FENOMENA DIFRAKSI

Rombang Rizky S Marrisa A.E.P Agus Fattrya Nanda Sandi Saepulloh Fitratul Khairani

140310100061 140310100065 140310100067 140310100069 140310100073

TUJUAN Untuk mengetahui dan memahami Fenomena Difraksi .

DIFRAKSI Difraksi merupakan pembelokan cahaya di se-kitar suatu penghalang /suatu celah. .

DIFRAKSI Jika muka gelombang bidang tiba pada suatu celah sempit (lebarnya lebih kecil dari panjang gelombang). . Peristiwa ini dikenal dengan difraksi. maka gelombang ini akan meng-alami lenturan sehingga terjadi gelombang-gelombang setengah lingkaran yang melebar di belakang celah tersebut.

Adanya penghalang atau celah.SYARAT TERJADINYA DIFRAKSI Syarat untuk terjadi difraksi : 1. 2. panjang gelombang minimal harus sama atau lebih kecil dari lebar celah. .

.PRINSIP HUYGEN Menurut Huygens bahwa setiap bagian celah akan menjadi suatu sumber gelombang (cahaya) baru.

maka cahaya akan di belokan /dilenturkan seperti gambar berikut : Pola difraksi celah tunggal .DIFRAKSI CELAH TUNGGAL Bila cahaya monokhromatik (satu warna) dijatuhkan pada celah sempit.

DIFRAKSI CELAH TUNGGAL • Pola Gelap Pola difraksi minimum (gelap) : • Pola Terang Pola difraksi maksimum (terang) : .

MACAM-MACAM DIFRAKSI 1.Diraksi Fraunhofer Apabila sumber. kisi dan layar cukup jauh jaraknya . . sehingga semua garis dari sumber ke kisi dapat dianggap sejajar.

MACAM-MACAM DIFRAKSI 2.Difraksi Fresnel Apabila suatu sumber cahaya dan layar relatif dekat ke kisi yang membentuk pola difraksi. .

menyebabkan setiap pola difraksi yang teramati berbeda-beda bentuk dan ukurannnya. relatif terhadap jarak.PRINSIP FRAUNHOFER DAN FRESNEL • Perbandingan: Difraksi Fresnel Difraksi Franhoufer terjadi jika gelombang cahaya melalui jika gelombang medan melalui celah celah dan terdifraksi pada daerah yang relatif dekat. menyebabkan perubahan hanya pada ukuran pola yang teramati pada daerah yang jauh. atau kisi. .

Sehingga jarak antara dua celah sangat kecil yaitu sekitar d = 1/5000 = 20000 A. Kisi dapat dibuat dengan membuat goresan-goresan halus pada sekeping kaca. • Kisi umumnya mempunyai goresan mencapai 5000 goresan per centimeter.DIFRAKSI CAHAYA PADA CELAH BANYAK (KISI DIFRAKSI) Suatu kisi difraksi terdiri dari sejumlah besar celah sejajar yg serba sama. . • Kisi Refleksi (Reflection grating) – Suatu kisi dengan celah yang memantulkan cahaya . • Kisi transmisi (Transmission grating) – Suatu kisi dengan celah yang memugkinkan cahaya dapat melewatinya.

. Pola cahaya yg diamati pada layar dihasilkan dari kombinasi efek interferensi dan difraksi. tiap celah bertindak sebagai suatu sumber cahaya koheren. dan berkas difraksi ini berinterferensi dengan yang lain untuk menghasilkan pola akhir.POLA DISTRIBUSI CAHAYA OLEH KISI Jika suatu kisi transmisi disinari dari belakang. Tiap celah menghasilkan difraksi.

2. … . 3.POLA CAHAYA OLEH KISI Pola difraksi maksimum (terang) d 1 N n = 0. 1. … Pola difraksi minimum (gelap) d 1 N n = 0. 1. 3. 2.

VIDEO FENOMENA DIFRAKSI .

terlihat di tepi penghalang adanya sebuah “virtual hole”. . Ketika cahaya matahari mengenai penghalang pada sudut pandang tertentu.PEMBAHASAN VIDEO Video ini menjelaskan mengenai difraksi cahaya. Hal inilah yang disebut peristiwa difraksi di mana cahaya matahari yang seharusnya lurus ketika mengenai penghalang terjadi pembelokan cahaya matahari. Pada video ini kita menggunakan cahaya matahari sebagai sumber cahaya dan telapak tangan sebagai penghalang.

KESIMPULAN • Difraksi merupakan pembelokan cahaya di se-kitar suatu penghalang /suatu celah. • Disini kelompok kami mengambil video tentang difraksi oleh cahaya matahari. • Efek “virtual hole” dipengaruhi oleh sudut pandang pengamatan. . Pada video ini terjadi difraksi berupa “virtual hole” yang disebabkan oleh pembelokan cahaya matahari ketika mengenai penghalang.

Kamus Pintar Fisika. Erlangga: Jakarta.DAFTAR PUSTAKA • Halliday. David. jilid 2.com/fisika-3/optikfisis . 2006. 1984. fisika : edisi ketiga. Bandung: Epsilon Group • http://fisikamemangasyik.wordpress. • Bahrudin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful