Definisi Speech Coding

Speech Coding/Coding Pidato adalah aplikasi kompresi data dari sinyal audio digital yang berisi pidato(suara). Coding menggunakan pidato pidato khusus estimasi parameter dengan menggunakan teknik pemrosesan sinyal audio untuk memodelkan sinyal ucapan, dikombinasikan dengan algoritma kompresi data generik untuk mewakili parameter dimodelkan menghasilkan bitstream kompak.

Pengkodean vocoding . Pengkodean waveform 2.Metode Speech Coding Terdapat 2 teknik yang digunakan dalam menganalisa suara yaitu : 1.

32. kegiatan pengkodean. atau 16 kbps (tergantung pada teknologi). .Dalam pengkodean waveform. transmisi. dan kemudian mereproduksi waktu suara analog dimodelkan dalam bentuk amplitudo. Jumlah bit per detik untuk merepresentasikan suara dengan metode ini adalah “tinggi” sekitar 64.

5. dan waktu tunda (delay) dipengaruhi oleh pemrosesan dan pengkodean. Sebagian besar aplikasi VoIP telah beroperasi di kisaran 8 kbps. Jumlah bit per detik untuk merepresentasikan suara dengan metode ini adalah “rendah” sekitar 9. 3 kbps dan bahkan lebih rendah (tergantung pada teknologi). tetapi efek ini dapat dikurangi sampai batas tertentu dengan menambahkan kompleksitas pengolahan.3. 6. kompleksitas. tidak menutup kemungkinan untuk tingkat yang lebih tinggi terutama untuk aplikasi intraenterprise. kecepatan bit. . Kualitas suara.Pengkodean vocoding mereproduksi kurva suara analog dengan melakukan analisis matematis (transformasi spektral). Kualitas berdampak negatif apabila kecepatan bit mengalami penurunan. kualitas suara menjadi rusak dan kurang dari 4. 6. Namun.8 kbps.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful