You are on page 1of 10

Tugas Manajemen Proyek Industri Pangan

TEKNIK & METODE PENGENDALIAN PROYEK

VIVI ANDRIANI P3800212012

monitoring. Untuk pengembangan usaha dan pengaturan manajemen proyek PT. X PT. X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan konsultan manajemen proyek.KASUS PEMBUATAN APLIKASI MANAJEMEN PROYEK DALAM MENGELOLA PROYEK DI PT. controlling dan scheduling terhadap suatu proyek. Breakdown aktifitas dari proyek ini mengalami kesulitan. proses scheduling juga mengalami kesulitan sehingga diperlukan adanya suatu aplikasi yang dapat membantu manajer proyek dalam melakukan manajemen terhadap proyeknya. Proyek adalah sebuah aktifitas yang menghasilkan sesuatu baik dalam bentuk jasa maupun produk (barang) . X membutuhkan suatu sistem yang dapat memperbaiki sistem dalam planning.

Tahapan Proyek Tahap Definisi Tahap Perencanaan Proyek Tahap Tahap Analisis Tahap Desain Tahap Pemrograman Tahap Testing Tahap Acceptance Tahap Pelaksanaan .

permasalahan dan kebutuhannya Desain sistem dilakukan dengan membuat proses bisnis yang sesuai dengan hasil analisis. dll Analisis sistem dengan melihat sistem yang ada. meliputi data karyawan. . data proposal.Metodologi Penelitian Studi Literatur diperlukan untuk mempelajari sistem manajemen proyek Pengumpulan data yang diperlukan dalam membuat software project management.

Pembuatan aplikasi disesuaikan dengan hasil desain Melakukan testing pada aplikasi yang telah dibuat Menganalisis apakah hasil tersebut dapat diterima oleh user Maintenance aplikasi tersebut . .Lanjutan . .

6. 8. 2. 5. 7. 4. Proses penerimaan order dari customer Proses penawaran proposal Proses kontrak proposal Proses analisis dan desain sistem Programming Testing Running Maintenance .Analisis dan Desain Sistem a. 3. Analisis Sistem 1.

2. .b. data proyek yang ada sehingga data tersimpan dengan baik. sehingga monitoring dan controlling dapat berjalan secara efektif. 5. Komputerisasi dalam membuat proposal penawaran dan kontak yang dihubungkan dengan data customer. Komputerisasi untuk proses monitoring dan controlling dalam bentuk laporan Gantt Chart yang memudahkan dalam melihat penjadwalan suatu proyek. Kebutuhan untuk melihat laporan-laporan secara periodik. data customer. Komputerisasi untuk penyimpanan data karyawan. 3. Desain Sistem 1. 4. Komputerisasi untuk menentukan termin pembayaran yang disimpan dalam database.

Aktivitas dalam Perencanaan Sistem Perumusan masalah Penetapan Tujuan Sistem Mengidentifikasi kendala-kendala Studi Kelayakan .

Pembentukan team analisa sistem 2. Dalam pembuatanrancangan sistem biasa menggunakan peralatan dan teknik dalam bentuk diagram dan flow chart. Penentuan kriteria kinerja sistem Tahap Perancangan Berdasarkan hasil analisa sistem akan membuat rancangan rinci sistem. Perumusan kebutuhan informasi 3.Tahap Analisis 1. Model ini berfungsi sebagai alat dokumentasi alat komunikasi diantara spesialis sistem maupun dengan user .

TERIMA KASIH .