Alexandra A. V.

A (1006688546) Aufa Apriliani (1206246206) Syubbanur Rijal (1206253426)

Gender dan Seksualitas   Gender adalah perbedaan psikologis. sosial. dan budaya antara laki-laki dan perempuan (Giddens)  Seksualitas/jenis kelamin bersifat biologis dan dibawa sejak lahir sehingga tidak dapat diubah (Kerstan) .

Gender dan Sosialisasi   Gender terbentuk karena adanya proses sosialisasi dan dapat berubah.  Sosialisasi gender adalah proses sosialisasi yang membentuk persepsi diri dan aspirasi gender.  Agen sosialisasi gender: o Keluarga o Sekolah o Media massa .

Sekolah.  Media massa: terdapat iklan tentang keperluan rumah tangga yang diperankan oleh perempuan dan iklan yang mempromosikan produk mewah diperankan oleh laki-laki.  Sekolah: adanya pemisahan antara siswa dengan siswi agar mendapat pelajaran yang berbeda.Fenomena Isu Gender dalam Keluarga. dan media masa  Hal-hal yang dipaparkan oleh Macionis:  Keluarga: saat seorang anak lahir terdapat pertanyaan apa jenis kelamin anak tersebut dan cara penanganan anak untuk menciptakan kepribadian didalam dirinya. dan pilihan karir. paduan studi. .

Faktor-faktor Isu Gender  Faktor-faktor yang berpengaruh atas isu gender yang timbul dalam keluarga. dan media massa antara lain: 1. 2. sekolah. Sosial budaya yang dianut. Pola asuh dalam keluarga. terbagi menjadi:  Patriarki  Matriarki Seksisme .

Contoh Gender dalam Keluarga. dan Media Massa  Keluarga Perempuan  Laki-Laki Diperlakukan lemah lembut Diberikan benda berwarna terang Diperlakukan secara tegas Diberikan benda berwarna gelap  Sekolah Perempuan Mempelajari hal-hal ekonomi rumah tangga Mengarah ke ilmu sosial humaniora Laki-Laki Mempelajari hal-hal di bidang teknik pertukangan Mengarah ke ilmu pengetahuan alam . Sekolah.

Lanjutan..   Media Massa Perempuan Iklan produk keperluan rumah tangga Menempati peran pada posisi jabatan rendah seperti resepsionis Laki-Laki Iklan produk mewah Menempati peran pada posisi jabatan tinggi seperti presiden direktur .

kekayaan.  Macam-macam stratifikasi: • Gender dan Pendidikan • Gender dan Pekerjaan • Gender dan Penghasilan • Gender dan Kekuasaan. Dalam hal ini terbagi lagi menjadi:  Gender dan Politik  Gender dan Keluarga . dan privilise antara laki-laki dan perempuan (Macionis).Gender dan Stratifikasi   Stratifikasi gender adalah ketimpangan dalam pembagian kekuasaan.

Adanya ketimpangan antara kekuasaan istri dan suami. mulai dari pilihan studi sampai batas mengenyam pendidikan.Dampak Ketidaksetaraan Gender   Keluarga • • • Adanya diskriminasi perlakuan terhadap anak laki-laki dan perempuan. Adanya perlakuan istimewa untuk laki-laki dibandingkan dengan perempuan  Media Massa • . Adanya KDRT.  Sekolah • Adanya perbedaan hak siswa dan siswi.

 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful