You are on page 1of 1

 STEK

P

erkembangbiakan dengan Stek dilakukan dengan cara menanam bagian tertentu tumbuhan tanpa menunggu tumbuhnya akar baru lebih dahulu. Dibandingkan cara perkembangbiakan vegetative buatan lainnya, cara Stek adalah yang termudah. Pembiakan tanaman dengan Stek ada yang menggunakan batang (Stek Batang), atau daun (Stek Daun).

 STEK BATANG

P
Alat dan Bahan :

otong batang tumbuhan yang hendak di Stek harus mempunyai sebuah mata sebagai bakal tunas. Potongan batang itu umumnya merupakan batang yang cukup tua. Jenis tumbuhan yang dapat diStek batang antara lain Ketela Pohon, Mawar, Sirih, dan Singkong.

CARA MENYETEK BATANG:
 Batang tanaman singkong yang memiliki tunas disetiap ruasnya  Pisau yang tajam  Cangkul Cara Kerja :  Potonglah batang tanaman dibagian bawah dengan menyerong seperti baji  Buanglah daun yang ada untuk mengurangi penguapan  Galilah tanah yang gembur dan subur,dan tanam potongan batang tersebut pada tanah yang sudah di gali. Beri peneduh berupa atap plastic  Selanjutnya, Siramlah tanaman baru ini setiap hari. Bila telah tumbuh daun buanglah peneduh dan biarkan tanaman baru itu tumbuh.