INTEGUMEN

Oleh : Putri Sauma Ramadhani

dan menginformasikan manusia terhadap lingkungan sekitarnya dan merupakan organ yang paling luas. melindungi. Sistem integumen atau biasa disebut kulit adalah sistem organ yang membedakan. memisahkan. 1).000 cm . dimana orang dewasa luasnya mencapai lebih dari 19.Pengertian Integumen • Kata integumen ini berasal dari bahasa Latin"integumentum". yang berarti"penutup".

. rambut.. kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir).. kendur. Kulit yang sebenarnya adalah lapisan penutup yang umumnya terdiri atas dua lapisan utama yang letaknya disebelah luar jaringan ikat. Stuktur-struktur tersebut mencakup kulit.• 2.bulu.sisik. Sistem integumen meliputi kulit dan derivatnya. Sedangkan derivat integumen meliputi struktur-struktur tertentu yang secara ontogeni berasal dari salah satu dari kedua lapisan utamapada kulit yang sesungguhnya yaitu epidermis dan dermis.

.

dingin.gatal. .Pelindung atau proteksi terhadap mikroorganisme. atau kehilangan cairan dan zat iritan kimia maupun mekanik.Eksterosepsi atau penerimaan stimuli dari lingkungan luar. penarikan. panas. • 2.Fungsi Integumen • Integumen dan derivatnya mempunyai fungsi yang sangat luas di dalam tubuh meliputi : • 1. misalnya rasa sakit.

4. .Thermoregulasi atau mengatur panas tubuh pada hewan hewan endoterm danhomoiterm ( mamalia dan aves) dibantu oleh adanya rambut dan bulu • . • 6. misalnya kelenjarkeringat pada mamalia • .Tempat menyimpan cadangan makanan seperti lemak di bawah kulit.Homeostatis atau mengatur kadar garam dan cairan tubuh (osmoregulasi).Ekskresi atau pembuangan sisa metabolisme melalui kelenjar. • 7.Tempat sintesis vitamin D.5.• 3.

paling luar disebut : . kulit terdiri dari dua lapis.5 kg menutupi area seluas 18kaki persegi dengan BB 75 kg.Komponen Integumen 1) Kulit • Kulit adalah bagian terluar tubuh.Epidermis . Dilihat dari strukturnya. Beratnya ± 4.Hipodermis .

Kuku terdiri daribagian akar dan bagian badan Bagian-bagian kuku adalah: 1. 2.Dinding kuku(nail wall): merupakan lipatanlipatan kulit yang menutupi bagianpinggir dan atas 3.Dasar kuku(nail bed):merupakan bagian kulit yang ditutupi kuku .2) Kuku Kuku merupakan derivat epidermis yang berupa lempeng-lempeng zat tanduk terdapat pada permukaan dorsal ujung jari tangan dan jari kaki.Matriks kuku: merupakan pembentuk jaringan kuku yang baru.

Alur kuku(nail groove) : merupakan celah antara dinding dan dasar kuku. sering tertutup oleh kulit.4. kulit arinya menutupibagian permukaan lempeng kuku 9. 6.Lempeng kuku(nail plate) : merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingidinding kuku. .Lunula : merupakan bagian lempeng kuku berwarna putih dekat akar kukuberbentuk bulan sabit.Akar kuku(nail root):merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingi dindingkuku. 8.Eponikium :merupakan dinding kuku bagian proksimal. 5.Hiponikium : merupakan dasar kuku. 7. kulit ari di bawah kuku yang bebas(freeedge)menebal.

Gambar bagian-bagian pada kuku .

Gangguan pada kulit dan kuku antara lain:  jerawat  impetigo Dermatitis  Onikomikosis. .

THANKS…… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful