BAB I. PENDAHULUAN 1.

Judul Proposal Skripsi Berdasarkan ketentuan akademik yang memang sudah di perbolehkannya mahasisswa untuk mengambil tugas akhir dengan melakukan penelitian agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam hasil, antara teoritis dengan prakteknya, pada kesempatan ini saya akan mengambil judul “Analisis Sudu Impeller Radial-Flow Pump dengan Menggunakan Simulasi Software Fluen”.

2. Latar Belakang Penggunaan pompa dalam kehidupan sehari-hari sangat penting yaitu untuk memindahkan fluida kerja dari suatu tempat ke tempat lain.dalam pemakaiannya kadang dibutuhkan pompa yang dapat menghasilkan debit yang besar. Untuk menghasilkan debit yang besar dapat diperoleh dengan memakai beberapa alternative pompa, antara lain: memakai pompa sentrifugal double admission atau memakai pompa aliran aksial. Namun bila menginginkan pompa yang memiliki haed yang tinggi bisa menggunakan pompa aliran campuran ( mixed flow) atau pompa aliran radial (Radial Flow), impeller jenis radial digunkan untuk tinggi tekan (head) yang sedang dan yang tinggi . Sistem pemompaan bertanggung jawab terhadap hampir 20% kebutuhan energi listrik dunia dan penggunaan energi dalam operasi pabrik industri tertentu berkisar 25-50% (US DOE, 2004). Pada pompa sendiri yang mempengaruhi alirannya adalah putaran impeller, diamana supaya mendapatkan paenghantaran dan pengaliran yang baik maka jumlah sudu impeller harus tertentu, karena adanya gaya sentrifugal pada sudu impeller. Dalam penyusunan Tugas Akhir (Skripsi) kali ini penyusun menggunakan suatu software berbasis komputer yaitu Fluen dimana untuk mendapatkan rancangan impeller yang baik dan juga dapat menentukan kecepatan spesifik / tipe impeller lalu diuji dalam sebuah software firtual untuk melakukan simulasinya, serta diharapkan bisa mendapatkan rancangan pompa sesuai dengan kebutuhan industry pada saat ini.

(A)

(B)

(C)

Gambar 2.1.(A) Pompa aliran radial, (B) Pompa aliran aksial, (C) Pompa aliran campuran 3. Rumusan Masalah     Menetukan Kecepatan spesifik / Tipe impellernya Membuat atau menetukan geometri Permodelan impeller dalam virtual Melakukan simulasi performance / karakteristik impeller

4. Batasan Masalah        Fluida kerja pompa adalah air tawar Putaran ditentukan Tidak membahas kavitasi lebih lanjut Tidak membahas jenis bearing yang digunakan karena dianggap sudah memenuhi standar. Tidak membahas system hidrauliknya lebih lanjut Material Casing maupun impeller pompa dianggap sudah memenuhi standar industry Tidak membahas Korosi pada Material yang berhubungan dengan pompa

5. Tujuan Penelitian Adapun metode pelaksanaan program mengandung beberapa proses penting, yaitu sebagai berikut:     Mendapatkan unjuk kerja pompa yang baik Mengetahui kerja impeller yang dipengaruhi oleh sudu melalui simulasi Mendapatkan desain impeller yang dapat memenuhi kriteria Mengetahui hubungan antara impeller dengan segitiga kecepatan

6. Metode Penelitian Penelitian diawali dengan melakukan studi literaturyang terkait dengan topic penelitian melalui berbagai media seperti buku maupun internet. Selanjutnya dilakukan proses pengambilan data melalui serangkaian pengukuran pada impeller yang akan dijadikan specimen dimulai dari ukuran impeller dan kelengkungan sudunya point by point di PT.Krakatau Tirta Industri. Setelah semua yang diperlukan terkumpul, maka dilakukan proses perhitungan data menggunakan beberapa referensi literatur dan melakukan simulasi dari desain impeller yang telah didesain. Stelah itu melakukan proses analisa terhadap hasil simulasi performance / karakteristik impeller. Terakhir dilakukan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan.

7. Keluaran yang Diharapkan Penelitian yang akan dilakukan merupakan jenis penelitian yang menerapkan teknologi dengan hasil akhirnya ditujukan untuk mengembangkan fasilitas pompa yang ada di industriindustri saat ini. Sehingga luaran-luaran yang bisa diperoleh dari penelitian ini yaitu antara lain :  Rekomendasi, jika hasil penelitian yang telah dilakukan merupakan ide orisinil (murni) yang belum pernah dibuat sebelumnya maka penelitian ini bisa menjadi rekomendasi untuk PT. Krakatau Tirta Industri  Model Disain, yang memberikan gambaran mengenai komposisi dan struktur sistem yang menjadi kerangka dasar pengembangan teknologi selanjutnya.

2. TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian pompa Unjuk kerja sebuah pompa sangat dipengaruhi oleh desain sudu impelernya. Desain sudu yang baik akan menghasilkan unjuk kerja yang baik, diantarnya dapat menghasilkan kerja yang optimal dengan indikasi efisiensi yang tinggi dan mampu meminimalkan kerugian-kerugian yang biasa terjadi pada pompa misalnya kerugian akibat gesekan, shock maupun tidak diperoleh hasil yang optimum karena desain kelengkungan sudu kurang baik. Perancangan ini bertujuan untuk memperoleh desain sudu impeller dan dapat mensimulasikannya kedalam software dari pompa aliran Radial (Radial flow pump) tipe vertical jenis single stage yang bertitik berat pada desain sudu impellernya.  Cara Kerja Pompa

Gambar 2.1 Bagian dari Pompa Sentrifugal Berdasarkan gambar dapat dijelaskan cara kerja pompa sentrifugal sebagai berikut : Fluida masuk melalui saluran hisap Ds kemudian dalam arah aliran aksial mengalir masuk kedalam impeller dengan kecepatan terbatas Cs. Sudu pompa dimulai dari D1, lebar sudunya b1 . kecepatan mutlak mengalirnya fluida C1 dan luas penampang yang dilalui aliran fluida = D1 x π x b1 ; maka menurut persamaan kontinuitas didapat :

Dimana

:

b1 = Lebar sudu (m) Q = Kapasitas Alir (m3/detik) D1 = diameter masuk sudu pompa ( m ) C1= kecepatan mutlak aliran fluida masuk sudu impeller (m/det)

Dengan adanya sudu penampang yang dilewati fluida menjadi semakin sempit dan dengan demikian kecepatan fluida mengalir masuk naik sekitar 10 %.  Segitiga Aliran Kecepatan Fluida

Gamabar 2.2 Segitiga aliran kecepatan fluida Pada titik 1 dari Gambar 2.1 diatas. diperoleh kecepatan aliran fluida masuk C1 yang arahnya tegak lurus U1 di dapat dari

Dimana

: n = kecapatan putaran impeller dalam rpm D1 = diameter masuk sudu pompa ( m )

Keterangan gambar :α W1 B1 = kecepatan relative aliran fluida pada sisi masuk = sudut masuk aliran fluida

Lihat gambar segitiga berikut :

Gambar 2.3 Segiitiga kecepatan aliran fluida masuk impeller

Dari titik 1 ( pada gambar 2.1 ) fluidamengalir ke bagian belakang dari sudu impeller yang melengkung, supaya mendapatkan paenghantaran dan pengaliran yang baik maka jumlah sudu impeller harus tertentu, karena adanya gaya sentrifugal pada sudu impeller. Jadi akibat dari berputarnya impeller dengan kecepatan U dan bentuk sudu impeller yang sedemikian rupa didapat kecepatan relative aliran fluida dibagian masuk sudu impeller W1 dan saluran kelar W2. Besarnya kecepatan W didapat dari persamaan kontinuitas. Diameter impeller dibagian keluar D2 dan pada bagian masuk D1. Lebar sudu b2 hanya sedikit lebih kecil dari pada dibagian masuk b1, sehingga pada umumnya W2 lebih kecil dari W1. Pada titik 2 dari gambar 2.1. fluida mempunyai kecepatan keluar mutlak C2. Kecepatan keliling impeller pada sisi keluar U2 adalah :

Dimana

:

W2 = kecepatan relative aliran fluida pada sisi keluar impeller
2

= sudut keluar aliran fluida

Untuk pompa sentrifugal sudut impeller yang berguna adalah 150 – 300 maksimum sampai 500.

Gambar 2.4 Segitiga kecepatan aliran fluida keluar impeller Jika pompa dibuat bertingkat, sesudah keluar dari sudu fluida melalui ruang 3 tanpa sudu dan sampai didalam sudu pengarah dengan kecepatan aliran fluida C4. Tapi bila konstruksi pompa dibuat sederhana dimana fluida yang keluar dari impeller langsung masuk kedalam rumah pompa, maka kecepatan mutlak aliran fluida keluar C2 harus diarahkan sedemikian rupa, perpindahan fluida dari impeller kerumah pompa sedapat mungkin bisa bebas tanpa tumbukan.

3. METODE PEMECAHAN MASALAH Metode-metode yang dilakukan penulis dalam rangka memperoleh data-data dan informasiyang diperlukan adalah sebagai berikut:  Metode Observasi Metode observasi adalah suatu cara metode pengumpulan data dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung terhadap alat proses yang dijadikan objek permasalahan.  Metode Wawancara Metode Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara atau diskusi dengan narasumber yang bersangkutan, yang memiliki pengetahuan mengenai objek permasalahan.  Metode Partisispasi Metode Partisipasi adalah metode pengumpulan data dengan cara melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan-kegiatan yang berlangsung, terutama yang berhubungan dengan pokok permasalahan yang diajukan  Metode Browsing Internet Metode Browsing internet adalah cara pengumpulan data dengan melalui situs-situs yang menyediakan bahan-bahanyang berkaitan dengan permasalahan / objek yang sedang dibahas.

B. DAFTAR PUSTAKA
file:///D:/file%20kuliah/Referensi%20TA%20w/pompa%20%C2%AB%20Bodaesmunti %E2%80%99s%20Blog.htm (Diunggah tanggal 11 Mei 2012) file:///D:/file%20kuliah/Referensi%20TA%20w/pengertian-dan-klasifikasi-padapompa.html (Diunggah tanggal 11 Mei 2012) Tugas akhir bidang konversi energy FT.ITS yang berjudul “Perancangan Pompa Sentrifugal Axial flow” Tugas akhir bidang konversi energy FT.ITS yang berjudul “Perancangan Pompa Sentrifugal Mixed flow” Thorusima Pump (Literatur PT. K rakatau Tirta Industri) Pedoman effisiensi Energi untuk industry di-www.energyefficiencyasia.com (UNEP 2006) Data Pdf dari Universitas Sumatra Utara (USU)

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful