PARAMETER UNJUK KERJA

Design by : Whinny Primadasa Kamiludin Dhimas Adi Purbandono

ARTI HARFIAH
Parameter : ukuran seluruh populasi dalam penelitian yg harus diperkirakan dari seluruh contoh  Unjuk kerja : cara bekerja, perilaku, penampilan

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org#ixzz26 5Rzp5Fi

DEFINISI

Parameter unjuk kerja Merupakan suatu besaran-besaran ukuran yang didapat dari pengukuran variabel-variabel cara kerja suatu mesin

PARAMETER UNJUK KERJA Daya  Efisiensi thermis  Konsumsi bahan bakar spesifik  Tekanan efektif rata-rata dan tekanan maksimum  .

daya untuk aksesori mesin  . daya indikatif 2.  Daya dibagi menjadi dua : 1.DAYA Daya yang dimaksudkan adalah daya poros atau daya efektif sebagai penggerak beban.

 . juga fluida dengan salurannya.DAYA INDIKATIF Yaitu daya yang dihasilkan oleh ekspansi fluida kerja pada silinder. poros dengan bantalannya.  Daya ini digunakan untuk penggerak dan untuk mengatasi kerugian akibat gesekan misalnya gesekan antara piston dengan silinder.

Pompa minyak pelumas 2.DAYA UNTUK AKSESORI MESIN 1. Pompa air pendingin .

 Pompa bahan bakar  Generator  blower .

 Pengisian akumulator  lampu .

PERUMUSAN DAYA POROS ATAU DAYA EFEKTIF Ne Ni Ng Na : daya poros atau daya efektif (Hp) : daya indukatif (Hp) : daya untuk mengatasi gesekan (Hp) : daya untuk aksesori mesin (Hp) .

 Daya poros secara tidak langsung dapat diukur dengan menggunakan alat ukur dinamometer (torsi) dan menggunakan tachometer (putaran). Korelasi antara keduanya : T : momen torsi (in-lb) n : putaran poros mesin .

. Caranya adalah memperkecil kerugian.EFISIENSI MEKANIS  Tujuan dari penghitungan daya adalah untuk meningkatkan efisiensi mekanis.

EFISIENSI THERMIS  Merupakan perbandingan antara kerja yang dikeluarkan dengan kalor yang masuk. .

PENGUKURAN DAYA POROS Dynamometer Tachometer .

DYMANOMETER Fungsi dynamometer Prinsip kerja Rumus Jenis dinamometer .

FUNGSI DYNAMOMETER Sebagai alat pengukur torsi dan kekepatan putaran dari tenaga yang diproduksi dari suatu mesin atau motor penggerak yang berputar lainnya.  Uji emisi dan simulasi untuk mesin  Menentukan konsumsi bahan bakar  .  Menentukan besarnya torsi yang dibutuhkan pada suatu mesin  Menentukan karakteristik tenaga dari mesin dalam MUT.

BAGIAN DYNAMOMETER        Gantungan : sebagai tempat untuk memegang dinamometer (neraca pegas) tersebut agar tidak mengganggu proses pengukuran. Penunjuk sekala : bagian yang berfungsi untuk menunjukkan skala (hasil pengukuran) Pegas : bagian dari dinamometer (neraca pegas) yang sangat vital. Fluida kerja . Skala : harga yang tertera dalam dinamometer (neraca pegas) yang menunjukkan hasil pengukuran Batang : merupakan bagian luar yang membungkus pegas sehingga menjadi system Pengait : sebagai tempat dimana benda diletakkan.BAGIAN.

Tenaga yang diserap harus dapat diteruskan pada media pendingin. dan harus dapat menerima beban dan torsi yang bervariasi.PRINSIP KERJA     Bertindak sebagai beban yang digerakkan oleh mesin pada saat pengujian. dan harus regeneratif dalam memindahkan tenaga ke bentuk daya listrik Dinamometer dilengkapi dengan berbagai sistem kontrol dan regulator (torsi dan kecepatan) Dinamometer motor juga sebagai penggerak pada mesin yang diuji. maka dai itu haruslah mampu memberikan variasi kecepatan dan tingkat torsi selama pengujian . Dynamometer harus dapat menyerap tenaga yang dikeluarkan oleh mesin.

RUMUS PENGHITUNGAN DINAMOMETER T N : momen torsi (in-lb) : putaran poros mesin .

JENIS DINAMOMETER Dinamometer absorbsi  Dinamometer universal  Dinamometer mesin  Dinamometer chasis  Dinamometer unit absorbtion :  Eddy current/elektromagnetic brake (absorbtion only)  Electrict motor/ generator (absorb or drive)  Fan brake (absorbtion only)  Hydraulic brake (absorbtion only)  Mechanical friction brake (absorbtion only)  Water brake (absorbtion only)  Powder dynamometer  .

EDDY CURRENT/ELEKTROMAGNETIC BRAKE Jenis ini paling banyak aplikasinya dalan dinamometer chasis modern  Menghasilkan perubahan beban yang sangat cepatuntuk penyelesaian aliran beban  Menggunakan pendinginan udara  Dengan perancangan 5 Ampere 220 watt akan menghasilkan 150 Hp.  .

kehilangan tekanan.ELECTRICT MOTOR/ GENERATOR Dinamometer jenis khusus untuk kecepatan penggerak yang dapat dikontrol  Digerakkan oleh motor AC atau DC. dll  Harganya paling mahal jika dibanding dengan dinamometer lain  . dan juga dapat digunakan untuk dinamometer universal  Fungsinya bukan hanya untuk memberi beban atau meredam tenaga mesin. mengetahui berapa jumlah gesekan. tapi juga sebagai penggerak mesin.

FAN BRAKE Kipas yang meniupkan udara dan menghasilkan pembebanan kepada mesin  Mengubah perpindahan roda gigi atau kipas akan secara mudah mengukur besarnya rpm yang telah dicapai  .

dan rpm Dinamometer jenis ini terkenal dengan perubahankemampuan pembebanan yang cepat Kelemahannya adalah membutuhkan banyak oli sebagai media fluida kerja . penampungan fluida dan pipa penghubung Katup pengatur terletak pada pipa penghubung yang akan menentukan besarnya tekanan hidrolis fluida (oli) Mesin dikondisikan pada rpm tertentu dan katup ditutup. tekanan hidrolis. ketika beban mesin bertambah maka katup perkalah dibuka Besarnya daya dihitung dari volume aliran fluida.HYDRAULIC BRAKE       Sistem rem hydraulis yang terdiri dari pompa.

seperti gambar di bawah.MECHANICAL FRICTION BRAKE  Sebuah Prony brake. menghasilkan beban torsi yang bisa diubah kekeluaran poros dari penggerak utama (pada Motor pembakaran dalam. motor elektrik dan lain lain .

WATER BRAKE     Menggunakan air sebagai brake system Dinamometer jenis ini kadang salah disebut dengan (dinamometer hidrolis) Dalam lapangan dinamometer jenis ini sangatlah umum dan terkenal. dan relatif murah jika dibandingkan dengan yang lain. biaya maintenence tinggi. ringan. bentuk yang compact. respon kontrol rendah. karena kemampuannya yang besar. Kerugiannya adalah sulit dilakukan pengontrolan. inertia rendah. kebutuhan pendinginan tinggi .

Powder dynamometers biasanya digunakan pada nilai RPM rendah karena kehilangan panas yang tinggi.POWDER DYNAMOMETER Sebuah bubuk magnetik ditempatkan pada celah udara antara rotor dan koilnya. .

.HESTERESIS DYNAMOMETER  Menggunakan baja rotor yang bergerak melalui garis flux yang terbentuk diantara kutub-kutub magnetnya.

VIDEO CARA KERJA DINAMOMETER .

TACHOMETER .

Tachometer photo elektrik dapat mengukur kecepatan putaran dengan memantulkan cahaya yang bersumber pada tachometer itu sendiri.   .JENIS TACHOMETER Alat Tachometer terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu jenis tachometer mekanis dan photo electric (digital tachometer). Tachometer mekanis untuk mengukur kecepatan putaran dengan menghubungkannya langsung dari poros tachometer ke bagian mesin yang berputar untuk dilakukan pengukuran. Tachometer ini kemudian mengukur pantulan cahaya yang diterima sesuai dengan kecepatan mesin tersebut. Pantulan cahaya itu terjadi pada pesawat/komponen mesin berputar yang telah ditempel reflector.

. lalu atur switch pada daerah putaran yang telah disesuaikan tersebut. Sebelum melakukan pengukuran. bertujuan untuk mempermudah pembacaan pada tachometer. lalu tergantung pada pembacaan di tachometer. setel pada posisi sesuai putaran yang akan diukur.TACHOMETER MAKANIS  Tachometer ini dilengkapi dengan switch pengatur kecepatan yang mempunyai limit kecepatan maksimum untuk berbagai posisi. maka pilihlah kedudukan pada putaran maksimum. Bila putarannya tidak diketahui sebelumnya.

Jalankan mesin pada putaran tertentu. kopling atau poros dan sebagainya. Potong sebuah tape/reflector yang dapat memantulkan cahaya dan tempelkan pada bagian yang berputar dengan tepat. bertindak sebagai . tekan switch pada tachometer dan putar-putarlah cahaya emitter (penerima cahaya). pemancar cahaya dan perekam hasil putaran mesin. putaran yang tertera adalah nilai angka-angka yang dipertunjukkan pada alat ukur tersebut.TACHOMETER PHOTO ELEKTRIK  Tachometer ini dilengkapi dengan batu battery. Pertama bersihkan minyak atau kotoran yang menempel pada bagian yang berputar seperti. maka kecepatan putar dapat diketahui oleh alat penunjuk tersebut. Untuk tipe tachometer digital. fly wheel.