Metode ini melibatkan desintagration (atomisasi) logam cair melalui media kecepatan tinggi (udara. gas inert) mencair mengalir melalui nozel. air. .Atomisasi adalah salah satu metode yang paling efektif preparasi serbuk industri.

Setelah itu dituangkan dari tundish melalui nozzle ke dalam kamar.Paduan cair dibuat dalam tungku dan kemudian ditransfer ke tundish tersebut. gas) jet memecah aliran meleleh menjadi butiran halus. Serbuk dikumpulkan di bagian bawah ruangan . Air (udara. Butiran halus akan menjadi solid ketika mereka jatuh dalam ruangan.

Kebebasan untuk paduan 2.Keuntungan dari atomisasi air : 1. Pengendalian partikel. Menurunkan biaya modal . ukuran bentuk dan struktur 4. Semua partikel memiliki komposisi seragam yang sama 3. Kemurnian tinggi 5.

yaitu logam tingkat feed rendah. (E) tekanan atomisasi Tinggi (F) volume agen Tinggi atomisasi (G) kecepatan agen Tinggi atomisasi (H) viskositas agen Tinggi atomisasi (I) aliran metal Pendek (F) (J) panjang jet Pendek (E) (K) optimum puncak sudut (ao). Kemurnian tinggi 5. Keuntungan dari segi ukuran partikel (A) viskositas rendah logam (B) logam Rendah tegangan permukaan (C)memiliki panas yang baik (D) diameter nozzle kecil.Keuntungan dari atomisasi air : 1. . Menurunkan biaya modal. Semua partikel memiliki komposisi seragam yang sama 3. Kebebasan untuk paduan 2. ukuran bentuk dan struktur 4. Pengendalian partikel.

tekanan air umumnya di kisaran 35 × 105 Pa . Tingkat pendinginan partikel adalah 103 K s-1 .Dalam atomisasi air.15 m s-1. .210 × 105 Pa kecepatan air yang terkait dari 40 m s-1 .104 K s-1.

semakin pendek waktu di mana permukaan tensional dapat beroperasi untuk spheroidize droplet oleh karena itu bentuk partikel menjadi semakin tidak teratur. membentuk suatu bola. .Tegangan permukaan logam cair tinggi dan droplet biasanya. dan akan menjadikan bentuk partikel yang tidak teratur. semakin besar deformasi droplet itu. Kotoran dan elemen paduan dalam logam atau reaksi pada permukaan droplet yang mengurangi energi permukaan. Semakin tinggi laju pendinginan. Semakin tinggi viskositas atomisasi rata-rata.