You are on page 1of 2

Karsinoma buli-buli merupakan 2% dari seluruh keganasan, dan merupakan keganasan, dan merupakan keganasan kedua terbanyak

pada system urogenitalia setelah karsinoma prostat. Tumor ini dua kali lebih sering menyerang pria daripada wanita. Di daerah industry kejadian tumor ini meningkat. Etiologi dan factor resiko Keganasan vesica urinaria terjadi karena induksin bahan karsinogen yang banyak terdapat di sekitar kita. Beberapa factor resiko yang mempermudah seseorang menderita karsinoma vesica urinaria adalah : 1. Pekerjaan Pekerja-pekerja di pabrik kimia (terutama pabrik cair), laboratorium, pabrik korek api, tekstil, pabrik kulit, dan pekerja pada salon/ pencukur rambut sering terpapar oleh bahan karsinogen berupa senyawa amin aromatic. 2. Perokok Resiko untuk mendapatkan karsinoma vesica urinaria pada perokok adalah 2-6 kali lebih besar dibandingkan dengan bukan perokok. Rokok mengandung bahan karsinogen berupa amin aromatic dan nitrosamine. 3. Infeksi saluran kemih Kuman-kuman E.Coli dan Proteus spp menghasilkan nitrosamine yang merupakan zat karsinogen. 4. Kopi, pemanis buatan, dan obat-obatan Kebiasaan mengkonsumsi kopi, pemanis buatan yang mengandung sakarin dan siklamat, serta pemakaian obat-obatan siklofosfamid yang diberikan intravesika, fenasetin, opium, dan obat antituberkulosa INH dalam jangka lama dapat meningkatkan resiko timbulnya karsinoma vesica urinaria. Bentuk Tumor vesica urinaria dapat berbentuk papiler, tumor non invasive (in situ), noduler (infiltratif) atau campuran antara bentuk papiler dan infiltrative. Perjalanan penyakit Karsinoma vesica urinaria yang masih dini merupakan tumor superficial. Tumor ini lama kelamaan dapat mengadakan infiltrasi ke lamina propia, otot, dan lemak perivesika yang kemudian menyebar langsung ke jaringan sekitarnya. Selain itu tumor dapat menyebar secara limfogen maupun hematogen. Penyebaran limfogen menuju kelenjar limfe perivesika, obturator, iliaka eksterna, dan iliaka komunis, sedangkan penyebaran hematogen paling sering ke hepar, paru-paru dan tulang.

Jenis Histopatologi Sebagian besar (90%) tumor vesica urinaria adalah karsinoma sel transisional. Tumor ini bersifat multifocal yaitu dapat terjadi di saluran kemih yang epitelnya terdiri atas sel transisional yaitu di pielum, ureter atau urethra posterior sedangkan jenis yang kainnya adalah karsinoma sel skuamaosa (10%) dan adenokarsinoma(2%)