By : Witi Ekasari

 Trichloroethylene selain dapat digunakan untuk cuci kering (dry clean). Proses oxyclorinasi dari dichloride dan chlorine ethylene klorinasi dari hidrokarbon seperti propane dan asetilen. pelarut untuk ekstraksi pada zatzat organik. trichloroethylene biasa dibuat dengan menggunakan 3 proses. pembersih dan pelarut. dan monomer asetat. Klorin juga merupakan produk dari trichloroethylene. . Trichloroethylene juga dapat digunakan untuk membuat beberapa peralatan / alat di sebuah industri.Pendahuluan  Trichloroethylene merupakan bahan kimia utama yang diproduksi dari asetilen. Trichloroethylene (C2HCl3) yang juga memiliki sifat tidak berwarna dan tidak mudah terbakar.  Trichloroethylene hampir sama dengan perkloroetilen. vinyl chloride. analgesik dan anastesi dalam bidang farmasi. Bahan kimia lainnya didapat dari asetilen yaitu acrylonitrile. Trichloroethylene banyak digunakan untuk pelapis pada logam sebelum proses electroplating. tapi yang paling utama trichloroethylene yang dibuat dengan etilen diklorit. Bahan yang paling utama untuk membuat trichloroethylene adalah dikloroetilen. Trichloroethylene diproduksi dengan alat single stage.

.Klasifikasi Proses  Dehidrokloronisasi fase uap dari tetrakloroetan dengan menggunakan BaCl2 sebagai katalis.  Dehidrokloronisasi fase cair dari tetrakloroetan dengan menggunakan susu kapur. yang akan dibahas adalah proses dehidrokloronisasi fase uap dari tetrakloroetan dengan menggunakan BaCl2 sebagai katalis.  Pada makalah ini.

21 ton  Kapasitas industri : 50-150 ton/hari . 90% konversi)  Bahan baku :  Cl2 : 1.15 ton  C2H2 : 0.Data Kuantitatif  Basis : 1 ton produk Trichloroethylene (95% yield.

Bahan Tambahan.             Bahan Baku : Trychloroethylen Cl2 ( Klorin) C2H2 (Acetylen) Bahan Tambahan: FeCl3 (Katalis) BaCl3 (Katalis) Produk Samping : C2H2Cl4 (Tetrakloroetan) HCl Produk : Trichloroethylen .& Produk.Bahan Baku.

41Sifat fisika dan kimia bahan baku  Klorin (Cl2)           Berat Molekul : 71 gr/grmol Titik leleh : -101.60C Warna : kuning kehijauan Bau : sangat menyesakkan dan sangat beracun.7 atm pada suhu 150C Titik didih : -34.Sifat Fisik dan Kimia Bahan Baku dan Produk  2. beracun pada 0.60C Titik cair : 5.35-2 ppm merupakan konsentrasi maksimum Kegunaan : untuk pembuatan kertas (pulp) dan sebagai pelarut .

04 gr/grmol  Densitas  Titik didih  Titik leleh : 1.8 oC .09670 kg/m3 (gas) : -84 oC : -80.Sifat Acetylen (C2H2)  Berat Molekul : 26.

30C Asam Klorida (HCl) Massa Molar : 36.86 gr/grmol Titik leleh : -360C Titik didih : 146.0 Viskositas : 1.46 g/mol (HCl) Titik Leleh : -260C Titik didih : 1100C Kelarutan dalam air : Tercampur penuh Keasaman (pKa) : -8. 31.Sifat fisika dan kimia produk samping              Tetrachloroethane (C2H2Cl4) Berat Molekul : 167.5 % larutan Bahaya utama : korosif .s pada 250C.9 mPa.

non asam .20C : 1.47 gr/ml : Sedikit larut dalam air.Sifat fisika dan kimia produk  Trichloroethylene (C2HCl3)  Berat Molekul  Titik leleh  Titik didih  Densitas  Kelarutan : 131. larut dalam alcohol dan eter  Kualitas : kemurnian tinggi. ekstraksi.40 gr/grmol : -730C : 87.

Reaksi yang terjadi  Proses dehidroklorinisasi fase uap  Reaksi kimia:  C2H2 + 2Cl2   C2H2Cl4 C2H2Cl4 Tetrakloroetan BaCl2 C2HCl3 + HCl FeCl3 .

Karbon      tetraklorida (CCL4) adalah cairan yang berwarna. tetraklorometan digunakan sebagai pemadaman api. bahan dalam pelapisan logam Sebagai pengering dalam sistem pembersih . Senyawa ini tidak larut dalam air sehingga menjadi pelarut yang baik untuk minyak dan lemak. Klorinasi dari oxychlorinasi digunakan untuk mensuplai pelarut/reagent yang dibutuhkan. karena kerapatannya yang tinggi dan sifatnya yang tidak mudah terbakar. Sebagai bahan pembuatan cat. berbau sedikit tidak enak dan memiliki titik didih 770C.Kegunaan produk dari Trichloroethylene (C2HCl3) antara lain adalah:  Sebagai pelarut lemak dalam pengolahan logam tekstil. Sering dipakai dalam cuci kering (dry clean) pakaian. Trichloroethylene yang lain juga dapat digunakan di tingkat industri kimia yaitu untuk pembersihan logam.