia ini, maka harus menguassai ilmu dunia, begitu pula barang siapa yang menginginkan kehidupan bahagia di akhirat kelak, maka juga harus dengan ilmu. Sebagaimana Sabda nabi Muhammad SAW:

Artinya: “Barangsiapa yang menginginkan kebahagiaan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu Sebagai umat manusia kita dikaruniai akal atau intelijensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang. Makhluk flora dan fauna tidak dapat mencari ilmu karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya manusia lebih unggul daripada makhluk yang lainnya. Para hadirin yang berbahagia,menuntut ilmu tidak ada batasannya,meskipun sudah tamat SD, SMP, SMA, bahkan sarjana. Kita tetap wajib menuntut ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. Sebagaimana sabda nabi:

Artinya: “ Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat” Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, jika ada kata-kata saya yang salah saya mohon maaf dan kepada Allah lah saya memohon ampun. Wabillahitaufik walhidayah…wassalamualaikum sarahmatullahi wabarakatuh!

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful