FUNGSI KUADRAT SERTA GRAFIKNYA

Oleh :

Annisa Eprila Fauziah Citra Sari Desy Oktariany Iwan Ahmad Misbahudin

(1211205008) (1211205014) (1211205017) (1211205034)

Pendidikan Matematika A

b. . c R dan a ≠ 0 disebut fungsi derajat dua atau lebih lazim disebut fungsi kuadrat.Grafik Fungsi Kuadrat Fungsi f: R → R yang dinyatakan dengan f: x → ax2 + bx + c dimana a. Fungsi kuadrat f: ax2 + bx + c mempunyai persamaan y= ax2 + bx + c dan grafiknya berupa parabola.

0) dan (x2. merupakan pembuat nol fungsi dan didapat y = 0 atau 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 = 0 .Membuat Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat (Parabola) Untuk membuat sketsa grafik fungsi kuadrat atau parabola f(x) = 𝑎𝑥 + 𝑏𝑥 + 𝑐 dapat ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Melihat sifat membuka parabola. dan mempunyai dua buah penyelesaian. yaitu x1 dan x2. Ada tidaknya titik potong bergantung pada nilai D (diskriminan) dengan D = 𝑏 2 − 4𝑎𝑐 . maka parabola akan membuka ke atas Jika 𝛼 < 0. 0)  Jika D = 0. maka parabola akan membuka ke bawah 2 2) Menentukan titik potong parabola dengan sumbu x Titik potong fungsi f(x) = 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 dengan sumbu x. maka parabola memotong sumbu x di dua titik yang berbeda yaitu di titik (x1. maka parabola tidak berpotongan dengan sumbu x . yaitu :  Jika D > 0. yaitu : Jika 𝛼 > 0. maka parabola memotong sumbu x di satu titik (bersinggungan) yaitu di titik (x. 0)  Jika D < 0.

2𝑎 −4𝑎 Rumus −𝑏 2𝑎 . 𝐷 −4𝑎 dapat dibuktikan sebagai berikut : 𝑏 2 2𝑎 𝑏 2 2𝑎 𝑏 2 2𝑎 𝑎𝑏 2 4𝑎2 𝑏 2 4𝑎 𝑏 2 4𝑎 y = 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐  y = 𝛼 𝑥 +  y = 𝛼 𝑥 +  y = 𝛼 𝑥 +  y = 𝛼 𝑥 +  y = 𝛼 𝑥 + Untuk x = − 𝑏 2𝑎 𝑏 2 2𝑎 𝑏 2 2𝑎 − − − + 𝑐 + 𝑐 + 4𝑎𝑐 4𝑎 − + 𝑏2 − 4𝑎𝑐 4𝑎 𝑏2 − 4𝑎𝑐 −4𝑎 …………. 𝐷 −4𝑎 . *) maka bentuk *) menjadi y = 𝛼 y= 𝑏 − 2𝑎 + 𝑏 2 2𝑎 + 𝑏2 − 4𝑎𝑐 −4𝑎 𝑏2 − 4𝑎𝑐 −4𝑎 𝐷 −4𝑎 Karena D = 𝑏 2 − 4𝑎𝑐 maka y = sehingga diperoleh titik balik −𝑏 2𝑎 .3) Menentukan titik balik atau titik ekstrim Titik balik atau titik ekstrim sebuah kurva dapat ditentukan dengan menggunakan rumus : −𝑏 𝐷 .

−4𝑎 𝐷 . −4𝑎 disebut titik balik disebut nilai minimum. 5) Jika diperlukan tentukan pula beberapa titik yang dilalui oleh parabola dengan memberikan harga x sebarang. maka y = c. disebut titik balik Untuk 𝛼 < 0 maka titik maksimum dan nilai y = 𝐷 −4𝑎 disebut nilai maksimum. 4) Menetukan titik potong parabola dengan sumbu y (syarat x = 0) Jika y = 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 untuk x = 0. . c) merupakan titik potong parabola dengan sumbu y. sehingga (0.Untuk 𝛼 > 0 maka titik minimum dan nilai y = 𝐷 −4𝑎 −𝑏 2𝑎 −𝑏 2𝑎 𝐷 .

0) titik potong kurva y = 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 dengan sumbu x. Jadi. x = 2𝑎 x1 x2 −𝑏 −𝑏 + = . 0) dan (x2. maka akan ada satu titik misalkan titik (x. maka −𝑏 2 𝑎𝑥 + 𝑏𝑥 + 𝑐 = 0. maka x1 + x2 = .y) yang merupakan titik x1 x2 tengah antara kedua itik tersebut sehingga x = + 2 2 kemudian jika y = 𝑎𝑥 + 𝑏𝑥 + 𝑐 dan y = 0. . karena x = garis yang terletak 2 2𝑎 2𝑎 antara kedua titik tadi maka dapat disimpulkan −𝑏 bahwa garis x = merupakan sumbu simetri 2𝑎 parabola y = 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 .6) Parabola mempunyai sifat kesetangkupan (simetris) terhadap suatu garis atau dengan kata −𝒃 lain mempunyai sumbu simetri yaitu garis x = 𝟐𝒂 Jika titik (x1.

𝛼 > 0 dan D > 0 𝛼 > 0 dan D = 0 𝛼 > 0 dan D < 0 (disebut definit positif) 𝛼 < 0 dan D > 0 𝛼 < 0 dan D = 0 𝛼 < 0 dan D < 0 (disebut definit negatif) .Berdasarkan uraian di atas maka sketsa parabola dapat ditampilkan secara keseluruhan sebagai berikut.

dan memotong sumbu Y di titik (0. Contoh soal : Tentukan persamaan fungsi kuadrat yang memotong sumbu X di titik A (1.0). Persamaan fungsi kuadrat f(x) = 𝛼x2 + bx + c apabila diketahui dua titik potong terhadap sumbu X dan satu titik lainnya dapat ditentukan dengan rumus berikut . B(-3.0) dan (-3.3) Jawab : Titik (1. .Menyusun Persamaan Fungsi Kuadrat 1.0). (1) . .0) disubstitusikan ke f(x) menjadi : f(x) = 𝛼 (x – 1)(x + 3) .

1)(x + 3) 3 = -3𝛼 𝛼 = -1 Persamaan fungsi kuadratnya menjadi : Jadi fungsi kuadratnya adalah .Kemudian subsitusikan (0.3) ke persamaan (1) menjadi : 3 = 𝛼 (0 .

2. Persamaan fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx + c apabila diketahui titik puncak grafik (xp’ yp) dan satu titik lainnya dapat ditentukan dengan rumus berikut. Grafik fungsi kuadrat menyinggung sumbu X di A(x1. Persamaan fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx + c apabila diketahui tiga buah titik sembarang yang dilalui parabola dapat ditentukan dengan rumus berikut : y = ax2 + bx + c 4. 3.0) dan B(x2. Persamaan fungsi kuadratnya dapat dinyatakan sebagai: y = f(x) = a( x – x1 2 ) .0) dan melalui sebuah titik tertentu.

atau yang searti dengan kata itu. tertinggi.atau yang searti dengan kata. nilai maksimum atau minimum diungkapkan dengan menggunakan kata yang berbeda misalnya: a.. Nilsi ekstrim (maksimum atau minimum) mempunyai peran penting dalam memevahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadat.. Kata. dapat dihubungkan dengan konsep nilai minimum fungsi kuadrat. Dan dalam kehdupan sehari – hari. sringkali diperoleh model matematika yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.. terkecil. terendah.. b.kata terdekat . Kata-kata terjauh..Merancang model matematika yang berbentuk fungsi kuadrat Dalam beberapa perhitungan matematiaka dan dalam kehidupan sehari – hari . terluas. .. terpendek. terbesar... terpanjang.kata itu dapat dihubungkan dengan konsep nilai maksimum fungsi kuadrat.. tersempit.

.maka hal ini merupakan indikator bahwa masalah tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan model matematika berbentuk fungsi kuadrat langkah. Tafsirkan hasil – hasil yang diperoleh pada langkah 3 terhadap maslah semula. Rumuskan fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari masalah. Nyatakan besaran yang ada dalam masalah sebagai variabel ( dilambangkan dengan huruf – huruf ) untuk mendaptkan hubungan atau ekspresi matematikanya. 3. Tentuka peyelesaian dari model matematika fungsi kuadrat yang diperoleh pada langkah ke 2. 2.langkah pemecahan selanjutnya adalah sebagai berikut: 1. 4.kata seperti di atas.Jika dalam sebuah memuat kata.

Tentukan persamaan fungsi kuadrat dari grafik dbawah ini ! .Soal .Soal 1.

Buatlah grafik fungsi dari persamaan 2 y = 𝑥 . -6). 2). -10) ! . Tentukan fungsi kuadrat yang melalui titik A(-1.x – 6 ! 3. B(-2.2. dan C(2.

Tentukanlah luas minimum dari segitiga DEF ! A E B F D C .4. E pada AB antara A dan B. Pada bujursangkar ABCD diketahui AB = 𝛼. sedemikian hingga EB = FC. F pada BC antara B dan C.

16 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful