KELOMPOK 1
Dwiyana
Agistiyaneu Dinar C Eka M

Mutia
Iis F Inka Nurlina

Uessul Churni

Yoga Pertiwi

Rasionalisasi Obat Herbal Terstandar (Kiranti)

Tinjauan Aspek Legalitas .

urut : 3197 • Jenis kemasan : Botol . izin edar OT POM.No. TR.Ultra Prima Abadi • Bentuk sediaan : Suspensi • No. 042631971 • Tahun produksi : 2004 • Jenis perusahaan : PT.

Penandaan Logo Khusus .

Arengae pinnata frustose (Gula jawa 2. Tamarindi pulpa (Asam jawa 6 gr) 3.1 gr) 8.5 gr) 5.8 gr) 6. Curcumae domesticae rhizoma (Kunyit 30 gr) 2. Zingiberis rhizoma (Jahe 0.23 gr) 7. Kaemferiae rhizoma (Kencur 2 gr) 4.Informasi Obat • Komposisi 1. Air (sampai 150 mL) . Paullinia cupana (Paulinia 0. Cinnamomi cortex (Kayu manis 0.

dan bau tak sedap serta membantu memperlancar haid sehingga tubuh terasa segar dan sehat. • Kontra indikasi Tidak dianjurkan untuk wanita hamil. selama dan 3 hari sesudah haid. . 3 hari sebelum. • Aturan Pakai Minum secara rutin 1-2 botol per hari.• Klaim Khasiat Membantu mengatasi keluhan haid. seperti nyeri haid.

Tinjauan Simplisia .

bau khas. umumnya melengkung tidak beraturan. warna kuning jingga sampai kecoklatan. rasa agak pahit. tebal 1-5mm. Batas korteks & silinder pusat kadang-kadang jelas.5-3cm. lebar 0.Makroskopik Curcumae domesticae rhizoma Berupa kepingan ringan. rapuh. bentuk hampir bundar sampai bulat panjang. lama kelamaan menimbulkan rasa tebal. Bekas patahan agak rata. kadang-kadang terdapat pangkal upih daun&pangkal akar. agak pedas. kadang-kadang bercabang. warna kuning jingga. berdebu. kunig jingga kemerahan sampai kuning jingga kecoklatan. . panjang 2-6cm.

. berkas pengangkut. rambut penutup. butir amilum dan sel parenkim berisi amilum.Mikroskopik Curcumae domesticae rhizoma Fragmen pengenal adalah jaringan gabus. sel parenkim berisi bahan kuning.

Senyawa Identitas Curcuma Domestica Rhizoma • Kurkumin • Struktur kimia .

Tinjauan Kandungan Kimia dan Farmakologi .

hepatoprotektor. β-sitosterol. antikanker. mengatasi nyeri haid. antijamur. mencegah keputihan dan bau badan. Aktivitas farmakologi : efek estrogenik Aktivitas farmakologi : menghentikan pendarahan dan melancarkan haid. imunostimulan. antiinflamasi. dan stigmasterol Arturmerone Aktivitas farmakologi : Antioksidan. antibakteri. serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit .Curcumae domesticae rhizoma Kurkumin Fitosteroid : kampesterol. menurunkan kadar kolesterol.

.

Aktivitas : laksan .Tamarindi pulpa Kandungan : gula invert. pektin dan asam-asam organik.

kaempferol Aktivitas farmakologi : uterotonika Aktivitas farmakologi : efek analgesik. minyak atsiri.Kaemferiae galangae rhizoma p-metoksi sinamat. antijamur / antibakteri .

Zingiberis rhizoma Gingerol dan minyak atsiri Aktivitas farmakologi : Tonikum (memperkuat tubuh). analgesik (penghilang rasa sakit). antiinflamasi (antiradang) .

Cinnamomi cortex o-metoksisinamaldehida Aktivitas farmakologi : Antimikroba dan mengatasi dismenorrhea .

hepatoprotektor. antibakteri. . Salah satu komposisi dari kiranti yaitu curcuma domestica rhizoma yang mengandung senyawa kurkumin dan minyak atsiri yang memiliki efek estrogenik yang dalam jumlah kecil dapat mempercepat dimulainya haid apabila diminum pada fase luteum. antiinflamasi. antijamur. menurunkan kadar kolesterol. Kurkumin juga mempunyai efek antioksidan. salah satunya yaitu untuk meringankan rasa nyeri pada saat haid/datang bulan. imunostimulan.Pembahasan Kiranti merupakan obat herbal terstandar yag telah diklaim khasiatnya. antikanker.

mengatasi nyeri haid. .• Kunyit juga mengandung arturmerone yang memiliki aktivitas untuk menghentikan pendarahan dan melancarkan haid. mencegah keputihan dan bau badan. serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Standardisasi ekstrak kunyit Klasifikasi Divisio : Spermatophyta Sub-diviso : Angiospermae Kelas : Monocotyledoneae Ordo : Zingiberales Famili : Zungiberaceae Genus : Curcuma Species : Curcuma domestica Val. .

• Syarat pertumbuhan : iklim. • Penyiapan bahan : 1) Penyortiran basah dan pencucian 2) Perajangan 3) Pengeringan 4) Penyortiran kering 5) Pengemasan 6) penyimpanan . media tanam dan ketinggian tempat.

cara pengambilan contoh dan syarat pengemasan. • Klasifikasi dan Standar Mutu Standard mutu untuk pasaran luar negeri dicantumkan berikut ini: 1) Warna : kuning-jingga sampai coklat kuning-jingga 2) Aroma : khas wangi aromatis 3) Rasa : mirip rempah dan agak pahit 4) Kadar air maksimum : 12 % 5) Kadar abu : 3-7 % 6) Kadar pasir (kotoran) : 1 % 7) Kadar minyak atsiri (minimal) : 5 % .STANDAR PRODUKSI • Ruang Lingkup Standar produksi meliputi: jenis dan standar mutu.

contoh yang diambil 7 3) Untuk jumlah kemasan dalam partai 301–500. contoh yang diambil minimum 15 . 1) Untuk jumlah kemasan dalam partai 1–100.• Pengambilan Contoh Dari jumlah kemasan dalam satu partai kunyit siap ekspor diambil sejumlah kemasan secara acak seperti dibawah ini. contoh yang diambil 9 4) Untuk jumlah kemasan dalam partai 501-1000. contoh yang diambil 10 5) Untuk jumlah kemasan dalam partai di atas 1000. dengan maksimum berat tiap partai 20 ton. contoh yang diambil 5. 2) Untuk jumlah kemasan dalam partai 101–300.

Petugas pengambil contoh harus memenuhi syarat yaitu orang yang telah berpengalaman atau dilatih terlebih dahulu dan mempunyai ikatan dengan suatu badan hukum. Contoh yang telah diambil kemudian diuji untuk ditentukan mutunya. dituangkan isinya. maka contoh yang diambil sebanyak 5 rimpang. . kemudian diambil secara acak sebanyak 10 rimpang dari tiap kemasan sebagai contoh. Khusus untuk kemasan kunyit berat 20 kg atau kurang.Kemasan yang telah diambil.

Nama/kode perusahaan/eksportir 3. Berat bersih 7. Negara tujuan 5. Produk asal Indonesia 2. Berat kotor 6. dengan berat maksimum 15 kg tiap kemasan. jelas terbaca antara lain: 1. atau dikemas dengan keranjang bambu dengan berat sesuai kesepakatan anatara penjual dan pembeli. Nama pembeli . dikemas dengan jala plastik yang kuat. Dibagian luar dari tiap kemasan ditulis.• Pengemasan Kunyit disajikan dalam bentuk rimpang utuh. dengan bahan yang tidak luntur. Nama barang 4.

dan stigmasterol) dan Arturmerone.β-sitosterol. Khasiat tersebut karena kunyit mengandung senyawa kimia yaitu kurkumin. .Kesimpulan Komposisi yang terdapat pada kiranti sangat beragam. Kunyit tersebut memiliki aktivitas farmakologi untuk menghilangkan nyeri pada haid/datang bulan. salah satunya adalah kunyit. Fitosteroid (kampesterol.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful