You are on page 1of 12

PROPOSAL TUGAS AKHIR

PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU TAHAN PROSES HOT DIPPING BAJA KARBON RENDAH TERHADAP KETEBALAN PERMUKAAN SERTA KEKERASAN DENGAN BAHAN PELAPIS SENG
Yohanes Bagus C (3331081475)

Latar Belakang
Peranan penting struktur baja di masyarakat pada saat ini sangat diperlukan. Hal tersebut terbukti dengan maraknya penggunaan unsur logam dan baja dalam berbagai kontruksi bangunan. Melihat kemungkinan yang terjadi dan kerugian yang ditimbulkan oleh interaksi baja dengan lingkungan, maka perlu dilakukan proses finishing dengan tujuan ketahanan umur material menjadi lebih panjang, disamping itu juga menambah daya tarik dikarenakan logam yang telah melalui pemprosesan finishing terlihat tampak lebih bagus. Salah satu cara finishing logam baja adalah melakukan surface treatment pada suatu logam yaitu dengan memberi perlindungan pada permukaan logam yang salah satu cara pelapisannya dengan cara hot dipping. Seng (Zn) merupakan material yang cukup ringan dan murah. Di dunia konstruksi bangunan, seng menjadi pilihan yang masih di perhitungkan di harapkan dengan pelapisan seng ini dapat menambah resistansi baja karbon rendah terhadap korosifitas. Ketebalan pelapisan merukan hasil akhir yang selalu di cari. Karena ketebalan tersebut dapat pula menambah sifat-sifat mekanik dan menentukan kualitas dari produk.

Rumusan masalah
Dengan melihat latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana Temperatur dan Waktu Tahan Proses Hot dipping terhadap ketebalan benda uji.

Batasan masalah
Untuk menghindari meluasnya masalah maka pada penulisan ini diberikan batasan masalah sebagai berikut: 1. Material pelapis merupakan Seng. 2. Material yang digunakan sebagai spesimen uji Baja karbon rendah. 3. Kondisi instalasi Hot dipping dianggap sesuai standart. 4. Hanya membahas ketebalan dan kekerasan hasil dari proses Hot dipping.

Tujuan dan Manfaat Penelitian


Mengetahui pengaruh kekerasan material hasil Hotdipping dengan variasi temperatur dan waktu pelapisan. 1. Memberikan pengalaman kepada penulis untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama di bangku perkuliahan khususnya mengenai proses Hot dipping. 2. Memberi khasanah pengetahuan tambahan khususnya mengenai proses Hot dipping. 3. Memberi masukan kepada dunia industri, perbandingan Temperatur dan waktu untuk mendapat kekerasan dan tebal yang maksimal.

Metode-metode yang dilakukan


Studi Pustaka Metode survey pembanding Metode Analisis Data Metode Eksperimental Metode Penyimpulan

Metode Hot Dipping/ Galvanizing


Pelapisan secara Hot Dip Galvanizing (pelapisan secara celup panas) adalah suatu proses pelapisan dimana logam pelapisnya dipanaskan terlebih dahulu hingga mencair, kemudian logam yang akan dilapisi yang biasa disebut logam dasar dicelupkan ke dalam bak galvaniz yang telah berisi seng cair tadi, sehingga dalam beberapa saat logam tersebut akan terlapisi oleh lapisan berupa lapisan paduan antara logam pelapis (seng) dengan logam dasar dalam bentuk ikatan metalurgi yang kuat dan tersusun secara berlapis-lapis yang disebut fasa. Pelapisan dengan metode Hot Dip Galvanizing sering juga disebut dengan proses pelapisan logam dengan logam lain yang lebih anodik sesuai dengan deret galvanik. (Sumber

Metode penelitian
Tempat penelitian : Laboratorium Metalurgy FT. UNTIRTA Alat dan bahan: Spesimen (Baja karbon rendah) Seng(Zn) (material pelapis) Tungku pelebur NaoH, HCL/H2SO4, dan air (sebagai media pembersih spesimen)

Variabel penelitian
Temperatur : 450, 460, dan 470C waktu pencelupan :5, 10, dan 15 menit Tabel perbandingan temperatur dan waktu pencelupan ;
Waktu Temperatur

5 menit

10 menit

15 menit

450C 460C 470C

Diagram Alir Penelitian


Bahan : Baja Karbon rendah Pembuatan spesimen

Uji komposisi

Pelapisan dengan metode Hot Dip Galvanizing

Variasi temperatur dan waktu pencelupan 430,440, dan 450C serta 5, 10, dan 15 menit

Pengukuran tebal lapisan

Uji kekerasan

Data Analisis Hasil

Daftar Pustaka
http://id.shvoong.com/exactsciences/physics/2289014-pengertiandan-proses-pelapisan-hot/ http://www.4skripsi.com/skripsi-teknik/blog
http://eprints.undip.ac.id/3083/1/PENGARUH_VARI ASI_LAMA_PENCELUPAN_DAN_VARIASI_MEDI A_PENDINGINAN_TERHADAP_KUALITAS_PRO DUK_Bondan_Bramantyo_L2E002472.pdf.

http://etd.eprints.ums.ac.id/9743/2/D20003 0090.pdf

Terima Kasih