Konsep Dasar Keperawatan Menurut King

Disusun oleh: Defika Namira Lisnawati Silalahi

Definisi Manusia. lingkungan. kesehatan.  Lingkungan suatu sistem sosial dalam masyarakat adalah kekuatan dinamis yang mempengaruhi perilaku sosial. interaksi. . Lingkungan. Sehat. Pandangan king mengenai manusia/klien. dan Keperawatan. King menyatakan pemahaman mengenai tata cara manusia berinteraksi dengan lingkungan mereka untuk mempertahankan kesehatan merupakan inti bagi perawat. persepsi dan kesehatan. dan keperawatan adalah sebagai berikut:  Klien adalah individu atau sistem perorangan atau kelompok yang tidak mampu untuk mengatasi kejadian atau masalah kesehatan dan berinteraksi dengan lingkungan.

 Kesehatan dipandang sebagai bagian dinamik dalam lingkungan kehidupan. Kemampuan melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari meliputi peran sosial.  Keperawatan proses interaksi antara perawat dengan klien untuk mencapai tujuan melalui suatu transaksi. . koping terhadap stressor lingkungan dan kemampuan menggunakan sumber daya yang ada secara optimal.

Tujuan Keperawatan Menurut king Adapun tujuan teori keperawatan menurut king dalam buku nya adalah memperhatikan kesehatan stressor lingkungan dan kemampuan menggunakan sumber daya yang ada secara optimal. Menurut king. tujuan dari teori keperawatan adalah untuk mengajukan kerangka konseptual referensi bagi ilmu keperawatan untuk digunakan oleh mahasiswa dan pengajar dan juga peneliti dan praktisi untuk mengidentifikasi dan menganalisis peristiwa-peristiwa dalam situasi keperawatan spesifik. .

Persepsi. diartikan sebagai gambaran seorang ttg realita. individu dengan kelompok. dan latar belakang pendidikan. konsep diri. adalah sebagai suatu proses dari persepsi dan komunikasi antara individu. Komunikasi. diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain secara langsung maupun tidak langsung. persepsi berhubungan dengan pengalaman yang lalu. sosial ekonomi. individu dengan lingkungan yg dimanifestasikan sebagai prilaku verbal dan non verbal dalam mencapai tujuan. genetika.Kerangka Konsep Keperawatan menurut King    Interaksi. .

   Transaksi. Stress. . jika terjadi konflik dan kebingungan peran maka akan mengurangi efektifitas pelayanan keperawatan. diartikan sebagai suatu keadaan dinamis yang terjadi akibat interaksi manusia dengan lingkungannya. Peran. Stress melibatkan pertukaran energi dan informasi antara manusia dengan lingkungannya untuk keseimbangan dan mengontrol stessor. Tolak ukurnya adalah hak dan kewajiban sesuai dengan posisinya. merupakan serangkaian prilaku yang diharapkan dari pekerjaannya dalam sistem sosial. diartikan sebagai interaksi yang mempunyai maksud tertentu dalam pencapaian tujuan.

Waktu adalah perputaran antara satu peristiwa dengan peristiwa lain sebagai pengalaman unik dri setiap manusia. Tumbuh kembang mencakup sel. adalah sebagai suatu hal yang ada di mana pun berada.  . diartikan sebagai urutan dari kejadian/peristiwa kemasa yang akan datang. Waktu. adalah perubahan yang kontinue dalam diri individu.Next…   Tumbuh kembang. Ruang. molekul dan tingkat aktivitas prilaku yang kondusif untuk membantu individu mencapai kematangan. merupakan area/tempat dmna trjadi interaksi antara perawat dengan klien.

.  Komunikasi meningkatkan mutual goal setting antara perawat dan pasien membawa pada kepuasan.  Kepuasan perawat dan pasien karena meningkatnya perahian tujuan. perawat.  Pencapaian tujuan mengurangi stress dan kecemasan dalam situasi keperawatan. atau keduanya.  Konflik peran dialami oleh pasien.Asumsi Dasar Teori King King menurunkan tujuh hipotesis teori pencapaian tujuan:  Perceptual accuracy antara interaksi perawat dan pasien meningkatkan mutual goal setting.  Kesamaan kepuasan peran meningkatkan transaksi dalam interaksi antar perawat dan pasien. menurunkan transaksi perawat pasien.

Berdasarkan hal tersebut. Dalam mencapai hubungan interaksi. Kemudian hubungan interpersonal merupakan suatu hubungan antara perawat dan pasien dalam menegakkan sistem sosial sesuai dengan situasi yang ada. maka manusia memiliki tiga kebutuhan dasar yaitu kebutuhan terhadap informasi kesehatan.Model Keperawatan King Kita memahami model konsep dan teori keperawatan dengan menggunakan pendekatan sistem terbuka dalam hubungan interaksi yang konstan dengan lingkungan sehingga king mengemukakan dalam model konsep interaksi. gambaran tubuh ruang dan waktu dari individu dan lingkungan. dan sistem sosial yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. sistem interpersonal. king menggunakan konsep kerjanya yang meliputi adanya sistem personal. adanya pola tumbuh kembang. . kesehatan terhadap pencegahan penyakit. Menurut king. sistem personal merupakan sistem terbuka di mana di dalamnya terdapat persepsi. dan kebutuhan terhadap perawatan ktika sakit.

Sekian dan Terima Kasih… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful