OKI HADI PRIYANTO, 6450403131

Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kota Semarang

M.PRODI : Kesehatan Masyarakat .Kes .PEMBIMBING 2 : Irwan Budiono.Kes .NIM : 6450403131 .EMAIL : kio_boys pada domain yahoo. S. Sugiharto.Identitas Mahasiswa .KM.JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat .FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan .com .PEMBIMBING 1 : Drs.TGL UJIAN : 2009-08-26 .NAMA : OKI HADI PRIYANTO . M.

Judul Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kota Semarang .

makanan luar RS (p value=0. Populasi dari penelitian ini adalah semua pasien rawat inap di kelas III dengan jumlah pasien sebanyak 82 orang.03%.Abstrak Survei pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 17 Juli 2008 di RSUD Kota Semarang ditemukan adanya sisa makanan berupa makanan pokok (nasi atau bubur). Data di analisis dengan menggunakan uji chi square atau uji fisher sebagai alternatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang berhubungan dengan terjadinya sisa makanan yaitu jadual penyajian makanan (p value=0.010). dan kelas III sebesar 28. makan siang maupun makan sore. timbangan makanan dan formulir pengamatan sisa makanan. .29% yang terdiri dari pasien rawat inap kelas I ditemukan adanya sisa makanan sebesar 4.67%. lauk hewani. Jumlah sampel penelitian sebanyak 45 pasien. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. kelas II sebesar 15. mutu makanan (p value=0. dengan rata-rata prosentase sebesar 48.59%.002). lauk nabati dan sayuran yang cukup banyak baik makan pagi. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan metode survei dengan desain penelitian cross sectional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan terjadinya sisa makanan pada pasien rawat inap kelas III di RSUD Kota Semarang. Teknik pemilihan sampel dengan cara simple random sampling.000).

Kata Kunci Faktor Sisa Makanan. Food Waste . Sisa Makanan Food Waste Factor.

1991.Referensi David J. Statistika Terapan untuk Penelitian. 1. Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Sisa Makanan Biasa pada Pasien Rawat Inap di RSUD Kraton Kab. Berpikir dan Berjiwa Besar. . Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Direktorat Gizi. Skripsi FKM UNDIP. Pekalongan. Jakarta: Penerbit buku Kedokteran EGC. Candrasari Ratnaningrum. 2005. Furqon. Kumpulan Makalah Pelatihan Gizi Klinik. Pengaruh Lama Rawat Inap Terhadap Sisa Makanan Pasien Anak di Rumah Sakit Umum Dr. dkk. Buku Pedoman Pengelolaan Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Gizi. Lamenshow Stanley. 2005. 2003.. dkk. Penilaian Status Gizi. Dewi Komalawati. 2002. I Dewa Nyoman Supariasa. Depkes RI. Kusindrati Sudibyo.. 1993. Budhi Sulistyani. Skripsi FKM UNDIP. Schwartz. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. 2002. Jakarta: Binarupa Aksara. . 2005. Semarang: Pendidikan Ahli Madya Gizi Semarang dan Departemen Kesehatan RI.. 1996. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jogyakarta: Poltekes. Hubungan Antara Persepsi Pasien dan Sisa Makanan dengan Diet Biasa yang disajikan pada Pasien Rawat Inap di RS Banyumanik Semarang. Bandung: Alfabeta. 6 no. Vol. 1997. Nutrisia.

ac.id .Terima Kasih http://unnes.