1860

GEREJA SAINT AGUSTINE, PARIS

Beberapa ciri yang mengindikasikan eklektisme pada bangunan ini:  Kolom, relief, dan hiasan-hiasan berciri klasik Romawi.

Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Arsitek Tahun dibangun Fungsi bangunan

: : Saint Agustine : Paris : Victor Baltard (1805-1874) : 1860 - 1871 : Gereja

Gereja Saint Agustine dibangun pada masa Imperium II oleh Victor Baltard dengan campuran berbagai unsur arsitektur klasik, yaitu arsitektur Byzantine, serta arsitektur zaman Medieval; Barok, Gotik, maupun Reinassance.

Karya-karya Arsitektur tahun 1860 - 1870

1

Gotik.  Deretan jendela di dinding sisi kanan-kiri berderet monoton dengan pilaster-pilaster seperti ciri khas arsitektur Renaissance. maupun Reinassance.1870 2 . Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .  Jendela lingkaran kaca berwarna dan mempunyai jarijari seperti rose window yang banyak digunakan dalam bangunan klasik baik Barok. Kubah utama bergaya Byzantine yang dikelilingai menara-menara kecil yang juga beratap kubah Byzantine.

Hal ini terlihat pada ornamen dan bentuk-bentuk dekorasinya model klasik Barouqe memenuhi hampir semua bagian bangunan.1861 OPERA DE PARIS. Charles Garnier banyak dipengaruhi prinsip-prinsip Beaux-Arts khusunya dalam mengambil unsur-unsur Reinassance dan Barouqe.1874 : Gedung pertunjukan Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .1870 3 . Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Arsitek Tahun dibangun Fungsi bangunan : : Opera de Paris : Paris : Louis Charles Garnier (1825 – 1904) : 1861 . PARIS Dalam merancang Opera de Paris ini.

terdapat masing-masing dua patung dan sebuah patung terbesar di tengah atas memperkuat sumbu wajah depan simetris. Bangunan ini mengaplikasikan gaya klasik namun menggunakan material-material baru seperti kaca dan rangka baja. kiri kanannya diapit oleh konstruksi dinding menonjol yang ada sudut-sudutnya dihias kolom Romawi. Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Arsitek Tahun dibangun Fungsi bangunan : : Gare du Nord : Paris : Jacques Ignace Hittorff (1792 – 1867) : 1862 – 1863 : Stasiun kereta api Stasiun kereta api datang dari arah utara kota Paris ini bergaya campuran Neo-Klasik. Pada bagian bawah pelengkung terdapat deretan kolom-kolom silindris sederhana dari orde Dorik.1862 GARE DU NORD. PARIS Bagian depan didominasi oleh sebuah pelengkung dengan kaca dan deretan patung. menegaskan bentuk simetris dari bagian depan stasiun. Diatas konstruksi menonjol ke depan. Ruang dalam stasiun kereta api Gare du Nord dengan konstruksi baja Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .1870 4 .

Ornamen patung pada bagian atas fasade Gare du Nord Fasad Gare du Nord yang simetris kiri .1870 5 .kanan Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .

yaitu aliran yang mengikuti kaidah-kaidah keindahan dan keselarasanyang ditulis arsitek Andrea Pallardio yang melanda Indonesia pada jaman kolonial Belanda. Deskripsi Umum Nama bangunan : : Museum Van het Bataviaash Genootshap van kunsten en wetenschappen te Batavia (Museum dari Perkumpulan Seni dan Ilmu Pengetahuan Batavia) Lokasi Tahun dibangun Fungsi bangunan : Jakarta. Bangunan ini menganut aliran Palladianisme.1862 MUSEUM NASIONAL.1868 : Museum Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .1870 6 . JAKARTA Museum nasional ini merupakan salah satu bangunan bergaya eklektik di Indonesia. Indonesia : 1862 .

Palladianisme menjadi terkenal di Britania Raya pada abad ke 17. Karya-karya Arsitektur tahun 1860 . seorang warga negara Venesia.1870 7 . dan kembali menjadi terkenal di abad ke 18. Arsitektur ini diciptakan oleh Andrea Palladio. dan menyebar ke seluruh Eropa. biasanya berukuran besar. Ciri-ciri bangunan yang menganut arsitektur ini adalah memiliki bentuk dari persegi hingga persegi panjang.Palladian Architecture merupakan suatu arsitektur di Eropa yang lahir pada abad ke 16. bangunan dengan arsitektur ini memiliki keakuratan sisi yang sangat tinggi. dan juga memiliki arsitektur yang mirip dengan bangunan arsitektur Renaissance.

Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Tahun dibangun Arsitek Fungsi bangunan : : Albert Memorial : London : 1863 – 1672 : Sir George Gilbert Scott : Monumen Patung perunggu Pangeran Albert Karya-karya Arsitektur tahun 1860 . Patung ini monument Albert Memorial terletak dibawah sebuah ciborium atau cungkup dengan empat buah kolom bentuk Romawi. Monumen ini didominasi konsep Gotik.1863 MONUMEN ALBERT MEMORIAL Monumen Albert Memorial dibangun untuk memperingati Pangeran Albert suami Ratu Victoria ditengah kota London dirancang oleh Sir George Gilbert Scott. Bagian utama monument adalah patumg duduk Pangeran Albert yang terbuat dari perunggu diatas sebuah ketinggian pedestal.1870 8 .

dan diatas masingmasing sudut terdapat patung marmer. Ornament khas Gothic pada monument Albert Memorial Patung marmer pada tiap sudut kolom Landasan (pedestal) berbentuk segi empat.1870 9 . . dimana pada keempat sisi dindingnya dibuat dari batu granit dan marmer penuh dengan relief Relief batu granit pada landasan monument Albert Memorial Patung-patung pada keempat sudut monumen Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .Terdapat penjorokan pada setiap sudut.Atap cungkup meruncing keatas penuh dengan ornamen seperti terdapat pada gereja-gereja Gotik.

National Galerie Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Tahun dibangun Arsitek Fungsi bangunan : : National Galerie : Berlin : 1865 .1870 10 .1865 NATIONAL GALERIE Dirancang dengan perpaduan gaya Late-Clasicism dan Neorenaissance.1869 : Friederich August Stuler : Museum Interior National Galerie setelah adanya renovasi Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .

Dekorasi patung pada fasad depan National Galerie Koridor National Galerie dengan kolom-kolom dorik klasik Yunani Karya-karya Arsitektur tahun 1860 .1870 11 .

Dititik sentral dari kompleks bangunan. terdapat menara berkubah diatas balai utama. penyangga dibawahnya lagi lebih lebar tetapi berdenah bujur sangkar.1866 PALAIS DE JUSTICE. BRUSSELS Palais de Justice dirancang dengan menggabungkan berbagai unsur klasik. Kubah disangga oleh kolom-kolom linkaran sehingga membentuk bidang silindris. Deskripsi Umum Nama bangunan Lokasi Tahun dibangun Arsitek : : Palais de Justice : Brussels : 1866 -1883 : Joeseph Poelaert Karya-karya Arsitektur tahun 1860 . Seterusnya makin ke tepi bangunan berbentuk segi empat ini makin rendah sehingga tersusun bentuk pyramidal.1870 12 .

1870 13 . tipe Ionic.Bangunan menggunakan ketiga macam kolom bergaya klasik Yunani. dan Corinthian. Ionic Corinthian Doric Karya-karya Arsitektur tahun 1860 . Doric.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful