KONSEP DASAR KEPERAWATAN KELUARGA

Presented by: Ledy Gresia Sihotang, S.Kep, Ns

mempunyai kebiasaan / kebudayaan dan keunikan tersendiri. • Berges . kelahiran yang bertujuan menciptakan & mempertahankan budaya umum. adopsi. emosional. anak-anak. meningkatkan perkembangan fisik dan mental . sosial dari tiap anggota kelompok orang yang mempunyai ikatan perkawinan keturunan / darah / adopsi yang tinggal bersama di dalam satu rumah saling berinteraksi. berkomunikasi dalam peran sosial.Definisi keluarga • Family (yunani) kumpulan individu yang hidup di bawah seorang KK dan di dalam rumah terdiri dari org tua. org dewasa. pengalaman dan adaptasi • Murray & zenter (ahli kesehatan jiwa) • Faber (ahli biologi) • Duvall suatu kumpulan manusia yang berdasarkan atas perkawinan & kelahiran orang yang di hubungkan. saudara & pembantu unit dasar dari pertumbuhan.

Defenisi… • Menurut UU no. . 21 (1994) bahwa keluarga dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah. atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya. keluarga adalah : unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami-istri. atau suami-istri dan anaknya. • Sesuai dgn PP no. 10 tahun 1992 ttg perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera.

.Defenisi… Keluarga : unit terkecil dari masyarakat & sistem sosial Terdiri dari 2 orang atau lebih Ada ikatan perkawinan / pertalian darah Hidup dalam satu rumah tangga Berinteraksi satu sama lainnya Setiap anggota keluarga menjalankan perannya masing-masing.Menciptakan dan mempertahankan suatu kebudayaan .

dengan anak d.2. sumber sama pengalaman sama . keluarga “Dyad” : suami istri tanpa anak c. Non tradisional a. keluarga inti : suami. istri dan anak b. anak sudah pisah 2. keluarga usila : suami istri usila . Tradisional a. keluarga besar (extended family) : 1. commune family : beberapa keluarga hidup bersama dalam satu rumah. single parent : satu ortu (ayah / ibu) .3 generasi f.Tipe Keluarga 1. single adult : orang dewasa hidup sendiri e.

Berada dalam sistem yang lebih besar sub sistem dengan sistem masyarakat 4. saling ketergantungan 2. Memiliki batasan. Memiliki organisasi / struktur yang mempengaruhi fungsi . Memiliki komponen yang saling berinteraksi.Karakteristik dari System Keluarga Sistem keluarga adalah sistem terbuka dengan ciri-ciri : 1. sebagai filter dalam menerima dan mengeluarkan informasi 3. Terbuka dalam batasan permiabel dengan sistem yang lain 5.

Fungsi perawatan 5. Fungsi reproduksi 4. Fungsi ekonomi . Fungsi afektif 2. Fungsi sosialisasi 3.Fungsi keluarga (friedman) 1.

2. 4. Struktur peran keluarga Nilai atau norma kelurga Pola komunikasi keluarga Struktur kekuatan keluarga . 3. yang di adopsi oleh Friedman) 1.Struktur keluarga (parad & Caplan 1965.

Sruktur peran keluarga .Dalm keperawatan keluarga peran lebih dipahami secara orientasi strukturalis . . orientasi strukturalis dan orientasi interaksi. .Hal yg harus dilakukan individu untuk dpt memenuhi harapan mereka sendiri dan harapan orag lain.1.Peran menurut Nye(1976) memiliki 2 perspektif yt.

dan bersifat jangka panjang. sikap. 1965) .Nilai keluarga: suatu sistem ide. Nilai dan norma keluarga . dan kepercayaan ttg nilai suatu keseluruhan yang mengikat seluruh anggota keluarga dlm suatu budaya lazim (Parad & Caplan.Norma: pola” perilaku yg dianggap menjadi hak dari sebuah masyarakat tertentu yaang didasarkkan pada sistem nilai dari keluarga. . .Nilai: ciri sentral dari sistem kepercayaan seorang individu karena kualitas keabadian mereka.2.

. kebutuhan”. memperkirakan 85% dari semua pesan yg dikirim dlm keluarga disalah-mengertikan 85 % psangan mencari terapi keluarga. transaksional untuk menciptakan dan mengungkapkan pengertian dalam keluarga. Pola komunikasi keluarga . opini. keinginan. .Komunikasi sbg proses tukar-menukar perasaan.Komunikasi keluarga ( Brommel.3. 1986): suatu proses simbolik. .Menurut penelitian yang dilakukan Watzlawik dkk.

dari seorang anggota individu untuk mengubah tingkah laku anggota keluarga. baik potensial maupun aktual. Struktur kekuatan keluarga • Kekuatan keluarga: sebuah karakteristik dari sistem keluarga adalah kemampuan.4. .

.Ciri struktur keluarga • Terorganisir : saling berhubungan. • Ada perbedaan dan kekhususan : setiap anggota keluarga mempunyai peranan dan fungsinya masing-masing. saling ketergantungan antara anggota keluarga • Ada keterbatasan : setiap anggota keluarga memerlukan kebebasan tetapi mereka juga mempunyai keterbatasan dan menjalankan fungsi tugasnya masing-masing.

Semoga Bermanfaat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful