11/20/12

MEMPERKUAT PONDASI BANGUNAN DENGAN GROUTING : STUDY KASUS DARI TURKI

OLEH :YOHANIS ARSON Stb : D111 O8 291

Click to edit Master subtitle style

11/20/12

Grouting

adalah

salah

satu

teknik

untuk

meningkatkan stabilitas konstruksi dan tanah/batuan dengan cara menginjeksikan bahan grouting (semen) ke dalam lubang bor atau retakan suatu konstruksi/tanah/batuan yang tidak stabil, dalam proses ini pori-pori konstruksi/tanah/batauan akan terisi dengan bahan grouting. Pada tanah pengisian poripori tanah oleh bahan grouting akan membatasi permeabilitas dan memperbaiki tanah sifat-sifat komprebilitas dan kekuatan

adalah teknik pelaksanaan sementasi dengan menyemprotkan bahan sementasi secara langsung terhadap konstruksi bangunan yang diperbaiki 2.Perkuatan terowongan . ementasi pemadatan/compaction groutingTeknik compaction grouting biasa digunakan untuk: . Permeation Grouting . Compaction Grouting.11/20/12 MACAM.MACAM GROUTING Berdasarkan tujuannya grouting dapat diubedakan menjadi 5 jenis yaitu : 1.

11/20/12 3. Fracture/claquage grouting. adalah injeksi sementasi pada suatu konstruksi teknik sipil untuk memperbaiki kerusakan pada struktur tersebut. Sementasi tersebut disuntikan secara langsung ke dalam tanah atau batuan yang mengalami keretakan Mixing/jet grouting) adalah metode grouting yang menggunakan tekanan yang sangat tinggi untuk mengikis. mengganti tanah yang mengalami kerusakan dengan menggunakan 4. .

. Fill grouting. adalah sementasi yang dilakukan untuk menanggulangi/menambal tanah atau pun bangunan yang memiliki lubang sehingga perlu di isi dengan grouting.11/20/12 5.

11/20/12 Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai penguatan pondasi bangunan menggunakan grouting (sementasi) yang berdasarkan studi kasus di Turki. Kondisi tanah untuk menopang beban bangunan sangat dipengaruhi oleh keberadaan air tanah. Studi ini didasari oleh meningkatnya jumlah bangunan bermasalah di turkey sebagai akibat perkembangan kota yang tidak terkendali namun tidak didukung dengan adanya kondisi tanah yang memadai sebagai penyokong bangunan. .

11/20/12 Gambar 1 . .

. Air tanah dapat mengakibatkan korosi yang dapat merusak pondasi yang tentu akan berpengaruh pada daya dukung pondasi.11/20/12 Keberadaan air tanah tidak hanya mempengaruhi sifat fisik dan sifat mekanik tanah tapi juga mempengaruhi pondasi. Dalam studi ini yang menjadi objek penelitian adalah pondasi yang berada di bawah muka air tanah dimana terdapat rembesan air yang sangat besar kedalam bagian ruang bawah tanah terutama pada musim dingin yang bahkan 4 buah pompa tidak cukup untuk menguras rembesan air.

11/20/12 Gambar .

Dari peta tampak sedimen menutupi area yang luas dan juga .11/20/12 Gambar 2 Gambar diatas (gambar 2)menggambarkan kondisi geologis kota ortaca dan sekitarnya secara sederhana.

.11/20/12 Gambar 2 Gambar diatas (gambar 2)menggambarkan kondisi geologis kota ortaca dan sekitarnya secara sederhana. Keberadaan sedimen berhubungan dengan aliran air. Dari peta tampak sedimen menutupi area yang luas dan juga bebatuan.

11/20/12 Gambar 3 .

Profile tanah terdiri dari kerikil dan juga gumpalan pasir di berbagai kedalaman.5 m . Sedangkan kedalaman muka air tanah berkisar dari 1.5m.11/20/12 Gambar di atas (gambar 3)memperlihatkan lubang bor sedalam 10 m. Dari analisa saringan yang dilakukan pada sampel tanah dari level pondasi diperoleh 66 %kerikil dan 34 % pasir.4.

Dalam prakteknya material grouting disuntikkan kedalam tanah yang longgar untuk memperbaiki sifat geoteknik tanah yang bermasalah.11/20/12 Metode dan Bahan Grouting digunakan untuk memasukkan material cair kedalam formasi geologi. .

11/20/12 .

11/20/12 .

1/3 campuran semen dan air disuntikkan ke dalam tanah. seabanyak dua puluh lubang grouting dibor sedalam 6 meter. Skema tampilan bangunan sebelum dan sesudah injeksi diilustrasikan pada Gambar 6. . Grouting ini diterapkan dari bawah ke atas dan diberi tekanan sebedar 25 kPa untuk setiap meter (Tabel 1).11/20/12 Dalam studi ini. Pola distribusi lubang grouting diilustrasikan pada Gambar 5.

11/20/12 Gambar 5. pola distribusi lubang grouting .

kondisi sebelum injeksi .11/20/12 Gambar 6 a.

Kondisi setelah injeksi .11/20/12 Gambar 6b.

11/20/12 Kesimpulan 1. Air tanah dapat memberi efek merusak pada beton dan menggangu daya dukukung tanah. 2. 4. . 3. Profil tanah yang terdiri dari 66% kerikil dan 34 pasir besifat sangat permeabel Metode penguatan pondasi menggunakan grouting bisa dilakukan untuk semua bangunan yang memiliki masalah rembesan air Grouting bisa mengurangi sifat permeabilitas tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful