.STATISTIK CUKUP  Statistik cukup untuk parameter adalah statistik dalam arti tertentu dapat menyerap semua informasi tentang yang termuat dalam sampel.  Bila adalah statistik untuk maka setiap inferensi tentang harus tergantung pada sampel hanya melalui .

Definisi 1. .1 Statistik disebut statistik cukup bila distribusi bersyarat sampel diberikan harga tidak bergantung .

Akan ditunjukkan bahwa: adalah statistik cukup untuk . . Contoh : 1 i n i X Misalkan variabel random independent berdistribusi Bernoulli dengan parameter .

Penyelesaian: densitas dari dengan adalah: .

) . )) Sehingga : berdistribusi binomial (n.Fungsi pembangkit momen dari = adalah (yang merupakan fungsi pembangkit momen dari distrbusi Binomial (n.

adalah statistik cukup . Jadi.Maka : yang tidak bergantung pada .

dengan adalah fungsi dari yang tidak tergantung dan adakah fungsi yang tergantung hanya melalui . .1 Misalkan adalah densitas bersama dari sampel . . Teorema 1. adalah statistik cukup untuk bila dan hanya bila terdapat fungsi dan sedemikian sehingga untuk semua titik sampel dan semua titik parameter berlaku: = .

 Penyelesaian: maka densitasnya adalah : dengan . Contoh: Misalkan variabel random independent berdistribusi Poisson dengan parameter λ. Tentukan statistik cukup untuk λ.

.Ambil: Sehingga: adalah statistik cukup λ.

 Definisi 1.2 Keluarga densitas disebut anggota keluarga eksponensial k parameter bila densitas tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk: dengan: = fungsi nonnegatif dari = fungsi berharga nyata dari = fungsi nonnegatif dari = fungsi berharga nyata dari .

Selidikilah apakah merupakan anggota keluarga eksponensial satu parameter. Penyelesaian: maka densitasnya adalah: dengan .Contoh: Misalkan variabel random independent berdistribusi Poisson dengan parameter λ.

Dengan mengambil : . dan . . maka dapat disimpulkan keluarga densitas tersebut merupakan anggota keluarga eksponesial satu parameter.

STATISTIK LENGKAP Definisi Keluarga densitas disebut anggota keluarga eksponensial k parameter bila densitas tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk: .

.Teorema Faktorisasi FisherNeyman Teorema Misalkan adalah densitas bersama dari sampel . dengan adalah fungsi dari x yang tidak tergantung dan adakah fungsi yang tergantung hanya melalui . adalah statistik cukup untuk bila dan hanya bila terdapat fungsi dan sedemikian sehingga untuk semua titik sampel dan semua titik parameter berlaku: = .

ありがとう 감사합니다 धन्यवाद .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful