{

Kelompok 7: -evelyn -felicia wijaya

1. atau lainnya. mereka dapa tmelihat corak khas kebudayaan lain. kota. kelompok kekerabatan. memiliki suatu corak yang khas. baik suatu komunitas desa. terutama apabila corak khas tersebut mengenai unsusr-unsur yang perbedaaannya sangat mencolok dibandingkan dengan kebudayaan itu sendiri. . Warga kebudayaan itu sendirii biasanya tidak menyadadari dan melihat corak khas tersebut. Tiap kebudayaaan yang hidup dalam suatu masyarakat.Konsep Suku Bangsa  Suku bangsa. yang terutama tampak oleh orang yang berasal dari luar masyarakat itu sendiri. Sebaliknya.

atau mungkin juga karena kebudsayaan menganut suatu tema budaya yang khusus. corak khas mungkin pula disebabkan karena adanya kompleks unsure-unsur yang lebih besar. Sebaliknya. Suatu kebudayaan dapat memiliki suatu corak yang khas karena berbagai sebab. . atau kebudayaan tersebut memiliki pranata-pranata dengan suatu pola social khusus. sehingga tampak berbeda dari kebudayaan-kebudayaan lain. yaitu karena adanya suatu unsure kecil (dalam bentuk unsure kebudayaan fisik) yang khas dalam kebudayaan tersebut.

seperti misalnya unsur-unsur organisasi kemasyarakatan. dan sebagainya. bentuk-bentuk ornament perhiasan dan gaya pakaian. bertranspor. senjata. Daerah-daerah kebudayaan penduduk pribumi di berbagai benua di dunia akan disebut satu demi satu dengan sedikitketerangan dimulai dari daerah Amerika karena system daerah kebudayaannya seperti apa yang telah diuraikan dengan mengklaskan aneka warna kebudayaan penduduk Indian pribumi di Amerika Suatu daerah kebudayaan menggolongkan kedalam satu golongan beberapa puluh kebudayaan yang satu dengan yang lain berbeda berdasarkan atas persamaan dari sejumlah ciri dalam kebudayaan bersangkutan. melainkan juga unsure-unsur kebudayaan yang lebih absrak dari system social atau system budaya. bertani. dan adat-istiadat. unsur cara berpikir . yang menjadi alasan klasifikasi itu tidak hanya berwujud kebudayaan fisik seperti misalnya alat-alat berburu.Konsep daerah kebudayaan  Suatu daerah kebudayaan merupakan suatu pembagian atau golongan dari suku-suku bangsa yang dalam masing-masing kebudayaannya yang beraneka warna mempunyai berbagai unsur. upacara keagamaan. system perekonomian. .2.

masyarakat pemburu dan peramu B.      A. masyarakat peternak C. masyarakat peladang D. . masyarakat petani pedesaan F. masyarakat perkotaan kompleks. masyarakat nelayan E.

yang meliputi yang meliputi suku bangsa pemburu binatang laut di pantai utara dan di barat laut 2. yaitu: 1.yang meliputi kebudayaan suku bangsa pemburu binatang hutan di koneferus di Kanada Barat laut 3.Kebudayaan Yukon makanzie.Daerah kebudayaan pantai kebudayaan barat laut.yang meliputi kebudayaan-kebudayaan sukusuku bangsa bermasyarakat rumpun yang hidup di desa ddi tepi pantai barat laut Kanadayang hidup dari perikanan .Daerah kebudayaan Eskimo .3.Konsep daerah kebudayaan di amerika utara  Menurut Clark Wissler daerah kebudayaan di Amerika Utara dapat diklasifikasikan menjadi 10 daerah kebudayaan.

Daerah Kebudayaan Dataran tinggi.Daerah kebudayaan meksiko. 9.yang meliputi kebudayaankebudayaansuku bangsa bermasyarakat rumpun yang hiddup di desa dalam rumah-rumahsetengah dibawa setengah dibawah tanah di musim dingin 5.yang merupakan merupakankebbudayaan masyarakat rumpunyang tersebar didaerah gurun 8.yang meliputi kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rakyat pedesaanyang beriorentasi tentang peradaban kota yang banyak terpengaruh oleh kebudayaan Spanyol.Daerah kebudayaan plains.yang meliputi kebudayaan suku bangsa bermasyarakat maupun sampai abaddidaerah stepa-stepa maha luas 6.4.yang meliputi kebudayaan suku bangsa bermasyarakat rumpun yang tersebar didaerah sekitar bagian timur laut dan hidup berdasarkan pertanian 7.Daerah kebudayaan hutan timur. .Daerah kebudayaan daerah Kalifornia.Daerah Kebudayaan Tenggara.yang merupakan kebudayaan masyarakatrumpun yang tersebar di daerah gurun9.Daerah kebudayaan Barat Daya.yang meliputi kebudayaan yang hidup bercocok tanam 10. Dan agama Katolik.

system ini membedakan empat tipe kebudayaan latin yaitu: 1.4.M Cooper.Tropical Forest cultures 4.Marginal cultural . Konsep daerah kebudayaan di amerika latin  Benua Amerika selatan dan Amerika tengah pertama-tama dibagi kedalamdaerah kebudayaan amerika Latin oleh J.Andean Civilization 3.Circum Carribean 2.

Daerah kebudayaan berburu dan meramu adalah daerah yang disebut Cooper adalah disebut marginal culture .Cultures Of Nomadic and Gatheres. Dalam buku J.Daerah kebudayaan Andes Selatan meliputi suku yang hidup di bagian selatan 4. zamankejayaan kerajaan Incha di pegunugan Andes 3.H Steward dan L.Daerah kebudayaan rimbaTropik merupakan suku bangsa perairan sungaiAmazondan anak sungainya.Southern Andean Cultures 4. 5.Daerah kebudayaan Andes merupakan daerah kebudayaan pra-Incha. 2.C FFaron berjudul Native of south America(1959) yang merupakan suatu iktisar dari seluruh bahan yang tercantum dalam of Handbook the south of Amerika Indians menjadi lima tipe 1.Tropical Forest Cultures 5.Andean Cltures 3. 1. Daerah kebudayaan Cacique merupakan kebudayaan yang dulu maupunsekarang tersebar di kepulauan Carribean di Negara Venesuela dan Columbia.Cultues with Theocratic 2.

kebudayaan-Kebudayaan penduduk Melanesia menunjukkan beberapa ciri menyolok yang khas misalnya suatu systemsocial yang berdasarkan berkebun kecil-kecilan dengan atau tanpa kombinasidengan aktifitas meramu sagu.Dipandang dari segi etnografi.Penduduk Makronesia yang pada umumnya mengucapkan bahasa-bahasayang sekeluarga juga menunjukkan suatu pengkhususan mengenai system pencarian .Sub-Sub kebudayaan di Oseania  Kebudayaan dari penduduk kepulauan teduh dalam keseluruhan belum pernah dibagi kedalam culture areas oleh para ahli antropologi dan memang lebihmudah untuk menggolongkan aneka warna kebudayaan.5.

serta seni patung yang menarik. serta kepandaian bernavigasi yang mengagumkan. Satu hal yang sama hamper semuakebudayaan di Polinesia adalah suatu perkembangan dari sebuah kebudayaanmaritim yang maju termasuk kecakapan membuat perahu-perahu cadik yang dpat berlayar di lautan terbuka. upacara keagamaan yang besar. Dari sudut eetnografi kebudayaankebudayaan polinesia mmenunjukkan aneka warna yang besar dari yang sangat sedehanahinggfa yang kompleks denga system mengenai kerajaan. . dan kemasyarakatannya sebagai sebagai pulau-pulau Atol tang kecil dansempit yang hidup dari berkebun kecil-kecilan dalam kombinasi denagan perikanan secara luas.Penduduk polenesia dipandang dari sudut ras menunjukkan ciri fisik yang khas juga yaitu ciri Polinesia yang menurut para ahli sebenarnya belum banyak diteliti dan dianalisis.