You are on page 1of 11

MANOVA (Multiple Analysis of Variance

)
Annisa Nur Rafika Akbar Hasan Basri Ashar Muhammad

Pengertian
Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) adalah perluasan dari Analysis Of Variace (ANOVA) untuk mengakomodasi lebih dari satu variabel terikat. ANOVA Y1 = x1 + x2 + x3 + … +xn (metric) (nonmetric) MANOVA Y1 + y2 + y3 + … + yn = x1 + x2 + x3 + … +xn (metric) (nonmetric)

ANOVA dan MANOVA digunakan dalam desain eksperimental yaitu penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang nyata pada variabel-variabel dependen antar-anggota sebuah grup.  Teknik univariat untuk menganalisa perbedaan kelompok adalah t-test (dua kelompok) dan ANOVA (dua atau lebih kelompok).

Jumlah Kelompok dalam Variabel Bebas Dua Kelompok (Kasus Khusus) Dua atau Lebih Kelompok (Kasus Umum) Jumlah Variabel Terikat Dua atau Lebih Satu (Univariat) (Multivariat) uji-t ANOVA Hotelling's T2 MANOVA

Prosedur Multivariat dalam Menaksir Perbedaan Kelompok
Prosedur univariat yaitu uji-t dan ANOVA dan perluasan multivariatnya yaitu Hotelling’s T2 digunakan dalam menaksir signifikan statistik dari perbedaan antar kelompok.  Dalam uji-t dan ANOVA, hipotesis nolnya adalah persamaan mean (rata-rata) dari variabel terikat dalam kelompok.  Untuk teknik multivariat, hipotesis nolnya adalah persamaan mean (rata-rata) vektor dari beberapa variabel terikat dalam kelompok.

Hipotesis
ANOVA

Hipotesis Nol = semua rata-rata (means) kelompok adalah sama MANOVA

Hipotesis Nol = semua vektor rata-rata (means) kelompok adalah sama  Dengan adalah rata-rata dari variabel p pada kelompok k

Perbedaan MANOVA dengan Analisis Diskriminan
Analisis Diskriminan memperlakukan variabel nonmetrik tunggal sebagai variabel terikat.  MANOVA menggunakan variabel metrik sebagai variabel terikat dan objektifnya menjadi kelompok pencari dari responden yang memperlihatkan perbedaan dalam variabel terikat.  Dengan analisis diskriminan, kita menguji perbedaan antara empat kelompok tanpa perbedaan sebagai karakteristik kelompok.  MANOVA menganalisis perbedaan kelompok sementara menafsirkan perbedaan jenis produk, jenis konsumen atau keduanya. Manova memfokuskan analisis komposisi dalam kelompok berdasarkan karakteristik variabel bebas.

Proses MANOVA

Tahap 1: Objek dari MANOVA MANOVA merepresentasi alat analisis yang sesuai untuk penelitian yang luas.
1. 2. 3. 4. 5. Mengontrol experiment wide error rate Membedakan kombinasi variabel terikat Multiple Univariate Structured Multivariate Instrinsically Multivariate

Tahap 2: Isu dalam Desain Penelitian MANOVA
1. Ukuran sampel berkaitan dengan ukuran kelompok tersendiri dan bukan total sampel. 2. Menyeleksi cara atau faktor 3. Menggunakan Covarian (ANCOVA dan MANCOVA)

Proses MANOVA

Tahap 3: Asumsi dalam ANOVA dan MANOVA
1. Adanya interdependensi antar anggota kelompok 2. Adanya kesamaan matrik kovarians antar kelompok pada variabel terikat 3. Variabel-variabel terikat seharusnya berdistribusi normal 4. Antar variabel terikat seharusnya tidak terjadi korelasi yang kuat atau dikatakan terjadi multikolinearitas 5. MANOVA cukup sensitif terhadap keberadaan data yang bernilai sangat ekstrim (outlier) karena itu data terlebih dahulu dideteksi outliernya

Proses MANOVA

Tahap 4: Estimasi Model MANOVA dan Menaksir Kelayakan
1. Mengestimasi dengan General Linear Model (GLM) 2. Kriterian tes signifikan: Roy’s greatest charactersitic root (gcr), Wilks’ Lambda, Pillai’s criterion dan Hotelling’s T2.

Tahap 5: Menginterpretasi Hasil MANOVA
1. Menginterpretasi efek dari kovariat 2. Menaksir variabel terikat mana yang menunjukkan perbedaan di dalam kelompok 3. Identifikasi apakah kelompok berbeda dari variabel terikat tunggal atau keseluruhan variat terikat.

Proses MANOVA

Tahap 6: Memvalidasi Hasil MANOVA
1. Replikasi 2. Analisis split-sample

TERIMA KASIH