RAHASIA BANK

Oleh Oky Deviany Burhamzah

7 Tahun 1992.Rumusan Rahasia Bank  UU No. .10 Tahun 1998.  UU No. Pasal 1 aya7 (28): “Rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dgn keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya”. Pasal 1 ayat (16): “Rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan hal-hal lain dari nasabah bank yang menurut kelaziman dunia perbankan wajib dirahasiakan”.

42. Pasal 40: “Bank dilarang memberikan keterangan yang tercatat pada bank tentang keadaan keuangan dan hal-hal lain dari nasabahnya.7 Tahun 1992. yang wajib dirahasiakan oleh bank menurut kelaziman dalam dunia perbankan. . kecuali dalam hal sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 41.Rumusan Delik Rahasia Bank  UU No.43 dan 44”.

44 dan 44A”.10 Tahun 1998.UU No. 43.42. kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41.41A. Pasal 40:  “Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. .

hanya akan mempercayakan uangnya kpd bank atau memanfaatkan jasa bank apabila dr bank ada jaminan. .yg menyimpan uangnya di bank.7/1992:  Kerahasiaan itu diperlukan u/ kepentingan bank sendiri yang memerlukan kepercayaan masy.  Masy.Penjelasan Pasal 40 ayat (1) UU No. bhw pengetahuan bank ttg simpanan & keadaan keuangan nasabah (termasuk kredit) tidak akan disalahgunakan.

Pihak-Pihak yang Berkewajiban memegang Rahasia Bank: 1. Pegawai Bank.Pihak terafiliasi lainnya dr Bank. Anggota Direksi Bank. 4. 3. . 2. Anggota Dewan Komisaris Bank.

Pengertian Pihak Terafiliasi:  Selain dari ketiga pihak di atas. dan Kel.Komisaris. termasuk juga:  Pihak yang memberikan jasanya kepada bank. al pemegang saham & kel. . penilai. Kel. Pengurus.  Pihak yang menurut penilaian BI turut serta mempengaruhi pengelolaan bank.Pengawas. Kel. & konsultan lainnya. Kel.konsultan hukum.Direksi. seperti akuntan publik.

atas izin Pimp. Jaksa atau Hakim untuk kepentingan peradilan dlm perkara pidana. Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/ Panitia Urusan Piutang Negara atas izin Pimp.BI berdasarkan permintaan Men.Keu. atas perintah Pimp.Pihak-Pihak yang dikecualikan dari Kerahasiaan Bank:  1.42) .(Psl.BI (Psl.41)  2.BI (Psl. Polisi. Pejabat Pajak u/ kepentingan perpajakan.A)  3.

 4.BI (Psl. tanpa hrs memperoleh izin Pimp.44A). . permintaan atau kuasa dr nasabah penyimpan secara tertulis.44)  6. dlm rangka tukar menukar informasi.43)  5. Atas persetujuan. Tanpa hrs memperoleh izin dr Pimp.BI (Psl. Dlm.BI (Psl. Tanpa hrs memperoleh izin Pimp. Perkara perdata antara bank dan nasabahnya. Sesama bank.

 Menurut Pasal 57 ayat (1) tindakan tsb digolongkan sbg kejahatan. Diancam dgn pidana penjara sekurangkurangnya 2 thn & plg lama 4 thn. melanggar kewajibannya tsb. yg menyebutkan bhw pihak2 yang berkewjb.SANKSI  Sanksi terhadap Pelanggaran Rahasia Bank diatur dlm Psl. 47 ayat (2). menjaga kerahasiaan bank. . serta denda sekurang-kurangnya 4 milyar Rph dan plg banyak 8 milyar Rph.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful