PRINSIP DASAR LINGKUNGAN

1. Lingkungan Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ilmu lingkungan ~ Ekologi terapan Ekosistem adalah tatanan (sistem) interaksi antara seluruh komponen dalam suatu lingkungan (suatu tatanan yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makluk hidup dan linglkungannya.) Lingkungan adalah suatu ruang yang mengandung makhluk hidup (biotik) dan benda mati (abiotik) serta tatanan (sistem) interaksinya secara menyeluruh (holistik). Lingkungan merupakan faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisik yang langsung mempengaruhi kehidupan pertumbuhan dan reprouksi organisme.

Lingkungan terdiri dari:  Lingkungan abiotik  Lingkungan biotik LINGKUNGAN ABIOTIK :  Lingkungan udara  Lingkungan Air  Lingkungan Tanah .

.

Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan fisik (abiotik) 1.Matahari . . .Tumbuhan hijau terutama menyerap cahaya biru dan merah dari spektrum cahaya matahari yang akan dirubah menjadi energi kimia dalam bentuk karbohidrat. letusan gunung merapi dsb. Radiasi matahari yang penting bagi organisme: Radiasi ultra violet (300-390 m) Cahaya biasa.Radiasi matahari merupakan sumber energi bagi makhluk hidup yang diteruskan ke bumi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.Sebagian besar organisme dapat hidup pada suhu0.Gangguan radiasi matahari disebabkan karena kebakaran hutan. .Mempertahankan suhu lingkungan . Baik pergerakan udara dan pergerakan air menolong penyebaran panas dan gerakan udara atau angin adalah faktor yang penting yang memungkinkan turunnya hujan.Radiasi matahari menggerakkan udara. dapat dilhat (360-760 m) Radiasi Infra merah (geolombang panas 760-1000m) .43 o C.Radiasi matahari menguapkan air yang berguna untuk siklus hidrologi . .

.

 Kira-kira 2/3 permukaan bumi ditutupi air (lautan)  Air masuk ke udara dengan cara penguapan dan kemudian jatuh ke bumi sebagai hujan atau salju.  Fungsi organisme tanah sebagai dekomposer  Memainkan peranan penting dalam mempertahankan dinamika ekosistem alam .3. nematoda. protozoa. Fungi. rawa. kolam. Lingkungan Tanah  Berbagai organisme di tanah membentuk suatu sistem yang berintegrasi dengan lingkungannya yang dikenal dengan ekosistem tanah. danau. mamalia dan amphibia  Peranan penting dari organisme tanah adalah sebagai perombak bahan organik menjadi bahan yang tersedia bagi tumbuhan hijau. Lingkungan Air  Air merupakan faktor yang sangat penting yang turut menentukan sifat atau keadaan suatu lingkungan. sungai.  Air terdapat 2 macam yaitu air laut dan air tawar 4. actinomycetes. moilusca insect. kali yang merupakan lingkungan hidup yang terbesar dimuka bumi dimana organisme hidup. algae.  Air di alam berkumpul sebagai tubuh perairan seperti lautan. Contoh:  Bakteria.

lingkungan biotik intraspecies  Organisme lain dari species atau jenis yang sama Contoh:  Manusia ---. Pengaruh positif  -Organisme lain yang menjadi bahan makanan  -Tuan rumah / inang .manusia lainnya  Pohon kepala ---.Hewan peliharaan Pengaruh oraganisme lain terhadap organisme tertentu a.LINGKUNGAN BIOTIK  Lingkungan biotik dari suatu organisme dikategorikan kedalam: a.pohon-pohon kelapa lainnya b.tumbuh-tumbuhan  Manusia ---. Pengaruh negatif  Pengaruh yang menghambat atau menghalangi perkembangan dan survival organisme ybs:  -Organisme lain yang menjadi saingan dalam memperebutkan makanan  -Parasit  -Predator b. lingkungan biotik interspecies  Orgainisme lain dari species atau jenis yang berlainan Contoh:  Manusia---.

        Bentuk-bentuk interaksi dalam lingkungan interspecies: Neutralisme adalah Yang satu tidak mempengaruhi yang lain Kompetisi adalah Terjadi persaingan satu sama lain Amensalisme adalah yang satu dirugikan yang lain tidak terpengaruh Parasitisme adalah keharusan bagi parasit sedang hostnya dirugikan Predation adalah Keharusan bagi predator dan mangsa terhambat Komensalisme adalah Keharusan bagi A tetapi B tidak terpengaruh : Bakteri pembusuk pada usus manusia Protokoperasi adalah menguntungkan bagi keduanya tetapi bukan keharusan : semut memelihara kutu daun. Mutualisme adalah menguntungkan keduanya dan merupakan keharusan .

Hal ini tersimpan dalam bahan organik hidup maupun mati (senyawa-senyawa berbasis karbon).   PROSES EKOSISTEM Aliran dan penggunaan energi oleh makhluk hidup merupakan salah satu proses yang utama dalam ekosistem. Dalam lingkungan terdapat dua sumber energi utama yaitu : autotrofik dan heterotropik. Dalam ekosistem sebahagian energi cahaya dirubah kedalam bentuk energi kimia yang dibutuhkan dalam sistem kehidupan. . yang dipecah sendiri selama proses metabolisme untuk mengeluarkan energi kimia tersimpan dan melakukan kerja (misalnya reaksi biokimia). adenosin trifosfat). Energi utama untuk kehidupan adalah radiasi matahari atau cahaya. Dalam organisme hidup bahan organik dirubah kedalam kompleks kimia tertentu ( disebut ATP.

tetapi untuk hidupnya sangat tergantung kepada energi yang kaya molekul organik hasil sintesa autotropik.  . Golongan ini memperoleh energi dari jasad hidup. Autotropik adalah golongan organisme yang dapat mengikat energi surya dan dapat merubah sumber bahan anorganik sederhana ke dalam molekul organik yang lebih kompleks. sedangkan golongan oerganisme yang memperoleh energi dari organisme mati disebut dekomposer. disebut sebagai konsumer. Heterotropik adalah golongan organisme yang tidak bisa memperoleh energi dari sumber abiotik.

sebagian dari energi tersebut akan dirubah kedalam bentuk energi kimia yang tersimpan dalam berbagai bentuk hasil tanaman. . Enzim metabolik C6H12O2 + 6 O2 CO2 + H2O +energi Bila energi radiasi menyentuh pada permukaan tumbuhan hijau.Fotosintesis Semua tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri melalui deretan reaksi kimia yang kompleks yang dilangsungkan oleh radiasi surya ( menggunakan pigmen dan khlorofill (lihat gambar dibawah). Khlorofill+enzym 12 H2O + 6 CO2 + 709 kcal C6H12O6 + 6 O2 + 6 H2O Bila organisme membutuhkan energi kebalikan fotosintesis yang terjadi.

Dan bila herbivora dimakan oleh carnivora maka degradasi energi akan terjadi pula. Produsen dan konsumen dalam suatu ekosistem dapat disusun kedalam beberapa kelompok berdasarkan tingkatan energi yang diperoleh.Bila herbivora menggunakan tumbuhan hijau (produsen) sebagai makanannya dan mengubah energi kimia. Herbivora merupakan trofik level kedua 3. Top Carnivora merupakan tropik level terakhir . Dengan demikian akan terlihat terjadinya penurunan energi dari tingkat tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Produsen merupakan trofik level pertama 2. hal yang sama akan terjadi bila carnivora dimakan oleh carnivora tingkat tinggi. maka akan terjadi degradasi energi dalam bentuk panas. 1. Carnivora merupakan tropik level ketiga 4. kedalam bentuk energi kinetik.

.

Terima Kasih Oleh : Shafira Bayu A. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful