PENGEMBANGAN SIKAP DEMOKRASI Pengertian Demokrasi Demokrasi adalah gabungan dari dua kata yaitu demos dan kratos

(bahasa Yunani), demos berarti rakyat dan kratos berarti pemerintahan. Jadi demokrasi dapat diartikan sebagai suatu pemerintahan dimana rakyat memegang suatu peranan yang sangat menentukan

Menurut tahapannya dikenal dua tahap demokrasi. yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung .

Dalam demokrasi langsung rakyat ikut secara langsung dalam menentukan pemerintahan. . Hal ini terjadi pada tipe-tipe negara kota waktu zaman Yunani kuno. yakni ketika rakyat berkumpul pada tempat tertentu untuk membicarakan berbagai masalah kewarganegaraan.

urusan-urusan kenegaraan juga semakin kompleks.Pada masa modern ini cara demikian tentu tidak mungkin lagi karena selain negaranya semakin luas dan warganya semakin banyak. . Jadi rakyat tidak lagi ikut dalam urusan pemerintahan secara langsung melainkan melalui wakil-wakilnya yang ditentukan melalui pemilihan umum.

Pers yang bebas. 5. 2. Adanya pembagian kekuasaan. Pemilu yang bebas. Partai politik lebih dari satu. 3.Adapun ciri khas demokrasi adalah sebagai berikut: 1. 6. . Adanya undang-undang yang demokratis. Adanya rule of law. 4. bukan rule of power.

7. 6. Bersumber pada persetujuan bebas mayoritas rakyat. Kedaulatan tertinggi di tangan rakyat. Pelaksanaan hak-hak sosial dan politik. Kekuasan pemerintah yang terbatas dan diawasi. Adanya pemerintahan perwakilan. . 5. 3. Penghargaan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). 4. 2.Sedangkan pokok-pokok dalam pelaksanaan demokrasi adalah sebagai berikut: 1. Tegaknya hukum bersamaan dengan tegaknya keadilan.

6. . Membatasi pemakaian kekerasan sampai taraf yang minimum. 2. 5. 4. 3.Nilai-nilai Demokrasi 1. Menyelesaikan persoalan secara damai dan melembaga. Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara teratur. Menjamin tegaknya keadilan. Menjamin terselenggaaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah. Mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman (diversity).

.Demokrasi Pancasila Demokrasi yang dianut oleh bangsaIndonesiaadalah Demokrasi Pancasila karena ideologi negara atau dasar negara adalah Pancasila.

.Asas Demokrasi Pancasila berasaskan pada sila keempat Pancasila yang berbunyi: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

6. dan orang lain. 5. 7. Keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat.Prinsip Demokrasi Pancasila 1. Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional. . Persamaan bagi seluruh rakyatIndonesia. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. 3. 4. 2. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan. Mewujudkan rasa keadilan sosial. diri sendiri.

problem-problem dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan sekolah. Menyampaikan kritik sebagai hasil analisis dalam proses penyampaian evaluasi terhadap ide-ide. Memberikan kepercayaan kepada individuindividu dan kelompok dengan kapasitas yang mereka miliki untuk menyelesaikan berbagai persoalan sekolah. sehingga semua orang bisa menerima informasi seoptimal mungkin. 3. . 1.Upaya membangun sekolah demokratis adalah sebagai berikut. Keterbukaan saluran ide dan gagasan. 2.

Adakepedulian terhadap harga diri. 7. hak-hak individu dan hak-hak minoritas. sehingga demokrasi harus terus dikembangkan dan bisa membimbing keseluruhan hidup manusia. Terdapat sebuah institusi yang dapat terus mempromosikan dan mengembangkan cara-cara hidup demokratis . 6. Memperlihatkan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain dan terhadap persoalanpersoalan publik. Pemahaman bahwa demokrasi yang dikembangkan belumlah mencerminkan demokrasi yang diidealkan. 8.5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful