(Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan

)

SAYURAN, BUAH DAN HASIL OLAHANNYA

Oleh : Anja Nila Manik Eka Indra Setiyorini Nukita Candra Rukmana Tutut Rizki Rosandy (085544066) (085544089) (085544122) (085544241)

Pengertian Sayuran ?  Sayuran adalah tanaman hortikultura. . umumnya mempunyai umur relatif pendek (kurang dari setahun) dan merupakan tanaman musiman.

sukrosa (gizi dan cita rasa manis)  serat makan : non digestible polisakarida + selulosa (mencegah kanker usus)         Protein : 1% pada buah segar . Volatiles senyawa “cita rasa” Pigmen alami : menentukan warna kulit dan daging buah (karotenoid dan antosianin) . Kehilangan vitamin C selama pengolahan : 5 – 60 %. P Beta karoten dan beberapa karotenoid lain merupakan precursor vitamin A berwarna kuning – oranye.Komposisi buah dan sayur   Air : 80-95% bobot. Sayuran umbi = 50 % dan 75 % pada sayuran hijau. zaitun 15%) Asam organic : sitrat. 5% pada legum Lemak : < 1% pada kebanyakan buah dan sayur (alpukad 20% . fruktosa. alkali.3% pada buah-buahan masam Vitamin + mineral (larut dalam air) : Na. 2% pada sayuran pada umumnya. Vitamin C disebut “fresh food vitamin” vitamin C paling mudah rusak (mudah larut dalam air. bijian dan umbi 50% Karbohidrat : 2-40% sebagai polisakarida  gula terutama pada yang masak : glukosa. dan sinar. tidak tahan panas. K. Vitamin A diperlukan antara lain untuk penglihatan. malat .

sobek) Kerusakan fisiologis : Freezing injury. memar. heta injury Kerusakan patologis   . teriris/terpotong. pecah/patah.Tipe kerusakan buah dan sayur ?  Kerusakan fisik (tergores. chilling injury.

. bawang putih. misalnya kentang. Pada cara ini sayuran disimpan pada suhu 5-8 oC.  Penyimpanan dengan merendam pangkal batang Jenis sayuran yang dapat disimpan dnegan merendam pangkal batangnya adalah sayuran yang dijual dengan batangnya..  Penyimpanan pada suhu rendah Penyimpanan pada suhu rendah dilakukan dalam lemari es. bawang merah atau sayuran umbi lain yang dijual bersama tunasnya.Penyimpanan sayuran :  Penyimpanan pada suhu kamar Sayuran yang dapat disimpan pada suhu kamar umumnya adalah jenis umbi.

Pada umumnya bagian tanaman ini merupakan tempat biji.Pengertian Buah  Buah adalah bagian tanaman hasil perkawinan putik dan benangsari. .

Flavonoid  Asam-asam organic  Kandungan lainnya .Komposisi buah-buahan dan perubahan-perubahannya  Karbohidrat  Pati  Gula  Pektin  Vitamin dan mineral  Pigmen : Klorofil. Karotenoid.

Hasil olahan: Manisan Jus Selai Sirup .

Pembuatan Sirup & Sari Buah: .

..Terima Kasih Wslkm..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful