AIR SUSU IBU (ASI) EKSKLUSIF

PKNM FKUB KEL. 1 AMPELDENTO KEC. PAKIS 2013

3.hal-hal lain dapat dilakukan oleh laki2 atau perempuan sesuai dengan fisiknya dan intelektualnya.Mengapa Menyusui ? 1. Hamil Melahirkan Menyusui Merupakan karunia dan kodrat sebagai perempuan. 2. - - Selain tiga hal tersebut diatas. Semua perempuan didunia ini mampu menyusui .

Apa itu ASI EKSKLUSIF ? Adalah pemberian ASI (air susu ibu ) sendiri setelah persalinan tanpa jadwal . . berdasarkan permintaan bayi tidak diberikan makanan lain . walaupun hanya air putih EKSKLUSIF sampai bayi berusia 6 bulan.

DALAM WAKTU 30 – 60 MENIT PERTAMA KELAHIRAN SEGERA SUSUI BAYI .Keuntungan ASI bagi BAYI 1. Merupakan zat gizi yang paling lengkap dan seimbang MAKIN SERING BAYI MENYUSU MAKIN BANYAK ASI YANG DIPRODUKSI DAN DIKELUARKAN.

Mudah dicerna. gampang diserap dan tidak menimbulkan alergi.Keuntungan ASI bagi BAYI 2. 3. . Melindungi diri terhadap infeksi.

Manfaat ASI bagi Anak .

kanker leher rahim) Lebih cepat kembali ke berat badan semula .KEUNTUNGAN MENYUSUI BAGI IBU Meningkatan ikatan kasih bayi dengan ibu Mencegah perdarahan pasca persalinan Membantu menunda kehamilan baru Melindungi kesehatan ibu (kanker payudara .

KEUNTUNGAN MENYUSUI BAGI KELUARGA PRAKTIS dan mudah dalam penyajian Jauh lebih hemat Anak lebih jarang sakit .

MACAM-MACAM ASI Kolostrum ASI Masa peralihan ASI Matang/Matur Light Brown Colostrum Hari Ke .4 ASI matang .

KEUNTUNGAN Apa Perbedaan Yang Tampak Disini ? Susu Ahir Susu Awal Lemak Protein Laktosa KOLOSTRUM ASI MATANG .

17.2 1.3 13.0 .3 3.

1 2.bulan 3.1 1.9 3.2 Hanya Susu Sapi .

IBU .

.

Proses menyusui yang baik : .

CARA MEMEGANG PAYUDARA SAAT MENYUSUI • Peganglah bagian bawah payudara dengan keempat jari dan ibu jari diletakan di bagian atas payudara • Pada waktu memegang payudara. areola jangan dipegang karena akan dimasukkan kedalam mulut bayi .

. Cara menghentikan bayi yang sedang menyusu • Masukan jari kelingking ibu yang bersih ke sudut mulut bayi dengan perlahan – lahan. mengoyang.TRIK MENYUSUI A. Cara menyendawakan bayi • Bayi digendong tegak dengan bersandar pada bahu ibu/bapak. mengelitik. Cara membangunkan bayi Bayi perlu dibangunkan dari tidurnya bila waktu menyusu bayi masih tidur. tepuk punggung bayi perlahanlahan. mencium. • Atau tekan dagu bawah bayi dengan lembut B. membelai. • Menyendawakan bayi dapat dilakukan pula oleh bapak-bapak. • Atau bayi tidur tengkurap dipangkuan ibu/bapak kemudian tepuk punggung bayi perlahan-lahan.dll. dengan cara : Mengelus. C.

.

ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya . perlu makanan pendamping ASI yang adekwat >12 bulan : ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan.ANJURAN PEMBERIAN ASI 0-6 bulan : ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan 6-12 bulan : ASI memenuhi 60-70% kebutuhan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful